10 Mobil Listrik Hybrid Terbaik di Indonesia, Lebih Hemat & Ramah Lingkungan!

Default

Mobil listrik hybrid semakin dilirik, karena bisa menjadi alternatif menarik buat masyarakat yang ingin pelan-pelan beralih ke mobil full elektrifikasi. Mobil ramah lingkungan jenis ini memang relatif lebih terjangkau.

Mobil hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV) sendiri menggabungkan mesin konvensional berbahan bakar minyak dan motor listrik dengan dukungan baterai. Mesin konvensional dan motor listrik ini saling berpadu dalam menggerakkan mobil.

Mobil jenis ini jauh lebih irit bahan bakar, karena mesinnya menggunakan bensin yang tidak hidup terus-menerus. Di Indonesia, mobil hybrid bahkan sudah lebih dulu populer dibanding kendaraan listrik murni.

Alhasil, mobil jenis ini diminati oleh mereka yang ingin berhemat bahan bakar tetapi tidak mau mengorbankan performa gahar khas mesin bensin. Merek dan model apa saja yang bisa kamu pilih dari mobil jenis ini? Cek rekomendasi mobil hybrid terbaik di Indonesia berikut!

1. Innova Zenix

Innova Zenix
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Hybrid

Innova Zenix adalah mobil hybrid terbaru yang melakoni debut globalnya di Indonesia. Generasi ketujuh dari model Kijang ini tampil sangat berbeda, mulai dari interior, eksterior, platform, hingga teknologi yang dibawa.

Menjadi mobil hybrid pertama buatan Toyota di Indonesia, Innova Zenix menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C. Platform ini mengganti struktur lama ladder frame yang juga dipakai SUV Fortuner dan pikap Hilux.

Mesin hybrid mobil ini dipadukan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 kgm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS. Spesifikasi baru ini membuat Toyota tak lagi menggunakan mesin diesel pada generasi tujuh Innova Zenix.

Kijang Innova Zenix tersedia dalam tujuh tipe yang dibagi menjadi tiga tipe utama, yaitu Q, V, dan G. Mobil hybrid terbaru ini ditawarkan dalam lima pilihan warna, Platinum White Pearl, Silver Metalic, Gray Metalic, Attitude Black, dan Dark Steel Metalic.

Tipe Harga
Innova Zenix Gasoline Rp419 juta - Rp470 juta
Innova Zenix Hybrid EV Rp458 juta - Rp614 juta

2. Outlander PHEV

Outlander PHEV Eea8e
Sumber foto: Mitsubishi - Mobil Listrik Hybrid

Outlander PHEV resmi dijual PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sejak 2019. Meski bukan mobil listrik sepenuhnya, model ini memiliki tempat tersendiri di hati penggemar SUV sporty.

Sistem plug-in hybrid yang terdapat pada Mitsubishi Outlander PHEV memungkinkan mobil ini bisa melaju murni mengandalkan baterai saja. Mobil ini memiliki baterai 12 kWh yang bisa terisi dalam waktu 25-30 menit atau mencapai kapasitas baterai 80% dengan versi quick charging.

Outlander PHEV memiliki keunggulan lain sebagai mobil plug-in hybrid, karena tidak hanya berperan sebagai alat transportasi ramah lingkungan. Mobil ini juga punya manfaat lain dari tenaga listrik yang tersimpan dalam paket baterai bawaan mobil.

Keunggulan berupa fitur discharging atau penyaluran kembali arus listrik pada Mitsubishi Outlander PHEV dapat mengeluarkan listrik hingga 1.500 Watt. Mobil ini mampu menyalakan peralatan rumah tangga selama 10 hari berturut-turut.

Tipe Harga
Outlander PHEV Rp898 juta

3. BMW i3

BMW I3 2e452
Sumber foto: Medium - Mobil Listrik Hybrid

BMW i3 adalah mobil hybrid dalam kota pertama kali dikenalkan di Frankfurt Motor Show 2011 dan mulai diproduksi dua tahun setelahnya atau pada 2013. Meski sudah cukup lama, model satu ini masih layak dikendarai sampai sekarang.

Menariknya, i3 merupakan mobil listrik pertama BMW dengan penggunaan penggerak listrik yang menunjang konsumsi energi kendaraan ini. Mobil listrik BMW i3 mampu melaju hingga 130-160 km.

Setelah terus dikembangkan, kapasitas baterai lebih tinggi untuk penggunaan yang lebih bertenaga disematkan pada i3. Kini daya dalam baterai BMW i3 sebesar 42,2 kWh yang membuatnya mampu melaju sejauh 246 km.

Pada versi terbarunya, i3 mendapat tambahan fitur-fitur keselamatan seperti Active Driving Assistant yang dapat membantu melakukan intervensi dengan pengereman darurat otomatis.

Tipe Harga
BMW i3 Rp1,3 miliar

4. Suzuki Ertiga Hybrid

 1 Mobil Plug In Hybrid Di Indonesia Be17e
Sumber foto: Suzuki - Mobil Listrik Hybrid

Seperti namanya, versi terbaru dari Suzuki Ertiga ini mengandalkan teknologi hybrid yang pastinya bakal memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.

Pembaruan terbesar memang ada di sektor mesin. Sebab, Suzuki Ertiga Hybrid kini menggunakan mesin K15B yang digabungkan dengan integrated starter generator (ISG) dan lithium ion battery.

ISG sendiri berfungsi sebagai motor dan generator yang menyimpan energi listrik ke baterai. Energi inilah yang menjaga komponen kelistrikan tetap menyala meski mobil dalam posisi berhenti. Apalagi dengan adanya fitur auto start yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih efisien.

Secara performa, mesin 4 silinder 16 katup 1.462 cc di mobil ini mampu menghasilkan tenaga 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm. Kamu bisa memilih mobil ini dalam dua varian transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis AT.

Tipe Harga
All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270,3 juta
All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281,3 juta
All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp292,3 juta

5. Toyota Corolla Cross Hybrid

 2 Kelebihan Dan Kekurangan Hybrid 1e8d3
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid kini tampil lebih segar, baik secara desain maupun secara pembuangan bahan bakar. Meski bukan termasuk mobil listrik Toyota sepenuhnya, namun adanya daya baterai dan sistem kelistrikan di mobil ini menjadi nilai lebih tersendiri.

Mobil yang telah dirilis tahun 2020 ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.800cc DOHC 4-silinder DOHC dan teknologi VVT-i. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi puncak 142 Nm dan 70 hp dengan torsi puncak 163 Nm pada sistem kelistrikan.

Meski menggunakan bantuan baterai, kamu gak perlu repot-repot pergi ke charging station guna pengisian daya listrik. Cukup dengan mengisi bensin, hal itu akan membantu pengisian baterai untuk menggerakkan motor listrik.

Tipe Harga
Toyota Corolla Cross Hybrid A/T Rp535,3 juta

6. Nissan Kicks e-Power

 3 Mobil Listrik Terbaik Di Indonesia B983e
Sumber foto: Nissan - Mobil Listrik Hybrid

Nissan ikut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia dengan menghadirkan Nissan Kicks e-Power. Mobil bergaya compact SUV ini datang dengan teknologi hybrid namun menawarkan sensasi berkendara layaknya mobil listrik seutuhnya.

Untuk urusan spesifikasi mesin, Kicks e-Power hadir dengan kolaborasi mesin konvensional tiga silinder 12-valve berkubikasi 1.200 cc dan motor listrik EM57 denga tipe AC3 Synchronous Motor.

Mesin bensin tersebut berfungsi sebagai generator dan inverter untuk mengasilkan daya listrik ke baterai lithium ion 1,57 kWh dan motor listik yang nantinya digunakan untuk menggerakan roda.

Itu artinya, mesin konvensional yang tertanam pada Kicks e-Power tak ubahnya sebagai genset saja. Maka gak heran jika Nissan berani mengklaim bahwa Kicks e-Power benar-benar menyajikan impresi berkendara layaknya mobil listrik penuh.

Soal tenaga, motor listrik tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 125 Ps pada 4.000 hingga 8.992 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan juga cukup besar, yakni 260 Nm di putaran 500 hingga 3.008 rpm.

Tipe Harga
Nissan Kicks e-Power Rp482,8 juta

7. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry HV 161d3
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Hybrid

Membawa teknologi hybrid, Toyota Camry Hybrid diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi hanya 1 liter untuk sekitar 24 km perjalanan. Terbilang sangat irit, bukan?

Sementara untuk konfigurasi mesinnya, Camry Hybrid ditenagai motor listrik 20,6 Kgm dengan mesin 178 PS, torsi 22,5 Kgm per 3.600-5.200 rpm.

Ditambah dengan fitur-fitur premium nan canggih pada eksterior dan interiornya, mobil ini pun tampil sangat mewah dan elegan layaknya mobil sedan ekslusif yang diidam-idamkan banyak orang.

Hanya saja, harga mobil ini tergolong cukup tinggi. Namun, banderol tinggi tersebut masih sebanding dengan kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan mobil ini.

Tipe Harga
Toyota Camry Hybrid Rp844,1 juta

8. Lexus ES 300h

 5 Perbandingan Antara Kendaraan Listrik Dan Kendaraan Hybrid Ca348
Sumber foto: Lexus - Mobil Listrik Hybrid

Lexus ED 300h mungkin bakal terlihat sangat menggiurkan, terutama bagi kamu yang tergolong sebagai orang "berduit". Apalagi, tampilan mobil ini memang sangat mewah dari luar dan dalam.

Sedan self-charging hybrid yang satu ini pun telah mengalami perubahan, terutama dari seisi eksterior grille dan headlamp-nya. Sementara pada bagian interior, tersemat 12.3-inch Touch Center Display yang akan menambah kualitas driving experience kamu.

Untuk performanya juga gak main-main. Mobil ini bisa berlari dari titik nol hingga 100 km/jam dalam waktu hanya 8,9 detik, lho. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya bisa mencapai 180 km/jam.

Tipe Harga
Lexus ES 300h Ultra Luxury Rp1,22 milyar

9. Toyota C-HR Hybrid

Toyota C HR D574a
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Hybrid Terbaik

Toyota memang seolah ingin merajai pasar mobil hybrid di Indonesia. Sebab, pabrikan ini juga punya lini lainnya pada diri Toyota C-HR Hybrid.

Secara tampilan, mobil bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) berisi 5 kursi penumpang ini memiliki tampilan yang memukau dengan kesan sporty dan futuristik. Cocok banget buat kamu yang maskulin.

Dilengkapi dengan transmisi 7 percepatan CVT Sequential Shiftmatic, mobil berkapasitas tangki 43 liter ini dapat menghasilkan tenaga 98 PS per 5.200 RPM dengan torsi maksimal 14,5 Kgm per 3.600 RPM. Ditambah lagi, sudah berteknologi fuel injection dengan performa yang mumpuni.

Tipe Harga
Toyota C-HR 1.8 Hybrid A/T Single Tone Rp563 jutaan
Toyota C-HR 1.8 Hybrid A/T Dual Tone Rp561 jutaan

10. Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis HV 2b46f
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Hybrid

Rekomendasi terakhir adalah Toyota Corolla Altis Hybrid yang dibekali dengan baterai lithium ion yang menjadi komponen andalannya.

Dari sisi dapur pacu, varian bensinnya dibekali mesin 2ZR-FE 4 silinder Dual VVT-i dengan kubikasi 1.798 cc. Lalu, varian hybrid-nya menggunakan mesin 2ZR-FXE dengan kapasitas serupa yang dikawinkan dengan motor listrik penggerak roda depan.

Sementara untuk teknologi keselamatan, sedan Corolla Altis Hybrid telah mendapatkan peningkatan berupa Toyota Safety Sense (TSS) 2 yang melengkapi empat fitur keselamatan TSS versi pendahulunya.

Tipe Harga
New Corolla Altis 1.8 Hybrid A/T Rp517 juta
New Corolla Altis 1.8 Hybrid A/T (Premium Color) Rp520 juta

Rekomendasi Mobil Listrik Hybrid Terbaik di Indonesia

  1. Innova Zenix
  2. Outlander PHEV
  3. BMW i3
  4. Suzuki Ertiga Hybrid
  5. Toyota Corolla Cross Hybrid
  6. Nissan Kicks e-Power
  7. Toyota Camry Hybrid
  8. Lexus ES 300h
  9. Toyota C-HR Hybrid
  10. Toyota Corolla Altis Hybrid

Akhir Kata

Itulah rekomendasi mobil listrik hybrid terbaik di Indonesia yang membawa teknologi canggih untuk membuatmu jauh bisa lebih hemat. Mobil jenis ini cocok buat mereka yang tidak mau meninggalkan performa khas mesin konvensional, tetapi mencoba untuk lebih ramah lingkungan.

Keuntungan paling menggiurkan dari mobil hybrid adalah banderol yang tidak semahal harga mobil listrik murni terbaik. Jadi, merek dan model mana yang membuatmu kepincut dan mempertimbangkan untuk bisa memilikinya?

Baca juga artikel Mobil Listrik Hyundai, Motor Listrik Honda, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Produsen Motor Listrik Di Indonesia 68a64
13 Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik 2022, Belasan hingga Ratusan Juta!
Merek Motor Listrik 64b0e
13 Merek Motor Listrik Terbaik yang Dijual di Indonesia, Anti Antre BBM Lagi!
Mobil Listrik Toyota E4979
9 Mobil Listrik Toyota Terbaik 2022, Ada Pilihan Teknologi Hybrid & Full EV!
Mobil Listrik Hyundai Dd8f4
Rekomendasi 4 Mobil Listrik Hyundai yang Rilis di Indonesia, Termurah di Kelasnya!
Motor Listrik Honda 7a3d8
Rekomendasi 11 Motor Listrik Honda Terbaik & Terbaru 2022, Ada PCX Electric!
Motor Listrik Rakata 2022 7760a
4 Varian Motor Listrik Rakata Terbaik 2022, Mulai dari Skutik Hingga Sporty!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal