16 Mobil Listrik Terbaru yang Dijual di Indonesia, Pilihan Terkini Tahun 2022!

Default

Industri otomotif berbasis teknologi ramah lingkungan kini semakin menggeliat di Indonesia. Para pabrikan ternama pun terus berlomba menawarkan mobil listrik terbaru dengan harga dan spesifikasi yang sangat bersaing.

Di antara produsen yang menjajakan mobil listriknya seperti MINI yang mengenalkan MINI Electric dan Toyota dengan andalan terbarunya yaitu Toyota bZ4X. Tidak hanya itu, teknologi hybrid seperti Mitsubishi Outlander PHEV dari Mitsubishi juga ikut menambah pilihan konsumen, loh.

Nah, buat kamu yang ingin beralih ke mobil listrik, pasti masih bingung memilih mana tipe mobil yang paling layak untuk dibeli. Kalau kamu merasa demikian, untungnya kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Di sini, Jaka bakal kasih deretan tipe terbaru mobil listrik yang dijual di Indonesia khusus buat kamu. Penasaran apa saja? Cek ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander Phev 57467
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Terbaru

Mitsubishi Outlander PHEV sebenarnya bukanlah mobil listrik murni, melainkan mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Adapun mesin hybrid di mobil ini bersumber dari tenaga listrik dan juga memiliki penggerak berbahan bakar minyak.

SUV ramah lingkungan ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 TK dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik berdaya 13,8 kWh. Menariknya, mobil berpenggerak empat roda ini bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt, loh.

Nantinya, generasi terbaru Mitsubishi Outlander PHEV 2023 akan hadir dengan teknologi yang lebih canggih dan performa yang lebih mumpuni tentunya. Untuk saat ini, berikut adalah banderol untuk mobil tersebut.

Tipe Harga
Mitsubishi Outlander PHEV Rp1,309 miliar

2. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Toyota Corolla Cross Hybrid muncul dengan desain segar dan performa yang lebih bertenaga. Tidak hanya itu, mobil ini juga lebih ramah lingkungan karena ikut mengandalkan daya baterai dan sistem kelistrikan.

Mobil yang telah dirilis tahun 2020 ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.800cc DOHC 4-silinder DOHC dan teknologi VVT-i. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi puncak 142 Nm dan 70 hp dengan torsi puncak 163 Nm pada sistem kelistrikan.

Berkat teknologi HEV, Corolla Cross tidak membutuhkan charging station guna pengisian daya listrik. Jadi, cukup mengisinya dengan bensin untuk membantu pengisian baterai untuk menggerakkan motor listrik.

Selain itu, mobil SUV versi hybrid ini memiliki ruang kabin yang lapang dan nyaman berkat desain interior modern nan mewah. Kamu bisa cek harganya di bawah:

Tipe Harga
Toyota Corolla Cross Hybrid Rp540 juta

3. Nissan Kicks e-Power

Tentang All New Nissan Kicks E Power 1abed
Sumber foto: Nissan Global - Mobil Listrik Terbaru

All-New Nissan Kicks e-Power merupakan mobil listrik Nissan yang menjadi andalan produsen Nissan di segmen mobil listrik Tanah Air. Keunggulannya, mobil ini tidak ketergantungan pada charging station, loh.

Teknologi ini bisa dihadirkan berkat fitur e-Power yang mengandalkan kombinasi dari mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik. Teknologi ini tidak akan bisa ditemukan pada mobil listrik yang masih menggunakan charger fisik.

Hasilnya, pengalaman berkendara baru dengan motor yang 100 persen digerakkan oleh tenaga listrik bisa didapatkan. Tanpa harus memikirkan lokasi stasiun pengisian daya, pemilik mobil ini bisa berkendara jauh dengan lebih tenang.

Kalau kamu tertarik untuk membeli mobil Nissan Kicks e-Power, silakan cek banderol harganya pada tabel di bawah:

Tipe Harga
Nissan Kicks e-Power Rp482 juta

4. Minicab MiEV

Minicab Mi EV
Sumber foto: Sekretariat Presiden - Mobil Listrik Terbaru

Minicab MiEV adalah salah satu produk yang dipamerkan Mitsubishi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model ini merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

Mobil yang biasanya menjadi kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang ini adalah proyek percontohan alias pilot study untuk pasar Indonesia. Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga.

Minicab MiEV dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Mobil listrik niaga ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

Mobil ini bisa mengangkut empat penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sementara jika hanya mengangkut dua penumpang, kapasitas bobotnya bisa mencapai 350 kg. Minicab MiEV memiliki tipe 2-seater dan 4-seater.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah:

Tipe Harga
Minicab MiEV 2-seater Rp302 juta
Minicab MiEV 4-seater Rp305 juta

5. Hyundai Kona

Hyundai KONA 1b2cc
Sumber foto: Hyundai - Mobil Listrik Terbaru

Hyundai Kona merupakan salah satu varian mobil bertenaga full listrik yang dihadirkan oleh pabrikan asal Korea Selatan. Mobil listrik ini langsung mendapatkan sambutan hangat publik saat pertama kali dirilis

Baterai yang digunakan mobil listrik Hyundai bertipe lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh. Dengan kapasitas sebesar itu, jarak tempuh Hyundai KONA Electric bisa mencapai 345 km dalam sekali pengisian penuh.

Kona Electric sendiri punya grill polos tanpa adanya motif apapun yang menjadi ciri khas dari mobil listrik pada umumnya. Bagian muka tersebut pun sudah dilengkapi lampu berbentuk unik yang semuanya sudah LED.

Harga Hyundai Kona Electric 2022 berkisar Rp600 jutaan untuk on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Kamu pun bisa memilihnya dalam empat pilihan warna, yakni Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulsa Red.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah:

Tipe Harga
Kona SEL Rp505 juta
Kona Limited Rp627 juta

6. Toyota bZ4X

Toyota B Z4 X
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Terbaru

bZ4X merupakan mobil listrik sepenuhnya (bukan hybrid) pertama dari Toyota yang dikomersilkan. SUV ini akhirnya resmi masuk ke Indonesia melalui pameran otomotif GIIAS yang berlangsung 11-21 Agustus 2022.

Kehadiran bZ4X di Indonesia sendiri sebagai langkah awal Toyota untuk mengembangkan pilihan kendaraan listrik menjadi lebih banyak ke depannya. Dibawa langsung dari Jepang, Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendatangkan Toyota bZ4X.

Adapun Toyota bZ4X disematkan baterai Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh. Model versi FWD ini memiliki jarak tempuh sekitar 500 kilometer, sementara versi AWD sekitar 460 kilometer.

Mobil SUV kompak seperti ini memang disukai oleh masyarakat perkotaan yang sangat identik dengan keramaian dan jalanan padat. Jadi, mobil listrik Toyota ini akan cocok saat berakselerasi di medan urban.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah:

Tipe Harga
bZ4X Rp750 jutaan

7. Citroen e-C4

Citroen E C4
Sumber foto: DFSK - Mobil Listrik Terbaru

Citroen e-C4 menjadi salah satu mobil listrik yang baru-baru ini terjun ke pasar otomotif Indonesia. Model mobil listrik satu ini berjenis sport utility vehicle (SUV) yang penampakannya tau jauh beda dengan mobil perkotaan umumnya.

Kehadiran Citroen e-C4 sekaligus menjadi penanda kembalinya merek asal Prancis ini di industri otomotif Tanah Air. Model e-C4 yang pertama kali diperkenalkan pada 2020 sukses menarik minat lebih dari 30 ribu konsumen di benua Eropa.

Desain mobil ini mengedepankan aura Eropa yang terlihat elegan, bergaris fluid, dan dinamis. Bagian depannya hadir dengan desain V-shape khas Citroen berkat penempatan lampu DRL yang tinggi di ujung kap mesin.

Citroen e-C4 mengusung baterai li-ion berukuran 400 v 50 kWh. Motor listriknya menghasilkan tenaga 136 tk dan torsi 260 Nm dengan kecepatan maksimum 150 km/jam. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini jarak tempuhnya mencapai 350 km.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah ini:

Tipe Harga
Citroen e-C4 Rp530 jutaan

8. DFSK Gelora E

DFSK Gelora E
Sumber foto: DFSK - Mobil Listrik Terbaru

DFSK Gelora E adalah mobil listrik dengan kebutuhan niaga yang diklaim bakal lebih menghemat biaya operasional. Gelora E menjadi mobil niaga listrik yang pertama diluncurkan di Indonesia.

Mobil listrik ini hadir dengan dua tipe, yakni minibus dan Blind Van. Gelora E sendiri dibekali dengan baterai berkapasitas 42 kWh dan mampu melaju hingga 300 km dalam kondisi baterai penuh.

Kehadiran DFSK Gelora E ini sejalan dengan program pemerintah tentang kemajuan era kendaraan listrik di Indonesia. Menariknya lagi, DFSK Gelora E jadi salah satu mobil listrik yang digunakan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Model minibus cocok digunakan sebagai kendaraan angkutan shuttle di lingkungan KTT G20 di Bali. Sementara Gelora E Blind Van diandalkan untuk meningkatkan kapasitas kargo dan cocok untuk kebutuhan logistik, mengantarkan berbagai jenis barang yang dibutuhkan selama KTT G20.

Kalau kamu ingin membeli mobil listrik yang satu ini, kamu bisa cek daftar harganya di bawah ini:

Tipe Harga
Minibus Rp520 juta
Blind Van Rp490 juta

9. K-Upgrade

K Upgrade
Sumber foto: Oto - Mobil Listrik Terbaru

K-Upgrade merupakan mobil listrik yang dipamerkan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Diimpor dari China, mobil listrik ini mampu menempuh jarak 300 km lebih.

Secara spesifikasi umum, mobil listrik murah ini menggunakan penggerak semua roda atau all wheel drive. K-Upgrade dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan tenaga motor listrik yang mencapai 68 PS.

Digadang-gadang jadi pesaing berat Wuling Air EV, mobil listrik K-Upgrade telah dilengkapi panel solar. Panel solar ini dapat mengisi daya dari sinar matahari dalam waktu 3 jam dari kondisi 40 persen sampai 100 persen secara otomatis.

Mobil listrik murah yang didistribusikan oleh PT. Kurnia EVCBU ini mirip dengan mobil konvensional Suzuki Karimun Wagon R. Namun, jika diperhatikan desain pada gril justru terinspirasi dari mobil Range Rover.

Kalau kamu ingin membeli mobil listrik yang satu ini, kamu bisa cek daftar harganya di bawah ini:

Tipe Harga
K-Upgrade Rp75 juta

10. Wuling Air EV

1 Mobil Listrik Indonesia 2022
Sumber foto: GridOto - Mobil Listrik Terbaru

Wuling untuk pertama kalinya merilis mobil listrik mereka yang bernama Wuling Air EV. Mobil ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin membeli mobil listrik murah Indonesia 2022.

Lantaran harganya yang terjangkau, maka ukuran yang dihadirkan pun terbilang mungil. Bahkan, panjang mobil ini tidak sampai 3 meter, lho. Sementara kapasitas maksimalnya hanya berisi 4 penumpang.

Namun dari segi spesifikasi nggak bisa dibilang murahan. Sebab, mobil listrik Wuling ini sudah mengusung baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki daya tahan lebih kuat dibanding lithium-ion.

Lalu untuk kecepatan maksimal diklaim mampu menembus hingga 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, daya jelajahnya bisa mencapai 200-300 Km, lho.

Tertarik membawa pulang mobil ini? Berikut adalah harga Wuling Air EV dari dua varian yang ada:

Tipe Harga
Wuling Air EV Standard Range Rp250 juta
Wuling Air EV Long Range Rp300 juta

11. IONIQ 5

IONIQ 5
Sumber foto: dok. Hyundai Motors Indonesia - Mobil Listrik Terbaru

Hyundai IONIQ 5 merupakan mobil listrik Hyundai yang baru saja dirilis tahun ini. Generasi terbaru dari seri IONIQ ini tampil dengan desain yang lebih futuristik dan sangat modern.

IONIQ 5 dibekali dengan baterai Liquid cooled Lithium Ion berkapasitas 58 kWh, yang lebih besar dari varian mobil listrik lain milik pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Adapun jarak tempuh maksimum dalam kondisi baterai penuh bisa sejauh 384 km.

Tapi, spesifikasi tadi hanya untuk varian terendah pada tipe Prime dan Signature aja. Untuk varian lebih tinggi, tetap menggunakan jenis baterai yang sama tapi dengan kapasitas 72,6 kWh. Jarak tempuhnya pun lebih jauh, yakni hingga 481 km.

Kalau kamu ingin membeli mobil berkonsep ala SUV yang satu ini, kamu bisa cek daftar harganya di bawah ini:

Tipe Harga
IONIQ 5 Prime - Standard Range Rp718 juta
IONIQ 5 Prime - Long Range Rp759 juta
IONIQ 5 Signature - Standard Range Rp779 juta
IONIQ 5 Signature - Long Range Rp829 juta

12. Toyota C+pod

Toyota C Pod
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Terbaru

Pabrikan sejuta umat, Toyota, juga gak mau kalah dalam menghadirkan mobil bertenaga listrik. Untuk segmen yang satu ini, mereka menghadirkan jagoan barunya, yaitu Toyota C+pod.

Sama seperti Wuling Air EV, tampilan mobil listrik Toyota ini memang juga tergolong kecil. Baterainya pun berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) yang memang khusus difungsikan untuk mobilitas jarak dekat.

Sementara itu, motor listrik yang digunakan memiliki daya maksimum 9,2 kW alias setara dengan 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm. C+pod memiliki kecepatan maksimal hanya 60 km/jam.

Nah, mobil yang satu ini belum secara resmi diperjualbelikan di Indonesia. Namun, untuk perkiraan harga mobil listrik mini dari Toyota tersebut bisa kamu lihat di tabel berikut:

Tipe Harga
Toyota C+pod tipe X Rp224,7 juta
Toyota C+pod tipe h Rp233,7 juta

13. Kia EV6

Kia EV6 Indonesia
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Terbaru

Kia EV6 merupakan salah satu mobil listrik terbaru yang saat ini banyak diperbincangkan. Mobil ini pertama kali diperlihatkan pada ajang GIIAS 2022 dan langsung menarik perhatian banyak orang.

Mobil yang digadang-gadang sebagai pesaing dari Hyundai IONIQ 5 ini memiliki tampilan yang terkesan dinamis dan juga sporty. Siluet desain dari bodi sampingnya juga lebih condong ke nuansa crossover karena lebih memanjang.

Untuk performanya boleh diadu, lho. Sebab, mobil ini memiliki dua motor listrik yang terpasang di roda depan dan belakang (AWD). Kedua motor listrik tersebut menerima sumber energi dari baterai lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 320 hp dan torsi mencapai 605 Nm.

Dalam kondisi baterai penuh, Kia EV6 diklaim mampu menempuh jarak total hingga 506 km. Sedangkan untuk kecepatannya, mobil ini bisa menyentuh kecepatan dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik saja. Cukup impresif, bukan?

Sayangnya, harga mobil ini tergolong sangat mahal. Penasaran berapa harga mobil listrik tersebut? Silakan cek tabel berikut:

Tipe Harga
Kia EV6 GT-Line Rp1,2 miliar

14. MINI Electric

5 Mobil Listrik Yang Dijual Di Indonesia
Sumber foto: Kompas - Mobil Listrik Terbaru

Pada 8 Juni 2022 lalu, MINI Indonesia resmi memperkenalkan mobil teranyar mereka yang bernama MINI Electric. Tipe ini menjadi mobil listrik pertama dari MINI yang dipasarkan di Indonesia, lho.

Desain mobil ini memang sangat khas dengan karakter mobil-mobil yang pernah dilahirkan oleh MINI. Tampilannya yang tampak minimalis namun tetap terkesan modern, menjadi nilai lebih tersendiri.

Mobil ini dibekali motor listrik bertenaga 184 dk dengan torsi 270 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis single speed.

Dengan konfigurasi tersebut, MINI Electric diklaim mampu melesat dari 0 ke kecapatan 100 km/jam dalam waktu 7,3 detik saja. Kecepatan maksimalnya pun bisa mencapai 150 km/jam dan mampu melaju sejauh 232 km.

Buat kamu yang ingin tahu harga mobil listrik dari MINI tersebut, kamu bisa cek di bawah ini, ya:

Tipe Harga
MINI Electric Rp945 juta
MINI Electric Collection Rp955 juta

15. DFSK Mini EV

6 Mobil Listrik Murah Indonesia 2022
Sumber foto: GridOto - Mobil Listrik Terbaru

Gak mau kalah dengan Wuling Air EV, PT Sokonindo Automobile juga menampilkan produk mobil listrik mungil dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, yaitu DFSK Mini EV.

Sekilas, mobil ini memang lebih layak disebut sebagai city car karena dianggap ampuh untuk pengguna perkotaan yang punya mobilitas tinggi. Dari sisi spesifikasi, Mini EV dirancang menggunakan motor listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 34 tk yang disalurkan ke roda belakang.

Sayangnya, pabrikan tersebut belum membocorkan secara detail spesifikasi terkait baterai dan performanya. Sebab, mobil ini memang baru sekadar diperkenalkan dan belum dijual resmi di tanah air.

Berdasarkan bocoran dari pihak DFSK, Mini EV akan diusahakan menjadi salah satu pilihan mobil listrik murah di Indonesia dengan harga bersaing. Untuk harga perkiraannya sudah Jaka cantumkan di bawah:

Tipe Harga
DFSK Mini EV Rp200 jutaan

16. Tesla Model Y

Tesla Model Y 8eee3
Sumber foto: Tesla - Mobil Listrik Terbaru

Tesla Model Y tidak hanya jadi salah satu mobil listrik Tesla termurah, tapi juga menjadi salah satu varian paling anyar dari perusahaan Amerika Serikat tersebut.

Kamu akan menemukan fitur head unit jumbo berukuran 15 inci, supercharging, dan kemampuan akselerasi dalam waktu 3,5 detik untuk mencapai 100 km/jam. Adapun interior Model Y menggunakan bahan vegan yang diklaim lebih lembut dan lebih tahan lama daripada bahan kulit.

Namun, harga mobil listrik baterai yang masuk ke dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini dibanderol sekitar Rp2 miliar. Sementara untuk harga bekasnya juga masih tidak jauh berbeda dengan harga baru tersebut karena mobil ini masih tergolong baru.

Tipe Harga
Tesla Model Y Rp2 miliar

Kalau kamu mau tahu tipe-tipe mobil Tesla lainnya, kebetulan Jaka punya ulasan dari seluruh variannya. Penasaran seperti apa dan harganya? Cek selengkapnya di artikel berikut ini.

Mobil Tesla Termurah 4ab57
6 Mobil Tesla Termurah & Terbaik 2022 Di Indonesia, Kendaraan Listrik Makin Dicari!
Intip harga kendaraan listrik buatan Elon Musk di Indonesia? Simak rekomendasi mobil Tesla termurah & terbaik 2022 di sini sekarang!
LIHAT ARTIKEL

Daftar Mobil Listrik Terbaru yang Dijual di Indonesia

  1. Mitsubishi Outlander PHEV
  2. Toyota Corolla Cross Hybrid
  3. Minicab MiEV
  4. Hyundai Kona
  5. Citroen e-C4
  6. DFSK Gelora E
  7. K-Upgrade
  8. IONIQ 5
  9. Toyota C+pod
  10. Kia EV6
  11. DFSK Mini EV
  12. Tesla Model Y

Akhir Kata

Jadi itulah tadi deretan mobil listrik terbaru yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli. Silakan pilih mana spesifikasi mobil listrik Indonesia 2022 yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apalagi, antusiasme masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi pada kendaraan saat ini memang sangat tinggi. Jadi, kamu pun jangan sampai ketinggalan zaman, ya!

Baca juga artikel Mobil Listrik Hyundai, Motor Listrik Honda, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Produsen Motor Listrik Di Indonesia 68a64
13 Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik 2022, Belasan hingga Ratusan Juta!
Merek Motor Listrik 64b0e
13 Merek Motor Listrik Terbaik yang Dijual di Indonesia, Anti Antre BBM Lagi!
Mobil Listrik Toyota E4979
9 Mobil Listrik Toyota Terbaik 2022, Ada Pilihan Teknologi Hybrid & Full EV!
Mobil Listrik Hyundai Dd8f4
Rekomendasi 4 Mobil Listrik Hyundai yang Rilis di Indonesia, Termurah di Kelasnya!
Motor Listrik Honda 7a3d8
Rekomendasi 11 Motor Listrik Honda Terbaik & Terbaru 2022, Ada PCX Electric!
Motor Listrik Rakata 2022 7760a
4 Varian Motor Listrik Rakata Terbaik 2022, Mulai dari Skutik Hingga Sporty!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal