J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

Waduh! 7 Hal Ini 90% Bisa Bikin Baterai Smartphone Meledak

Kamis, 12 Okt 2017, 12:00 WIB
Kali ini Jaka akan mengulas tentang beberapa hal yang membuat baterai smartphone meledak. Mau tahu? Simak ulasan Jaka berikut ini ya.

Seperti yang kita semua sadari bahwa di zaman sudah maju, smartphone juga hadir dengan berbagai hal baru. Hal ini dapat dibuktikan dengan komponen-komponen smartphone yang hadir lebih canggih dari sebelumnya.

Sebut saja baterai, smartphone keluaran saat ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar! Namun, sayangnya terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan karena tak jarang juga smartphone meledak akibat kapasitas baterai yang terlalu besar! Nah, kebetulan kali ini Jaka akan mengulas tentang beberapa hal yang membuat baterai smartphone meledak. Mau tahu? Simak ulasan Jaka berikut ini ya.

BACA JUGA
  • 8 Tips Merawat Baterai Android Agar Awet
  • Cara Merawat Smartphone Non-Removable Battery
  • 6 Tips Charge Baterai HP Dengan Cepat dan Benar

7 Hal yang Bisa membuat Baterai Smartphone Kamu Meledak

1. Baterai Tidak Original

7c94211906ff846bdb1e283d9db2d146

Yang pertama merupakan sesuatu paling umum yang sering menimbulkan masalah pada smartphone. Percayalah bahwa menggunakan baterai yang tidak original sangat berbahaya! Karena baterai KW lebih murah, otomatis kualitasnya tidak bagus dan sering timbul masalah seperti tidak mau di-charge dan cepat panas!

Jika baterai terasa sangat panas, sebaiknya nonaktifkan saja smartphone kamu, karena banyak kasus smartphone meledak karena hal ini. Jadi lebih baik beli baterai mahal tapi original daripada murah tapi KW dan meledak.

2. Menggunakan Sembarangan Charger

42f307551344e98c17f12203f50ca606

Sama seperti halnya menggunakan baterai KW, ternyata menggunakan sembarangan charger dapat menyebabkan smartphone meledak. Alasannya sudah pasti karena charger setiap smartphone memiliki pengaturan yang berbeda-beda, misalnya kamu pakai Samsung Galaxy S8 namun kamu memakai charger milik Oppo F1s, maka sudah pasti tidak aman! Dilihat dari kapasitas baterainya sudah berbeda, maka otomatis peraturan charger nya berbeda.

Pernah Jaka alami sendiri, tapi untungnya belum sampai meledak. Masalah yang Jaka alami adalah layar yang macet dan baterai menjadi panas secara tiba-tiba ketika menggunakan charger milik smartphone lain.

3. Baterai Sudah Tua

29fa582daf8acccdaff5d21b3bef9f7c

Untuk yang ketiga ini merupakan hal yang sangat wajar, namun sering diabaikan para penggunanya. Pada umumnya baterai yang sudah tua sudah pasti akan menimbulkan beberapa masalah mulai dari masalah ringan hingga berakibat fatal! Kelemahan menggunakan baterai yang sudah lawas tidak hanya boros daya saja, tapi juga mengakibatkan smartphone menjadi panas sehingga memungkinkan terjadinya masalah serius seperti meledak saat kamu pakai.

4. Mengisi Baterai Secara Berlebihan

535239cee32812b000dadf499eae3c37

Memang pada dasarnya baterai sudah diatur dari pabrik, jadi misalnya kamu mengisi baterai sampai 100% dan tidak mencabut charger, maka aliran listrik yang mengalir akan berhenti secara otomatis. Namun ternyata dugaan itu salah, karena faktanya pernah terjadi kasus smartphone meledak saat diisi berjam-jam!

Terkadang kita tidak sengaja lupa mencabut charger dan membiarkannya hingga berjam-jam, padahal baterai sudah penuh. Kasus ini sering dilakukan oleh hampir setiap pengguna smartphone. Meskipun begitu, kita sebagai pengguna harus berusaha untuk menghindari masalah ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Digunakan untuk Menjalankan Aktivitas Berat Saat Di-Charge

Ec45d764e508490035eb5f9345123b75

Penyebab yang kelima adalah menggunakan smartphone untuk beraktivitas berat seperti internetan dan main game saat sedang di-charge. Masalah ini sungguh masuk akal karena smartphone yang sedang di-charge akan menjadi sangat panas jika kita gunakan, apalagi jika digunakan untuk menjelajah internet dan bermain game.

Selain menjadi penyebab baterai cepat rusak, masalah ini juga dapat menyebabkan baterai cepat panas sehingga kemungkinan untuk meledak sangat besar.

6. Persaingan Antar Produsen Baterai

F5fbac133dc7aea95d8c058f5dc66ce0

Percayalah, di balik pesatnya suatu perkembangan baterai ponsel, ada hal yang harus tetap kamu waspadai! Tidak jarang pula karena ketatnya sebuah persaingan justru melahirkan kekacauan, seperti produsen-produsen baterai yang licik dan mengganti suatu komponen yang ada pada baterai dengan kualitas rendah dan murahan demi menghemat pengeluaran mereka.

7. Produk Cacat

3ac932d62919a7918c7611d065157022

Penyebab baterai meledak juga bisa jadi karena perusahaan baterai itu sendiri. Baterai berjenis Li-Lon merupakan baterai yang sangat sensitif dan tentu saja membutuhkan suatu pertimbangan yang matang dalam hal ini. Meskipun pada dasarnya setiap pabrik sudah profesional dalam mengembangkan baterai, bukan berarti mereka tidak akan pernah melakukan kesalahan dalam pembuatannya.

Dan fakta mengejutkan terjadi pada smartphone keluaran pabrikan asal Korea yang pada akhirnya ditarik kembali karena produksi yang dinilai cacat dan mengalami kesalahan. Kondisi baterai yang tidak mempunyai suatu ruang antara unsur listrik serta pelindung menjadi salah satu penyebab utama hubungan arus pendek. Oleh karena itu, berhati-hati juga dalam memilih smartphone.

Itulah 7 penyebab baterai smartphone meledak secara tiba-tiba. Jika kamu salah satu orang yang pernah mengalami masalah fatal tersebut atau sering melakukan kesalahan di atas, sebaiknya kamu hindari mulai sekarang deh!

ARTIKEL TERKAIT
Androidpit Best Smartphones 1309

5 Smartphone dengan Kamera 13MP Harga Murah, Mulai 800 Ribuan Loh!

Maxresdefault 4

8 Alasan Mengapa iPhone dan OS Lainnya Gak Akan Bisa Ngalahin Android

Nokialumia102035822762 7882

5 Smartphone Resolusi Kamera Tertinggi di Dunia, Sampai 100 Megapiksel!

Maxresdefault 4

11 Hoax Terbesar Video Game yang Merajalela di Seluruh Dunia

3 Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas Dan Meledak Banner

3 Tips Mencegah Baterai Smartphone Panas dan Meledak

Aplikasi Memperpanjang Umur Baterai 4

Cara Memperpanjang Umur Baterai dengan Aplikasi Android

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal