J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

Rabu, 17 Jul 2013, 15:00 WIB
Diantara kalian semua tentunya tidak ada yang suka dengan komputer lambat, hal ini sangat menjengkelkan bagi semua pengguna komputer. Kali ini JalanTikus akan memberikan tips 10 cara untuk memaksimalkan kinerja komputer, semua cara tersebut

Diantara kalian semua tentunya tidak ada yang suka dengan komputer lambat, hal ini sangat menjengkelkan bagi semua pengguna komputer. Apalagi jika sebagian besar aktivitas dan waktu kalian habiskan di depan komputer.

Penyebab dari berkurangnya kinerja komputer yang kalian gunakan sangat beragam. Tetapi tenang saja, banyak cara untuk mengatasinya. Kali ini JalanTikus akan memberikan tips 10 cara untuk memaksimalkan kinerja komputer, semua cara tersebut bisa kalian lakukan sendiri.

10 Cara Untuk Memaksimalkan Kinerja Komputer

Bersihkan desktop komputer Jangan biarkan desktop komputer kalian berantakan, batasi isi desktop komputer kalian hanya untuk shortcut program-program yang ada di komputer kalian. Pergunakan Documents library atau My Documents untuk menyimpan folder dan file kalian.

Bersihkan file multimedia Seperti yang kita ketahui file video dan film sangat besar ukurannya, hal tersebut akan memakan tempat di hard drive. Ada baiknya jika film dan video yang kurang seru atau yang kalian sudah tonton dihapus untuk mengurangi tempat di hard drive kalian. Karena jika ruang yang tersisa di hard drive kalian tinggal sedikit, dapat menyebabkan komputer kalian menjadi lambat.

Gunakan browser yang responsif Menggunakan browser seperti Opera dapat membantu meringankan kerja komputer kalian. Opera memiliki fitur Opera Turbo, sehingga kalian tidak perlu khawatir komputer yang kalian gunakan akan bekerja ekstra berat, karena fitur ini membantu menghilangkan script maupun data website yang tidak diperlukan. Download Opera via JalanTikus di sini.

Bersihkan email Pilih surat elektronik yang menurut kalian penting dan tidak penting. Simpan email yang penting, kemudian hapus email yang tidak penting seperti spam atau newsletter. Dengan begitu, semua email bisa tertata dengan rapih.

Mengatur kembali susunan hard drive Dengan melakukan Disk Defragmentation, hard drive akan tertata kembali sehingga dapat membuat kinerja komputer kalian semakin cepat. Untuk lebih mudahnya kalian bisa menggunakan software Defraggler untuk men-defrag hard drive komputer kalian, download Defraggler via JalanTikus di sini.

Menonaktifkan program autostart Program autostart adalah program yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu kalian buka terlebih dahulu. Contoh program seperti ini adalah Yahoo! Messenger, ketika kalian menghidupkan komputer, maka program ini akan berjalan dengan sendirinya. Kalian bisa menonaktifkan fitur autostart dari program yang tidak terlalu kalian butuhkan, sehingga komputer tidak perlu mengalokasikan memory.

Scan virus/malware Penyebab utama lambatnya komputer bisa jadi disebabkan oleh virus/malware yang berasal dari dunia maya. Karena jika komputer kalian sudah terserang, komputer kalian bisa menjadi sangat lambat, bahkan yang terparah lumpuh total. Dengan menggunakan browser Opera, kalian bisa memanfaatkan plugin Ghostery untuk menangkal bahaya tersebut.

Bersihkan file yang bersifat sementara File yang bersifat sementara seperti cookies, cache, history, serta yang lain, ada baiknya untuk dihapus secara berkala. Dengan begitu hard drive kalian tidak akan penuh dengan file semacam ini, untuk lebih maksimal kalian dapat menggunakan software CCleaner. Download CCleaner via JalanTikus di sini.

Bersihkan fisik komputer Debu adalah musuh utama setiap perangkat komputer, karena komputer yang kotor dan diselimuti debu akan menjadi cepat panas. Ada baiknya jika kalian membersihkan debu yang ada di dalam CPU dengan hati-hati secara berkala.

Pindahkan file besar ke hard drive eksternal Jika rasanya kalian sayang untuk menghapus file video dan film yang kalian miliki, kalian bisa memindahkannya ke hard drive eksternal. Bukan hanya untuk video dan film saja, kalian juga bisa memanfaatkan hard drive eksternal untuk menampung file yang berukuran besar. Dengan melakuan itu, kalian akan meringankan kerja hard drive internal komputer.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

9 Cara Mudah Maintenance PC

9 Cara Mudah Maintenance PC

Cara Memperbaiki 99% Semua Masalah Pada Komputer

Cara Memperbaiki 99% Semua Masalah Pada Komputer

5 Tips Penting Memperbaiki Komputer yang Lambat

5 Tips Penting Memperbaiki Komputer yang Lambat

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal