10 Mobil Listrik Indonesia | Ada Buatan Anak Bangsa, Banyak yang Siap Rilis 2022!

Default

Sesuai dengan target yang disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengenai produksi mobil listrik Indonesia yang akan dimulai Mei 2022, tampaknya mobil elektrik bakal mulai merambah pasar Tanah Air, geng.

Rencana ini juga bakal digarap dengan serius mengingat pabrik mobil listrik Indonesia sudah dimiliki, selain itu Indonesia juga sudah berpengalaman membuat beberapa seri mobil elektrik di masa lalu.

Selain mobil buatan anak bangsa, ada juga mobil pabrikan luar negeri yang siap dijual di Indonesia mulai tahun depan. Daftar Jaka berikut mencakup mobil lokal, mobil listrik Wuling, hingga BMW dengan spesifikasi yang dapat kamu pertimbangkan sesuai cuan dan kebutuhan. Ada apa saja? Yuk, langsung kita cek!

1. Tucuxi

Mobil Listrik Indonesia Dahlan Iskan 62578

Tahukah kamu bahwa pada tahun 2012, Indonesia sudah membuat mobil listrik sendiri yang dirancang oleh Dr. Danet Suryatama? Yup, mobil tersebut diberi nama Tucuxi dan memiliki penampilan mentereng layaknya mobil sport milik perusahaan ternama.

Karena saat itu Tucuxi dibuat berdasarkan pesanan dari Menteri negara BUMN Dahlan Iskan, kendaraan berjuluk Si Lumba-Lumba ini disebut juga sebagai mobil listrik Indonesia Dahlan Iskan.

Mesin yang dimilikinya bertenaga 200 kW dan membutuhkan waktu pengisian selama 4 jam. Untuk satu kali pengisian baterai, Tucuxi dapat menempuh jarak hingga 321 kilometer dan bisa dipacu hingga lebih dari 200 km/jam.

2. Selo

Mobil Listrik Indonesia Murah 4fe6a
Sumber foto: Liputan6

Warna kuning yang dimiliki mobil Selo mungkin akan mengingatkanmu kepada Bumble Bee yang ada di film Transformers namun dengan gaya mobil sport yang disebut khalayak mirip Lamborghini.

Mobil ini merupakan mobil listrik kedua yang juga digagas oleh Dahlan Iskan dan dipersiapkan untuk tampil dalam KTT APEC di Nusa Dua, Bali pada 5-6 Oktober 2013.

Selain desainnya yang wah, Selo bertenaga 130 kW dengan waktu pengisian selama 4 jam dan mampu menjelajah hingga 250 kilometer.

Selo dirancang oleh Ricky Elson dan penamaannya didasarkan dari tokoh Ki Ageng Selo yang dalam mitos Jawa memiliki bermacam kesaktian seperti menangkap petir. Hal tersebut sesuai dengan visi mobil Selo yang ingin berlari kencang dengan tenaga listrik

3. Gendhis

Mobil Listrik Indonesia Yang Tidak Diakui 6db3a

Tak kalah keren dengan Tucuxi dan Selo, mobil jenis MPV bernama Gendhis ini juga turut dipamerkan di KTT APEC 2013 silam.

Desain mobil rancangan Dasep Hamadi ini mirip Toyota Alphard yang besar dan mewah, membuatnya terlihat berkelas banget, geng.

Uniknya, Gendhis tak hanya mendukung penggunaan energi listrik saja, tetapi juga bahan bakar biodiesel. Sayangnya, Gendhis termasuk sebagai salah satu mobil listrik Indonesia tidak lulus uji emisi.

4. Evina

Mobil Listrik Indonesia Tidak Lulus Uji Emisi 1ec3b
Sumber foto: Bisnis

Nama mobil listrik yang satu ini adalah Evina, singkatan dari Electric Vehicle Indonesia yang juga dirancang oleh Dasep Hamadi.

Tenaga Evina memang relatif kecil yakni 20 kWh dan menggunakan baterai lithium ion dengan jarak jangkauan 135 kilometer untuk satu kali pengisian daya.

Sayangnya, Evina tak lolos uji emisi bersama dengan Selo dan Gendhis, geng.

5. Hevina

Pabrik Mobil Listrik Indonesia 191aa
Sumber foto: LIPI

Namanya mirip dengan mobil sebelumnya, tetapi Hevina merupakan mobil yang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Desain Hevina sendiri adalah versi modern dari mobil sedan Timor. LIPI berhasil menyulap penampilannya menjadi lebih mewah dan modern disertai warna putih dan aksen bodi yang tegas.

Kendaraan berdaya 62 HP dengan torsi 159 Nm ini bisa dipacu hingga kecepatan 140 km/jam dan sempat dipertunjukkan pada ajang Harteknas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun 2013.

6. Mini Cooper SE

Harga Mobil Listrik Mini 16087

Mini Cooper SE jadi mobil pertama BMW yang bakal dilepas ke pasaran mobil listrik Indonesia 2022 mendatang, meskipun sebenarnya seri ini sudah mulai dipasarkan secara global pada tahun 2020.

Si kecil yang cantik ini memiliki daya sebesar 135 kWh dengan tetap mempertahankan ciri khas eksteriornya yang ikonik.

Dalam sekali pengisian daya, Mini Cooper SE dapat menempuh jarak sejauh 235 hingga 270 kilometer.

Saat ini, Mini Cooper SE sudah dipasarkan di Thailand sejak Februari 2020 dengan harga 2,29 juta Baht atau senilai Rp977 juta, tetapi kemungkinan harganya akan jadi lebih mahal ketika sudah sampai Indonesia. Setuju?

7. BMW i4

Mobil Listrik Indonesia 2021 Cd4f7

Mobil keluaran pabrikan Jerman ini adalah mobil pertama BMW dari seri Gran Coupe dengan sistem elektrik serta dibekali dengan teknologi iDrive Operating System 8.

BMW i4 yang menggunakan Cluster Architecture (CLAR) ini tersedia dalam dua varian di mana varian tertingginya dilengkapi dua motor listrik.

Untuk varian entry level, BMW i4 menggunakan satu motor listrik saja dengan tenaga 335 PS dan torsi 430 Nm. Sementara itu, varian tertingginya mendapat suplai tenaga 255 PS dari poros roda depan serta 308 PS di roda belakang dan mencatat torsi puncak sebesar 784 Nm.

Baterai lithium ion-nya yang berkapasitas 81,5 kWh diklaim oleh BMW mampu membawa i4 menempuh jarak sejauh 164 km hanya dengan pengisian selama 10 menit saja berkat teknologi pengereman regeneratif yang dapat mengisi ulang daya baterai.

Berminat membeli mobil super keren ini? Tunggu hingga tersedia di berbagai aplikasi jual beli mobil, geng!

8. BMW iX

Mobil Listrik Indonesia 2022 4d77c

Mobil listrik jenis SUV juga turut diterjunkan ke pasaran oleh BMW, yaitu BMW iX yang juga memiliki dua varian seperti layaknya i4, yakni iX xDrive 40 dengan tenaga 325 PS dan iX xDrive 50 dengan tenaga mencapai 502 PS.

Adapun baterai yang digunakan berkapasitas 70 kWh, memungkinkan BMW iX untuk meluncur sejauh 400 km hanya dalam satu kali isi daya, geng.

Varian xDrive 50 dilengkapi dengan dua motor listrik di poros roda depan dan belakang serta kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 100kWh sehingga dapat melaju dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam dengan sangat cepat - tak sampai 5 detik.

9. Hyundai IONIQ 5

Mobil Listrik Wuling A3c76

Nah, mobil listrik Indonesia 2021 yang satu ini sudah dipamerkan di Indonesia di event JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 26 Oktober lalu dalam gelaran The Future Electric Vehicle System for Indonesia.

Produsen mobil asal Korea, Hyundai menurunkan IONIQ 5 dengan dua tipe, yaitu 2WD dan AWD.

Varian 2WD sendiri mampu menghasilkan 216 PS dengan torsi maksimum 350 Nm, sedangkan verso AWD-nya memiliki dua motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 209 PS dan torsi maksimum 350 Nm di bagian belakang serta 96 PS dan torsi 255 Nm di bagian depan.

Baterai yang digunakan adalah polimer lithium-ion sebesar 72,6 kWh yang satu kali pengisiannya mampu melaju sejauh 451 kilometer untuk tipe 2WD, sedangkan 430 km untuk tipe AWD.

10. Wuling Mini EV

Harga Mobil Listrik Termurah Di Indonesia 2021 24178

Mobil listrik yang bakal dijual Indonesia tak semuanya diperuntukkan buat kalangan jetset kok geng, buktinya ada Wuling Mini EV yang jor-joran dibanderol seharga Rp60-90 jutaan saja. Yup, saat ini Mini EV menjadi pemilik harga mobil listrik termurah di Indonesia 2021.

Mini EV yang berperawakan kecil ini memang hadir dengan tenaga yang minimalis yakni 20 kW alias sekitar 27 PS saja dengan torsi maksimum 85 Nm, membuatnya hanya dapat menjelajah sekitar 120-300 kilometer saja dalam sekali pengisian dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Sama seperti Wuling Almaz, Mini EV juga akan dibekali dengan fitur voice command, sensor parkir, serta low-speed pedestrian warning system. Bisa kamu pertimbangkan nih, geng.

Akhir Kata

Nah, itu dia daftar mobil listrik Indonesia beserta mobil-mobil yang siap dipasarkan di Indonesia, geng. Nantinya, kamu bisa cek berbagai situs jual beli mobil untuk memastikan ketersediaannya di Indonesia.

Semoga negara kita segera dapat memproduksi mobil-mobil listrik lainnya yang nggak kalah keren, ya!

Baca juga artikel seputar Mobil atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Koleksi Mobil Raffi Ahmad D71a8
Koleksi Mobil Raffi Ahmad, Mulai yang Klasik, Mewah, hingga Langka!
Banner Mobil Pcik Up Bekas Murah C9176
7 Rekomendasi Mobil Pick Up Bekas Harga 30 Jutaan, Mesin Bandel!
Garasi Andre Taulany Banner D114d
13 Koleksi Mobil Mewah di Garasi Andre Taulany, Langka Semua!
Aksesoris Mobil 49b9f
Daftar Aksesoris Mobil yang Wajib Kamu Punya, Keren & Berguna Banget!
Cats 36234
7 Charger Mobil Terbaik & Terbaru 2021, Dijamin Aman!
Mobil Mr Bean D7599
12 Koleksi Mobil Mewah & Ikonik Mr. Bean, Paling Mahal Rp168 Miliar!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal