10 Aplikasi Web3 Terpopuler 2022, Ada Dompet Kripto hingga Dunia Virtual

Default

Aplikasi Web3 semakin banyak dicari seiring dengan popularitas Web3. Konsep Web3 diproyeksi menjadi masa depan internet, menjadi alternatif dari Web 2.0 yang saat ini berjalan.

Web3 menawarkan pengelolaan data terdesentralisasi tanpa pengawas. Hal ini dinilai lebih aman dan membuat pengguna mempunyai kepemilikan penuh terhadap asetnya.

Untuk mendukung pembentukan ekosistem Web3, berbagai aplikasi pun bermunculan. Fungsinya tidak jauh beda dengan aplikasi yang bisa kita gunakan, tapi teknologinya berbasis blockchain.

Berikut ini Jaka akan beberkan aplikasi di ekosistem Web3 yang paling populer di tahun 2022. Ada dompet kripto, dunia virtual, bahkan aplikasi media sosial seperti Instagram!

1. MetaMask

B G9j YWw6 Ly8vc HVib Glza GVycy8x Nj Ew NDEv Mj Ay Mj A0 Mj Mx Mz E5 LW1ha W4u Y3 Jvc HBl ZF8x Nj U
Sumber foto: MetaMask - Google Play

MetaMask merupakan dompet kripto paling populer. Platform ini tersedia dalam bentuk plugin browser, aplikasi Android dan iOS.

Di sini, kamu bisa menyimpan sejumlah token aset kripto. MetaMask juga terhubung ke aplikasi terdesentralisasi (Dapps), sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan beragam transaksi.

Kamu bisa beli NFT, menyimpan hadiah dari game Web3, dan lainnya. Untuk mengunduh aplikasi Web3 untuk pemula ini, silakan klik tautan di bawah.

Detail MetaMask
Tanggal rilis 1 September 2020
Pengembang MetaMask Web3 Wallet
Versi 5.91

>>Download MetaMask untuk Android<<

>>Download MetaMask untuk iOS<<

2. Brave

Brave Og
Sumber foto: Brave - Google Play

Brave merupakan peramban alternatif yang gratis dan bersifat open-source. Kamu bisa berselancar tanpa iklan dengan privasi yang ketat, soalnya browser ini berbasis teknologi blockchain.

Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai penghasil uang juga, loh! Kamu bisa menonton iklan (jika mengaktifkan fiturnya) dan melakukan sejumlah tugas sederhana dengan imbalan token BAT (Basic Attention Token).

Detail Brave
Tanggal rilis 12 Oktober 2016
Pengembang Brave Software
Versi 1.45.120

>>Download Brave untuk Android<<

>>Download Brave untuk iOS<<

3. Decentraland

B G9j YWw6 Ly8vc HVib Glza GVycy8x Mzk3 OTcv Mj Ay Mj Ay Mjgx Mj My LW1v Ymls ZS5jcm9wc GVk Xz E2 ND
Sumber foto: Decentraland - Decentraland.org

Decentraland merupakan metaverse paling banyak digandrungi orang. Dunia virtual ciptaan Estaban Ordano dan Ari Meilich ini memungkinkan pengguna untuk bermain game, berinteraksi, membeli NFT, bahkan tanah virtual!

Bisa dibilang, Decentraland dibangun dengan konsep menyerupai dunia nyata. Diri kita direpresentasikan dengan avatar yang bisa dikostumisasi. Mirip-mirip main game simulasi.

>>Download Decentraland untuk PC<<

4. Instagram

FTDCZS2 PAVDWXBCQOGKHZZT5 DQ
Sumber foto: Instagram - Google Play

Yap, kamu nggak salah baca. Media sosial Instagram menjadi salah satu aplikasi Web3 di Android dan direncanakan masuk ke ekosistem Web3.

Melansir Coindesk.com, rencana ini sudah mencuat sejak Mei 2022 lalu. Informasi terakhir menyebutkan, aplikasi ini bakal mengizinkan creators untuk membuat atau mencetak (mint) NFT dan menjualnya.

Akan tersedia end-to-end toolkit untuk membantu para creators nantinya. Fitur ini bakal diluncurkan di atas blockchain Polygon dan akan diuji coba ke berbagai grup creators di Amerika.

Detail Instagram
Tanggal rilis 3 April 2012
Pengembang Instagram

>>Download Instagram untuk Android<<

>>Download Instagram untuk iOS<<

5. Ethlance

Screen Shot 2018 08 02 At 2 17 45 PM
Sumber foto: Ethlance - Ethlance.com

Ethlance adalah aplikasi Web3 untuk membantu pengguna mendapatkan pekerjaan. Ethlance adalah aplikasi pencari kerja pertama yang beroperasi di atas blockchain Ethereum.

Pekerjaan yang tersedia di sini berhubungan dengan ekosistem Web3. Data pekerja dengan rekruter akan saling terhubung berdasarkan keahlian dan bidang mereka masing-masing.

Penggunaan aplikasi ini bebas biaya layanan, loh. Yuk, segera gabung dan cari pekerjaan masa depanmu di platform ini!

>>Akses Ethlance di sini<<

6. Steemit

Steemit 1024x463
Sumber foto: Steemit - Steemit.com

Kamu pernah menggunakan Reddit? Nah, Steemit merupakan salah satu aplikasi Web3 berupa situs web social blogging. Kamu bisa membaca tulisan dan komentar di dalamnya bahkan memposting tulisan atau pertanyaanmu sendiri.

Konten yang kamu bagikan di sini juga bisa dimonetisasi. Hingga saat ini, Steemit memiliki anggota hingga 1,7 juta orang. Kamu bisa bergabung di Steemit melalui tautan di bawah.

>>Akses Steemit di sini<<

7. DTube

Product Image Dtube 3bacbe28f4a5e30f917413cebd1531dcb63577a003d44b3e64db6871a71219c8 Opti
Sumber foto: DTube - Google Play

DTube merupakan aplikasi alternatif YouTube berbasis Web3. Kamu bisa menemukan dan menonton video menarik dari siapapun tanpa batasan.

Kamu juga bisa membagikan konten apa saja di aplikasi Web3 crypto ini, soalnya tidak ada pihak ketiga atau otoritas yang mengawasi aktivitasmu. Bahkan, kamu bisa menentukan mekanisme monetisasi videomu sendiri!

DTube memiliki fitur sinkronisasi dengan akun Steemit dengan antarmuka yang cantik dan sederhana. Ukurannya juga hanya 3MB, jadi hemat memori penyimpanan.

Detail DTube
Tanggal rilis 17 Juli 2018
Pengembang Lucid Dev Team

>>Download DTube Client di Android<<

>>Download DTube Viewer di iOS<<

8. STEPN

Gambar Logo Aplikasi Web3 STEPN
Sumber foto: STEPN - Google Play

Buat kamu yang suka olahraga, jangan terlewat mengunduh STEPN di perangkatmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengecek indikator kesehatan tubuhmu sekaligus mendapat insentif tiap berolahraga!

Caranya, kamu harus membeli item NFT berupa sepatu kets dengan berbagai model di sini. Nah, sepatu virtual ini bisa kamu gunakan untuk berjalan, berlari, dan bergerak di luar rumah.

Dalam perjalanan, kamu berkesempatan dapat token Green Satoshi (GST) dan item NFT menarik! Dengan salah satu contoh aplikasi Web3 ini, kamu bisa sehat sekaligus cuan!

Detail StepN
Tanggal rilis 5 Februari 2022
Pengembang STEPN

>>Download STEPN di Android<<

>>Download STEPN di iOS<<

9. Sound.XYZ

Og
Sumber foto: Sound .XYZ - Sound .XYZ

Aplikasi Web3 populer ini menyediakan database musik berbagai genre, didukung oleh teknologi blockchain. Di sini, kamu bisa mendengarkan musik dengan biaya langganan yang cukup murah.

Di sisi lain, para musisi yang mengunggah karya mereka di sini akan mendapatkan imbalan yang lebih baik dibanding aplikasi streaming musik lainnya.

Lagu-lagu mereka diubah menjadi NFT yang bisa dikoleksi. Harga NFT ini akan berubah mengikuti pasar. Investasi kripto audio diprediksi menjanjikan karena industri ini terus berkembang, sehingga musisi diharapkan mendapat keuntungan lebih besar.

>>Akses Sound .XYZ di sini<<

10. hi: Web3 Wallet-Crypto Neobank

1 Crypto Hi Nft Card
Sumber foto: hi Crypto Wallet - Google Play

hi adalah dompet kripto sekaligus neobank (layanan perbankan digital tanpa cabang) yang dirilis 4 November 2021. Di sini, kamu bisa menyimpan aset kripto.

Misalnya, token HI (mata uang kripto besutan hi), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Dogecoin (DOGE), Litecoin (LTC), hingga Dai (DAI). Koin ini bisa kamu tukar dengan mata uang fiat, loh.

Mata uang kripto yang tersimpan di aplikasi berbasis web3 otomatis menjadi tabungan. Jumlah bunganya mencapai 40% per tahun! Selain itu, member khusus juga bisa mendapat tambahan bunga (APY) 30%.

Lebih lengkap lagi, ada game penghasil uang dan kasino untuk kamu yang berusia 18+. Informasi lengkap dan link download aplikasi ini bisa kamu baca di bawah:

Banner Hi 1 E040f
Download Hi Web3 APK Penghasil Uang, Dapat Untung Dari Nabung Hingga Main Game?
Mau dapat kripto tambahan? Coba pakai hi Web3 APK penghasil uang! Kamu bisa menabung, trading crypto, bahkan main game dan klaim reward berhadiah token, loh.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Demikian 10 aplikasi Web3 paling populer yang bisa kamu gunakan tahun ini. Ada dompet kripto, aplikasi pencari kerja, bahkan aplikasi penghasil uang, loh.

Aplikasi ini juga punya antarmuka yang sederhana, jadi mudah dan aman digunakan pemula. Jaka akan coba urutkan aplikasi berbasis Web3 di atas sesuai dengan fitur utama dan keunggulannya:

  • MetaMask
  • Brave
  • Decentraland
  • Instagram
  • Ethlance
  • Steemit
  • DTube
  • STEPN
  • Sound.XYZ
  • hi: Web3 Wallet-Crypto Neobank

Baca juga artikel Web3, Dapps, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal