Rekomendasi 12 Game Steam Gratis Terbaik 2022, FPS-MOBA-Battle Royale Semua Ada!

Default

Sebagai salah satu platform distributor game digital terbesar, Steam nggak hanya menyediakan game berbayar yang mematok harga mahal, loh. Namun, kamu juga bisa menemukan banyak banget game Steam gratis yang nggak kalah keren.

Walaupun kamu nggak perlu membelinya dengan uang, tapi soal kualitas dan gameplay nggak perlu diragukan. Gameplay-nya nggak kalah seru, grafisnya nggak kaleng-kaleng, bahkan banyak sekali game terkenal yang akan kamu temukan.

Penasaran apa saja game Steam gratis terbaik 2022 yang wajib dicoba? Langsung simak rekomendasi game gratis di Steam dari Jaka berikut ini aja. Bisa jadi alternatif buat yang bosan main game di Epic Games, nih.

1. Apex Legends

Apex Legends adalah salah satu game PC free terbaik di mana pemain bisa bisa memilih karakter pahlawannya sendiri yang masing-masing memiliki kemampuan khusus yang disebut "Legenda".

Setelah itu, game battle royale-hero shooter ini akan membagi para pemain ke dalam skuad-skuad dan harus melakukan apa pun demi memenangkan pertarungan dari skuad lawan.

Bisa jadi alternatif nih, buat kamu yang bosan memainkan Apex Legends Mobile.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS 64-bit Windows 7
Processor AMD FX 4350 or Equivalent, Intel Core i3 6300
Memory 6 GB RAM
Graphics AMD Radeon HD 7730, NVIDIA GeForce GT 640

2. Dota 2

Siapa yang nggak tahu Dota 2? Game paling populer di Steam yang dimainkan oleh jutaan pemain di dunia setiap harinya ini tentu saja termasuk salah satu game gratis di Steam 2022 yang wajib kamu coba.

Setiap pemain bisa berubah menjadi salah satu dari ratusan hero Dota 2 dan merangsek masuk ke area pertarungan bersama tim. Yap, ini adalah game PvP yang sangat intens.

Tak cuma membutuhkan keberanian, tapi game multiplayer online battle arena (MOBA) ini juga mengharuskan pemain punya strategi yang baik agar bisa mempertahankan wilayah tim dan melumpuhkan markas musuh.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7
Processor Dual core from Intel / AMD at 2.8 GHz
Memory 4 GB RAM
Graphics NVIDIA GeForce 8600/9600GT, ATI/AMD Radeon HD2600/3600

3. Counter Strike: Global Offensive

Tentunya, Counter Strike: Global Offensive atau CS:GO ini wajib masuk dalam rekomendasi game Steam gratis terbaik dari Jaka. Game FPS terbaik ini populer banget dan paling banyak dimainkan gamers dari tahun ke tahun.

Kamu bisa memilih ada di tim polisi atau teroris dalam game besutan Valve dan Hidden Path Entertainment ini. Setelah itu, waktunya mengalahkan tim lawan demi meraih kemenangan.

CS: GO menawarkan maps baru, karakter, senjata, dan beragam mode game lain yang tentunya lebih seru dari seri sebelumnya.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7/Vista/XP
Processor Intel Core 2 Duo E6600 or AMD Phenom X3 8750 processor
Memory 2 GB RAM
Graphics 256 MB or more, DirectX 9-compatible dan mendukung Pixel Shader 3.0

4. PUBG Battlegrounds

Kalau kamu sudah jago banget main PUBG Mobile, berarti wajib banget coba game PUBG: Battlegrounds yang rilis 2017 lalu.

Game battle royale satu ini awalnya memang berbayar, tapi sejak 12 Januari 2022 lalu sudah resmi jadi game survival Steam gratis.

Di sini, kamu harus jadi pemain yang terakhir bertahan di area pertarungan untuk jadi pemenang. Kamu bisa memainkannya sendirian atau dengan tim. Tak hanya harus membunuh pemain lain, tapi kamu juga bisa mengumpulkan sumber daya lainnya sebagai taktik bertahan hidup.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS 64-bit Windows 7, Windows 8.1, Windows 10
Processor Intel Core i5-4430 / AMD FX-6300
Memory 8 GB RAM
Graphics NVIDIA GeForce GTX 960 2GB / AMD Radeon R7 370 2GB

5. Destiny 2

Di game Steam free to play terbaik ini, pemain bakal diajak untuk merasakan serunya pertarungan adu tembak di sistem tata surya. Destiny 2 juga menawarkan storyline yang seru, misi sulit, dan beberapa mode PvP yang menantang.

Nggak cuma main sendiri, tapi Destiny 2 juga bisa jadi game Steam gratis multiplayer. Ada beberapa pilihan petualangan co-op dengan misi yang luar biasa seru.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7 / Windows 8.1 / Windows 10 64-bit
Processor Intel Core i3 3250 3.5 GHz / Intel Pentium G4560 3.5 GHz / AMD FX-4350 4.2 GHz
Memory 6 GB RAM
Graphics NVIDIA GeForce GTX 660 2GB or GTX 1050 2GB / AMD Radeon HD 7850 2GB

6. War Thunder

Kalau lagi mencari game perang gratis di Steam, kamu bisa coba mainkan War Thunder. Ada banyak kendaraan militer yang mirip banget sama aslinya.

Kamu bisa pilih mana pun yang kamu mau. Setiap tank hingga pesawat, masing-masing punya kekurangan dan kelebihan yang harus kamu pertimbangkan demi memenangkan pertarungan.

Game MMO militer ini bakal membawa kamu seakan benar-benar berada di tengah pertempuran darat, udara, dan laut yang begitu menegangkan.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7 SP1/8/10 (64bit)
Processor Dual-Core 2.2 GHz
Memory 4 GB RAM
Graphics DirectX 10.1 level video card: AMD Radeon 77XX / NVIDIA GeForce GTX 660

7. Team Fortress 2

Selanjutnya ada Team Fortress 2, salah satu game Steam free-to-play yang sudah dirilis sejak 2007 lalu tapi masih tetap populer hingga kini berkat update berkala dari developer Valve.

Game ini merupakan alternatif buat kamu yang mau main CS:GO tapi spesifikasi PC-nya masih kentang. Game Steam gratis low spec ini nggak membutuhkan spesifikasi yang tinggi-tinggi amat.

Tapi tenang aja, gameplay yang ditawarkan mirip CS:GO. Pilih 1 dari 9 kelas yang ada, dan mainkan salah satu dari 11 mode game yang tersedia. Namun animasinya agak unik, karena tampilannya cukup imut dan menggemaskan yang bikin game ini terasa lebih kasual.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7 (32/64-bit)/Vista/XP
Processor 1.7 GHz Processor
Memory 512 MB RAM
Storage 15 GB

8. Brawlhalla

Game Brawlhalla nggak hanya punya versi mobile aja, loh. Brawlhalla versi PC bahkan bisa jadi pilihan game Steam yang ringan dan gratis karena nggak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi-tinggi amat.

Game fighting ini cukup unik, karena bisa mempertemukan hingga 8 pemain sekaligus, yakni 4v4, di satu arena pertarungan. Tak cuma sekadar bertarung, tapi ada juga beberapa game modes unik yang pastinya nggak akan bikin bosan.

Masih ragu buat main game gratis di Steam untuk PC kentang satu ini?

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS -
Processor -
Memory 2 GB RAM
Storage 800 MB

9. Unturned

Suka main Minecraft tapi ogah mengeluarkan uang buat membelinya? Kamu bisa coba Unturned, game zombie menegangkan tapi berlatar di dunia kubik ala Minecraft. Unik banget, kan?

Game adventure Steam gratis ini memungkinkanmu bergabung dengan pemain lain untuk bertahan hidup. Kalian bisa mengeksplorasi map, mencari sumber daya, dan membunuh sebanyak mungkin zombie.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7 SP1+
Processor 3 GHz
Memory 8 GB RAM
Graphics -

10. SCP: Secret Laboratory

SCP: Secret Laboratory adalah salah satu game horror Steam gratis yang menawarkan cerita seru nan menegangkan. Cocok buat kamu yang suka memacu adrenalin.

Pemain akan dibawa ke Site-02 yang hancur akibat bencana ilmiah. Kamu wajib bertahan hidup sekaligus mencari jalan keluar dari sana. Di tengah-tengah, kamu bakal bertemu banyak monster hingga ilmuwan jahat yang harus kamu kalahkan.

Game gratis di Steam ini termasuk dalam universe seri SCP Foundation.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 8.1, Windows 10 64 Bit
Processor Intel Core
Memory Intel Core i5-6600k atau AMD setara
Graphics GeForce GTX 1050 Ti 2GB VRAM; DX11

11. Doki Doki Literature Club

Tenang-tenang, nggak semua game gratis Steam punya genre FPS, MOBA, atau adventure, kok. Ada juga game kasual yang punya visual cerah dan imut banget.

Bagi Jaka, Doki Doki Literature Club juga wajib masuk dalam daftar game Steam terbaik 2022 karena gameplay yang ditawarkan cukup unik.

Mengusung tema novel visual, pemain akan diajak menyusuri cerita sehari-hari sekelompok siswi SMA di Jepang yang cantik-cantik. Kamu harus membantu para karakter untuk mencapai mimpi mereka.

Tak cuma itu, terdapat juga banyak minigame di dalamnya. Selain itu, kamu bisa menemukan sisi gelap dari karakter lucu dan menggemaskan, serta dihadapkan dengan ending yang nggak disangka-sangka.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 7
Processor 1.8GHz Dual-Core CPU
Memory 4 GB RAM
Graphics Integrated graphics

12. VRChat

VRChat adalah game petualangan kasual yang unik banget. Kamu tak hanya bisa main berbagai mini game bertema unik, tapi juga bisa ngobrol sama pemain lain secara virtual.

Game ini pada dasarnya adalah dunia virtual online yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi satu sama lain melalui avatar 3 dimensi.

VRChat sama sekali bukan game Steam gratis terbaik offline karena umumnya dimainkan dengan headset khusus VR seperti Oculus. Walaupun begitu, kamu yang nggak punya VR tetap bisa memainkan game VR terbaik ini, kok.

Detail Rekomendasi Spesifikasi
OS Windows 8.1, Windows 10
Processor Intel i5-4590/AMD FX 8350
Memory 4 GB RAM
Graphics NVIDIA GeForce GTX970/AMD Radeon R9

Akhir Kata

Nah, itu tadi rekomendasi game Steam gratis 2022 dari Jaka. Semuanya Jaka rangkum berdasarkan popularitas dan tentunya sebagus dan seunik apa gameplay yang ditawarkan.

Walaupun termasuk free games, tapi kualitas cerita, grafis, dan animasi game-game di atas sama sekali nggak kalah sama game berbayar, kok. Cobain aja sendiri!

Buat yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan game gratis di Steam, sebenarnya gampang banget. Kamu cukup buat akun, isi data diri, dan unduh game gratis tersebut di Steam store.

Lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel tentang bisa cara membuat akun Steam di bawah ini, ya. Selamat main game gratis!

Cara Membuat Akun Steam Banner A1aa8
Cara Daftar Akun Steam Untuk Main Dota 2 | Gampang Banget!
Mau main game Dota 2 atau CS:GO gratisan? Sebelum itu kamu perlu tahu cara daftar akun Steam gratis, biar kamu bisa nikmati keseruannya (gampang banget).
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Ca5de4852bc77293d257e0265937b290
 7 Game Steam Paling Populer Sepanjang Masa, Mana yang Kamu Mainkan?
Banner Misterapp Gta5gratis
100% Work! Langkah Cara Beli Game di Steam Gratis
Banner Game Steam
20 Game PC Gratis Terbaik 2019 yang Ada di Steam | Gak Kalah Sama yang Bayar!
Steam
3 Cara Mendapatkan Game Steam GRATIS Tanpa Harus Membayar
Mempercepat Download Steam Banner
4 Cara Mempercepat Download Game di Steam Hingga 10 Kali Lipat
Ae8e2d25888557befdf2ac4d149e2bc2
5 Game Steam GRATIS (Free To Play) dan Terbaik, Rugi Kalau Nggak Main!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal