J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              9 Tips yang Harus Dilakukan oleh Semua Pengguna Android Marshmallow

              9 Tips yang Harus Dilakukan oleh Semua Pengguna Android Marshmallow

              00
              Selasa, 12 Apr 2016, 16:00 WIB
              Apakah smartphone kamu sudah mendapatkan update Android Marshmallow? Berikut JalanTikus kumpulkan 10 tips dan trik untuk memaksimalkan Android Marshmallow di smartphone kamu.

              Adopsi sistem operasi Android 6.0 Marshmallow perlahan mulai meningkat. Berdasarkan laporan terbaru, pada bulan Maret Android 6.0 Marshmallow sudah mencapai 4,6 % dari total semua perangkat berbasis Android di dunia.

              Sekarang ini para pembuat smartphone Android memang sudah mulai menggulirkan update Android 6.0 Marshmallow ke sejumlah perangkat lama mereka. Sementara untuk smartphone yang baru dirilis, kebanyakan juga telah menjalankan sistem operasi generasi ke 6 milik Google itu secara out of the box.

              BACA JUGA
              • Cara Menggunakan Fitur DOZE Milik Marshmallow di Smartphone Kamu
              • Kenalin Nih, DOZE, Fitur Android Marshmallow yang Bisa Hemat Baterai 3x Lipat
              • Ini Dia Smartphone 1 Jutaan yang Sudah Pakai Android Marshmallow

              9 Tips yang Harus Dilakukan oleh Semua Pengguna Android Marshmallow

              Apakah smartphone kamu sudah mendapatkan update Android Marshmallow? Berikut JalanTikus kumpulkan 9 tips untuk memaksimalkan Android Marshmallow di smartphone kamu.

              1. Uninstall Aplikasi Langsung dari Homescreen atau App Drawer

              tips-android-marshmallow-1

              Pada Android Marshmallow, sekarang kamu dapat menghapus aplikasi langsung dari homescreen atau app drawer. Caranya tekan agak lama aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu seret ke bagian atas layar. Maka akan keluar pilihan untuk uninstall aplikasi atau info aplikasi. Cara ini tentunya lebih efisien, dibandingkan harus menelusuri pengaturan yang memerlukan beberapa langkah untuk menghapus aplikasi.

              2. Aktifkan Menu Developer

              tips-android-marshmallow-2

              Di Android Marshmallow, Google menyembunyikan menu developer. Agar pengguna awam, tidak salah menggunakannya. Untuk mengakses menu developer, caranya ke Settings > About Phone > Build. Klik opsi build tujuh kali, sampai muncul pop-up pemberitahuan bahwa kamu sekarang seorang pengembang.

              Setelah diaktifkan, opsi pengembang ini berada di pengaturan tepat di atas menu about phone. Fitur menu developer ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan USB Debugging, mengizinkan lokasi palsu, menampilkan sentuhan, tweak animasi, dan masih banyak lagi.

              3. Mengelola App permissions

              tips-android-marshmallow-3

              Fitur ini merupakan jawaban bagi sejumlah pengguna sejak lama. Seperti yang kamu ketahui, ketika meng-install aplikasi baru dari Play Store. Aplikasi tersebut akan menyertakan informasi tentang akses ke fitur apa saja yang mereka butuhkan untuk menjalankan aplikasi.

              Sebelumnya, kamu cuma bisa sebatas mengetahui tentang akses apa saja yang dibutuhkan tanpa memiliki kemampuan untuk membatasinya. Lewat Marshmallow, hal ini telah berubah. Para developer kini harus meminta ijin untuk tiap-tiap akses yang mereka butuhkan, dan pengguna memiliki kekuasaan lebih dalam membatasi akses privasi dari sebuah aplikasi.

              Caranya buka Settings > Apps > pilih aplikasi yang kamu ingin lihat perizinannya. Kamu bisa membatasi akses aplikasi tersebut, sesuai dengan kemauan kamu.

              4. RAM Manager

              tips-android-marshmallow-4

              Lewat Android Marshmallow, Google menyediakan pilihan pengaturan lebih lengkap. Salah satunya meningkatkan fitur RAM manager. Jadi kamu bisa melihat sebagian besar RAM yang terpakai digunakan oleh aplikasi apa saja. Caranya buka Settings > Memory > Memory used by apps.

              Dengan ini kamu akan tahu, aplikasi apa saja yang boros RAM. Kamu bisa menghentikan aplikasi tertentu jika diperlukan. Sehingga daya tahan baterai dan kinerja smartphone tetap optimal.

              5. Optimalkan Aplikasi Agar Tak Terkena Efek Doze

              tips-android-marshmallow-6

              Untuk mengirit penggunaan baterai, Google punya Doze yang fungsinya untuk menon-aktifkan aplikasi yang berjalan di background jika tidak diperlukan. Namun kamu dapat melakukan pengecualian hingga tiga aplikasi, agar tidak terkena efek dari Doze.

              Sehingga aplikasi yang kamu pilih bisa berjalan secara maksimal, sementara aplikasi yang lain diistirahatkan. Caranya buka Settings > Apps > overflow menu > Advanced > Ignore optimizations.

              6. Aktifkan Google Now dari Lockscreen

              tips-android-marshmallow-7

              Kamu mungkin telah melewatkan yang satu ini, shortcut atau jalan pintas dialer telepon di layar kunci rupanya telah digantikan dengan Google Now. Artinya kamu dapat melakukan panggilan telepon tanpa perlu mengetikkan nomor lagi, melainkan cukup dengan berbicara.

              7. Gunakan Google Now on Tap

              tips-android-marshmallow-8

              Google Now on Tap tentunya fitur favorit pengguna Android Marshmallow. Fitur baru ini memungkinkan kamu mengakses Google Now dari manapun, baik dari homescreen maupun ketika sedang membuka aplikasi tertentu.

              Misalnya ketika kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi tertentu, kamu cukup menekan tombol Home selama beberapa detik dan Google Now akan langsung membaca segenap informasi yang ada di tampilan layar. Google akan mencari berbagai macam informasi menarik yang berhubungan dengan aplikasi yang sedang kamu buka dan menampilkan informasi yang didapatkan lewat sebuah kotak pop up mungil di bagian bawah layar.

              8. Mengakses File Manager di Marshmallow

              tips-android-marshmallow-9

              Google rupanya menyelipkan fitur file manager bawaan di Android Marshmallow, meskipun untuk mengaksesnya kamu perlu beberapa langkah. Caranya buka Settings > Storage & USB > Explore.

              9. Tingkatkan Akurasi Lokasi dengan Bluetooth

              tips-android-marshmallow-10

              Untuk menentukan lokasi, jika hanya mengandalkan sistem GPS kadang suka ngaco. Selain dapat meningkatkan kemampuan akurasi lewat WiFi, di Android Marshmallow juga memberikan opsi Bluetooth untuk membantu GPS menentukan lokasi kamu agar lebih akurat.

              Caranya buka Settings > Location, tekan pilihan ikon hamburger (3 titik). Berikutnya tekan scanning atau pemindaian dan aktifkan scanning Bluetooth. Lebih lanjut, kamu dapat memilih mode High-accuracy atau Battery saving melalui pengaturan.

              Sebenarnya masih banyak tips dan trik di Android Marshmallow, mungkin akan JalanTikus bahas pada artikel mendatang. Meskipun dari segi tampilan identik dengan Lollipop. Namun dari segi fitur dan performa, update Android Marshmallow layak kamu tunggu-tunggu dan wajib digunakan.

              Apakah kamu sudah menggunakan Android Marshmallow dan merasakan perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan Lollipop?

              (Sumber: AndroidPit)

              APPS TERKAIT
              Android 6.0 Marshmallow Wallpaper HD 6.0
              Apps Google Inc.
              Marshmallow ROM Lenovo K3-Note v15 - 6.0_1610
              Apps NeedRom
              BuildProp Editor 1.0.0.0
              Apps JRummy Apps Inc.
              Presentation Link (PowerPoint) 1.2a
              Apps ZenUI, ASUS HIT TEAM
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal