Mengenal Creo Engine, Platform Game Web3 Usung Konsep Mirip Steam

Default

Kalian tahu Steam? Itu, loh, platform game PC populer. Kini, telah hadir platform serupa tapi khusus untuk game Web3, namanya Creo Engine.

Platform ini sebenarnya didesain untuk mempermudah para developer game Web3 dalam mengembangkan game-nya. Tapi, Creo Engine juga turut memfasilitasi para gamer untuk memaksimalkan pengalaman bermain mereka.

Creo Engine Web3 masih dikembangkan dan memiliki roadmap detail hingga tahun 2025. Mereka ingin menjadi hub antara pengembang dan gamers Web3 terbesar.

Yuk, baca tulisan Jaka mengenai platform yang satu ini mulai dari ekosistem, layanan, fitur, hingga game-game yang dikembangkan!

Apa itu Creo Engine?

Brnde50je7b81
Sumber foto: Creo Engine - Apa itu Creo Engine

Creo Engine merupakan platform gaming berbasis blockchain yang dikembangkan sejak kuartal I 2022. Platform ini merupakan hub untuk menghubungkan developer dan gamer Web3.

Di sini terdapat dua pilar utama, yaitu Nomina Games dan CreoPlay. Nomina Games adalah studio in-house yang mengembangkan game-game Web3.

Sementara, CreoPlay adalah platform yang digunakan para gamers untuk bermain, membeli game dan NFT, staking token kripto, hingga mendapat informasi tentang game Web3.

Creo Engine Web3 telah menyusun roadmap hingga 2025. Tahun ini, mereka telah menyelesaikan pengembangan NFT, listing token kripto di exchanger dan DEX, hingga melakukan testing game.

Tahun depan, tim berencana merilis game pertama dan kedua serta meng-improve fitur-fiturnya. Sementara tahun 2024 dan 2025, mereka berencana ekspansi bisnis dan mengembangkan game ketiga dan keempat.

Apa Saja Game Web3 di Creo Engine?

Thiet Ke Khong Ten 1024x443
Sumber foto: Creo Engine - Game Creo Engine

Hingga saat ini, terdapat empat game yang berada di naungan Creo Engine. Pertama adalah Evermore Knights, kedua Slime Heaven, ketika Merchant Marvels, dan keempat Peony Ranch.

Game pertama sudah memasuki fase open beta pada bulan Desember 2022 dan grand launching pada Januari 2023. Sisanya masih dikembangkan dan ditargetkan hadir dalam kurun waktu tiga tahun ke depan. Berikut informasi lengkap tiap game.

  • Evermore Knights, game berkonsep play to earn yang terinspirasi dari RPG anime
  • Slime Heaven, game pet raising simulator mirip Axie Infinity
  • Merchant Marvels, game yang memungkinkan pemain membangun kerajaan sendiri
  • Peony Ranch, game simulasi bertani dan beternak

Jaka sudah pernah, loh, membahas game Evermore Knights, lengkap dengan cara daftar dan cara mainnya. Kamu bisa baca ulasan tersebut di bawah.

BACASPESIAL

Selain itu, Creo Engine menyebutkan bahwa pihaknya telah memiliki 20 game dari pengembang pihak ketiga untuk disematkan di CreoPlay nantinya. Jadi, koleksi permainannya akan semakin banyak.

Harga Token CREO Hari Ini

Token CREO 1
Sumber foto: Creo Engine - Token Creo Engine

Platform ini juga mengembangkan token Creo Engine sendiri, yang diberi nama CREO. Token ini sudah listing di bursa kripto.

Mengutip laman CoinMarketCap per 2 Desember 2022, harga CREO mencapai Rp52,36 per keping, turun 3,08% dibanding perdagangan terakhir. Harga token yang turun ini kemungkinan disebabkan oleh gejolak yang terjadi di dunia kripto belakangan.

CREO sendiri memiliki total suplai sebanyak 1 miliar. Pada awal dikembangkan, suplai token berjumlah 6,05 juta atau sekitar 0,605% dari suplai total.

Token tersebut didistribusi sebanyak 20% untuk hadiah play to earn game, 14% untuk pengembangan game, 10% likuiditas, 10% staking reward, dan sisanya untuk tim, dana ekosistem, marketing, partnership dan lain-lain.

Keuntungan Creo Engine Untuk Developer dan Gamer

Game Besutan Creo Engine
Sumber foto: Creo Engine - Keuntungan Creo Engine

Kehadiran platform Creo Engine tentu membawa angin segar pengembangan Web3, khususnya dalam bidang gaming. Seperti yang Jaka sebutkan, platform ini menguntungkan bagi pengembang dan gamer. Apa saja keuntungan yang dimaksud?

  • Dukungan penuh untuk developer dalam mengembangkan game-nya
  • Sistem bagi hasil menguntungkan untuk developer
  • Akses pasar lebih luas untuk menjual game Web3
  • Gamers bisa mendapat game berkualitas dengan genre, gameplay dan grafis mumpuni untuk pengalaman gaming lebih baik
  • GameFi dengan fitur lengkap untuk memudahkan pemain mendulang kripto
  • Tersedia forum/komunitas antar gamers untuk melakukan transaksi bisnis seperti tukar NFT dan lainnya
  • Benefit ekstra ketika menggunakan CREO di marketplace NFT
  • Ekosistem yang stabil dan steady
  • Satu token dapat digunakan untuk transaksi apapun di platform ini

Cara Bergabung di Platform Creo Engine

Dengan keuntungan segudang, Jaka yakin pegiat game Web3 pasti tak sabar untuk bergabung di platform ini. Namun, kalian baru bisa bergabung jika seluruh ekosistem Creo Engine telah rampung.

CreoPlay sendiri masih dalam pengembangan. Tapi, kamu sudah bisa menghubungkan dompet kripto WalletConnect, Binance Chance, dan Coinbase Wallet ke platform. Cukup akses situs webnya di sini dan klik Connect Wallet.

Sementara untuk pengembang yang tertarik bergabung dan menyediakan game Web3 bisa menghubungi email resmi Creo Engine di contact@creoengine.com.

Akhir Kata

Creo Engine memang masih dalam tahap pengembangan. Namun, platform ini jelas potensial baik untuk gamers maupun pengembang game Web3.

Selain membantu gamers mencari cuan, platform Web3 ini juga memudahkan pengembang game memasarkan produk mereka. Masing-masin pihak memiliki ruang untuk saling menjaga dan mendukung keberlanjutan mereka sendiri.

Karena pengembangannya masih terus berlanjut, pastikan kamu menyimak artikel web3 dari Jaka untuk mengetahui update selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga artikel Web3, VCGamers, Game Web3 Ancient Society, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal