J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Menggunakan Fitur DOZE Milik Marshmallow di Smartphone Kamu

              Cara Menggunakan Fitur DOZE Milik Marshmallow di Smartphone Kamu

              00
              Rabu, 17 Feb 2016, 10:00 WIB
              Doze merupakan fitur terbaru pada Android M untuk menghemat baterai. Namun ternyata ada banyak aplikasi yang serupa yang bisa kita instal pada smartphone Android kita tanpa harus update ke Marshmallow

              Kalian pasti sudah tau fitur terbaru yang ada pada Android Marshmallow yaitu Doze. Fitur ini dipercaya dapat menghemat baterai Android dengan lebih efisien. Fitur ini sebenarnya telah cukup lama dikembangkan namun baru bisa dirilis pada Android Marshmallow. Doze memiliki prinsip kerja dengan mematikan semua aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat baterai. Nah, memang salah satu penyebab utama borosnya baterai adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan di background meskipun smartphone tidak sedang digunakan. Fitur Doze ini dikembangkan agar dapat menghemat baterai dan membuat baterai lebih optimal. Bahkan dengan fitur ini kita bisa menghemat baterai hingga 3 kali lipat.

              Doze pada Android Marshmallow ini memang benar-benar mampu membuat baterai dan RAM smartphone jadi jauh lebih hemat dan awet. Jadi kalian tidak usah ragu lagi untuk meng-update smartphone kalian ke Android Marshmallow. Nah, bagaimana jika smartphone kalian tidak bisa di-update ke Marshmallow? Kalian tidak usah khawatir karena ada beberapa aplikasi yang memiliki cara kerja seperti Doze dan dapat menghemat baterai smartphone Android hingga 3 kali lipat.

              BACA JUGA
              • Kenalin Nih, DOZE, Fitur Android Marshmallow yang Bisa Hemat Baterai 3x Lipat
              • Inilah 5 Smartphone Android 1 Jutaan dengan Baterai Paling Awet

              7 Aplikasi Mirip Doze untuk Android

              Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya memiliki cara kerja serupa dengan Doze pada Marshmallow yaitu untuk menghemat baterai. Namun bahkan ada juga yang aplikasi yang menambahkan fitur-fitur tertentu sebagai pelengkap. Berikut ini adalah 7 aplikasi yang memiliki cara kerja serupa dengan Doze pada Marshmallow.

              1. Doze for Better Battery Life

              Doze1

              Dari namanya sudah sama. Namun, Doze for Better Battery Life ini adalah aplikasi keluaran pihak ketiga untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada Android. Aplikasi ini berbeda dengan Power-saving mode yang ada pada Android Lollipop. Fitur power-saving pada Lollipop hanya mematikan koneksi data saja dan kemudian aktif kembali ketika pengguna membuka aplikasi yang bersangkutan. Pada Doze ini, pengguna hanya cukup mengaktifkan layar smartphone mereka dan secara otomatis koneksi data serta aplikasi dapat digunakan kembali. Istimewanya, Doze pada Android Marshmallow hanya aktif ketika smartphone dibiarkan selama 30 menit. Sedangkan pada Doze for Better Battery Life ini kalian bisa mengaktifkan fitur ini kapan saja.

              Doze For Better Battery Life Icon
              Doze - For Better Battery Life 1.17
              Apps Productivity YirgaLab
              DOWNLOAD

              2. Naptime

              Doze2

              Sama seperti aplikasi sebelumnya. Naptime juga menonaktifkan beberapa aplikasi yang bekerja di background untuk menghemat baterai. Perbedaannya, Naptime memiliki fitur yang lebih lengkap namun untuk menggunakannya smartphone Android kalian harus dalam keadaan telah di-root.

              3. Greenify

              Doze3

              Aplikasi Greenify juga memiliki kemampuan untuk mematikan aplikasi Android yang boros baterai ketika tidak digunakan. Greenify menonaktifkan aplikasi yang berjalan dengan mematikan proses service pada aplikasi. Hampir sama dengan fitur Doze pada Android Marshmallow. Sayangnya, aplikasi yang dinonaktifkan Greenify menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat melakukan push notification dan update saat dimatikan.

              Greenify Icon
              Greenify
              Apps Developer Tools Oasis Feng
              DOWNLOAD

              4. Shutapp

              Doze4

              Shutapp memiliki fitur yang serupa dengan Doze pada Android Marshmallow. Aplikasi ini mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan pada background yang tidak digunakan. Uniknya, Shutapp masih dapat menerima push notification meskipun aplikasi tersebut di matikan. Nah, sangat berguna untuk kalian yang ingin menghemat baterai tapi tetap terhubung dengan sosial media atau chatting.

              5. Doze Now (root)

              Doze5

              Meskipun masih dalam tahap Beta, Doze Now cukup layak untuk digunakan. Aplikasi ini tergolong lebih ringan dari pada yang lainnya. Doze Now juga mematikan aplikasi yang berjalan pada background ketika tidak digunakan. Sayangnya, ketika layar Android kembali diaktifkan, aplikasi ini tidak secara otomatis menyalakan kembali yang telah dimatikan sebelumnya. Kalian harus membuka secara manual aplikasi yang telah dimatikan. Doze Now juga membutuhkan akses root untuk smartphone yang digunakan. Namun aplikasi ini dinilai dapat lebih banyak menghemat daya baterai Android.

              6. Hibernation Manager

              Doze6

              Hibernation Manager juga merupakan aplikasi yang bisa menghemat baterai perangkat Android seperti Doze. Aplikasi ini juga dapat mematikan beberapa software yang aktif yang menguras baterai. Kalian dapat memilih secara leluasa aplikasi apa saja yang akan dinonaktifkan ketika layar dimatikan. Selain itu jika smartphone kalian telah di-root, maka kalian bisa menggunakan fitur CPU Hibernation. Di mana aplikasi ini membuat CPU bekerja dalam frekuensi yang paling rendah sehingga menghemat baterai smartphone.

              7. Doze Battery Saver

              Doze7

              Doze Battery Saver diklaim dapat cukup ampuh dalam menghemat baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak terpakai. Kalian juga bisa dengan mudah memilih apa saja aplikasi yang akan dimatikan. Sebaiknya, jangan matikan aplikasi sosial atau messenger karena Doze Battery Saver ini tidak secara otomatis mengaktifkan lagi aplikasi yang telah dimatikan. Kalian harus membuka masing-masing aplikasi secara manual melalui menu setting pada Doze Battery Saver ini.

              Itu tadi adalah beberapa aplikasi yang serupa dengan fitur Doze pada Android Marshmallow. Tujuannya tentu saja adalah untuk menghemat baterai pada smartphone. Kalian dapat memilih salah satunya untuk digunakan dan tentu saja, dengan aplikasi ini kalian dapat merasakan fitur Doze pada Marshmallow tanpa harus upgrade sistem operasi smartphone Android kalian.

              Tags Terkait:

              APPS TERKAIT
              Greenify Icon
              Greenify
              Apps Oasis Feng
              Appblock Stay Focused Icon
              AppBlock - Stay Focused 1.0.2
              Apps MobileSoft s.r.o.
              Doze For Better Battery Life Icon
              Doze - For Better Battery Life 1.17
              Apps YirgaLab
              Dbs Icon
              DU Battery Saver
              Apps DU APPS Studio
              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Popup External Background JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal