Cara Membeli NFT di OpenSea dan Binance, Gampang dan Aman!

Default

NFT alias non-fungible token bukan cuma bisa kamu buat dan jual. Kamu juga bisa membelinya, loh. Untuk itulah Jaka bakal bahas cara membeli NFT yang mudah dan aman.

Sejak tahun lalu, popularitas NFT meroket. Puncaknya beberapa waktu lalu ketika seorang pemuda bernama Ghozali viral karena kumpulan foto selfie-nya dibeli sebagai NFT dengan harga mencapai Rp12 miliar.

Kasus ini pun bikin banyak orang penasaran. Selain ingin tahu cara bikin dan jual NFT, kamu pasti juga penasaran bagaimana cara membeli NFT.

Biar rasa penasaranmu terjawab, kamu bisa simak penjelasan Jaka mengenai cara beli NFT dengan mudah dan dijamin aman. Selamat menyimak!

BACA JUGA
  • 45 Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening Tanpa Modal, Auto Cuan!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • Mengenal Apa Itu NFT dan Cara Membuatnya untuk Mendapatkan Cuan

Seputar NFT

Ghazali Everyday NFT F8314

Dalam beberapa hari terakhir, timeline medsos-mu pasti ramai dengan NFT. Jaka bisa maklum pada akhirnya banyak orang yang penasaran dan bertanya-tanya apa itu NFT.

NFT adalah singkatan dari non-fungible token, aset digital yang dihubungkan dengan sistem besar blockchain. NFT sebenarnya tidak jauh beda dengan mata uang kripto.

Namun, perbedaan yang wajib kamu tahu adalah kripto bisa ditukar dengan kripto lain, sedangkan NFT tidak bisa ditukar, tapi bisa diperjualbelikan.

Nah, NFT ini bisa berwujud karya seni digital atau barang koleksi. Namun, NFT beda dengan karya seni digital yang dijual pada umumnya. Sebab, NFT punya nilai eksklusivitas karena aset tersebut jadi barang satu-satunya.

Hasilnya, aset NFT jadi otentik dan harganya bisa jadi sangat mahal. Keasliannya pun bisa diverifikasi dan mudah diperdagangkan di blockchain. Makanya, saat ini sangat banyak seniman dan artis yang terjun ke NFT karena alasan tersebut.

Untuk membeli NFT, kamu harus melakukannya di marketplace khusus kripto. Saat ini, ada dua marketplace yang populer sebagai perantara transaksi NFT, yakni Binance dan OpenSea.

Hal Penting Wajib Tahu Sebelum Membeli NFT

Syarat Beli NFT 7cdba

Ada satu hal fundamental yang wajib kamu sebelum membeli NFT. Kamu tidak bisa membelinya begitu saja dengan mata uang yang telah ada seperti dolar atau rupiah.

Dalam transaksi NFT, token atau koin menjadi currency utama. Jenis koinnya pun berbeda-beda tergantung marketplace atau aset NFT mana yang kamu beli.

Token inilah yang bisa kamu beli dengan uang. Namun, untuk bisa melakukannya, kamu harus memiliki wallet khusus kripto seperti Coinbase atau MetaMask agar bisa bertransaksi di marketplace.

Cara membeli NFT memang tampak rumit di awal. Namun, semua akan jadi mudah jika kamu sudah paham caranya. Maka dari itu, Jaka bakal kasih panduan step-by-step cara beli NFT di marketplace.

Cara Membeli NFT di OpenSea

OpenSea NFT Cf895

OpenSea merupakan marketplace NFT yang populer di kalangan komunitas. Apalagi setelah viralnya Ghozali Everyday yang menjual asetnya di marketplace ini. Tercatat OpenSea memiliki lebih dari 300 ribu users dengan 34 juta aset NFT yang telah beredar.

Mayoritas users OpenSea menggunakan mata uang kripto Ethereum untuk bertransaksi. Namun, marketplace ini juga menyediakan token lain seperti $UNI dan $Whale.

Untuk membeli NFT di sini, kamu diharuskan punya akun wallet sebagai penukar mata uang dolar menjadi mata uang kripto pilihanmu. Kali ini, Jaka bakal bahas panduan step-by-step cara beli NFT di OpenSea dengan wallet Coinbase dan MetaMask.

>>Situs Resmi OpenSea<<

1. Cara Membeli NFT di OpenSea dengan Coinbase

Coinbase NFT E6986

Sebelum membeli NFT di OpenSea, kamu harus membuat akun wallet Coinbase terlebih dahulu. Berikut caranya:

>>Situs Resmi Coinbase<<

  1. Download aplikasi Coinbase
  2. Buat dan atur akunmu.
  3. Masukkan kode/kata kunci yang terdiri dari 12 kata sesuai urutan yang diberikan. (*Kamu harus simpan 12 kata ini karena akan jadi bantuan verifikasi akunmu.)
  4. Beli mata uang kripto sesuai keinginanmu.
  5. Transfer mata uang kripto ke wallet.

Setelah melakukan cara di atas, kamu harus membeli mata uang kripto Ethereum (ETH) agar bisa transaksi di OpenSea. Berikut caranya:

Cara Beli Token Di Coinbase 2eb1e
  1. Buka dan login Coinbase.
  2. Klik "Buy/Sell" dan pilih "Ethereum".
  3. Klik "Preview Buy" untuk konfirmasi order
  4. Pilih "Buy Now" untuk menyelesaikan pembelian.
  5. Tunggu ETH kamu ditransfer dalam beberapa hari.
  6. Setelah ETH ditransfer, buka akun wallet dan salin alamat wallet.
  7. Kembali ke Coinbase dan klik "Portfolio".
  8. Pilih "Ethereum" > klik "Send" > paste alamat wallet. (*Jangan lupa double-check alamat wallet agar tidak terjadi kesalahan).
  9. Klik "Continue" untuk menyelesaikan pembelian ETH.

Setelah proses di atas, ETH yang kamu beli akan masuk ke wallet. Itu artinya kamu telah siap membeli NFT di OpenSea. Berikut panduan membelinya:

Beli NFT Di OpenSea 274f2
  1. Buka homepage OpenSea.
  2. Klik ikon wallet di pojok kanan atas. Setelah terhubung dengan wallet, kamu akan masuk ke laman pencarian NFT.
  3. Explore OpenSea untuk cari NFT yang ingin kamu beli.
  4. Setelah menemukan NFT yang telah kamu inginkan, klik "Buy Now" (*Jangan lupa double-check agar tidak terjadi kesalahan).
  5. Ceklis box persetujuan syarat & ketentuan > klik "Checkout" untuk menyelesaikan transfer.
  6. Kamu akan diarahkan ke wallet dengan detail pembelian (termasuk fee blockchain tambahan).
  7. Klik "Confirm" untuk menyelesaikan pembelian.
  8. Setelah pembelian, kamu bisa cek NFT yang telah dibeli di wallet.

2. Cara Membeli NFT di OpenSea dengan Wallet MetaMask

Metamask 1c3d7

Saat ini, MetaMask bisa dikatakan menjadi wallet terpopuler di OpenSea. Wallet ini tidak beda jauh dengan Coinbase dan punya cara membeli NFT yang hampir sama.

Biar kamu nggak bingung, simak cara beli NFT dengan wallet MetaMask di OpenSea ini:

>>Situs Resmi Metamask<<

  1. Buka Opensea > klik ikon profil di pojok kanan atas layar.
  2. Klik "My Profile" > klik "Get MetaMask". Kamu akan diarahkan ke laman download extension MetaMask.
  3. Klik "Install MetaMask" > tunggu proses instalasi selesai, lalu klik "Get Started".
  4. Pilih "Creat Wallet" dan buat password.
  5. Masukkan kode/kata kunci yang terdiri dari 12 kata sesuai urutan yang diberikan. (*Kamu harus simpan 12 kata ini karena akan jadi bantuan verifikasi akunmu.)
  6. Klik "All Done" setelah proses verifikasi selesai.
  7. Klik "Next" untuk tautkan wallet MetaMask ke akun OpenSea.
Beli Koin Metamask E2716

Langkah selanjutnya sama seperti wallet Coinbase. Setelah melakukan cara di atas, kamu harus membeli mata uang kripto Ethereum (ETH) agar bisa transaksi di MetaMask. Berikut caranya:

  1. Buka browser dan klik simbol extension MetaMask.
  2. Pilih "Buy" (atau pilih "Directly Deposit Ether" jika kamu punya ETH di Coinbase)
  3. Klik "Continue to Wyre" dan tentukan jumlah ETH yang ingin kamu beli.

(*Kamu akan membayar sejumlah biaya tambahan tiap kali membeli ETH. Biayanya semakin kecil jika kamu membeli ETH dalam jumlah besar).

  1. Klik "Next" setelah memilih metode pembayaran.
  2. Submit informasi pembayaran dan nomor HP yang terdaftar.
  3. Klik "Submit" untuk masuk ke kolom kode otentikasi pembayaran yang akan dikirim ke HP-mu.
  4. Masukkan enam digit kode yang dikirim untuk otorisasi pembelian ETH.
  5. Koin ETH akan masuk ke wallet-mu dalam beberapa menit.
Beli NFT Di Metamask Ea21b

Dengan ETH, kamu sudah bisa membeli NFT di OpenSea. Cara membelinya tidak jauh beda dengan wallet Coinbase. Simak caranya di bawah ini:

  1. Buka browser dan masuk ke marketplace OpenSea.
  2. Explore marketplace dan pilih NFT yang kamu ingin beli.
  3. Klik "Buy Now".
  4. Ceklis boks S&K untuk persetujuan pembelian.
  5. Klik "Checkout"

Setelah itu, extension MetaMask akan muncul dan menampilkan detail harga pembelian. Jangan heran jika kamu melihat ada biaya tambahan berupa gas fee yang harganya tergantung aktivitas di marketplace.

Harga transaksi awal berkisar antara 70 hingga 100 dolar AS, atau bahkan lebih tinggi lagi. Sedangkan harga transaksi selanjutnya berkisar antara 10-30 dolar AS.

Kamu bisa cek informasi lebih lengkap tentang gas fee di artikel Gas Fee dalam Etherum: Definisi, Kegunaan, & Cara Kerja.

Cara Membeli NFT di Binance

Binance NFT Bade4

Marketplace NFT yang bisa kamu coba selanjutnya adalah Binance. Sama seperti OpenSea, Binance sama-sama populer sebagai tempat transaksi NFT bagi komunitas.

Cara membeli NFT di Binance juga tidak beda jauh dengan OpenSea. Kamu harus membuat akun Binance dan wallet untuk bisa bertransaksi. Berikut panduan step-by-step membuat akun Binance:

  1. Daftar akun Binance.
  2. Isi semua data dan selesaikan proses verifikasi.
  3. Deposit atau beli koin kripto BNB, BUSD, atau ETH.
  4. Selesaikan pembelian.

Secara keseluruhan, cara buat akun Binance dan membeli mata uang kripto di sana tidak jauh beda dengan OpenSea. Pun dengan biaya tambahan seperti gas fee yang fluktuatif.

Setelah menyelesaikan pembuatan akun dan beli koin kripto, kamu bisa mulai membeli NFT sesuai keinginanmu.

Cara membeli NFT di Binance juga sangat mudah. Kamu hanya perlu buka aset NFT yang ingin kamu beli, lalu klik "Buy Now" dan ikuti semua instruksinya untuk menyelesaikan pembelian.

Cara Membeli Mystery Box di Binance

Cara Membeli NFT Binance Mystery Box A03f0

Ada satu hal unik yang bisa kamu dapatkan di Binance. Marketplace ini menyediakan NFT "gacha" berupa Mystery Box. Kotak ini berisikan NFT kejutan yang isinya baru terungkap saat kamu membuka kotaknya.

Dari kotak misterius ini, ada empat jenis NFT yang bisa kamu dapat. Keempatnya adalah:

  1. super super langka (SSR)
  2. super langka (SR)
  3. langka (R)
  4. normal (N)

Untuk membelinya, kamu bisa kunjungi halaman Mystery Box untuk informasi selengkapnya. Pada halaman tersebut, kamu juga akan menemukan informasi tentang jumlah NFT yang tersedia dan persentase peluangnya untuk muncul di Mystery Box.

Cara Membeli NFT Binance 7bdd9

Cara membelinya juga sama mudahnya dengan membeli NFT biasa. Berikut penjelasannya:

  1. Pilih jumlah Mystery Box yang ingin kamu beli.
  2. Klik "Buy".
  3. Klik "Confirm" setelah pop-up detail order muncul.
  4. Selamat, kamu telah membeli Mystery Box Binance!

Mystery Box selanjutnya akan masuk ke koleksi. Kamu juga bisa langsung membukanya. Namun, kamu harus perhatikan bahwa Mystery Box tidak dapat dikembalikan, tapi bisa dijual lagi di Marketplace.

Cara Membeli NFT dengan Metode Lelang

Marketplace NFT seperti OpenSea dan Binance sama-sama menyediakan metode pembelian NFT menggunakan lelang. Cara pembelian NFT lelang membutuhkan metode berbeda dari pembelian NFT harga tetap. Namun, konsepnya sama dengan lelang pada umumnya.

Kamu harus mengajukan tawaran dengan membayar sejumlah koin kripto sesuai angka penawaranmu. Tawaran tertinggi di akhir lelang akan berakhir menjadi pemenang dan berhak mendapatkan NFT lelang tersebut.

Menariknya, kamu bisa mendapatkan harga gas fee yang lebih murah di lelang ketimbang gas fee di harga tetap.

Akhir Kata

Itulah dia cara membeli NFT di marketplace seperti OpenSea dan Binance. Pada awalnya, proses pembelian NFT mungkin terasa ribet. Namun, semua akan jadi lebih mudah, apalagi jika kamu udah baca artikel ini!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka berikutnya seputar NFT!

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Tanri Raafani Haidi.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Axie Infinity Apk A14a5
Download Axie Infinity APK v1.2.6 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tags Terkait: cryptocurrency
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal