Alasan Kenapa Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda & Solusinya

Bingung kenapa filter Instagram tidak mau muncul padahal kamu ingin mengunggah Instagram Story yang seru banget?

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa menggunakan filter Instagram Story yang belakangan ini memang sedang ngetren.

Nah, biar kamu nggak kebingungan lagi, simak cara mengatasi filter Instagram tidak mau muncul dari Jaka berikut ini.

Kenapa Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda?

Kenepa Efek Instagram Tidak Muncul Cca3b

Fitur Instagram Story kini semakin seru dengan hadirnya berbagai filter unik dan interaktif. Kamu bisa memilih sejumlah filter yang tersedia, seperi filter warna biasa maupun kuis-kuisan.

Nggak cuma memilih, bahkan kamu juga bisa membuat filter IG sendiri. Menggunakan Instagram pun jadi makin asyik karena tambahan fitur ini.

Tapi terkadang, tiba-tiba filter Instagram tidak mau muncul dan hanya memunculkan ikon loading yang terus berputar-putar.

Alasan kenapa efek Instagram tidak didukung di perangkat Anda pun beragam. Misalnya disebabkan masalah sinyal, aplikasi, hingga perangkat yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, coba cek alasan-alasan kenapa filter IG loadingnya lama di bawah ini:

1. Aplikasi belum di-update

Untuk mempermudah penggunanya mendapatkan fitur baru, Instagram terus melakukan update secara berkala. Tapi, jika tidak terbiasa rutin update aplikasi, bisa jadi ini yang menyebabkan filter IG tidak mau muncul.

Agar kamu bisa menggunakan fitur filter Instagram Story, kamu perlu update aplikasi Instagram ke versi yang lebih baru.

Biar kamu nggak mengalami hal ini lagi, kamu bisa mengaktifkan update otomatis untuk Instagram di aplikasi Play Store.

2. Cache penuh

Apa itu cache? Cache adalah data sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal HP kamu. Setiap aplikasi pasti memiliki cache.

Tidak terkecuali Instagram. Ketika kamu tidak rutin menghapus cache, memori HP kamu bisa kepenuhan dan tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Oleh karena itu, kamu perlu menghapus cache secara rutin agar terhindar dari masalah ini lagi ke depannya, geng.

3. Perangkat tidak kompatibel

Kenapa filter IG tidak mendukung di perangkat Anda? Tulisan tersebut bisa saja muncul saat kamu ingin menggunakan filter Instagram Story.

Alasan kenapa filter Instagram tidak mendukung bisa jadi karena HP kamu tidak kompatibel. Tidak semua HP bisa menjalankan beberapa aplikasi tertentu, karena bergantung pada system requirement dari aplikasi tersebut.

Instagram sendiri telah memberikan batasan terkait sistem operasi Android minimal yang bisa menerima fitur-fitur baru mereka.

4. Faktor geografis

Salah satu penyebab kenapa kamu belum memiliki fitur filter Instagram Story adalah masalah geografis atau lokasi di mana kamu bertempat tinggal.

Bisa jadi, fitur terbaru tersebut belum tersedia di wilayah atau daerah tempat kamu tinggal, geng.

Untuk masalah satu ini, yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggu hingga fitur tersebut tersedia di wilayah kamu. Harus bersabar, nih!

5. Kecepatan koneksi internet

Pastikan bahwa koneksi internet kamu nggak lemot. Sebab, koneksi internet yang lambat atau tidak stabil bisa mempengaruhi kenapa filter IG tidak dapat memuat efek.

Koneksi internet yang lemot kadang bisa menghambat proses update aplikasi Instagram. Alhasil, update tidak berjalan dengan baik atau sempurna.

Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mempercepat koneksi internet seperti misalnya menginstal aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet.

Cara Mengatasi Filter Instagram Tidak Mau Muncul

Setelah kamu tahu apa saja yang menjadi penyebab kenapa filter Instagram tidak mau muncul, sekarang kita beralih menuju cara mengatasinya.

Cara mengatasi filter Instagram tidak mau muncul nggak terlalu sulit kalau kamu sudah tahu apa penyebabnya. Berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

1. Perbaiki koneksi internet

Kenapa Efek Instagram Tidak Didukung Di Perangkat Anda 07f22

Apabila sinyal atau koneksi internet yang kamu gunakan tidak terlalu cepat, maka hal tersebut bisa mempengaruhi loading filter Instagram Story

Untuk bisa menggunakan filter IG, dibutuhkan sinyal yang bagus agar bisa muncul. Maka dari itu, kamu bisa memperbaiki koneksi internet kamu dengan yang lebih cepat.

Misalnya, mengganti koneksi internet dengan kartu SIM lain apabila kamu menggunakan HP dual SIM atau menggantinya dengan koneksi WiFi.

2. Login ulang

Kenapa Filter Ig Loadingnya Lama Cdaac

Cara kedua adalah yang paling mudah dan efektif menurut beberapa orang yang sudah menggunakannya. Cara ini biasanya berhasil untuk mengatasi filter Instagram tidak muncul.

Yakni dengan cara logout dan login kembali atau login ulang. Logout akun Instagram kamu lalu tutup. Setelah itu buka kembali akun Instagram kamu.

Login ulang dengan menggunakan akun Instagram kamu. Kini kamu nggak perlu bingung lagi kenapa filter IG tidak bisa digunakan.

3. Restart HP

Kenapa Filter Instagram Tidak Muncul Padahal Sudah Diupgrade 6962c

Jika kedua cara di atas masih tidak dapat bisa memunculkan filter Instagram, maka cara agar efek Instagram bisa digunakan selanjutnya adalah dengan restart HP.

Akan lebih baik jika sebelumnya kamu sudah logout dari akun Instagram kamu. Untuk restart HP, hampir semua HP memiliki mekanisme yang sama, yakni dengan memencet tombol power lebih lama.

Setelah itu, nyalakan kembali HP kamu. Kemudian, login ke akun Instagram dan lihat apakah filter Instagram masih tidak mau muncul.

4. Force Close Instagram

Kenapa Filter Instagram Tidak Mendukung 8f611

Selanjutnya cara untuk mengatasi filter IG yang tidak mau tampil adalah dengan memaksa berhenti aplikasi yang sedang berjalan atau Force Close.

Dengan begitu, sistem akan memaksa menutup aplikasi Instagram yang sedang berjalan. Lalu, setelah itu kamu akan bisa membuka aplikasi Instagram seperti biasa.

Cara yang bisa kamu coba adalah menuju ke menu Settings > App Manager > Instagram > Force Close di ponsel Android kamu.

5. Update Instagram

Kenapa Filter Ig Tidak Bisa Digunakan 4635b

Masih bingung kenapa filter Instagram tidak mendukung? Yang perlu kamu lakukan adalah update Instagram untuk mendapatkan versi terbaru.

Dengan versi terbaru, kamu bisa mendapatkan akses pada fitur-fitur baru Instagram, termasuk filter Instagram Story.

Untuk me-update aplikasi Instagram, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Play Store atau App Store.

6. Bersihkan cache

Kenapa Fitur Baru Instagram Tidak Muncul Df193

Cache yang penuh adalah salah satu penyebab kenapa HP tidak dapat memuat efek Instagram. Cache atau sampah yang menumpuk di HP dapat mengakibatkan beberapa aplikasi tidak bisa berfungsi maksimal.

Oleh karena itu, bersihkan cache smartphone kalian dengan rutin. Kamu bisa menghapus cache melalui Settings > App Manager > Instagram > Clear Cache.

Atau, beberapa smartphone kini juga sudah dibekali dengan aplikasi pembersih cache bawaan. Gunakan aplikasi tersebut untuk menghapus cache dengan mudah.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi filter Instagram tidak muncul yang bisa kamu coba agar kamu bisa menikmati fitur baru tersebut.

Dengan filter Instagram Story, kamu bisa membuat unggahan Instagram, Story kamu lebih hidup dan menarik, tentu saja juga tidak membosankan. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Akun Instagram Dengan Followers Terbanyak F2ef4
10 Akun Instagram dengan Follower Terbanyak di Dunia 2019
Akun Instagram Paling Mengerikan Banner 7f2ef
10 Akun Instagram Paling Mengerikan dan Aneh, Bocah Dilarang Lihat!
Aplikasi Download Video Instagram Terbaik 18d9d
10 Aplikasi Download Video Instagram iOS & Android Terbaik, Gratis!
Aplikasi Feed Instagram 8af31
10 Aplikasi Instagramable untuk Feed Instagram | Dijamin Aesthetic!
Aplikasi Repost Instagram Banner0 Cc0cb
10 Aplikasi Repost Instagram Terbaik 2018| Tanpa Watermark!
Aplikasi Pembuat Quotes D6390
10 Aplikasi Pembuat Quotes Terbaik 2021, Cocok Buat Instagram!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal