Aplikasi PeduliLindungi: Cara Download Sertifikat Vaksin, Scan QR Code, Dll

Default

PeduliLindungi APK saat ini makin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa fitur yang bisa membantu mengatasi pandemi COVID-19 di tanah air.

Aplikasi PeduliLindungi dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas.

Dengan PeduliLindungi, kamu ikut berpartisipasi dalam mengurangi kasus COVID-19 dengan membagikan data lokasi saat bepergian. Jadi, penelusuran riwayat kontak dengan penderita pun bisa terdeteksi.

Nah, kalau kamu ingin menjadi bagian dari masyarakat yang saling peduli dan ingin membantu memberantas pandemi COVID-19, langsung saja download aplikasi PeduliLindungi di artikel ini!

Apa Itu Aplikasi PeduliLindungi?

Pedulilindungi Apk B8e57

Kemenkominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN, dan BNPB berkolaborasi dalam mengembangkan aplikasi bernama PeduliLindungi untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

Awalnya, aplikasi ini dirilis dengan fitur untuk tracing, tracking, dan fencing COVID-19. Kemudian, hadir dua fitur baru dengan dimulainya vaksinasi COVID-19 pada 13 Januari 2021.

Kedua fitur tersebut adalah registrasi vaksin dan sertifikat vaksinasi yang bisa dilakukan langsung melalui aplikasi PeduliLindungi secara digital. Praktis dan bisa dilakukan #dirumahaja!

Aplikasi pelacak virus corona ini membutuhkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya di mana pun, terlebih saat bepergian keluar rumah.

Download Aplikasi PeduliLindungi Terbaru 2021

Jika kamu ingin ikut berpartisipasi sekaligus memastikan diri untuk terhindar dari virus corona, kamu bisa download aplikasi PeduliLindungi pada tautan di bawah ini!

Detail PeduliLindungi
Developer Kementerian Kominfo
OS minimal Android 5.0 dan yang lebih tinggi
Ukuran 34M
Versi terbaru 4.0.2

>>>Download PeduliLindungi APK di Play Store<<<

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

Pedulilindungi Apk Bd956

Aplikasi PeduliLindungi mengandalkan bluetooth pada gadget untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada pengguna PeduliLindungi lain yang terdeteksi dalam radius, pertukaran data pun akan terjadi.

Data akan terekam pada masing-masing gadget. Aplikasi pun akan mengidentifikasi orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan pasien COVID-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan), atau ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Teknologi yang bisa menghentikan penyebaran virus corona ini pun akan sangat membantu mereka yang kesulitan mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa mereka melakukan kontak.

Tidak hanya itu, kamu pun akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan pasien positif COVID-19, PDP, dan ODP.

Terkait privasi, Kominfo mengklaim aplikasi PeduliLindungi aman untuk data pribadi karena data setiap pengguna disimpan dalam format terenkripsi dan tidak dibagikan kepada orang lain.

Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi buatan pemerintah ini sangat berguna untuk memantau perkembangan COVID-19 di sekitar kita, baik saat sedang di rumah maupun saat berpergian. Oleh sebab itu, kita perlu mendaftarkan diri kita di Aplikasi PeduliLindungi. Berikut caranya!

  1. Instal dan buka aplikasi PeduliLindung.
  2. Di halaman awal PeduliLindungi, pilih Daftar.
Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi 0b059
  1. Pilih cara untuk login, melalui nomer telepon atau alamat email.
  2. Isikan data pribadi seperti nama lengkap, nomer telepon, atau alamat email.
  3. Berikan tanda centang pada "Saya menerima segala isi Syarat Penggunaan dan Kbijakan Privasi PeduliLindung".
Cara Daftar Aplikasi PeduliLindungi 2 49a22
  1. Pilih Daftar.
  2. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomer telepon atau email untuk verifikasi.
  3. Berikan izin untuk akses lokasi, penyimpanan, dan kamera.
  4. Akun berhasil didaftarkan.

Cara Registrasi Vaksin di PeduliLindungi

Ingin melakukan registrasi vaksin oline agar tidak perlu keluar rumah? Tenang! Kamu bisa registrasi vaksin Covid-19 di PeduliLindungi dengan mengikuti cara di bawah ini!

  1. Login ke akun PeduliLindungi
  2. Pada halaman utama, klik Registrasi Vaksin.
Cara Registrasi Vaksin COVID Di PeduliLindungi 8959b
  1. Lalu, pada halaman Periksa Identitas, masukkan NIK dan nomor HP terdaftar. Klik Periksa Data jika sudah sesuai.
Cara Registrasi Vaksin COVID Di PeduliLindungi 2 Fb086
  1. Kamu juga bisa mendaftarkan anggota keluarga atau kerabat yang tidak memiliki perangkat dengan cara registrasi yang sama seperti tadi.
  2. Isi data lain yang diperlukan. Lalu, pilih lokasi dan waktu pelaksanaan vaksin.
  3. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke HP kamu.
  4. Akan muncul QR code tiket vaksin yang juga bisa dikirimkan melalui email.
  5. Kamu sudah berhasil daftar sebagai calon penerima vaksin. Data tadi dapat dilihat di laman riwayat dan tiket vaksin.

Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Setelah mengikuti vaksin, kamu akan menerima sertifikat sebagai tanda bahwa kamu sudah disuntik vaksin pada tanggal tertentu. Sertifikat diberikan dua kali, yakni pada vaksinasi pertama dan kedua.

Sertifikat akan diberikan dalam bentuk fisik, di tempat vaksinasi, maupun digital melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika kamu mau download sertifikatnya, ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi. Pada menu utama, klik menu Akun.
Cara Registrasi Vaksin COVID Di PeduliLindungi 8d4e5
  1. Setelah itu, pilih menu Sertifikat Vaksin lalu klik Periksa.
Cara Registrasi Vaksin COVID Di PeduliLindungi 2 F4ef8
  1. Isi NIK KTP dan nomor HP terdaftar.
  2. Aplikasi akan menampilkan sertifikat vaksin pertama dan/atau kedua.
  3. Klik sertifikat vaksin Covid-19 untuk mulai mengunduh.
  4. Aplikasi akan meminta persetujuan untuk menyimpan gambar, klik Ya.
  5. Sertifikat vaksin online secara otomatis akan tersimpan ke dalam galeri HP.

Cara Scan Barcode PeduliLindungi

Sejak diberlakukannya perpanjangan PPKM level 4, pemerintah melakukan uji coba pembukaan mall di 4 kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

Untuk bisa masuk mall, kamu harus menunjukan sertifikat vaksin Covid-19 dengan cara scan barcode yang ada di pintu masuk mall melalui aplikasi PeduliLindungi.

Dengan begitu, PeduliLindungi menjadi salah satu aplikasi masuk mall yang harus wajib ada di HP, terlebih jika kamu ingin bepergian ke pusat perbelanjaan.

Lalu, bagaimana cara scan QR Code di aplikasi PeduliLindungi? Gampang, kok! Kalau belum tahu, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini!

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi.
  2. Klik menu Scan QR Code, lalu pindai barcode yang ada di pintu masuk mall. Tunjukkan hasil QR Code tersebut ke petugas mall.
Cara Scan Barcode Pedulilindungi 1 F4be5
  1. Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah kamu diizinkan masuk mal.
  2. Warna hijau berarti kamu diperbolehkan masuk. Warna kuning berarti petugas akan melakukan verifikasi ulang. Sementara warna merah, kamu dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas.

Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka Custom E5073

Kamu mungkin pernah mengalami masalah saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, misalnya saja aplikasi tiba-tiba tidak bisa dibuka padahal sebelumnya bisa digunakan dengan lancar.

Hal ini pasti terasa menyebalkan apalagi saat ini aplikasi PeduliLindungi sangat dibutuhkan di berbagai tempat. Lalu, jika aplikasinya tidak bisa dibuka, bagaimana cara mengatasinya?

1. Periksa Jaringan Internet

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi PeduliLindungi tak bisa dibuka adalah dengan memastikan HP kamu memiliki jaringan internet yang stabil agar aplikasi bisa dibuka.

Saat aplikasi PeduliLindungi tidak ada koneksi internet, maka aplikasi tidak akan bisa dibuka. Solusinya, kamu bisa restart jaringan atau menggunakan WiFi gratis yang ada di sekitarmu.

2. Update Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu alasan kenapa aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka di iPhone dan Android adalah karena kamu menggunakan aplikasi versi lama dan belum memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Untuk itu, buka Google Play atau App Store untuk mengetahui jika ada versi terbaru dari PeduliLindungi. Jika versi terbaru sudah tersedia, silakan update aplikasi ke versi yang paling baru.

3. Bersihkan Cache

Cache yang menumpuk bisa menyebabkan memori HP penuh sehingga beberapa aplikasi tidak bisa dibuka atau justru langsung tertutup dengan sendirinya saat kamu baru membukanya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus cache di HP agar ruang penyimpanan menjadi lebih lega sehingga aplikasi PeduliLindungi bisa digunakan kembali.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai aplikasi PeduliLindungi yang bisa membantu memutus rantai penyebaran virus corona. Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur yang sangat bermanfaat.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Untuk Kerja Di Rumah Banner 0d2b7
5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kerja dari Rumah (WFH), Antisipasi Virus Corona!
Teknologi Untuk Menghentikan Virus Corona 2a7f3
5 Teknologi Canggih yang Dapat Menghentikan Penyebaran Virus Corona
Banner 6e293
7 Virus Paling Mematikan Sepanjang Masa, Virus Corona Paling Parah?
Picsart 03 23 12 26 00 208da
8 Perusahaan Teknologi yang Berdonasi untuk Lawan Virus Corona
Tips Di Rumah Aja Banner 01 67465
3 Tips Ampuh Agar Tak Bosan #DiRumahAja Karena Corona
Masker Canggih 94670
6 Masker Wajah Berteknologi Canggih, Bisa Tangkal Virus Corona?
Tags Terkait: Aplikasi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal