J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

Rabu, 22 Jun 2016, 00:00 WIB
Smartphone kamu dalam kondisi root? Inilah 5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root.

Buat kamu para pengguna smartphone Android, pastinya tak asing lagi dong dengan istilah root atau rooting. Ya, root Android merupakan proses modifikasi sistem operasi Android sehingga kamu memiliki akses tanpa batas. Dimana kamu diijinkan untuk melakukan pengubahan seperti menambah, menghapus, bahkan merusak elemen-elemen yang tedapat dalam sistem operasi Android.

Root dapat diibaratkan kamu membuka kunci rumah, sehingga kamu bisa masuk ke dalam rumah dan melakukan apa saja. Artinya root juga dapat membuat rumah kamu tidak aman dan rentan kemalingan. Ya, smartphone Android kamu lebih rawan terserang malware jahat yang dapat merusak sistem atau mencuri data.

BACA JUGA
  • PENTING! Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Android Kamu Aman

5 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

Jadi, kamu harus tahu betul apa manfaat root Android dan apa dampaknya. Dilansir dari TechViral, berikut Jaka sajikan 5 cara mengamankan smartphone Android yang sudah di-root.

1. Mengelola Izin Aplikasi atau App permissions

Mengelola Izin Aplikasi Atau App Permissions

Jika smartphone kamu sudah menjalankan Android Marshmallow, terdapat fitur App Permissions yang membuat izin aplikasi lebih intuitif, memberikan kamu pilihan untuk mengizinkan atau menolak izin tertentu dalam sebuah aplikasi daripada harus menerima semua izin sekaligus. Misalnya kamu dapat memberikan browser Chrome akses ke kamera, tapi tidak untuk akses mikrofon jika kamu inginkan.

Tenang saja, jika smartphone Android kamu belum menjalankan Android Marshmallow. Kamu tetap dapat mengelola setiap akses yang diminta aplikasi menggunakan aplikasi App Ops. Ibaratnya meskipun pintu rumah tidak dikunci, tapi kamu mengunci setiap lemari, kulkas, dan peralatan lain di dalam rumah. Jadi sedikit terasa lebih aman bukan?

Download Aplikasi App Ops

2. Jangan Install Aplikasi Tidak Resmi

Download Aplikasi Di Google Play Store

Hal penting lainnya setelah kamu melakukan rooting adalah jangan download dan install aplikasi tidak resmi, download aplikasi dan game melalui Google Play Store atau tempat download yang terpercaya seperti JalanTikus misalnya. Untuk alasan tertentu, kadang kita memang meng-install aplikasi atau game di luar Google Play Store. Seperti untuk bermain game yang sudah di crack, tentunya aplikasi yang sudah dimodifikasi tersebut bisa saja mengandung malware jahat.

3. Jangan Hapus Semua Aplikasi Bawaan

Jangan Hapus Aplikasi Bawaan

Dengan mendapatkan akses root, pengguna Android bisa menghapus semua aplikasi yang ada pada Android, termasuk aplikasi bawaan yang tidak pernah terpakai. Tetapi kamu harus hati-hati, jangan sembarangan menghapus aplikasi bawaan. Jika salah menghapus beberapa aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan perangkat Android sempurna, sudah pasti hasilnya pasti akan error atau smartphone jadi tidak stabil. Jadi, sebelum kamu menghapus aplikasi bawaan, kamu harus tahu dulu apa fungsinya, dan jaka sangat menyarankan untuk tidak menghapus aplikasi bawaan asal-asalan.

4. Gunakan Anti Virus

Install Anti Virus

Jika smartphone Android kamu tidak dalam keadaan root, Google mengklaim bahwa tak ada guna install aplikasi anti virus di Android. Namun lain cerita untuk smartphone yang sudah di-root, dimana antivirus cukup dibutuhkan untuk menjaga keamanan. Secara rutin kamu bisa melakukan pemindaian untuk memastikan semua aman. Nah selengkapnya baca artikel berikut, 10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Buat Smartphone Kamu.

5. Selalu BackUp

Jangan Lupa Backup

Salah tahap dalam melakukan modifikasi sistem Android dapat menyebabkan beberapa kerusakan sistem seperti softbrick, bootloop, sampai dengan mati total. Jadi, rajin-rajinlah melakukan backup setiap hari bila perlu. Nah kamu bisa menggunakan aplikasi Titanium Backup yang punya fitur sangat lengkap. Kamu dapat dengan mudah melakukan backup, memulihkan, memindahkan data aplikasi atau game ke kartu memori, dan lainnya.

Itulah 5 langkah aman menggunakan smartphone Android yang telah di-root. Memang dengan melakukan root kita bisa melakukan banyak hal, seperti install custom ROM, menjajal fitur terbaru, baterai bisa lebih awet, kinerja bisa lebih ringan, dan lainnya. Namun sistem biasanya tidak berjalan stabil, sehingga kamu harus punya backup data-data penting. Kalau menurut pendapat kamu, masih perlukah smartphone Android kita root?

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Rootex
Root Explorer 2.2.3
Apps Moof Games Limited
Supersuimg Icon
SuperSU
Apps Chainfire
Romtoolbox
ROM Toolbox
Apps JRummy Apps Inc.
Titanium_backup
Titanium Backup
Apps Titanium Track
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Aplikasi Wajib untuk Smartphone Android yang Sudah Di-root

10 Aplikasi Wajib untuk Smartphone Android yang Sudah Di-root

Kenapa Android Harus Di-root? Ini 8 Alasannya!

Kenapa Android Harus Di-root? Ini 8 Alasannya!

15 Tips Android yang WAJIB Diketahui oleh Seluruh Pengguna Android

15 Tips Android yang WAJIB Diketahui oleh Seluruh Pengguna Android

7 Aplikasi Root Android Terbaik dan Gratis, Langsung Download

7 Aplikasi Root Android Terbaik dan Gratis, Langsung Download

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal