Cara Memasang Set Top Box di TV Tabung & LED/LCD, Nikmati Siaran Jernih!

Default

Cara memasang set top box perlu diketahui bagi kamu yang ingin migrasi dari TV analog ke TV digital. Pemasangan STB juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan, seperti STB meledak.

Seperti diketahui, pemerintah melakukan penghentian siaran TV analog sejak 30 April 2022. Diperlukan Set Top Box (STB) agar TV analog bisa beralih fungsi jadi TV digital. Dengan perangkat ini, kamu nggak harus mengeluarkan uang beli TV digital yang baru.

Ternyata, nggak cuma TV tabung yang membutuhkan STB. Tidak semua TV berlayar tipis atau berjenis LCD/LED bisa menangkap siaran digital, terutama untuk merek yang belum tersertifikasi Kominfo.

Jangan bingung! Kalau kamu berencana melakukan migrasi siaran dari analog ke digital, simak cara memasang set top box 2023 berikut untuk memudahkanmu!

1. Cara Memasang Set Top Box di TV Tabung

Cara Memasang Set Top Box Di TV Tabung
Sumber foto: Possessed Photography/Unsplash - Cara Memasang Set Top Box

Masyarakat yang memiliki TV model tabung sempat khawatir dengan program penghentian siaran analog. Padahal, mereka akan tetap dapat menikmati siaran digital berbekal perangkat tambahan bernama set top box.

Berikut cara memasang set top box TV tabung:

  1. Siapkan perangkat STB dan TV analog.
  2. Pastikan STB berjenis DVB-T2.
  3. Pastikan TV analog dalam posisi power off.
  4. Cabut kabel antena yang terpasang di TV analog.
  5. Sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama ANT IN.
  6. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
  7. Sambungkan dengan kabel AV untuk TV analog yang belum mendukung HDMI.
  8. Pastikan STB terhubung dengan daya.
  9. Nyalakan STB dan TV analog.
  10. Masuk ke menu pengaturan TV analog.
  11. Pilih mode tampilan AV.
  12. Pilih opsi pencarian saluran.
  13. Daftar saluran siaran digital muncul.
  14. Pilih opsi Simpan dan selesai.

Cara pasang STB ke TV analog di atas mungkin berbeda, tergantung dari jenis TV dan STB yang dipakai. Guna mengetahui settingan STB ke TV analog yang lebih jelas, biasanya dapat dilihat di buku panduan perangkat.

2. Cara Memasang Set Top Box di TV LCD/LED

Cara Memasang Set Top Box Di TV Lcd
Sumber foto: Nicolas J Leclercq/Unsplash - Cara Memasang Set Top Box

Cara pasang set top box pada TV LCD maupun LED hampir sama dengan TV analog, tetapi lebih mudah karena bisa menggunakan kabel HDMI. Kabel HDMI pun menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman dipandang.

Berikut cara memasang set top box pada TV LED:

  1. Siapkan perangkat STB dan TV LED/LCD.
  2. Siapkan kabel HDMI (beli terpisah).
  3. Hubungkan kabel antena ke port ANT-IN di STB.
  4. Colokkan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai port.
  5. Sambungkan STB dengan kabel RCA.
  6. Nyalakan TV dan tekan tombol Source di remote.
  7. Alihkan ke mode HDMI atau audio/video.
  8. Nyalakan STB, tunggu sampai muncul tampilan menu.
  9. Tekan tombol Menu pada remote
  10. Pilih opsi Pencarian Siaran, lalu Pencarian Otomatis.
  11. Tunggu semua saluran dipindai.
  12. Pilih opsi simpan dan selesai.

3. Cara Pasang Set Top Box Pakai Antena Biasa

Cara Pasang Set Top Box Pakai Antena Biasa
Sumber foto: IST - Cara Memasang Set Top Box

Mungkin banyak yang masih bingung terkait antena untuk menonton siaran digital di TV analog, seperti apakah harus ganti antena baru atau tidak. Nah, dalam hal ini, tidak ada spesifkasi khusus dalam penggunaan antena.

Supaya bisa nonton siaran TV digital, kamu tetap bisa menggunakan antena yang sebelumnya biasa dipakai, baik itu UHF berjenis indoor atau outdoor. Jadi, kamu tidak perlu mengganti antena lagi, ya.

Hanya saja, kabel antena tersebut tidak boleh langsung dihubungkan ke TV analog, melainkan harus disambung ke port ANT-IN pada STB agar sinyal bisa dikonversi menjadi sinyal digital. Langkah-langkahnya tidak beda dengan dua cara sebelumnya.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan jika antena telah ditempatkan pada lokasi yang minim halangan dari beberapa benda, seperti gedung, pohon, atau bangunan. Hal ini agar antena dapat berfungsi optimal dalam menangkap sinyal digital.

Apa Saja Kelengkapan Set Top Box?

Apa Saja Kelengkapan Set Top Box
Sumber foto: Diginited - Cara Memasang Set Top Box

Kamu harus memastikan bahwa perangkat ini sudah mendukung jaringan TV digital di Indonesia sesuai dengan standarisasi Kominfo, yakni Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Sebaiknya tidak menggunakan perangkat STB yang belum mendukung jaringan DVB-T2. Setelah itu, jangan lupa juga untuk memastikan kelengkapan STB yang kamu miliki sebelum memasangnya ke TV tabung atau LED/LCD.

Berikut kelengkapan perangkat STB yang harus kamu perhatikan:

  • Perangkat set top box
  • Kabel antena
  • Adaptor atau charger
  • Kabel LAN dan WLAN
  • Kabel RCA
  • Remote dan baterainya
  • Kabel HDMI (jika ada)

Selain kelengkapan di atas, kamu juga perlu memeriksa port yang ada pada set top box berikut ini:

  • Port RCA
  • Port HDMI
  • Port USB
  • Port adaptor
  • Port LAN
  • Port ANT IN dan ANT OUT
  • Slot MicroSD (jika ada)

Rekomendasi Set Top Box Terbaik

Rekomendasi Stb Terbaik
Sumber foto: GreenR Community - Cara Memasang Set Top Box

Set top box belakangan ini laris manis untuk digunakan menonton layanan TV digital di rumah. Fungsi utamanya adalah menangkap sinyal digital yang kemudian dikonversi menjadi data analog untuk ditampilkan ke layar TV.

Selain menonton acara TV melalui aplikasi, kamu juga bisa menonton dengan menggunakan perangkat tersebut di TV. Ada banyak perangkat set top box dengan berbagai merek di pasaran yang bisa digunakan.

Penasaran apa saja merek terbaik dari perangkat ini? Kamu bisa simak artikel Jaka lainnya di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi set top box dari berbagai merek dan harga yang bisa dipilih.

Set Top Box 7abef
15 Rekomendasi Set Top Box Terbaik, Bisa Nonton Channel Luar Negeri!
Set Top Box adalah alat dekoder untuk mengkonversi siaran TV Digital di rumah. Kamu bisa menemukan rekomendasi Set Top Box terbaik di sini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Mematikan STB Agar Tidak Meledak

STB Meledak
Sumber foto: GreenR Community - Cara Mematikan STB Agar Tidak Meledak

Sebagai perangkat elektronik, STB juga berpotensi terjadi kerusakan akibat pemakaian atau arus listrik. Pasalnya, baru-baru ini muncul sebuah pesan berantai di WhatsApp hingga Facebook yang bernarasi set top box (STB) TV digital meledak.

Dilansir CNBC, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) buka suara. Pihaknya mengaku masih melakukan penyelidikan. Soal dugaan set top box meledak, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi, Ismail, mengatakan penyebabnya bisa jadi korsleting atau arus pendek.

Lalu, bagaimana cara mematikan STB yang benar dan aman agar tidak meledak? Berikut tipsnya.

  1. Matikan televisi dengan memastikan STB dalam keadaan tidak menyala. Kamu dapat menekan tombol power melalui STB maupun remote.
  2. Ketika akan bepergian atau padam listrik, baiknya cabut kabel STB dari stop kontak.
  3. Dilarang simpan STB di tempat lembap dan terik agar tidak cepat korosi dan berjamur.
  4. STB juga rentan dengan sumber panas lainnya, termasuk panas dari elektronik lain, seperti TV. Usahakan untuk tidak meletakkannya di atas TV.
  5. Pastikan arus listrik di rumah aman dan selalu stabil agar tidak menimbulkan konslet pada Set Top Box.

FAQ Tentang Cara Pasang Set Top Box

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Tenang, Jaka menyediakan daftar Frequently Asked Question (FAQ) yang mungkin bisa menjawab pertanyaanmu tentang pemasangan STB berikut.

1. Apakah Memasang STB Perlu Antena?

Jawaban: Ya. Antena tetap dibutuhkan untuk menangkap siaran digital. Sementara, STB/dekoder berguna untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi sinyal analog untuk diteruskan ke pesawat TV analog.

2. Apakah Pasang STB Harus Pakai Kabel HDMI?

Jawaban: Tidak wajib. Semuanya bergantung fitur konektivitas yang tersedia perangkat TV analog. Kalau TV analog sudah didukung dengan fitur konektivitas port HDMI, kamu bisa menghubungkannya ke STB dengan menggunakan kabel HDMI.

Tapi, kalau perangkat TV analog belum mendukung port HDMI, maka STB bisa disambungkan dengan menggunakan kabel AV (Audio/Video) atau biasa disebut juga kabel RCA (Radio Corporation of America).

3. Apakah Set Top Box Ada WiFinya?

Jawaban: Lebih tepatnya, bisa tersambung dengan WiFi. Tapi, fitur ini hanya untuk jenis STB tertentu saja. Cek deskripsinya di dus STB masing-masing, ya.

4. Bagaimana Cara Mendapat Set Top Box Gratis dari Kominfo?

Jawaban: Secara umum, kamu harus termasuk ke dalam kategori masyarakat kurang mampu yang sudah terdaftar di DTKS Kementerian Sosial.

Nanti, kamu akan diarahkan untuk melengkapi dokumen untuk proses validasi dan verifikasi. Cara lengkapnya bisa kamu baca di artikel Jaka berikut ini:

Cara Mendapatkan Stb Digital Gratis Ee10b
Cara Cek Bantuan Set Top Box TV Digital Dari Pemerintah, Gratis!
Masih belum tahu cara dapat set top box gratis TV digital dari Pemerintah? Tenang, segera hubungi nomor-nomor berikut untuk mendapatkannya cuma-cuma.
LIHAT ARTIKEL

5. Apa Bedanya Set Top Box dengan Android TV Box?

Jawaban: STB adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada TV analog, sedangkan Android TV Box adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi pintar.

Akhir Kata

Cara memasang set top box baik di TV tabung maupun berjenis LED/LCD dapat dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu memastikan kelengkapan perangkat STB tidak ada yang kurang dan juga sudah sesuai dengan standar berlaku.

Program migrasi siaran analog ke digital ini sendiri akan meningkatkan kualitas dan kenyamanan masyarakan dalam menonton acara di televisi. Jadi, sebaiknya kamu segera melakukan migrasi ini, ya!

Baca juga artikel Bgibola APK, Goblin TV APK, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Tv Online 198c6
27 Aplikasi Nonton TV Online di Android & PC Terbaik 2023, Gratis & Kualitas HD
Aplikasi Tv Offline 8fe70
10 Aplikasi TV Offline Android dan PC Terbaik 2022, Nonton Gratis Tak Perlu Kuota!
Untitled Design 11df1
16 Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel, Main Game & Nonton Film Makin Puas!
Harga Smart Tv Bebfa
Daftar Harga Smart TV Murah Terbaru & Terlengkap 2021, Mulai Rp 2 Jutaan
Aplikasi Remote Tv Android Terbaik 2020 Banner 59230
3 Aplikasi Remote TV Terbaik 2023, Permudah Kamu Nikmati Acara Televisi Favorit
15 Antena Tv Digital Terbaik Dan Paling Murah Di 2020 Nonton Tv Makin Lancar Ed22f
17 Antena TV Digital Terbaik & Termurah 2022, Nonton TV Jadi Lancar!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal