J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Android Marshmallow VS Lollipop, Mana yang Lebih Baik?

              Android Marshmallow VS Lollipop, Mana yang Lebih Baik?

              00
              Selasa, 10 Nov 2015, 12:30 WIB
              Android Marshmallow merupakan sistem operasi versi terbaru dari Android yang dirilis oleh Google. Jika dibandingkan dengan Android Lollipop terdapat banyak fitur baru, apa saja perbedaan Android Marhsmallow vs Android Lollipop?

              Google sepertinya memang sangat memperhatikan ekosistem mobile saat ini, terlihat dari update-nya sistem operasi Android dari segi versi dari Android Lollipop ke Android Marshmallow. Tentu saja tidak hanya perubahan versi, Google sendiri membawakan beberapa fitur baru yang tidak ada pada versi sebelumnya hingga perbaikan fitur dari versi sebelumnya. Android Marshmallow saat ini baru bisa ditemui di smartphone Nexus saja, untuk smartphone Android lain menunggu dari vendor masing-masing. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 80 smarpthone Android yang akan update ke Marshmallow. Penasaran apa saja perbedaan Android Marshmallow vs Lollipop?

              Android Marshmallow vs Lollipop: User Interface

              Android Marshmallow Vs Lollipop 1
              Pada bagian App Drawer, Android Marshmallow memudahkan kamu dalam menemukan aplikasi yang ingin digunakan. Di bagian kanan terdapat bar yang menunjukkan 4 aplikasi paling sering digunakan serta sebuah scroll berdasarkan alfabet. Di bagian kanan atas, terdapat kotak Search supaya lebih mudah menemukan aplikasi hanya dengan mengetik nama aplikasi tersebut.

              Android Marshmallow vs Lollipop: RAM Manager

              Android Marshmallow Vs Lollipop 2
              Android Lollipop memberikan informasi detil mengenai penggunaan RAM dari masing-masing aplikasi di smartphone. Namun pada Android Marshmallow, mereka menyediakan informasi mengenai rata-rata penggunaan RAM hingga penggunaan RAM maksimal dari aplikasi tersebut.

              Android Marshmallow vs Lollipop: SDCard Bisa Jadi Memori Internal

              Mungkin hal ini bisa jadi perbedaan signifikan antara Android Marshmallow dan Android Lollipop dimana SD Card yang biasanya jadi memori eksternal jadi memori internal. Selain itu aplikasi juga bisa langsung di-install di SDCard tanpa perlu aplikasi pendukung lain seperti Link2SD.

              BACA JUGA
              • [CONFIRMED] Inilah 80+ Smartphone yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow
              • [Update Oktober 2015] Daftar HP Android yang Dapat Update Android 6.0 Marshmallow

              Android Marshmallow vs Lollipop: USB Type-C

              Android Marshmallow Vs Lollipop 3
              Semenjak Apple merilis Macbook terbarunya dengan mendukung koneksi kabel USB Type-C, banyak vendor mulai mengaplikasikan USB Type-C di smartphone miliknya seperti OnePlus Two dan Nexus 6P. Google juga melalui Nexus 6P mulai menetapkan standar penggunaan USB Type-C pada sistem operasi Android Marshmallow.

              Android Marshmallow vs Lollipop: Android Pay

              Android Marshmallow Vs Lollipop 4
              Apple Pay, Samsung Pay, dan kali ini Android Pay langsung dibuat oleh Google untuk semua smartphone dengan sistem operasi Android. Google membuat Android Pay dengan tujuan agar pembayaran via mobile lebih terjaga keamanannya. Android Pay mulai terlihat pada OS Android KitKat, tetapi kali ini diperbaiki dan sistem keamanannya ditingkatkan dengan tambahan fingerprint scanning.

              Android Marshmallow vs Lollipop: Sensor Fingerprint

              Melalui Android Marshmallow, Google menerapkan fitur fingerprint sensor. Tentunya hal ini bagus dan berguna bagi para vendor smartphone agar dapat menggunakan fingerprint sensor standar Google di smartphone mereka.

              Android Marshmallow vs Lollipop: App Permission

              Hal ini menjadi perbedaan yang cukup mencolok dan membuat pengguna Android lebih tertarik untuk update ke OS Android Marshmallow. Di Android Marshmallow, pengguna Android tidak lagi perlu takut tidak bisa mengatur apa saja fitur dari smartphone mereka yang digunakan oleh aplikasi yang ingin di-install. Pengguna Android Marshmallow dapat mengatur fitur apa saja yang diijinkan untuk digunakan aplikasi tersebut melalui App Permission ini.

              Android Marshmallow vs Lollipop: Daya Tahan Baterai

              Android Marshmallow Vs Lollipop 5
              Pada versi Android sebelumnya yaitu Android Lollipop, Google merilis Project Volta untuk meningkatkan daya tahan baterai agar lebih awet. Pada Android Lollipop, Google juga merilis sebuah fitur baru yang berkaitan dengan daya tahan baterai di perangkat Android dan diberi nama Doze. Fitur Doze di Android Marshmallow ini dapat mendeteksi apakah smartphone sedang digunakan atau tidak melalui motion sensor. Jika sedang tidak digunakan maka akan masuk ke standby mode dan menghemat baterai.

              Kesimpulannya dari Android Marshmallow vs Android Lollipop adalah Android Marshmallow sebagai versi terbaru dari OS Android memberikan beberapa fitur terbaru yang memudahkan vendor untuk mengaplikasikan fitur baru di smartphonenya seperti fingerprint sensor misalnya serta memberikan kenyamanan ekstra kepada para pengguna Android seperti misalnya App Permission hingga Doze. Jadi makin enggak sabar update ke Android Marshmallow.

              Sumber: AndroidPit

              APPS TERKAIT
              Google Play Store Icon
              Google Play Store 13.5.56
              Apps Google Inc.
              Prebuiltgms Core
              Google Play Services 14.3.62
              Apps Google Inc.
              Google Camera Icon
              Google Camera 6.1.021
              Apps Google Inc.
              Android Marshmallow Wallpaper 9 Icon Icon
              Android 6.0 Marshmallow Wallpaper HD 6.0
              Apps Google Inc.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal