J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Cara Jitu Menjaga Keamanan HP Android Tanpa Harus Menginstall Aplikasi

Kamis, 24 Mar 2016, 17:00 WIB
Untuk mengurangi kemungkinan smartphone kamu dibobol, JalanTikus punya 10 cara jitu menjaga keamanan HP Android tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Jaman sekarang kehidupan kayaknya udah nggak bisa kelepas sama yang namanya smartphone. Bahkan rekening dan biaya hidup bisa dikontrol lewat smartphone. Kebayang nggak kalo keamanan smartphone kamu dibobol sama orang? Bisa jadi uang, foto-foto pribadi, catatan kerja, dan hal lainnya yang super penting bocor ke masyarakat luas.

Serem kan?! Tau-tau langsung miskin karena uang dikuras lewat HP kamu yang hilang. Untuk mengurangi kemungkinan smartphone kamu dibobol, JalanTikus punya 10 cara jitu menjaga keamanan HP Android tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Caranya gampang dan simpel semua kok. Kamu nggak harus ngoprek HP Android kamu buat ngikutin step-by-step yang mimin berikan. Cara ini dijamin afdol karena semuanya adalah tips security built-in dari HP Android-mu sendiri. Nah langsung simak aja nih tipsnya:

BACA JUGA
  • Celah Keamanan ini Bisa Bikin HP Android Kamu Mati
  • 5 Aplikasi Keren Penjaga Keamanan Android Kamu
  • Virus Shedun, Android Kamu Gak Akan Bisa Dipakai Lagi Kalau Kena Virus Ini!

10 Cara Jitu Menjaga Keamanan HP Android

Tips 1: Gunakan Lock Screen

Screen Lock
Jaman sekarang siapa sih yang nggak pakai Lock Screen? Bahkan banyak aplikasi yang mendesain ulang tampilan Lock Screen kamu jadi lebih menarik kaya Go Locker. Kamu nggak harus install aplikasi ini sih karena sejatinya Android sendiri sudah dilengkapi Lock Screen. Cuma kalau kamu mau nambahin blink-blink di Lock Screen kamu, bisa baca artikel Aplikasi Lockscreen Terbaik Untuk HP Android atau langsung download Go Locker di sini:
Go Locker Icon
GO Locker 5.03
Apps Productivity GO Launcher Dev Team
DOWNLOAD

Tips 2: Nyalakan Fitur Smart Lock

Smart Lock
Kalau Android kamu udah pakai versi Android 5.0 ke atas, maka dalam smartphone kamu akan terdapat fitur Smart Lock. Kamu nggak perlu pakai Lock Screen yang agak mengganggu karena dalam aplikasi ini terdapat opsi:
  • Trusted devices
  • Trusted places
  • Trusted face
  • Trusted voice
  • On-body detection

Tips 3: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi Dua Langkah
JalanTikus udah pernah kamu kasih artikel Cara Amankan Email Gmail Dengan Verifikasi Dua Langkah kan? Baca dulu di link tersebut ya. Jika kamu sudah paham, kamu pasti ngerti pentingnya verifikasi dua langkah dong? Hal ini akan mengurasi risiko akun Google kamu dibobol orang. Untuk mengaktifkannya kamu bisa klik link Google Verifikasi 2 Langkah ini.

Tips 4: Atur Android Device Manager

Android Device M

Semua HP Android keluaran terbaru memiliki fitur keren bernama Android Device Manager yang berguna untuk menemukan lokasi Android kamu melalui Chrome. Kamu bisa baca step-by-step cara penggunaan Android Device Manager di sini: Cara Cepat Menemukan Android yang Hilang dengan Google Chrome. Jika HP Android kamu belum memiliki Android Device Manager, kamu bisa download aplikasinya di sini:

Adm Icon
Android Device Manager 1.1.9
Apps Drivers & Smartphone Google Inc.
DOWNLOAD

Tips 5: Aktifkan Fitur Verify Apps di Android

Verify Apps

Opsi ini tersedia secara default di Android 5.0 dan ke atas, namun dari Android KitKat atau di bawahnya, hal ini merupakan layanan keamanan yang sangat bagus yang harus diaktifkan secara manual olehmu sendiri. Kamu bisa temukan aplikasi ini di Settings > Security. Cari Verify Apps dan ceklis di kotaknya.

Tips 6: Hanya Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Google Play

Jangan tergoda untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak kamu percaya karena bisa saja aplikasi tersebut membawa malware atau virus yang akan merugikan HP Android kamu. Males banget kan mau untung jadi buntung. Kamu bisa download aplikasi dari Google Play ataupun Amazon AppStore.

Amazon Icon Icon
Amazon Appstore 17.0001
Apps Productivity Amazon Inc
DOWNLOAD

Tips 7: Enkripsi Datamu

Encrypth

Emang sih kadang kalo denger kata Enkripsi kayanya langsung bingung itu HP mau diapain ya, bahkan nggak jarang muncul rasa technophobia. Tapi tau nggak sih kamu hal ini sebenarnya sangat sederhana? Anggap saja semua data pada HP kamu dicampur-adukkan bagi orang luar namun saat kamu memasukkan passwordnya, hal itu akan kembali ke tempatnya secara otomatis. Dalam Android, kamu bisa mengaktifkan fitur ini melalui Settings > Security > Encrypt Phone.

Tips 8: Jangan Koneksikan HP ke Jaringan WiFi Asing

No Wifi

Ini nih kebiasaan buruk banyak orang. Saking pengen internetan gratis, sekali ada Hotspot tanpa password langsung dikoneksiin ke HP. Jangan dong, ini bahaya tau. Siapa tau hal itu sebenarnya jebakan berisi banyak malware atau virus. Jadi bijaksana aja ya kalau mau cari hotspot gratis.

Tips 9: Pakai Aplikasi Pihak Ketiga untuk Web Browser

Chrome Browser

Untuk memudahkan kamu, lebih baik HP Android kamu memakai Chrome Browser yang memiliki prompt update untuk memblokir hal yang mengeksploitasi keamanan kamu. Selain itu, Chrome Browser juga browser besutan Google yang selalu mendapatkan update terbaru security patches.

Tips 10: Jaga HP Androidmu Agar Tetap Up to Date

Software Update

Jika kamu mendapatkan update firmware terbaru langsung dari HP kamu, jangan ragu untuk segera men-downloadnya. Karena update ini akan membuat HP kamu lebih aman dengan software baru langsung dari perusahaan pembuat device kamu. Untuk mengecek apakah kamu sudah menggunakan software terbaru, kamu bisa kunjungi Settings > About Phone > System Update.

Tips Tambahan

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi Antivirus yang banyak disediakan di Google Play. Aplikasi ini akan men-scan malware secara otomatis dan memperingatkan kamu jika dalam HP kamu ada malware ataupun virus yang berbahaya.

    Antivirus
    Banyak banget aplikasi Antivirus yang bagus, kalau mimin sih di HP Androidnya pake Avast Antivirus. Kamu bisa pilih salah satu dari aplikasi di bawah ini:
    Mobile Security Antivirus Icon
    avast! Mobile Security and Antivirus
    Apps Antivirus & Security Avast Software
    DOWNLOAD
    Avg Antivirus For Android Icon
    AVG Antivirus Security - FREE for Android
    Apps Antivirus & Security AVG Technologies
    DOWNLOAD
    Avira Icon
    Avira Antivirus Security
    Apps Antivirus & Security Avira GmbH
    DOWNLOAD
    Lebih lengkapnya kunjungi daftar Antivirus di JalanTikus.
  • Jika kamu sudah me-root HP Android kamu, kamu bisa menginstal aplikasi manajemen root terpercaya seperti SuperSu. Karena jika HP kamu sudah di-root maka risiko keamanan akan lebih longgar.

    Supersu
    Kamu bisa install aplikasi SuperSu di JalanTikus:
    Supersuimg Icon
    SuperSU
    Apps Developer Tools Chainfire
    DOWNLOAD

Nah, dari banyak tips di atas, mana yang sudah kamu lakukan buat menjaga keamanan HP Android kamu? Jangan lupa kalau ada cara lain untuk menjaga keamanan HP Android, share lewat kolom komentar di bawah ya.

Artikel Menarik Lainnya

APPS TERKAIT
360 Security Antivirus Boost Icon
360 Security - Antivirus Boost
Apps Qihu 360 Software Co.
Mobile Security Antivirus Icon
avast! Mobile Security and Antivirus
Apps Avast Software
Avg Antivirus For Android Icon
AVG Antivirus Security - FREE for Android
Apps AVG Technologies
Kaspersky Android Icon
Kaspersky Internet Security 11.8.4.625
Apps Kaspersky
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
UPDATE 2016: Kumpulan Trik Hacking untuk Android yang Belum Di-root

UPDATE 2016: Kumpulan Trik Hacking untuk Android yang Belum Di-root

35 Tips Android yang Pasti Bikin Smartphone Kamu Lebih Canggih

35 Tips Android yang Pasti Bikin Smartphone Kamu Lebih Canggih

15 Tips Android yang WAJIB Diketahui oleh Seluruh Pengguna Android

15 Tips Android yang WAJIB Diketahui oleh Seluruh Pengguna Android

7 Tips Membuat Android Kamu Seperti Baru Lagi

7 Tips Membuat Android Kamu Seperti Baru Lagi

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal