Cara Update WhatsApp ke Versi Terbaru di Laptop dan HP, Mudah!

Default

Cara update WhatsApp (WA) ke versi terbaru sangatlah mudah, bisa lewat situs web dan HP Android maupun iPhone. Kamupun harus rutin melakukannya, sebab tiap pembaruan yang dilakukan pastinya membawa fitur dan proteksi keamanan yang lebih fresh.

Sejak dirilis tahun 2009, WhatsApp telah bertransformasi menjadi salah satu aplikasi chat terpopuler. Berkat tampilan antarmuka yang sederhana, semua orang bisa mengoperasikan WA tanpa kesulitan sama sekali.

Tentu saja, agar WhatsApp bisa terus dipakai, kamu harus rutin meperbarui aplikasinya. Jika kamu bingung dengan langkah-langkahnya, berikut Jaka sajikan cara update WA versi terbaru 2022 di laptop dan HP. Selamat mencoba!

1. Cara Update WA di HP Android dan iPhone

Cara Update Wa 1 1b0ad

Sumber foto: Google Play - Cara Update WA Terbaru 2022

Pertama, kamu bisa update WA via perangkat Android maupun iPhone. Secara garis besar, panduan keduanya sama persis, sehingga Jaka akan jadikan satu langkah-langkahnya.

Berikut cara update WA di HP Android dan iPhone:

  1. Buka Google Play (Android) atau App Store (iPhone).
  2. Cari aplikasi WhatsApp.
  3. Tekan tombol Update.
  4. Tunggu hingga proses pembaruan WA selesai.
  5. WA sudah update ke versi terbaru.

Setelah melakukan update, salah satu fitur WhatsApp terbaru yang bakal kamu dapat adalah polling. Betul, kamu bisa mengadakan voting di dalam WA tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Untuk info lebih lengkap, silakan baca artikel Jaka berjudul "Cara Membuat Polling WhatsApp" atau tekan banner di bawah ini.

Cara Membuat Polling Whatsapp 2ce8c
Cara Membuat Polling WhatsApp 2022, Fitur Baru Untuk Voting Tanpa Aplikasi Tambahan
Kini kamu bisa membuat polling di WhatsApp tanpa aplikasi tambahan. Diskusi dan ambil keputusan jadi lebih praktis! Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut.
LIHAT ARTIKEL

2. Cara Update WA Desktop di Laptop

Cara Update Wa 2 Ab63e

Sumber foto: My School Project - Cara Update WA

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah update WhatsApp dari laptop. Nantinya, kamu bisa melakukannya dari situs web browser. Panduan ini bisa dilakukan baik di Windows maupun Mac.

Sebagai informasi, cara ini hanya berlaku bagi kamu yang memiliki aplikasi WhatsApp di laptop, bukan WA Web. Jika belum punya, kamu bisa menginstallnya di Microsoft Store ataupun App Store.

Berikut cara update WA Desktop di laptop:

  1. Buka Microsoft Store (Windows) atau App Store (Mac).
  2. Cari aplikasi WhatsApp.
  3. Tekan tombol Update.
  4. Tunggu hingga proses pembaruan WA selesai.
  5. WA sudah update ke versi terbaru.

3. Cara Update WA Web, Apakah Bisa?

Cara Update Wa 3 5a6df

Sumber foto: WhatsApp Web - Update WA Terbaru 2022

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah WA Web bisa diperbarui layaknya aplikasi WhatsApp yang terpasang di laptop maupun HP? Jawabannya adalah bisa.

Namun, "update" yang dimaksud adalah proses sinkronisasi antara chat di WA Web dengan WhatsApp di smartphone. Dengan demikian, chat yang tampil di layar laptopmu bisa muncul sesuai realtime.

Berikut cara update WA Web:

  1. Ketuk opsi "Click for Update" di pojok kiri atas.
  2. Selesai. Chat kamu sudah tersinkron dengan aplikasi WA.

Sebagai informasi, panduan ini jarang digunakan karena biasanya WA Web akan tersinkronisasi secara otomatis. Akan tetapi, koneksi internet yang jelek dan bugs di laptop kadang-kadang bisa mengganggu jalannya proses sinkronisasi. Alhasil, kamu harus melakukannya secara manual.

Oh iya, pastikan kamu sudah login WhatsApp di web browser, ya. Jika belum, silakan baca panduannya di artikel Jaka berjudul "Cara Menggunakan WhatsApp Web" atau tekan banner di bawah ini.

Cara Menggunakan Whatsapp Web Di Pc Hp Chatting Makin Paktis 3e551
Cara Menggunakan WhatsApp Web Di Laptop & HP, Chatting Makin Mudah Anti Ribet!
Tak perlu bolak-balik buka HP untuk membalas pesan WhatsApp. Simak cara menggunakan WhatsApp Web dengan mudah di sini untuk chattingan lebih seru!
LIHAT ARTIKEL

Kalau Update WhatsApp Apakah Chat akan Hilang?

Tentu saja tidak. Update WhatsApp tidak akan membuat chat kamu hilang, kok. Jika kamu khawatir seluruh percakapanmu hilang, kamu bisa melakukan backup pada Google Drive ataupun iCloud.

Berikut panduan backup WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan Settings.
  3. Pilih menu Chat > Chat Backup.
  4. Tekan "Back Up Now".
  5. Selesai.

Kenapa Tidak Bisa Update WhatsApp?

Pernah mengalami tidak bisa update WhatsApp? Tentu saja hal ini sangat mengganggu. Apalagi, pembaruan aplikasi sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Jaka menemukan beberapa penyebab kenapa proses update WA tidak bisa berjalan optimal. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Koneksi Internet Buruk

Ada kemungkinan kamu mengunduh pembaruan WA di tempat yang jaringan internetnya buruk. Jaka sarankan kamu untuk pindah ke lokasi yang lebih tinggi dan stabil jaringannya.

2. Update Tidak Kompatibel dengan Perangkat

Dalam kasus langka, proses update WhatsApp bisa terhambat karena perangkat yang kamu punya terlalu jadul. Sebagai informasi, saat ini perangkatmu harus didukung minimal sistem operasi Android 4.1. Jika di bawah itu, otomatis WA takkan bisa berjalan.

3. Bugs di App Store

Bugs ternyata juga bisa mengganggu jalannya proses update, apalagi jika yang terserang adalah App Store. Selain melakukan restart, kamu juga harus rutin membersihkan cache pada perangkatmu.

Cara Menghapus Cache Pada Smartphone Android E4edc
3 Cara Menghapus Cache HP Android 2022, Balik Ngebut Dan Anti Lelet!
HP kamu lemot? Bisa jadi cache di HP yang bikin lemot. Berikut cara menghapus cache HP Android dengan mudah dan dijamin langsung lancar!
LIHAT ARTIKEL

4. Ruang Penyimpanan HP Penuh

Sudah cek internal storage perangkatmu? Jika kondisinya penuh, maka proses update takkan bisa berjalan, mengingat pembaruan aplikasi membutuhkan kapasitas memori yang cukup. Rutin-rutinlah mengosongkan ruang penyimpanan HP kamu, ya.

Cara Mengatasi Memori Hp Penuh 69f32
12+ Tips Dan Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Dijamin Ampuh!
Tidak bisa instal aplikasi karena memori HP penuh? Tenang geng, Jaka kasih cara mengatasi memori HP penuh secara tiba-tiba, cekidot!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah panduan cara update WA di laptop Windows/Mac dan HP Android/iOS. Mudah sekali, bukan?

Sekali lagi Jaka ingatkan kamu untuk rutin memperbarui aplikasi WhatsApp di perangkatmu. Dengan demikian, aplikasimu makin terlindungi dari bahaya peretasan dan scam.

Tak hanya itu, rutin memperbarui WA akan memudahkanmu mendapatkan fitur-fitur baru yang seru. Jadi tunggu apalagi, segera update sekarang!

Baca juga artikel seputar Aplikasi, Apps, Gaming atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal