J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mengenal TV Digital dan Kelebihannya | Lebih Jernih & Tajam!

Selasa, 18 Mei 2021, 16:00 WIB
TV digital adalah revolusi penyiaran terbaru dengan kualitas gambar beserta suara yang jauh lebih jernih. Berikut kelebihannya!

Siaran TV digital sudah semakin populer di Indonesia. Berkat kualitas gambar dan suaranya yang jauh lebih jernih, teknologi transmisi siaran terbaru ini siap menggantikan TV analog yang dinilai punya banyak kekurangan.

Apalagi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa Pemerintah akan menghentikan siaran televisi analog dan beralih ke siaran televisi digital secara serentak mulai 2 November 2022.

Nah, pasti masih ada yang belum paham, apa yang dimaksud dengan TV digital? Apa kelebihan dan perbedaannya dengan TV analog? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan Jaka di bawah ini!

Apa Itu TV Digital?

TV digital adalah jenis televisi yang menggunakan sistem kompresi dan modulasi digital modern untuk menayangkan siaran sinyal gambar dan suara ke pesawat televisi.

Dilansir Aqua Japan, modulasi merupakan proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga membuat suatu sinyal mampu membawa sebuah informasi.

Sementara itu dikutip dari situs resmi Kominfo, sistem penyiaran televisi digital tidak hanya mampu menyalurkan data gambar dan suara, tetapi juga mampu berfungsi sebagai layanan interaktif dan informasi peringatan dini bencana.

Tidak hanya itu, TV digital juga mampu menyajikan suara dan gambar dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan TV analog. Tidak ada lagi permasalahan seperti gambar berbayang ataupun noise (bintik-bintik semut).

Tentu saja, televisi digital juga bisa dikendalikan lewat remote TV yang dioperasikan via smartphone. Dijamin, kehidupanmu menjadi lebih mudah dan menyenangkan!

Kelebihan TV Digital

Era digitalisasi semakin terbuka lebar di Indonesia setelah pemerintah memutuskan untuk menghentikan siaran di TV analog dan bermigrasi ke TV digital.

Dengan demikian, kamu sudah bisa menentukan mau membeli varian televisi jenis apa yang bisa dipakai di rumah atau indekos. Salah satunya, kamu bisa mengecek daftar harga Smart TV terbaru yang pernah Jaka ulas di artikel ini.

Harga Smart Tv Bebfa
Daftar Harga Smart TV Murah Terbaru & Terlengkap 2021, Mulai Rp 2 Jutaan
Butuh referensi harga Smart TV terbaru 2021? Yuk, simak daftar harga Smart TV semua merek beserta ulasan singkatnya di sini. Harga mulai Rp 2 Jutaan!
LIHAT ARTIKEL

Masih belum yakin untuk berpindah dari TV analog? Disadur beberapa sumber, berikut kelebihan TV digital yang layak kamu perhitungkan:

  1. Sinyal Lebih Stabil: TV digital mampu menyiarkan gambar dan suara yang tajam hingga pada titik sinyal tidak dapat diterima lagi.

  2. Suara dan Gambar Lebih Jernih: Penonton tidak akan menemukan gambar berbayang atau noise (bintik-bintik semut) pada layar televisi.

  3. Punya Dua Status Penyiaran TV Digital: Penyiaran TV digital hanya mengenal dua status: Terima (1) atau Tidak (0). Artinya, jika TV kamu bisa menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima, maka siaran tidak akan muncul.

  4. Terdapat Fasilitas Tambahan: Mulai dari EPG (Electronic Program Guide) yang memberitahukan jadwal acara sebelum dan sesudah siaran hingga penonton bisa memberikan rating terhadap program televisi yang ditonton.

Perbedaan TV Digital dan TV Analog

Dilansir situs resmi Kominfo, jika kamu menggunakan televisi analog, semakin jauh dari stasiun pemancar televisi, maka sinyalnya akan makin lemah. Hal ini akan membuat penerimaan gambar dan suara jadi buruk dan berbayang.

Hal berbeda bakal kamu temukan jika menggunakan televisi digital. Perangkat ini akan terus menyampaikan suara dan gambar dengan tajam sampai pada titik di mana sinyal tidak dapat diterima lagi.

Dengan kata lain, penyiaran TV digital hanya mengenal dua status: Terima (1) atau Tidak (0). Jika perangkat penerima dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, jika sinyal tidak diterima, maka gambar maupun suara tidak akan muncul.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan tabel perbedaan TV Digital dan TV Analog yang sudah Jaka buat di bawah ini.

Perbedaan TV Digital TV Analog
Pemancar Digital dengan sistem kompresi dan modulasi digital modern. Analog dengan sistem PAL, NTSC, dan SECAM.
Kualitas siaran Selalu bersih, jernih, dan tajam di manapun berada. Semakin dekat dengan sumber pemancar sinyal, makin baik.
Gangguan sinyal Hanya menampilkan satu warna, tapi suara dan gambar jelas. Gambar buram, berbayang, muncul noise, suara hilang.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan Jaka mengenai TV digital beserta kelebihannya. Jika kamu masih menggunakan TV analog, saatnya pindah ke TV digital sebelum pemerintah menghentikan seluruh layanan TV analog pada tahun 2022.

Lagi pula, harga TV digital pun sekarang sangat variatif dan nggak semuanya mahal, geng. Jadi, kamu tetap bisa memilih yang sesuai budget.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
10 Aplikasi Tv Online Untuk Android Pc Terbaik Di 2020 Gratis 8d630
10+ Aplikasi TV Online untuk Android & PC Terbaik di 2021, Gratis!
Aplikasi Tv Offline 8fe70
Aplikasi TV Offline Android dan PC Terbaik 2021, Nonton Gratis Gak Pake Kuota!
Cara Menyambungkan Hp Ke Tv E7b7d
Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel | Main Game & Nonton Film Makin Asyik!
Harga Smart Tv Bebfa
Daftar Harga Smart TV Murah Terbaru & Terlengkap 2021, Mulai Rp 2 Jutaan
Aplikasi Remote Tv Android Terbaik 2020 Banner 59230
12 Aplikasi Remote TV Terbaik 2021, Bisa untuk TV Tabung!
15 Antena Tv Digital Terbaik Dan Paling Murah Di 2020 Nonton Tv Makin Lancar Ed22f
15 Antena TV Digital Terbaik & Termurah 2020, Nonton TV Jadi Lancar!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal