J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Foto Aesthetic dengan HP, Auto Banjir Likes!

5 Cara Foto Aesthetic dengan HP, Auto Banjir Likes!

Kamis, 8 Okt 2020, 14:30 WIB
Kamu ingin bisa foto aesthetic ala Tumblr? Jaka punya 5 cara foto aesthetic dengan HP, wajib tau!

Kata siapa foto aesthetic wajib pakai kamera DSLR atau HP kamera 48 MP? Jaka punya beberapa cara foto aesthetic dengan HP yang bisa bikin hasil foto kamu bikin mata seger!

Kamu pernah berkunjung ke akun instagram yang isinya penuh dengan foto aesthetic keindahan ataupun situs seperti Pinterest yang banyak gambar-gambar aestheticnya?

Mungkin kamu terinspirasi dengan foto aesthetic seperti itu dan ingin bisa menghasilkan foto yang sama bagusnya, namun nggak tahu caranya bagaimana.

Jangan khawatir, simak saja cara foto aesthetic dengan HP dari Jaka dibawah ini!

Cara Foto Aesthetic dan Mengeditnya dengan Mudah

Untuk bisa menghasilkan foto aesthetic, kamu nggak perlu menjadi fotografer professional yang punya kamera DSLR dan portofolio yang memukau, lho.

Siapapun bisa foto aesthetic, bahkan pemula dengan HP kentang sekalipun.

Kalau kamu ingin foto kamu terlihat lebih bagus lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi edit foto yang bisa membuat foto kamu lebih eye catching!

Cara Foto Aesthetic dengan HP

Supaya foto aesthetic kamu bisa banjir likes di Instagram, Tumblr, Pinterest dan sebagainya, kamu bisa mengikuti deretan cara foto aesthetic dengan HP dibawah!

1. Gunakan Pencahayaan yang Alami

Cara Foto Aesthetic Pencahayaan Alami 0299f

Pencahayaan merupakan hal yang paling penting saat mengambil foto. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan pencahayaan yang ada di sekitar kamu sebelum mengambil foto!

Pencahayaan yang bagus dan alami dapat membuat foto kamu terlihat lebih jelas dan aesthetic. Mana ada orang yang tertarik lihat foto blur di malam hari, kan?

Waktu yang pas untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang alami adalah di pagi hari, sekitar jam 9, lalu di sore hari sebelum matahari terbenam.

Ingat, kamu harus mengambil foto dengan pencahayaan alami, jadi jangan pernah menggunakan fitur flash!

2. Temukan Angle yang Pas

Cara Foto Aesthetic Angle Yang Pas E3d4d

Untuk menghasilkan foto aesthetic, angle yang pas juga penting untuk diperhatikan! Jangan sampai kamu ambil foto secara random.

Angle yang pas dapat memberikan hasil foto dengan perspektif yang berbeda. Contohnya seperti kamu bisa membuat sebuah objek terlihat lebih jauh, besar, kecil, dekat dan sebagainya.

Untuk menemukan angle yang pas, kamu bisa bereksperimen dengan HP kamu sendiri. Foto objek dari berbagai macam angle.

Kalau kamu berada di tempat yang luas, kamu bisa coba foto dengan angle yang lebih rendah. Buat kamu yang ingin foto pemandangan aesthetic, Jaka merekomendasikan HP dengan kamera-wide angle.

3. Perhatikan Komposisi Warna

Cara Foto Aesthetic Warna 9bdb1

Sebelum kamu mengambil foto aesthetic, sebaiknya kamu pikirkan dulu warna apa yang ingin kamu sorot. Warna yang cerah memberi kita energi, sementara warna netral memberi kesan minimalis.

Komposisi warna sangatlah penting karena dengan warna yang tepat, bahkan foto sebuah bangunan saja bisa terlihat aesthetic!

Carilah warna yang pas dengan mood yang ingin kamu gambarkan di foto aesthetic kamu. Kamu bisa memilih warna yang hangat, dingin ataupun warna netral.

Biasanya warna yang hangat cocok untuk foto-foto travel, warna dingin cocok untuk foto alam dan landscape, sementara warna netral cocok untuk fashion, gaya hidup maupun sebuah produk.

4. Bermain dengan Kontras

Cara Foto Aesthetic Kontras 8428e

Mengikutsertakan elemen kontras ke foto aesthetic kamu bisa menghadirkan sentuhan yang menarik ke foto kamu, lho.

Foto dengan warna yang berlawanan menciptakan ketegangan visual yang akan membuat foto kamu berkesan!

Contohnya kamu bisa mengambil foto dengan warna terang dan gelap, objek yang bersih dan kotor, perhatikan emosi, gaya, dan objek yang kontras untuk menghadirkan kehidupan ke foto kamu.

Selain itu, warna-warna yang membuat objek foto kamu menonjol daripada yang lain juga menciptakan kontras visual yang memanjakan mata.

5. Perhatikan Detail Foto

Cara Foto Aesthetic Detail Ca36d

Detail foto sangatlah mempengaruhi hasil foto aesthetic, mulai dari cara berpakaian, objek, bahkan lokasi foto. Detail sangatlah penting, apalagi kalau kamu ingin foto aesthetic orang.

Kalau kamu ingin membuat potret aesthetic, maka kamu harus memperhatikan perilaku, gaya, lingkungan sekitar dan detail kecil lainnya agar kamu bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan foto aesthetic kamu.

Kamu juga harus memikirkan perasaan macam apa yang ingin kamu tuai di foto aesthetic tersebut agar bisa terlihat lebih menarik dan memiliki makna.

Contohnya, kamu bisa mengambil foto aesthetic tumblr ala jaman dulu, minimalis, pastel, hitam putih, grunge dan lainnya.

Cara Edit Foto Aesthetic

Cara Edit Foto Aesthetic 7f2ef

Kalau foto aesthetic kamu sudah jadi karena tips-tips diatas, pastinya kamu mau dong, hasilnya jadi makin bagus dan menonjol dari yang lain?

Kamu nggak perlu bingung, soalnya Jaka punya beberapa cara edit foto aesthetic, dijamin foto aesthetic kamu bakal langsung dijadiin wallpaper HP sama banyak orang!

Cara Edit Foto Aesthetic di VSCO

Untuk hasil foto aesthetic yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi VSCO untuk mempercantik hasil akhir foto kamu, guys. Cara edit foto aesthetic di VSCO juga mudah banget, nggak pakai ribet.

Langkah 1 - Download Aplikasi VSCO

Pertama-tama kamu wajib download aplikasi VSCO. Kamu nggak perlu ribet buka website lain untuk download aplikasi VSCO, kamu tinggal download aja dari link dibawah ini.

Kalau sudah selesai download dan install VSCO, kamu bisa langsung lanjut ke langkah berikutnya. Kalau kamu nggak mau pakai VSCO, ada juga aplikasi edit foto lainnya yang bisa kamu coba untuk edit foto.

Vsco Icon
VSCO: Photo & Video Editor 150
Apps Photo & Imaging VSCO
DOWNLOAD

Langkah 2 - Pilih Filter.

Cara Edit Foto Aesthetic Vsco 733b4

Ada berbagai macam filter bawaan yang bisa kamu gunakan di aplikasi VSCO. Pertama pilih foto yang ingin kamu edit, lalu untuk memilih filter, kamu cukup klik tanda + di aplikasi VSCO.

Walaupun VSCO menyediakan puluhan filter yang menarik, sayangnya kamu harus bayar atau upgrade akun menjadi premium untuk menggunakan filter-filter tersebut di foto aesthetic kamu.

Tapi, kamu nggak usah khawatir, soalnya kamu bisa mengakses semua fitur dan filter VSCO secara gratis menggunakan aplikasi VSCO MOD APK!

Langkah 3 - Edit Exposure dan Contrast Foto.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Vsco Contrast 1e2a2

Kalau kamu ingin foto kamu terlihat lebih menonjol dan menarik lagi, maka kamu wajib bereksperimen dengan exposure dan kontras foto. Pasalnya, foto dengan pencahayaan yang baik akan menarik perhatian dengan lebih mudah.

Kalau hasil foto kamu low light, kamu nggak usah khawatir soalnya kamu bisa memainkan exposure agar hasil foto jadi terang. Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan kontras untuk memberi warna yang lebih tajam.

Langkah 4 - Crop dan Straighten Foto kamu.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Vsco Crop Dan Straighten D89ea

Objek, suasana, pencahayaan, serta feel foto aesthetic kamu sudah pas, tapi ternyata kamu fotonya agak miring? Jangan khawatir, kamu bisa memakai fitur Straighten agar foto kamu lurus.

Selain itu, kalau kamu merasa angle foto kamu kurang pas atau ada objek yang tidak diinginkan di foto, kamu bisa memotongnya dengan mudah menggunakan fitur crop.

Langkah 5 - Buat Filter Sendiri.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Vsco Buat Filter Sendiri C18f8

Kalau menurut kamu filter-filter yang ada di aplikasi VSCO kurang pas dengan foto aesthetic kamu, kamu bisa membuat filter sendiri sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, kamu bisa bereksperimen sendiri dan menentukan preset-preset yang pas. Kalau sudah, kamu tinggal save agar filter tersebut bisa langsung digunakan untuk foto lain.

Cara Edit Foto Aesthetic di Lightroom

Selain VSCO, Lightroom juga merupakan alternatif untuk mengedit foto agar foto kamu bisa makin aesthetic. Cara edit foto aesthetic di Lightroom gampang banget, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1 - Download Aplikasi Lightroom.

Pertama-tama kamu wajib download aplikasi Lightroom. Kamu nggak perlu ribet buka website lain untuk download aplikasi VSCO, kamu tinggal download aja dari link dibawah ini.

Adobe Lightroom Icon
Adobe Lightroom CC20187.0.0.10
Apps Photo & Imaging Adobe Systems Inc
DOWNLOAD

Kalau sudah selesai download dan install Lightroom, kamu bisa langsung lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2 - Buat Akun.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Lightroom Buat Akun 68f01

Sebelum kamu bisa mengakses aplikasi Lightroom beserta fitur-fiturnya, kamu wajib buat akun Adobe.

Kalau kamu nggak mau repot, bisa juga langsung login menggunakan akun Facebook maupun Google.

Langkah 3 - Masukkan Foto, lalu tekan Presets.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Lightroom Tekan Presets 3dbc1

Setelah memilih foto di gallery kamu yang ingin diedit, kamu bisa langsung tekan Presets yang berada di paling kanan untuk mengakses filter-filter yang ada di aplikasi Lightroom ini.

Langkah 4 - Pilih Filter.

Cara Edit Foto Aesthetic Di Lightroom Pilih Filter C0c9e

Disini kamu akan menemukan berbagai macam filter dari filter berwarna, filter hitam putih, filter grain dan lainnya. Kamu tinggal memilih mana yang paling cocok dengan foto aesthetic kamu!

Langkah 5 - Buat Filter (Bonus).

Cara Edit Foto Aesthetic Di Lightroom Buat Filter Sendiri 43dad

Kamu nggak puas dengan presets yang ada di aplikasi Lightroom? Tenang aja, kamu juga bisa buat filter sendiri. Caranya mudah, kamu tinggal menekan tab light, color, effects, dan yang lainnya yang berada di tab bawah.

Kalau kamu sudah menemukan kombinasi yang pas, kamu tinggal save filter tersebut agar bisa digunakan di foto lain!

Akhir Kata

Kamu juga bisa kok punya feed Instagram yang rapi dan aesthetic ala ala travel blogger terkenal Instagram dengan mengikuti cara foto aesthetic diatas!

Tentunya, kamu nggak perlu kursus fotografi dulu atau semacamnya soalnya langkah-langkahnya mudah banget. Kamu tinggal banyak latihan aja, deh.

Nah, kalau kamu sudah sukses menghasilkan foto yang aesthetic, kamu bisa membuatnya terlihat lebih baik dengan menggunakan aplikasi edit foto.

Sekian dari Jaka, semoga foto aesthetic kamu sukses mendapatkan banyak like, ya!

Baca artikel mengenai Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Menggabungkan Foto di HP, PC, dan Online | Mudah & Praktis!

3 Cara Menggabungkan Foto di HP, PC, dan Online | Mudah & Praktis!

7 Aktor yang Foto Syurnya Tersebar di Internet | Malu Seumur Hidup?

7 Aktor yang Foto Syurnya Tersebar di Internet | Malu Seumur Hidup?

7 Cara Edit Foto Keren & Kekinian ala Selebgram, Cocok buat Pemula!

7 Cara Edit Foto Keren & Kekinian ala Selebgram, Cocok buat Pemula!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android, iPhone, & PC Terbaru

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android, iPhone, & PC Terbaru

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal