J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Review Honor 7X: Andalkan Layar Lebih Lega dan Build Quality Mantap!

Selasa, 15 Mei 2018, 18:30 WIB
Selain dari Honor 9 Lite, brand smartphone asal Tiongkok ini juga merilis Honor 7X untuk segmen pasar kelas menengah. Honor 7X sendiri menawarkan layar lebih lapang dan build quality mantap. Bagaimanakah review Honor 7X selengkapnya?

Sebelumnya Jaka sudah pernah melakukan review Honor 9 Lite yang digadang-gadang menjadi smartphone yang menjadi pesaing Xiaomi. Belum cukup sampai di situ, Honor pun kembali merilis smartphone terbaru di kelas menengah.

Honor 7X mengandalkan layar yang lebih lega dan build quality yang diklaim lebih mantap. Bagaimanakah impresi dari review Honor 7X selengkapnya?

BACA JUGA
  • Review Honor 9 Lite: Xiaomi Killer dengan Desain Menawan dan Fitur Lengkap
  • Review Nokia 8 (2017): Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima!
  • Review ASUS Zenfone Max Pro M1: Bukan Lagi Smartphone Setrika!

Harga dan Spesifikasi Honor 7X

Honor 7X hadir dengan kedua saudaranya, yakni Honor 9 Lite dan Honor View 10 untuk pasar smartphone Tanah Air. Kembali menyasar kelas menengah layaknya Honor 9 Lite, lalu bagaimanakah harga dan spesifikasi yang dibawa oleh Honor 7X?

Unboxing Honor 7x 713e8

Honor 7X bisa dibilang menawarkan harga yang tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Berbeda kisaran Rp 400 ribuan, pada penjualan perdana Kamis, 16 Maret 2018 Honor 7X dibanderol dengan harga Rp 2.999.000,- untuk versi 4/64GB.

Bagaimanakah dengan spesifikasi detailnya? Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Honor 7X yang dijual secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Honor 7X
Dimensi 156.5 x 75.3 x 7.6 mm
Berat 165 gram
Jaringan GSM/HSPA/LTE

Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by, hybrid slot
Layar IPS LCD capacitive touchscreen

5.93 inci 1080 x 2160 piksel rasio 18:9
Chipset HiSilicon Kirin 659 octa-core 2.36GHz

GPU Mali T830-MP2
Memori 4GB RAM, 64GB memori internal

Micro SD hingga 256GB
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat dengan EMUI 5.1
Kamera Kamera Belakang Dual 16MP + 2MP

Kamera Depan 8MP
Baterai 3340 mAh
Fitur Lain Fingerprint Sensor, Face Unlock, USB on-the-go

Desain Seamless dengan Layar Lebih Lega

Pertama berbicara soal desain, Honor 7X memiliki_ build quality_ yang lebih mantap berkat penggunaan material metal terutama bodi belakang. Desain seamless ini terlihat oke dengan paduan garis antena dan dua buah modul kamera di bagian belakang.

Bagian Belakang Honor 7x 6d6f2

Selain itu terdapat juga sebuah sensor sidik jari pada bagian tengah serta logo Honor pada bodi belakang bagian bawah.

Melongok ke bagian depan, Honor 7X dibekali dengan layar lebih lega, 5.93 inci yang sudah beresolusi FullHD+ dan rasio 18:9. Nggak ketinggalan 2.5D curved glass yang membuat smartphone ini nyaman digenggam.

Bagian Depan Honor 7x 673f6

Honor pun kembali cukup bangga menempatkan logonya pada bagian dagu Honor 7X. Pada sisi depan bagian atas, kamu juga bisa menemukan modul kamera selfie, earpiece, proximity sensor, LED notifikasi. Namun sayangnya belum ada LED flash.

Di sisi kiri ada sebuah slot SIM tray yang masih menganut sistem hybrid dan di sisi kanan ada tombol power serta volume up-down.

Di bagian bawah, Honor 7X masih mempertahankan port audio 3.5mm, lubang mikrofon, speaker grill dan port charging yang masih MicroUSB. Di bagian atas Honor 7X, hanya terdapat sebuah lubang mikrofon noise cancelling.

Logo Honor 7x 24d4f

Walaupun menganut prinsip desain dari sang flagship, Honor View 10 smartphone ini saat pertama kali digenggam memberi kesan licin. Selain itu modul kamera utama yang menonjol dibagian belakang membuatnya tidak rata saat diletakkan di meja guys.

Tentu masalah ini bisa diselesaikan dengan penggunaan casing tambahan. Yang patut diapresiasi, bodi belakang Honor 7X ini sudah bebas fingerprint magnet loh. Mantap kan?

EMUI 5.1 dengan Android 7.0 Nougat, Ketinggalan Zaman?

Jangan harap kamu bakal mendapatkan sistem operasi Android terbaru pada Honor 7X. Pasalnya Honor 7X yang hadir di Indonesia baru akan membawa Android 7.0 Nougat dengan kustomisasi EMUI 5.1 di dalamnya.

Secara update, memang hal ini tertinggal dari Honor 9 Lite yang sudah membawa EMUI 8.0 dengan Android 8.0 Oreo. Biar begitu, bisa dikatakan fitur-fitur yang dibawa tidak terlalu berbeda jauh guys.

Emui Honor 7x 7547a

Honor 7X tetap memiliki sistem keamanan yang cukup mumpuni. Misalnya saja Fingerprint Unlock yang memiliki respon yang cepat dan Face Unlock yang sama cepatnya dan mampu bekerja di kondisi lowlight alias kurang cahaya.

Nah, kabarnya juga, Honor 7X juga bakal mendapatkan EMUI terbaru dan Android 8.0 Oreo pada beberapa pembaruan ke depannya. Jadi lebih baik kamu tunggu saja.

Sensor Honor 7x 518b8

Sementara itu, untuk kelengkapan sensor Honor 7X terbilang cukup lengkap dengan menghadirkan sensor gyroscope setelah diuji dengan menggunakan aplikasi Sensor Box. Dapat kamu lihat di atas ya!

Performa Mumpuni Chipset HiSilicon Kirin 659

Kedua smartphone Honor ini bisa dikatakan memiliki performa 11-12, bedanya hanya pada kapasitas RAM dan memori internal Honor 7X yang lebih besar. Untuk urusan chipset, Honor 7X juga mengandalkan performa dari HiSilicon Kirin 659 pada perangkatnya.

Chipset Honor 7x 04a8f

Chipset HiSilicon Kirin 659 memang menjadi salah satu chipset yang terbilang cukup kencang di kelasnya. Chipset ini sendiri menggunakan konfigurasi octa-core dengan 4x2.36 GHz Cortex-A53 dan 4x1.7 GHz Cortex-A53. Di sektor GPU juga ada Mali-T830 MP2.

Lalu bagaimanakah performa HiSilicon Kirin 659 saat dites dengan menggunakan beberapa aplikasi benchmark smartphone?

Pada AnTuTu Benchmark v.7.0.7, Honor 7X mendapatkan skor rata-rata 80 ribuan atau lebih tepatnya 80.945 poin. Lalu pada Geekbench 4.2.0, Honor 7X menghasilkan skor 900 poin Single-Core dan 3403 poin Multi-Core.

Jaka pun mencoba benchmark pada aplikasi PCMark Work 2.0, hasilnya Honor 7X mendapatkan skor 4907 poin. Untuk selengkapnya kamu bisa lihat pada beberapa screenshot di bawah ini.

Antutu Honor 7x 29ccd
Geekbench Honor 7x 790cf
Pcmark Depan Honor 7x Ea68a

Multitasking dan Gaming Lancar, Tapi...

Gimana soal produktivitas, apalagi jika sudah menyangkut masalah multitasking? Selama pemakaian, Honor 7X menawarkan pengalaman multitasking mumpuni berbekal kapasitas RAM yang meningkat hingga 4GB.

Split Screen Honor 7x D2507

Di sisi lain, kamu juga bisa menikmati fitur Split Screen apalagi didukung dengan layar Full View berasio 18:9.

Lanjut ke sektor selanjutnya, bagaimanakah pengalaman selama bermain game mobile di Honor 7X? Berbekal chipset HiSilicon Kirim 659, hampir keseluruhan game mampu dilibas dengan cukup lancar, seperti Mobile Legends, Arena of Valor dan PUBG Mobile.

Gaming Honor 7x C5932

Tapi setidaknya ada satu hal yang menjadi catatan. Pada saat bermain game, suhu panas yang dihasilkan Honor 7X mungkin bakal cukup mengganggu bagi sebagian kalangan.

Hal ini terutama terasa pada bodi belakang bagian atas yang merupakan tempat chipset berasal. Pasalnya performa kencang Kirin 659 nyatanya masih menggunakan fabrikasi 16nm. Gimana menurutmu?

Daya Tahan Baterai untuk Aktivitas Seharian

Gimana soal daya tahan baterai Honor 7X? Berbekal baterai dengan kapasitas 3340 mAh, tampaknya lama pemakaian alias daya tahannya nggak bakal berbeda jauh dengan Honor 9 Lite yang sudah Jaka review sebelumnya.

Baterai Honor 7x D9a66

Benar saja, Honor 7X mampu mendapatkan waktu standby hingga 10 jam 59 menit dengan screen on time 4 jam 45 menit. Patut diketahui, pengetesan semacam ini juga dipengaruhi oleh gaya penggunaan smartphone guys.

Lalu pengisian baterainya? Honor mengklaim Honor 7X memiliki durasi pengisian daya selama 150 menit saja. Saat dites, memang mulai dari keadaan 10% hingga 100%, Honor 7X memakan waktu 169 menit menggunakan adaptor charger 5V 2A bawaan.

Charge Honor 7x F6050

Peningkatan Sektor Fotografi, Makin Mantap!

Terakhir, sektor kamera yang patut jadi perbincangan. Honor 7X kali ini hanya mengandalkan 3 buah modul kamera pada perangkatnya, yakni dual kamera pada kamera utama dan sebuah kamera untuk kebutuhan selfie.

Kamera Honor 7x 297bc

Dual kamera 16MP + 2MP Honor 7X dirasakan cukup memberikan hasil foto yang lebih baik ketimbang pendahulunya terutama pada kondisi lowlight. Apalagi kamera 16MP punya bukaan hingga f/2.2 dan kamera 2MP yang menjadi pendukung untuk hasil foto bokeh.

Beralih ke kamera depan, Honor 7X kini hanya mengandalkan kamera selfie 8MP pada perangkatnya. Walaupun tidak disediakan LED flash, Honor 7X memiliki mode screen flash yang mengubah layar menjadi berwarna putih untuk membantu pemotretan di kala kondisi kurang cahaya.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan hasil foto Honor 7X selengkapnya, kamu bisa melihat beberapa hasil seperti berikut.

Hasil Kamera Belakang Honor 7X

Foto Belakang Honor 7x 1 0b731
Foto Belakang Honor 7x 2 E708e
Foto Belakang Honor 7x 3 D74a3
Foto Belakang Honor 7x 4 Bff31
Foto Belakang Honor 7x 5 Bf521
Foto Belakang Honor 7x 6 4c6fc

Hasil Kamera Depan Honor 7X

Foto Depan Honor 7x 1 C0fe5
Foto Depan Honor 7x 2 Fafb9
Foto Depan Honor 7x 3 1659a
Foto Depan Honor 7x 4 924e7

Price to Performance

Dengan banderol harga Rp 2.999.000,-, Honor 7X menjadi salah satu opsi terbaik smartphone Android di kelas menengah yang memiliki build quality dan performa kamera baik untuk penggunaan harian. Desain antimainstream jadi nilai jual utama juga kok!

Dalam paket penjualan Honor 7X, berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu dapatkan:

  • Unit smartphone Honor 7X
  • Adapter charger 5V 2A
  • Kabel charger MicroUSB
  • Silicone case
  • SIM tray ejector
  • Buku panduan dan garansi

Akhir Kata

Nah, itulah dia review Honor 7X yang berdasarkan impresi saat Jaka pakai. Menawarkan sesuatu yang berbeda, smartphone ini cukup menjanjikan untuk bersaing di pasar smartphone Indonesia. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
SampulJT 76fc1

5 Fitur Rahasia WhatsApp yang Belum Banyak Diketahui Orang!

Cara Mengubah Tampilan Aplikasi Android A4d46

Cara Mengubah Tampilan Facebook, WhatsApp, dan Instagram di Android Tanpa Koding

Aulrad Mobile Legends Dc9f1

Mengenal Aulrad Mobile Legends: Hero Fighter Gahar dengan Skill Global Mematikan!

Cara Menghapus Asisten Google 27cbe

Cara Menghapus Aplikasi Asisten Google di HP Android

Cara Melihat Hilal Ramadhan E871f

Cara Melihat Hilal 1 Ramadan Lewat HP Andorid

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Pubg Mobile Logo 7b097
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Review Honor 7A: Lengkap dengan Fitur Kekinian di Kelas Entry Level

Review Honor 7A: Lengkap dengan Fitur Kekinian di Kelas Entry Level

Review Honor 9i: Desain Tampilan Cantik Serasa HP Flagship

Review Honor 9i: Desain Tampilan Cantik Serasa HP Flagship

Review Honor 8X: Ketika Estetika Berpadu dengan Performa!

Review Honor 8X: Ketika Estetika Berpadu dengan Performa!

Hands On Honor 7S: Bakal Lebih Murah Dibanding Honor 7A?

Hands On Honor 7S: Bakal Lebih Murah Dibanding Honor 7A?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal