J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Review Honor 9 Lite: Xiaomi Killer dengan Desain Menawan dan Fitur Lengkap

              Review Honor 9 Lite: Xiaomi Killer dengan Desain Menawan dan Fitur Lengkap

              00
              Rabu, 4 Apr 2018, 16:00 WIB
              Honor Indonesia secara resmi merilis 3 smartphone terbaru untuk pasar Indonesia. Salah satunya yang cukup terjangkau adalah Honor 9 Lite yang digadang-gadang bakal menjadi pengganggu Xiaomi. Gimanakah review Honor 9 Lite selengkapnya?

              Honor yang dahulunya merupakan anak perusahaan Huawei, kini hadir secara mandiri dan meluncurkan 3 smartphone terbarunya di Indonesia. Salah satunya dengan harga yang cukup terjangkau adalah Honor 9 Lite.

              Smartphone Android yang digadang-gadang bakal menjadi Xiaomi killer ini memiliki fitur lengkap ditambah dengan desain yang menawan. Penasaran? Makanya simak dulu ulasan review Honor 9 Lite berikut!

              BACA JUGA
              • Xiaomi Killer, Honor View10 Kolaborasi dengan Gameloft Jadi Smartphone Gaming Terbaik!
              • Smartphone Canggih dan Seksi Honor Hadir di Paris Fashion Week
              • Pakai RAM 6GB Dengan Harga Mulai 4 Jutaan, Honor 9 Premium Resmi Dirilis!

              Spesifikasi Lengkap dan Review Honor 9 Lite

              Honor baru saja merilis 3 smartphone untuk pasar Indonesia, yakni Honor 9 Lite, Honor 7X dan Honor View 10. Dari ketiga smartphone yang dirilis, nyatanya Honor 9 Lite cukup menarik perhatian netizen karena dijual dengan banderol harga cukup terjangkau.

              Spesifikasi dan Harga Honor 9 Lite

              Dijual dengan harga Rp2.499.000,- saja, Honor 9 Lite bisa dibilang mengandalkan desain menawan, fitur lengkap untuk smartphone kelas mid-end dan keunggulan pada penggunaan empat buah kamera yang diberikan padanya.

              Nah buat kamu yang penasaran dengan kecanggihan smartphone ini, berikut Jaka bakal kasih detail spesifikasi Honor 9 Lite selengkapnya guys.

              Spesifikasi Honor 9 Lite
              Dimensi 151 x 71.9 x 7.6 mm
              Berat 149 gram
              Jaringan GSM/HSPA/LTE
              Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by, hybrid slot
              Layar IPS LCD capacitive touchscreen
              5.65 inci 1080 x 2160 piksel rasio 18:9
              Chipset HiSilicone Kirin 659 octa-core 2.36GHz
              GPU Mali-T830 MP2
              Memori 3GB RAM, 32GB memori internal
              Micro SD hingga 256GB
              Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan EMUI 8.0
              Kamera Kamera Belakang Dual 13MP + 2MP
              Kamera Depan Dual 13MP + 2MP
              Baterai 3000 mAh
              Fitur Lain Fingerprint Sensor, Face Unlock, USB on-the-go

              Desain Mewah dengan Bodi Kesan Kaca

              Pertama tentu Jaka akan mengulas segi desain dari Honor 9 Lite. Desain mewah Honor 9 Lite ditunjang dengan penggunaan material yang memiliki kesan kaca pada bagian belakang. Selain sudah dilapisi kaca 2.5D curved glass, kamu juga bakal menemukan dual kamera, LED flash, fingerprint sensor dan logo Honor di bagian bawah.

              Bagian Depan Honor 9 Lite

              Melirik ke bagian depan, Honor 9 Lite sudah dilengkapi dengan layar 5.65 inci Full View FHD+ Screen (1080 x 2160 piksel) yang sudah berasio 18:9. Bagian ini pun nggak luput dari penggunaan 2.5D curved glass. Di sini kamu juga bakal menemukan dual kamera, earpiece, proximity sensor, LED notifikasi dan logo Honor di bagian dagu.

              Bagian Belakang Honor 9 Lite

              Di sisi samping kanan ada sebuat slot SIM tray yang sayangnya masih hybrid dan di samping kiri ada tombol power serta volume up-down. Bergeser ke bawa Honor 9 Lite tetap mengandalkan port jack audio 3.5mm, mikrofon, speaker grill dan port micro USB. Sementara bagian atas tidak ada pengaturan apapun.

              Walaupun punya desain mewah, Honor 9 Lite memiliki kekurangan pada bodi yang cenderung fingerprint magnet dan agak licin. Tapi tenang saja, masalah ini bisa diatasi dengan penggunaan hardcase yang tersedia pada paket penjualan guys.

              Fitur Lengkap dengan Dukungan EMUI 8.0

              Honor 9 Lite tampaknya masih meminjam kustomisasi Android miliki ayahnya , Huawei. Smartphone ini membawa EMUI 8.0 yang sudah menggunakan basis Android 8.0 Oreo. Nah bagaimanakah soal pengalaman penggunaannya?

              Kustomisasi EMUI 8.0

              Selama penggunaan, EMUI 8.0 memberikan kesan yang ringkas dan cepat dalam melakukan perpindahan antaraplikasi. Soal efisiensi pun, kustomisasi ini hanya memangkas sekitar setengah dari 3GB RAM yang tersedia di Honor 9 Lite.

              Sisanya Honor 9 Lite membawa fitur-fitur terbaru lewat update yang kamu dapatkan secara berkala, seperti Game Mode dan Face Unlock. Hebatnya lagi, dengan harga Rp 2 jutaan saja Honor 9 Lite sudah menyediakan fitur NFC (Near Field Communication) loh. Canggih kan?!

              Honor 9 Lite pada Aplikasi Sensor Box

              Mau main virtual reality (VR)? Tenang saja, Honor 9 Lite juga menyediakan deretan sensor yang lengkap. Apalagi dengan kehadiran sensor gyroscope dan kompas yang cukup membantu di beberapa situasi, seperti mencari arah kiblat guys.

              Hati-Hati dengan Performa HiSilicon Kirin 659!

              Wah tampaknya kamu jangan meragukan performa dari chipset yang dibenamkan pada Honor 9 Lite. Pasalnya dibekali dengan HiSilicon Kirin 659, Honor 9 Lite bisa dibilang memiliki performa yang cukup kencang di kelasnya loh!

              Honor 9 Lite pada Aplikasi CPU-Z

              Di sisi lain, pada versi Honor 9 Lite yang dijual di Indonesia kamu akan mendapatkan 3GB RAM dan 32GB memori internal. Kapasitasnya pun masih bisa ditambah lewat slot hybrid dengan menggunakan microSD tambahan hingga 256GB.

              Lalu bagaimana buat kamu yang penggila skor benchmark smartphone? Siap-siap terkejut ya, pasalnya Honor 9 Lite memiliki skor yang cukup mencengangkan.

              Pada aplikasi benchmark AnTuTu v.7.0.7, Honor 9 Lite mampu meraih 88.102 poin jauh melebihi chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang berkisar diangka 75.000 poin. Sementara pada aplikasi Geekbench 4.2.0, Honor 9 Lite meraih 931 poin Single-Core dan 3695 poin Multi-Core.

              AnTuTu Benchmark Honor 9 Lite
              Geekbench Honor 9 Lite

              Multitasking dan Pengalaman Bermain Game

              Seperti sudah disebutkan di awal, EMUI 8.0 yang menggunakan basis Android 8.0 Oreo menawarkan pengalaman yang ringan dan gegas. Hal ini berdampak juga ke pengalaman multitasking yang menyenangkan. Apalagi dengan fitur Split Screen di layar Full View.

              Tampilan Split Screen pada Honor 9 Lite

              Sementara pengalaman bermain game, performa dari chipset HiSilicon Kirin 659 cukup dapat diandalkan. Untuk bermain game-game Android populer, seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile, Jaka belum menemui kendala cukup berarti.

              Performa Gaming Huawei Honor 9 Lite

              Di sini kamu juga mendapatkan pengalaman lebih berkat sudut pandang yang lebih luas berkat layar rasio 18:9. Mungkin sedikit kekurangan dari Honor 9 Lite adalah suhu hangat yang berasal dari bodi belakang saat bermain game. Tapi masih dapat ditolerir kok!

              Baterai 3000 mAh yang Tahan Aktivitas Seharian

              Honor 9 Lite memiliki baterai berkapasitas 3000 mAh yang sudah menjadi standar untuk smartphone saat ini. Penggunaan kapasitas baterai menengah ini juga yang memungkinkan Honor 9 Lite memiliki bodi cukup ramping dan ringan guys.

              Penggunaan Baterai Honor 9 Lite

              Jika dilihat dari grafik di atas, Honor 9 Lite dapat bertahan seharian atau selama 15 jam 34 menit kalau disesuaikan dengan penggunaan Jaka. Sayangnya screen-on-time yang dihasilkan hanya sekitar 4 jam 32 menit saja. Hal ini juga tergantung kebiasaan kamu sih!

              Di sisi lain, waktu pengisian daya yang dibutuhkan oleh Honor 9 Lite berkisar antara 2-3 jam. Hal ini juga sudah didukung dengan penggunaan adapter charger 5V 2A yang kamu dapatkan dalam paket penjualan.

              Quad Kamera Bisa Bokeh Depan Belakang

              Selain desain dan jeroan, Honor 9 Lite juga mengandalkan penggunaan quad kamera sebagai nilai jual utama. Kombinasi yang digunakan pada Honor 9 Lite adalah 13MP + 2MP baik pada bagian belakang maupun depan untuk dapat menghasilkan foto bokeh lewat Potrait Mode.

              Kamera Utama Honor 9 Lite

              Untuk kualitas foto yang dihasilkan Jaka rasa tergolong cukup mumpuni di kondisi cukup cahaya dan agak loyo pada kondisi lowlight yang menghasilkan banyak noise. Sementara untuk Potrait Mode, kamu harus mencari sudut pengambilan yang tepat untuk mendapatkan foto bokeh sempurna.

              Secara keseluruhan, tone warna yang dihasilkan cenderung lebih terang dan pucat pada bagian belakang dan depan. Untungnya Honor 9 Lite memiliki pengaturan Beauty Level untuk mengatur kecerahan wajah loh!

              Buat kamu yang penasaran dengan hasil foto yang dihasilkan Honor 9 Lite, berikut adalah hasil selengkapnya. Kamu bisa nilai masing-masing ya!

              Hasil Kamera Belakang Honor 9 Lite

              Hasil Foto Honor 9 Lite
              Hasil Foto Landscape Honor 9 Lite
              Hasil Foto Panorama Honor 9 Lite
              Hasil Potrait Mode Honor 9 Lite

              Hasil Kamera Depan Honor 9 Lite

              Hasil Selfie Normal Honor 9 Lite
              Hasil Selfie Potrait Mode Honor 9 Lite

              Price to Performance

              Dengan banderol harga Rp 2.499.000,- Honor 9 Lite memberikan kamu opsi smartphone murah yang menyediakan banyak fitur menarik. Dalam paket penjualannya, kamu bakal mendapatkan unit Honor 9 Lite, SIM card ejector, buku panduan dan garansi, hardcase, headset, charger adaptor dan kabel microUSB.

              Akhir Kata

              Nah itulah review Honor 9 Lite berdasarkan pengalaman pemakaian yang telah Jaka lakukan. Dengan banderol harga yang hampir mirip, apakah Honor 9 Lite bakal benaran jadi Xiaomi killer? Yuk share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya!

              Baca juga artikel seputar Honor atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              APPS TERKAIT
              Mobile Legends: Bang bang Terbaru
              Games Moonton
              Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA
              Games Garena
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal