J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Mitos Bahaya Ngecas Laptop dengan Charger Laptop Lain!

              4 Mitos Bahaya Ngecas Laptop dengan Charger Laptop Lain!

              00
              Senin, 5 Mar 2018, 09:00 WIB
              Ngecas laptop dengan charger laptop lain berbahaya? Mitos atau fakta? 4 hal ini akan menjawab rasa penasaran kamu.

              Kamu seorang mahasiswa yang sedang sibuk-sibuknya dengan tugas kuliah yang bertumpuk atau mungkin sedang berkutat dengan skripsi? Atau kamu adalah seorang pegawai muda yang harus fleksibel bekerja di mana dan kapan aja? Tentunya sebuah laptop kini jadi 'sahabat' terdekat kamu.

              Ngomongin soal laptop, tentunya kamu sering mendengar banyak mitos seputar perangkat yang satu ini, bukan? Salah satunya mitos tentang masalah pengisian baterai. Benar enggak sih kalau ngecas laptop dengan charger laptop lain berbahaya? Daripada banyak berspekulasi, mendingan kamu simak ulasan Jaka berikut ini mengenai mitos bahaya ngecas laptop dengan charger laptop lain.

              BACA JUGA
              • Laptop Terus Di-charge Tanpa Dicabut, Berbahayakah?
              • Canggih! 7 Laptop Terbaik Ini Dilengkapi Dengan Fingerprint
              • Pilihan Laptop Touchcreen Tipis Terbaik 2017

              4 Mitos Bahaya Ngecas Laptop dengan Charger Laptop Lain

              1. Spesifikasi Charger

              mitos-bahaya-ngecas-laptop-1

              Enggak semua laptop sama. Meski dengan merk yang sama, tiap laptop punya jenisnya masing-masing. Ada laptop untuk aktivitas sehari-hari, ada pula laptop gaming yang membutuhkan daya yang tentunya lebih besar. Maka, menggunakan charger dengan spesifikasi yang enggak sesuai bisa membahayakan laptop kamu.

              Mengisi baterai laptop gaming dengan charger laptop biasa tentunya enggak akan cukup untuk mengisi dayanya hingga penuh, atau setidaknya butuh waktu sangat lama. Sedangkan ngecas laptop biasa dengan charger laptop gaming malah berpotensi merusak baterai dan komponen lain laptop.

              2. Charger dan Laptop Beda Merk?

              mitos-bahaya-ngecas-laptop-2

              Kalau spesifikasi beda meski satu merk saja tergolong membahayakan, apalagi kalau menggunakan charger yang merknya berbeda dengan si laptop? Bisa dipastikan kalau hal itu akan membahayakan laptop kamu. Sayangnya, tukar-menukar charger seringkali dilakukan orang dalam situasi darurat.

              Dalam beberapa kejadian tertentu, laptop kamu masih bisa selamat. Ada beberapa charger yang meskipun berbeda merk, namun berasal dari satu manufaktur. Tapi tentunya enggak semua bisa demikian. Lebih baik kamu jaga baik-baik laptopmu dengan menggunakan charger kepunyaan sendiri.

              3. Beli Charger Murah Meriah

              mitos-bahaya-ngecas-laptop-3

              Charger original kamu rusak? Gak sedikit orang yang memilih 'hemat' dengan membeli charger murah namun gak jelas asal-usul dan kualitasnya. Alhasil, banyak dari mereka yang harus rela laptopnya jadi korban karena penggunaan charger murah tersebut malah merusak komponen laptop.

              Perilaku di atas harus segera diubah. Alangkah lebih baik untuk mengeluarkan lebih banyak uang di awal untuk membeli charger original ketimbang mengeluarkan budget besar di akhir untuk biaya memperbaiki atau bahkan membeli laptop baru.

              4. Pengecualian: MacBook

              mitos-bahaya-ngecas-laptop-4

              Untuk kamu pemilik laptop keluaran Apple, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MacBook, maka kamu bisa lebih tenang namun juga tetap perlu waspada. Kamu bisa tenang karena seri MacBook apapun bisa saling menggunakan charger selama masih bermerk Apple. Jadi, kamu enggak perlu memikirkan kecocokan spesifikasi charger.

              Namun, kamu tetap harus waspada akan beredarnya charger atau perangkat palsu. Produk Apple memang dikenal sebagai produk yang banyak dibuat tiruannya. Salah-salah membeli dan menggunakan charger, MacBook kamu (yang harganya pasti mahal) malah bisa rusak dan bikin kamu super nyesel.

              Akhir Kata

              Itulah mitos mengenai bahaya ngecas laptop dengan charger laptop lain yang terbukti, ternyata benar berbahaya. Jadi mulai saat ini Jaka sarankan supaya kamu gak coba-coba dan mengambil risiko untuk melakukan hal-hal di atas. Bukannya tugas dan kerjaan beres, tapi kamu malah harus rela laptop kamu rusak. Setuju?

              Baca juga artikel seputar Baterai atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              DU Battery Saver
              Apps DU APPS Studio
              CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
              Apps RmDroider
              Battery Booster Lite 7.2.3.9
              Apps AIO Toolbox Inc.
              Purify Battery Saver Boost 1.2.0.120
              Apps King Studio Co.Ltd
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal