4 Tips Agar Tetap Aman Ketika Menggunakan WiFi Gratis

Default

Internet memang sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan saat ini. Apapun dan bagaimanapun caranya, kita akan berusaha agar gadget yang kita miliki dapat terhubung dengan internet. WiFi gratis adalah salah satu incaran para fakir kuota meskipun risiko bahaya yang didapat lebih besar.

Nah, kemarin kita sudah membahas tentang apa saja bahaya yang mengintai saat menggunakan WiFi gratis. Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara kita agar terhindar dari bahaya tersebut. Bagaimana caranya? Ayo kita simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA
  • Inilah 4 Bahaya yang Mengintai Saat Kamu Menggunakan WiFi Gratis
  • 3 Aplikasi Untuk Mencari Hotspot WiFi Kapan Saja, Dimana Saja
  • Cara Hemat Kuota Saat Tethering WiFi Hotspot di Android

Tips Agar Terhindar dari Bahaya WiFi Gratis

1. Curigai WiFi yang Tidak diproteksi Password

Networkprotection 512

Biasanya meski gratis, WiFi yang sah dan aman tetap diproteksi menggunakan password. Jika kalian menemukan WiFi gratis yang tidak dilindungi password sebaiknya pertimbangkan dahulu ketika akan menggunakannya. Bisa jadi WiFi ini adalah sebuah jebakan yang dibuat oleh para scammers untuk mencuri data pribadi kalian. Jangan terlalu bernapsu untuk segera menggunakan WiFi gratis tersebut, karena jika kalian sembrono maka gadget kalian bisa terancam bahaya. Bahkan ada juga WiFi gratis yang secara otomatis bahkan tiba-tiba terhubung secara langsung pada gadget kalian. Jika kalian menemukan hal seperti ini sebaiknya segera menon-aktifkan WiFi pada gadget kalian.

Wifi Finder
WiFi Finder 3.335p
Apps Networking JiWire Inc.
DOWNLOAD

2. Waspada Terhadap WiFi Palsu

1s

Jangan pernah menganggap bahwa semua WiFi gratis yang tersedia di luar itu aman dan resmi. Bisa jadi WiFi tersebut adalah link palsu yang dibuat oleh para kriminal dunia cyber. Memang sangat sulit dibedakan antara WiFi asli dengan WiFi palsu buatan para hacker, bahkan hampir tidak bisa dibedakan. Tetap waspada dan jangan sembarangan menghubungkan gadget dengan WiFi yang tidak dikenal karena hal tersebut sangat berbahaya. Jika memang kalian ingin tetap menghubungkan gadget kalian dengan WiFi gratis tersebut, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah dalam gadget yang kalian gunakan ada data pribadi yang sangat penting atau tidak.

Wifi Analyzer Android
Wifi Analyzer 3.11.2
Apps Networking Farproc
DOWNLOAD

3. Pastikan Bahwa WiFi Tersebut Legal dan Sah

4

Beberapa WiFi palsu buatan para kriminal cyber tidak jarang yang menggunakan nama-nama tertentu yang terlihat familiar. Seperti kedai kopi, hotel, atau tempat publik lainnya. Ketika kalian ingin menggunakan WiFi gratis tersebut, pastikan bahwa WiFi yang kalian pilih benar-benar sah dan tidak palsu. Misalkan ketika kalian berada di sebuah kedai kopi. Kalian bisa menanyakan langsung nama WiFi yang benar dan sah pada pelayan kedai kopi tersebut. Hal tersebut akan membuat kalian lebih aman ketika akan terhubung dengan WiFi.

4. Gunakan Virtual Private Network (VPN)

6ss

Dengan menggunakan VPN saat terhubung dengan WiFi gratis, secara otomatis kalian akan menggunakan jaringan yang lebih pribadi dan lebih aman. Seolah-olah kalian memiliki "terowongan" pribadi yang menghubungkan gadget kalian dengan jaringan internet. Dengan menggunakan Virtual Private Network, secara otomatis data yang kalian gunakan pada jaringan akan dienkripsi sedemikian rupa sehingga menyulitkan penjahat cyber untuk melakukan tindakan kriminal. Baik hacker maupun snooper akan kesulitan dalam menembus enkripsi ini sehingga data kalian menjadi lebih aman.

Hotspot_icon
Hotspot Shield VPN for Android 7.5.1
Apps Networking AnchorFree GmbH
DOWNLOAD

5. Hindari Penggunaan Social Media

7

Ketika kalian menggunakan social media, tentu diperlukan data berupa email, user ID, serta password untuk masuk ke dalam akun kalian. Jika kalian tidak bisa menjamin bahwa jaringan WiFi gratis yang digunakan aman, sebaiknya hindari penggunaan social media. Karena ada risiko di mana data yang kita miliki diintip oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bahayanya jika kemudian data kita disalahgunakan. Selain social media, hindari juga situs-situs yang mengharuskan kalian memasukkan data diri atau data pribadi seperti internet banking, situs belanja online, dan lainnya.

6. Pasang Antivirus pada Gadget

8

Untuk berjaga-jaga agar terhindar dari bahaya saat menggunakan WiFi gratis, sebaiknya kalian memasang antivirus pada gadget kalian masing-masing. Antivirus ini sangat berguna untuk menghadang malware yang menyebar melalui jaringan WiFi. Ada banyak pilihan antivirus di Play Store yang bisa kalian gunakan, baik gratis maupun berbayar. Namun sebaiknya kalian menggunakan antivirus yang resmi dan berbayar karena biasanya fitur-fitur yang dimiliki antivirus ini lebih lengkap dan lebih kuat menjaga gadget kalian dari serangan malware. Jangan gunakan antivirus bajakan atau yang tidak tercantum pada Play Store. Karena antivirus seperti ini sangat berisiko terjangkit malware.

Itu tadi adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari bahaya saat menggunakan WiFi gratis. Jika memang tidak terdesak, sebaiknya hindari penggunaan WiFi gratis ini apalagi jika WiFi tersebut terlihat mencurigakan. Atau kalian bisa pertimbangkan untuk menggunakan WiFi pribadi yaitu dengan menggunakan smartphone kalian sendiri melalui tethering atau portable hot-spot.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 2
Begini Cara Hemat Baterai Android Ketika Terhubung ke WiFi
Cara Hemat Kuota Saat Tethering Hotspot Banner
Cara Hemat Kuota Saat Tethering WiFi Hotspot di Android
Memutus Koneksi Internet Orang Lain Banner
Cara Memutuskan Koneksi Internet WiFi dan LAN Orang Lain Lewat Komputer
Memutus Koneksi Internet Wifi Orang Lain Banner
Cara Memutuskan Koneksi Internet WiFi Orang Lain dengan Android
Free Wifi
Cara Mendapatkan Hotspot WiFi Gratis
APPS TERKAIT
Hotspot_icon
Hotspot Shield VPN for Android 7.5.1
Apps AnchorFree GmbH
Wifi Analyzer Android
Wifi Analyzer 3.11.2
Apps Farproc
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal