J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Melacak Akun FB (Facebook) Palsu, Jangan Cuma Dibiarin Aja!

Cara Melacak Akun FB (Facebook) Palsu, Jangan Cuma Dibiarin Aja!

Minggu, 27 Sep 2020, 21:00 WIB
Cara melacak akun FB mungkin saat ini sedang kamu cari karena ada akun palsu yang menyamar sebagai diri kamu, geng. Ikuti cara ini agar bisa melacaknya.

Ketika bermain Facebook suka menemukan akun Facebook palsu? Entah itu akun palsu diri kamu sendiri, teman, keluarga, atau seseorang yang kamu kenal?

Karena penggunaannya yang mudah dan gratis, ternyata banyak sekali oknum gak bertanggung jawab yang memanfaatkan Facebook untuk membuat akun palsu.

Tujuan akun palsu tersebut juga sangat beragam mulai dari sekadar iseng, ingin memata-matai orang lain atau bahkan ingin melakukan penipuan.

Cara Melacak Akun Facebook

Mungkin di antara skalian pernah mengalami atau mungkin sering di buat kesal dan marah karena ulah pengguna Facebook palsu.

Entah itu dari teman kamu sendiri yang mungkin hanya iseng dan kurang kerjaan, atau mungkin juga dari teman atau orang yang gak suka sama kamu dengan cara terror.

Pasti menyebalkan sekali, kan? Bagi kamu yang belum tau cara mengatasi account palsu Facebook ini hanya bisa bingung, bertanya kenapa dan siapa orangnya? Tenang saja, karena di artikel ini Jaka akan memberikan cara melacak akun FB atau Facebook palsu.

Cara Melacak Akun Facebook Palsu

Fake Account Fb 5db2e

Facebook telah menjadi jejaring sosial bagi jutaan orang. "Beberapa" orang menggunakannya dengan niat yang gak baik, geng.

Mereka mungkin "mendekati" kamu untuk mendapatkan informasi, mencuri identitas, atau bahkan menghancurkan reputasi kamu.

Nah, berikut ini Jaka akan memberikan cara melacak akun FB yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui seseorang, geng. Langsung saja disimak caranya berikut ini.

Langkah 1 - Ambil foto profil orang yang ingin dicari

  • Ambil foto profil dari akun tersebut, lalu beralih ke Google.

Langkah 2 - Masuk Google dan klik ikon kamera

  • Di Google image, klik ikon kamera di sebelah kanan kolom pencarian.
Cara Melacak Akun Facebook Palsu E2dff

Langkah 3 - Masukan foto atau URL foto profil

  • Kamu bisa langsung memasukkan foto yang kamu ambil tadi ke Google atau cara lain, dengan meng-copy alamat URL tempat foto profil itu berada di Facebook. Lalu, klik Search by Image.
Cara Melacak Akun Facebook B9bd6

Langkah 4 - Lihat hasil data terkait

  • Selanjutnya, kamu akan melihat data terkait foto profil tersebut. Dari sini kecurigaan akan mulai terjawab. Akun dengan foto profil yang banyak digunakan oleh orang lain bisa terindikasi fake account.

  • Sedangkan, jika itu foto profil asli si pemilik akun, maka data yang akan keluar hanya satu-satunya dari seorang pengguna Facebook itu saja.

Kerja Sama Facebook dan Polri

Facebook sendiri telah bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengatasi fake account dan segala sesuatu yang tidak diinginkan yang bisa muncul di kemudian hari.

Melansir dari portal entertainment, pihak Polri telah bekerja sama dengan pihak Facebook Indonesia dalam rangka melacak keberadaan fake account Facebook dengan metode sebagai berikut.

  • Pihak Facebook mencatat semua IP yang digunakan oleh setiap akun. Baik akun asli maupun akun palsu. Semua akan terlacak dengan rapi. Termasuk saat akun tersebut mengaktifkan GPS.

  • Jika 1 akun palsu sedang diburu, maka Facebook tinggal memfilter nama-nama akun yang menggunakan IP sama dengan IP face account.

  • Meskipun memiliki beberapa akun palsu dan menggunakan social media management tool seperti Hootsuite, IP akun asli akan tetap tercatat.

  • Ketika IP akun asli pembuatnya sudah didapatkan, Polri akan bergerak mencari lokasi alamatnya melalui provider internet. Provider internet bisa berupa operator selular seperti Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, dll. Namun, bisa juga ISP seperti Firstmedia, BizNet, CBN, dan lain-lain.

  • Jika IP tersebut berasal dari operator selular, maka Polisi akan melacak nomor HP yang terhubung dengan IP operator selular tersebut.

  • Terkadang, para pelaku penipuan dengan modus fake account Facebook ini berusaha mengelabui pelacakan IP dengan menggunakan VPN. Supaya IP asli mereka tidak dapat terekam Facebook. Namun, saat ini pihak Kepolisian kita sudah memiliki senjata yang ampuh untuk menghalau pengelabuan tersebut. IP asli akan tetap bisa dilacak.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Setelah melakukan cara melacak akun FB, sebaiknya kamu terus memperhatikan beberapa hal agar kejadian yang sama gak terulang lagi, geng.

Berikut ini adalah mengenali ciri-ciri agar terhindar dari dari cybercrime yang dilakukan oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab:

1. Foto Profil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah foto profil yang dipakai di Facebook seseorang. Untuk mengelabui pengguna Facebook lainnya, biasanya si pengguna akun palsu tidak memasang foto diri sendiri atau foto asli sebagai foto profil.

Mereka lebih memilih menggunakan foto selebriti atau foto-foto yang sebenarnya merupakan kepunyaan orang lain.

Hal tersebut tentu dilakukan untuk menutupi identitas asli dari si pengguna akun palsu.

2. Tidak Simpan Banyak Foto

Selain gak menggunakan foto asli, akun palsu di Facebook biasanya juga gak menyimpan atau gak memiliki banyak tag foto.

Akun Facebook yang asli tentu sering mendapat tag foto dari teman-teman lainnya. Berbeda dengan akun yang asli, akun palsu justru tidak memiliki banyak foto.

Bila akun palsu di Facebook memiliki banyak foto, biasaya foto tersebut hanya berupa foto-foto produk yang ingin dipromosikan atau foto-foto yang bukan bersumber dari dokumentasi pribadi.

3. Cek Timeline

Lakukan pengecakan timeline akun yang dicurigai. Saat kamu mengecek timeline dan pengguna tersebut jarang memperbarui status dan tidak pernah membalas komentar sama sekali, mungkin akun tersebut palsu.

Kebanyakan akun palsu sering sekali mem-posting link spam secara berkala.

Jika pengguna tersebut hanya menambah teman baru, mengajak menyukai halaman, atau meminta kamu join group tertentu mungkin saja itu adalah akun palsu yang ingin memiliki banyak teman guna mempromosikan sesuatu.

Akhir Kata

Nah, itu dia cara melacak akun Facebook palsu yang bisa kamu lakukan dengan mudah, geng.

Intinya, berhati-hatilah bermain sosial media, karena saat ini sudah banyak kejahatan yang mudah dilakukan di sosial media apapun. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT
Alasan Tinggal Facebook Banner

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menggunakan Facebook

10 Alasan Mengapa Orang Masih Menggunakan Facebook Banner

10 Alasan Mengapa Orang Masih Menggunakan Facebook

Cara Facebook Memata Matai Kita Banner

10 Cara Ini Dilakukan Facebook Untuk Memata-matai Kita

Facebook Messenger

10 Hal Rahasia yang Bisa Dilakukan dengan Aplikasi Facebook Messenger

9a25eabc93d7ea4dc45fc3b2a08b5eea

15 Cara Hack Facebook dan Bagaimana Cara Memproteksinya Sebelum Terlambat

Cara Menghapus Akun Fb D7db4

3 Cara Menghapus & Menonaktifkan Akun Facebook dengan Mudah

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Cara Melacak Akun Instagram Seseorang | Temukan dengan Kilat!

4 Cara Melacak Akun Instagram Seseorang | Temukan dengan Kilat!

Jangan Panik! Ini 3 Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Hilang

Jangan Panik! Ini 3 Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Hilang

3 Cara Menghapus & Menonaktifkan Akun Facebook dengan Mudah

3 Cara Menghapus & Menonaktifkan Akun Facebook dengan Mudah

4 Cara Blokir Akun FB Orang Lain & Sendiri, Bisa Permanen/Sementara!

4 Cara Blokir Akun FB Orang Lain & Sendiri, Bisa Permanen/Sementara!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal