5 Mobil Listrik Mitsubishi Terbaik 2022, Kapan Mengaspal di Indonesia?

Default

Mobil listrik Mitsubishi merupakan salah satu merek otomotif yang kehadirannya sudah dinantikan di segmen kendaraan ramah lingkungan. Pabrikan asal Jepang satu ini sebenarnya sudah memiliki beberapa model mobil listrik yang berkualitas.

Sayangnya, kecanggihan mobil listrik dari Mitsubishi memang belum bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum memiliki model mobil listrik yang siap dijual.

Meski begitu, Mitsubishi sudah berencana untuk membawa ekosistem mobil listrik mereka ke industri otomotif nasional. Beberapa model yang sudah resmi mengaspal di pasar global kemungkinan besar menjadi rujukan sebagai mobil listrik sepenuhnya atau hybrid di Tanah Air.

Apakah kamu juga sudah menunggu hadirnya kendaraan ramah lingkungan dari pabrikan yang satu ini? Simak jajaran mobil listrik Mitsubishi terbaik 2022 yang wajib kamu ketahui sebelum nantinya resmi mengaspal di Indonesia!

1. All-new eK X EV

All New E K X EV
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Mitsubishi

Mitsubishi memperkenalkan mobil listrik All-new eK X EV pertama kali pada bulan Mei 2022 dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Mitsubishi eK X EV merupakan kei car atau mobil kecil khas Jepang bertenaga listrik.

Mobil listrik mini dengan cita rasa SUV ini memiliki sederet keunggulan, baik dari desain, keluasaan kabin, hingga daya jangkau. All new eK X EV memiliki kemampuan menempuh jarak 180 km dalam sekali pengisian daya baterai, sehingga cukup untuk penggunaan sehari-hari

eK X EV mengusung desain paras Dynamic Shield dengan gril depan yang dilapisi krom gelap, lampu kabut depan LED, dan elemen lain khas sehingga membuatnya terkesan modern, bersih, sekaligus aman dan nyaman.

Di Jepang, All-new eK X EV mendapatkan subsidi yang membuatnya dijuluki sebagai mobil listrik murah. Subsidi dari pemerintah Jepang ini termasuk pajak konsumsi pajak 10 persen, sehingga harganya tak sampai Rp400 juta.

Varian Harga
All-new eK X EV Tipe G Rp276,4 juta
All-new eK X EV Tipe P Rp338 juta

2. Minicab MiEV

Minicab Mi EV
Sumber foto: Sekretariat Presiden - Mobil Listrik Mitsubishi

Minicab MiEV adalah salah satu produk yang dipamerkan Mitsubishi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model ini merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

Mobil yang biasanya menjadi kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang ini adalah proyek percontohan alias pilot study untuk pasar Indonesia. Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga.

Minicab MiEV dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Mobil listrik niaga ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

Mobil ini bisa mengangkut empat penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sementara jika hanya mengangkut dua penumpag, kapasitas bobotnya bisa mencapai 350 kg. Minicab MiEV memiliki tipe 2-seater dan 4-seater.

Varian Harga
Minicab MiEV 2-seater Rp302 juta
Minicab MiEV 4-seater Rp305 juta

3. Outlander PHEV

Outlander PHEV
Sumber foto: Mitsubishi - Mobil Listrik Mitsubishi

Outlander PHEV resmi dijual PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sejak 2019. Meski bukan mobil listrik sepenuhnya, model ini memiliki tempat tersendiri di hati penggemar SUV sporty.

Sistem plug-in hybrid yang terdapat pada Mitsubishi Outlander PHEV memungkinkan mobil ini bisa melaju murni mengandalkan baterai saja. Mobil ini memiliki baterai 12 kWh yang bisa terisi dalam waktu 25-30 menit atau mencapai kapasitas baterai 80% dengan versi quick charging.

Outlander PHEV memiliki keunggulan lain sebagai mobil plug-in hybrid, karena tidak hanya berperan sebagai alat transportasi ramah lingkungan. Mobil ini juga punya manfaat lain dari tenaga listrik yang tersimpan dalam paket baterai bawaan mobil.

Keunggulan berupa fitur discharging atau penyaluran kembali arus listrik pada Mitsubishi Outlander PHEV dapat mengeluarkan listrik hingga 1.500 Watt. Mobil ini mampu menyalakan peralatan rumah tangga selama 10 hari berturut-turut.

Varian Harga
Outlander PHEV Rp898 juta

4. i-MiEV

I MiEV
Sumber foto: Mitsubishi - Mobil Listrik Mitsubishi

Mitsubishi innovative Electric Vehicle atau i-MiEV pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 lalu. Menariknya, mobil ini merupakan kendaraan listrik pertama di dunia yang dipasarkan untuk umum.

i-MiEV memulai debutnya pada tahun 2009 dan menjadi kendaraan listrik produksi massal pertama di dunia. Mobil ini memiliki jarak tempuh 160 km dengan sekali pengisian baterai dengan kecepatan puncak 130 km/jam.

Mobil yang juga diproduksi dengan merek Peugeot dan Citroen ini sejak dipasarkan mencatatkan total penjualan sebanyak lebih dari 50.000 unit. Namun, keberhasilan i-MiEV di pasaran terkendala oleh tingginya harga jual dan kurangnya fasilitas stasiun pengisian daya kala itu.

Menariknya, Mitsubishi i-MiEV menjadi mobil listrik pertama yang memiliki kelengkapan surat-surat. Sayangnya, Mitsubishi Motors telah menghentikan produksi hatchback kompak i-MiEV pada Maret 2021.

Varian Harga
i-MiEV Rp593 juta

5. Mi-Tech Buggy

Mi Tech Buggy
Sumber foto: International Automodified - Mobil Listrik Mitsubishi

Mi-Tech Buggy merupakan mobil listrik konsep berdesain unik yang diperkenalkan pada pameran Tokyo Motor Show 2019. Mi-Tech Concept merupakan sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran kompak yang dibekali mengandalkan tenaga listrik.

Mobil konsep Mi-Tech memiliki bentuk kompak yang terlihat mungil, tetapi tidak meninggalkan kesan tangguh dan gagah. Mobil ini bahkan memiliki segudang teknologi canggih, salah satunya sudah mengusung Plug-in Hybrid (PHEV).

Terinspirasi dari mobil berjenis buggy, Mitsubishi Mi-Tech sudah mengusung bahasa desain global Mitsubishi yaitu Dynamic Shield pada bagian depan. Lampu depan berbentuk "T" mengapit gril memberikan kesan kokoh dan tegas.

Salah satu teknologi yang paling menarik perhatian dari mobil ini adalah Augmented Reality (AR) di jendela depan. Mengingat masih berstatus konsep, mobil ini tentunya belum memiliki nilai jual yang bisa diketahui.

Varian Harga
Mi-Tech Buggy - (mobil konsep)

Daftar Mobil Listrik Mitsubishi Terbaik

  1. All-new eK X EV
  2. Minicab MiEV
  3. Outlander PHEV
  4. i-MiEV
  5. Mi-Tech Buggy

Akhir Kata

Itulah daftar mobil listrik Mitsubishi terbaik 2022 yang semakin membuat para pencinta otomotif Tanah Air tak sabar menanti kehadirannya. Mitsubishi memang sudah berencana membawa produk mobil listrik mereka ke Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, mulai tahun 2024 dua mobil listrik murni Mitsubishi akan diproduksi di Indonesia. Hal ini tentu menjadi angin segar untuk perkembangan kendaraan elektrik Indonesia dan menambah pilihan.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal