• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

2 Cara Mudah Membedakan SD Card Asli atau Palsu

2 Cara Mudah Membedakan SD Card Asli atau Palsu

Senin, 30 Apr 2018, 07:00 WIB
Tahukah kamu bahwa ada macam-macam SD Card? Dari mulai tingkat kecepatan transfer data, hingga adanya SD Card asli dan palsu. Tahukah kamu bagaimana cara membedakan SD Card yang asli dengan yang palsu? Begini caranya.

Saat kamu membeli smartphone atau perangkat portable baru, kamu mungkin akan mencari tahu apakah smartphone tersebut mendukung slot SD Card atau tidak. SD Card atau dikenal juga sebagai memori eksternal adalah perangkat penyimpanan data tambahan yang digunakan pada perangkat portable. Tapi, tahukah kamu bahwa ada macam-macam SD Card? Dari mulai tingkat kecepatan transfer data, hingga adanya SD Card asli dan palsu. Tahukah kamu bagaimana cara membedakan SD Card yang asli dengan yang palsu?

BACA JUGA
  • Tips Memilih Kartu Memori untuk Smartphone
  • 5 Cara Mudah Memperbaiki Kartu SD Rusak dan Tidak Terbaca
  • Cara Melakukan Partisi Memori Eksternal di Android

Mengingat betapa pentingnya fungsi SD Card atau memori eksternal pada perangkat smartphone, maka kamu harus mengetahui lebih jauh tentang SD Card ini. Kali ini, Jaka akan memberikan tips untuk membedakan SD Card asli dengan yang palsu.

Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu

Sebelum masuk ke cara membedakan SD Card yang asli dengan yang palsu, ada baiknya jika Jaka membahas tentang macam-macam SD Card. SD Card atau Secure Digital Card pada perkembangannya telah dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

  • SD Card
Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu

Bisa dibilang ini adalah SD Card pertama. SD Card ini untuk tahap selanjutnya menjadi paling universal karena bisa menggunakan adapter untuk kartu memori tahap selanjutnya.

  • Mini SD
Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu2

Jika kamu pernah menggunakan handphone zaman dulu, kamu mungkin familiar dengan SD Card jenis ini. Dan juga biasanya digunakan untuk penyimpanan pada perangkat pemutar MP3.

  • Micro SD
Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu3

Ini adalah jenis SD Card yang paling terbaru dan banyak digunakan pada perangkat smartphone masa kini. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah dibawa, dan juga dapat dihubungkan dengan perangkat lain yang menggunakan SD Card dengan adapter.

1. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Dari Fisiknya

Secara fungsi, SD Card asli atau palsu memang tidak ada bedanya, sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan data digital. Hanya saja, SD Card palsu sering mengalami masalah di kemudian hari, seperti data yang sering corrupt, transfer data yang lambat, dan juga sering tidak terbaca oleh perangkat smartphone kamu.

Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu 4

Adapun cara membedakan SD Card asli atau palsu secara fisik adalah dengan memeriksa apakah menggunakan cetakan nama merek permukaannya atau menggunakan sticker. Kartu memori yang asli biasanya menggunakan cetakan pada permukaannya, bukan menggunakan sticker yang ditempelkan. Adapun jika menggunakan sticker untuk menimbulkan hologram, di bawah stickernya tetap akan ditemukan cetakan nama mereknya.

2. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Menggunakan Aplikasi

Adalah SD Insight, sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa apakah kartu memori yang kamu gunakan asli atau palsu. Aplikasi gratis ini akan memberikan kamu info seputaran kartu memori yang kamu gunakan. Nantinya, kamu bisa mengetahui apakah kartu memori yang kamu gunakan itu asli atau palsu.

Caranya, cukup instal SD Insight dari link yang Jaka sediakan.

Sd Insight Icon
SD Insight 1.5.6
Apps Productivity HumanLogic
DOWNLOAD

Selanjutnya, kamu mulai bisa menggunakan SD Insight untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang kamu gunakan. Apa saja yang ditawarkan oleh SD Insight?

  1. Membaca informasi SD Card yang kamu gunakan. Nantinya, informasi ini bisa kamu gunakan untuk dicocokan dengan data yang ada pada kemasan dan nota pembelian kartu memori tersebut. Ingat: Perhatikan tanggal pembuatan dan produksi kartu memori yang kamu gunakan. Jika tanggal produksinya tidak sesuai dengan yang ada pada kemasan, maka keaslian kartu memorinya wajib dipertanyakan. Selanjutnya perhatikan juga nomer model dan serial nomernya.

    Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu 5
  2. Membaca informasi memori internal smartphone kamu.

    Cara Membedakan Sd Card Asli Atau Palsu 6

Menariknya, jika ternyata kartu memori yang kamu gunakan itu palsu, masa SD Insight tidak akan mampu menampilkan data dari SD Card yang kamu gunakan. Bisa juga hal itu terjadi karena kartu memori yang kamu gunakan tidak terdaftar. Tapi demi keamanan, akan lebih nyaman jika selalu menggunakan SD Card yang terdaftar bukan?

Untuk berjaga-jaga agar kamu tidak mendapatkan memory card atau SD Card yang palsu, selalu bertanya pada penjualnya. Jika ternyata penjual menawarkan harga yang murah, sebaiknya tanyakan lebih detail dan juga jangan lupa minta garansi minimal 1 bulan. Karena nantinya kartu memori itu akan kamu gunakan untuk menyimpan data digital kamu yang berharga bukan? Tidak lucu jika ternyata memori yang kamu miliki ternyata cepat rusak dan kamu kehilangan datanya.

ARTIKEL TERKAIT
Mematikan Pemberitahuan Di Android Banner

Sepertinya Cuma 2 Aplikasi Ini yang Bisa Bikin Hidup Kamu Berharga

Emoji Kondom Hari Aids Sedunia Banner

Cara Menggunakan Emoji Jari Tengah dan Emoji Kondom di WhatsApp

Cara Mengetahui Jawaban Duel Otak Banner

Cara Baru Untuk Mengetahui Jawaban Duel Otak Agar Menang Terus

Header 11 3e13b

Cara Backup dan Restore Semua Aplikasi di Android Tanpa Root

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Sd Insight Icon
SD Insight 1.5.6
Apps HumanLogic
Link2sd
Link2SD
Apps B lent Akpinar
Sd Tool Apk
SD Tools 3.5
Apps Veluscek Ales
Memorybooster Icon
Memory Booster - RAM Optimizer 6.0.3
Apps
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal