• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Aplikasi Pendeteksi Virus Corona Paling Ampuh, Wajib Download!

3 Aplikasi Pendeteksi Virus Corona Paling Ampuh, Wajib Download!

00
Kamis, 5 Mar 2020, 10:00 WIB
Di tengah merebaknya virus Corona yang semakin mengancam jiwa, untungnya beberapa aplikasi pendeteksi virus Corona ini bisa kamu manfaatkan, geng!

Telah menelan sekitar 3.000-an korban jiwa di berbagai negara di dunia, kemunculan wabah virus Corona tentu menjadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Bukan hanya karena reputasinya sebagai salah satu virus paling mematikan saja, virus Corona juga semakin ditakuti karena hingga saat ini masih belum ada vaksin yang dapat memutuskan rantai penularannya.

Alhasil, sejumlah aturan ketat pun mulai diterapkan di beberapa negara sebagai salah satu langkah pencegahannya.

Mulai dari aturan karantina, travel warning, hingga aturan lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang semakin meluas.

Tak hanya itu saja, pihak pemerintah di beberapa negara besar juga turut bekerja sama dengan sejumlah developer aplikasi untuk menciptakan aplikasi pendeteksi virus Corona lho, geng.

Lalu, apa sajakah aplikasi-aplikasi tersebut? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini!

Aplikasi Pendeteksi Virus Corona

Penyebaran virus Corona yang semakin mengkhawatirkan dari waktu ke waktunya ternyata nggak membuat sejumlah pemerintah negara merasa putus asa.

Buktinya, beberapa aplikasi pendeteksi virus Corona ini akhirnya dirilis untuk melindungi masyarakat di negaranya.

1. Corona 100m

Aplikasi Pendeteksi Penyebaran Virus Corona Corona 100m 0694e

Aplikasi pendeteksi virus Corona yang pertama yaitu Corona 100m yang dikembangkan oleh seorang pria Korea bernama Bae Won Seok.

Aplikasi yang dapat diinstal pada HP Android ini memungkinkan pengguna untuk melihat pasien yang terinfeksi virus mulai dari tanggal, kewarganegaraan, jenis kelamin, usia, hingga tempat pasien berkunjung.

Nggak hanya itu saja, lewat aplikasi ini juga pengguna dapat melihat seberapa dekat jarak mereka dengan pasien Covid-19 tersebut sehingga bisa lebih waspada dan menghindari tempat-tempat yang terdampak virus Corona, geng.

Menariknya, sejak diluncurkan pada 11 Februari lalu di Google Play Store, aplikasi Corona 100m telah mampu menduduki peringkat ke-6 dari daftar 15 unduhan teratas di Google Play Korea Selatan.

Bahkan, menurut Bae Won Seok jumlah unduhan aplikasi buatannya tersebut meningkat sekitar 20 ribu setiap jamnya lho.

Hal ini sebenarnya nggak terlalu mengejutkan mengingat Korea Selatan kini menempati posisi ke-2 negara dengan jumlah kasus virus Corona terbanyak.

Namun sayangnya, menurut pantauan Jaka saat menulis artikel ini, aplikasi Corona 100m tersebut nggak bisa kamu temukan di Google Play region Indonesia, geng.

2. Close Contact Detector

Aplikasi Deteksi Virus Corona Close Contact Detector A9bcf

Nggak mau kalah dengan Korea Selatan, pemerintah China pun turut meluncurkan sebuah aplikasi pendeteksi virus Corona bernama Close Contact Detector.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Korporasi Grup Teknologi Elektronik China (CETC) bersama dengan Kantor Umum Dewan Negara ini dihadirkan untuk membantu memeriksa penggunanya apakah telah berkontak langsung dengan pengidap virus Corona atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga ditujukan untuk para staf medis, penumpang dan kru transportasi umum yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk kontak fisik dengan pengidap COVID-19.

Nantinya untuk memanfaatkan aplikasi ini pengguna harus memindai kode QR di smartphone layaknya seperti layanan pembayaran Alipay atau platform media sosial, WeChat.

Nggak hanya itu, pengguna juga perlu mendaftarkan diri mereka terlebih dahulu dengan cara mencantumkan nomor telepon, nama, hingga nomor ID kependudukan yang akan digunakan untuk melacak lokasi penggunanya di masa lalu.

Sayang, serupa dengan aplikasi sebelumnya, Jaka nggak bisa menemukan keberadaan aplikasi Close Contact Detector ini di Google Play Store, geng.

3. Xiaomi XiaoAI

Aplikasi Pendeteksi Virus Corona Xiaoai 9757f

Aplikasi pendeteksi virus Corona yang terakhir yaitu XiaoAi buatan perusahaan teknologi raksasa China, Xiaomi.

XiaoAi sendiri sebenarnya merupakan aplikasi asisten AI milik Xiaomi yang hampir mirip seperti Siri ataupun Google Assistant.

Namun, seiring dengan merebaknya wabah virus Corona yang semakin parah, Xiaomi pun akhirnya menambahkan shortcut alias pintasan khusus di aplikasi buatannya itu.

Shortcut tersebut yaitu Real-Time Pnemonia Epidemic yang dapat membantu pengguna untuk terus up-to-date dengan perkembangan terbaru virus Corona.

Fitur ini sendiri dapat diakses dengan cara mengatakan perintah "real-time pnemonia epidemic" di aplikasi XiaoAi dan informasi terbaru terkait virus Corona akan tampil.

Namun menurut kabar yang beredar, aplikasi XiaoAi ini hanya tersedia untuk HP Xiaomi dengan MIUI versi Tiongkok saja, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi pendeteksi virus Corona yang saat ini banyak digunakan di sejumlah negara yang terjangkiti virus mematikan tersebut, geng.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada aplikasi semacam itu yang bisa kita gunakan di Indonesia.

Baca juga artikel seputar Virus Corona atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
7 Game Bertema Penyebaran Virus Mematikan Bisa Bikin Virus Corona 3de94

7 Game Bertema Penyebaran Virus Mematikan, Mirip Penyebaran Virus Corona?

Hoaks Virus Corona 387b4

7 Teori Konspirasi & Hoaks Virus Corona, Bikin Server PUBG Down?

Banner Jadi 1dc06

7 Anime Tentang Penyebaran Virus Mematikan, Mirip Coronavirus!

Event Teknologi Batal Karena Corona 453b8

10 Event Teknologi yang Batal Karena Virus Corona, iPhone 9 Termasuk?

Film Tentang Virus 9329d

Mirip Virus Corona! Inilah 10 Film Tentang Virus Mematikan

Rasain 7 Youtuber Yang Dikritik Karena Bikin Konten Negatif Virus Corona Eedec

7 YouTuber yang Kena Amuk Netizen Karena Bikin Konten Virus Corona

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal