J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop & HP | Chatting Makin Mudah!

Sabtu, 14 Nov 2020, 12:00 WIB
Bagaimana cara pakai WA Web di komputer/laptop? Ikuti langkahnya, seperti scan QR code WA sampai selesai di sini. Plus tips & trik chatting di WA Web

Cara menggunakan WhatsApp Web atau juga dikenal WA Web kini semakin populer dan banyak dicari orang-orang. Apalagi sekarang komunikasi jarak jauh pun sudah mulai beralih ke aplikasi chatting canggih seperti WhatsApp.

Makanya, nggak heran kalau WA Web atau WhatsApp Web sudah menjadi keseharian kita. Tapi, sudah tahukah kamu cara menggunakan WhatsApp Web dengan mudah, efektif, dan seru?

Buat kamu yang masih bingung cara menggunakan WhatsApp Web (WA Web), kali ini Jaka bakal ulas selengkapnya pada artikel di bawah ini. Yuk, simak secara penjelasannya, nih!

Apa Itu WA Web dan Apa Kelebihan Serta Kekurangannya?

Dalam artikel ini, Jaka nggak cuma akan kasih tahu kamu cara menggunakan WA Web, tapi juga akan menjelaskan secara rinci mengenai fitur ini serta kelebihan dan kekurangannya.

Mengenal WhatsApp Web Lebih Dekat

WA Web yang menjadi sebutan sederhana dari WhatsApp Web adalah sebuah fitur yang diberikan untuk memudahkan kamu dalam mengakses aplikasi chatting ini melalui perangkat PC atau laptop.

Tanpa perlu mengunduh aplikasinya, WA Web dapat langsung kamu gunakan dengan mengaksesnya pada software browser di laptop, misal pada Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Whatsapp Web 427df
Sumber foto: whatsapp.com (Layanan WhatsApp Web bisa kamu akses melalui laman web.whatsapp.com pada browser di laptop atau PC.)

Fungsi WhatsApp Web pun terbilang esensial layaknya aplikasi WhatsApp biasa, seperti berkirim pesan, file, gambar, audio, video, berbagi lokasi, dan hal-hal lainnya.\

Kelebihan & Kekurangan WA Web

Sebelum masuk ke poin pembahasan utama, Jaka mau kasih tahu kamu dulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari menggunakan Web WA atau WhatsApp Web.

Biarpun memiliki kesan praktis, namun WhatsApp Web juga memiliki beberapa keuntungan hingga kelemahan yang dapat kamu rasakan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan WA Web yang sudah pernah Jaka rasakan sendiri:

Kelebihan WhatsApp Web

  • Keuntungan untuk melakukan pengetikan menggunakan keyboard, terutama dalam meminimalisir typo saat mengirim pesan.
  • Tidak perlu memasang aplikasi, cukup dengan menggunakan browser seperti Google Chrome (walau disediakan opsi client WA Web tersendiri).
  • Berfungsi normal untuk mengirim dan menerima pesan teks, gambar, video, dokumen, dan kontak WhatsApp tersimpan.
  • Dapat digunakan untuk berkirim sticker WhatsApp dan animasi GIF.
  • Dapat melakukan logout jarak jauh melalui aplikasi WhatsApp utama.

Kekurangan WhatsApp Web

  • Ponsel utama yang terpasang WhatsApp harus selalu terhubung ke jaringan internet.
  • Hanya dapat digunakan pada satu perangkat saja selain HP utama yang terpasang akun WhatsApp pribadi.
  • Tidak dapat menggunakan beberapa fitur, seperti panggilan suara dan video, mengunggah status WhatsApp, dan mengirim lokasi.
  • Tidak dapat digunakan lebih dari satu browser sekaligus. Jika mencoba di browser lain, maka browser sebelumnya akan langsung ditutup.
  • Tidak dapat mengubah pengaturan download media, jadi semua foto dan video yang dikirim otomatis akan terunduh.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop, PC, dan HP (Android dan iOS)

Nah, kini saatnya kita masuk ke bahasan utama, yakni cara menggunakan WhatsApp Web (WA Web) dengan mudah. Pertama, ada cara membuka WhatsApp Web di laptop atau PC seperti pada umumnya untuk keperluan bekerja.

Ada pula ulasan cara membuka WhatsApp Web di HP yang bikin kamu bisa buka WA di 2 HP sekaligus, lho. Bagaimana caranya? Langsung simak saja pada pembahasan di bawah ini.

1. Cara Buka WA Web di Laptop

Seperti namanya, WhatsApp Web memang ditujukan buat kamu yang mau mengakses aplikasi WhatsApp langsung melalui perangkat PC ataupun laptop.

Begini cara pakai WA Web di laptop yang bisa kamu lakukan lewat beberapa langkah mudah sebagai berikut.

1. Buka Situs WhatsApp Web

Pertama buka situs WhatsApp Web dengan laman URL web.whatsapp.com pada laptopmu.

Cara Pakai Wa Web Laptop 01 93025

2. Perhatikan Pengaturan

Pada laman ini, kamu akan diperlihatkan langkah-langkah untuk mengaktifkan WA Web. Di sini kamu cukup perhatikan QR Code yang disediakan.

Kamu juga bisa aktifkan opsi Tetap masuk apabila kamu hendak menggunakan WA Web dan otomatis login kembali saat kamu membuka browser di lain waktu, geng.

Cara Pakai Wa Web Laptop 02 0cb62

3. Siapkan Aplikasi WhatsApp di HP

Beralih ke aplikasi WhatsApp yang ada di HP kamu. Di sini kamu tinggal ketuk ikon tiga titik di bagian kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.

Cara Pakai Wa Web Laptop 03 Dba99

4. Scan QR Code

Secara otomatis, WhatsApp akan memintamu melakukan scan pada QR Code yang ditampilkan pada layar laptop kamu.

Jika langkah ini berhasil, kamu akan dialihkan kembali ke tampilan utama WhatsApp. Kamu bisa melihat apakah WA Web sudah aktif atau belum dengan melihat notification bar seperti di bawah ini.

Cara Pakai Wa Web Laptop 04 19398

5. WA Web di Laptop Berhasil!

Tunggu beberapa saat hingga WA Web di laptop kamu berhasil ditampilkan seperti di bawah ini. Sekarang kamu bisa memulai chatting di sini, geng.

Cara Pakai Wa Web Laptop 05 0647c

6. Logout WA Web di Laptop

Sementara itu untuk cara logout WA Web di laptop, kamu cukup klik ikon tiga titik yang berada di sebelah profil dan pilih opsi Keluar.

Cara Pakai Wa Web Laptop 06 04d9b

Atau, kamu juga bisa logout melalui aplikasi WhatsApp di HP dengan klik ikon tiga titik > WhatsApp Web > Keluar dari semua perangkat.

Cara Pakai Wa Web Laptop 07 1e971

2. Cara Buka WhatsApp Web di HP Android & iPhone

Walaupun sejatinya WhatsApp Web ditujukan untuk penggunaan pada laptop atau PC, namun kamu juga bisa mengakalinya agar bisa digunakan di HP Android dan iPhone.

Bukan menggunakan dua akun WhatsApp pada HP yang sama, melainkan menggunakan satu akun WhatsApp pada dua perangkat berbeda. Bisa buat menyadap juga, nih!

1. Siapkan WA Web di HP Lain

Siapkan perangkat lain yang hendak kamu aktifkan WA Web-nya. Baik pada HP Android atau iPhone, kamu tinggal buka aplikasi Google Chrome. Lalu, kunjungi laman WhatsApp Web dengan URL web.whatsapp.com.

Pada awalnya, tampilan yang diberikan memang berbeda seperti pada metode laptop dan PC. Namun kamu bisa mengakalinya dengan cara ketuk ikon tiga titik > Dekstop site diaktifkan.

Cara Pakai Wa Web Android 01 3ed26

2. Scan QR Code

Setelah opsi Desktop site diaktifkan, maka laman WA Web pada HP kamu akan segera di-refresh. Tampilannya pun akan berubah seperti di bawah ini, di mana kamu cukup perhatikan QR Code dan opsi Tetap Masuk.

Lakukan scan QR dengan cara pergi ke ikon tiga titik > WhatsApp Web pada HP utama yang terpasang aplikasi WhatsApp.

Cara Pakai Wa Web Android 02 F24a8

3. WA Web di HP Android atau iOS Berhasil!

Beginilah tampilan WA Web yang bisa kamu akses melalui aplikasi _browser terutama pada Google Chrome.

Sssttt... Cara ini sebenarnya bisa kamu gunakan untuk menyadap WhatsApp pacar kamu dan bisa membaca semua chat yang dia kirim dan terima, lho!

Cara Pakai Wa Web Android 03 Ebcf5

4. Logout WA Web di HP

Kalau mau keluar WA Web di HP, kamu bisa dengan ketuk ikon tiga titik di sebelah profil dan pilih opsi Log out.

Cara Pakai Wa Web Android 04 4750b

Pada HP kamu yang terpasang aplikasi WhatsApp, kamu juga pilih ikon tiga titik > WhatsApp Web > Keluar dari semua perangkat.

Cara Pakai Wa Web Android 05 271c7

Cara Menggunakan WhatsApp Web Untuk Sadap WA

Gak cuma bikin chatting-an kamu makin praktis, ternyata WhatsApp Web juga bisa kamu manfaatkan untuk menyadap WA orang lain, lho!

Cara sadap WhatsApp orang lain juga terbilang mudah karena hanya butuh modal HP kamu sendiri dan nyali untuk minjem WhatsApp orang yang ingin kamu sadap.

Gimana sih langkah-langkahnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Buka Browser di HP

Buka aplikasi browser di HP, lalu klik opsi di sebelah kanan dan beri centang pada Desktop Site.

Kemudian, buka situs web.whatsapp.com. Pastikan Desktop Site menyala. Kalau nggak bisa, coba hapus history dan cache di browser kamu terlebih dahulu.

Halaman utama WhatsApp Web bakal terbuka di HP kamu lengkap dengan QR Code.

2 545a7

2. Pinjam HP yang Ingin Disadap

Pinjam HP orang lain yang ingin kamu sadap, lalu buka aplikasi WhatsApp pada HP tersebut.

Klik pada tombol Menu di kanan atas, kemudian pilih opsi WhatsApp Web. Scan QR Code yang ada di HP kamu dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di HP pacarmu.

3 E0cde

3. Selesai

Selesai! Sekarang kamu bisa memantau semua chat yang masuk ke WhatsApp pacarmu atau orang lain dengan menggunakan HP-mu sendiri tanpa aplikasi tambahan apa pun.

4 129f5

Download Aplikasi WhatsApp Web Client untuk Laptop Terbaru 2020

Download Wa Web Pc 4a129
Sumber foto: whatsapp.com (Dibanding harus repot membuka web.whatsapp.com, kamu bisa download WhatsApp Web client di sini!)

Buat kamu yang merasa ribet membuka browser setiap kali chat WhatsApp di PC, kamu juga bisa download WhatsApp Web terbaru versi desktop client untuk Windows dan MacOS, lho.

Di sini kamu cukup download aplikasi WhatsApp Web PC yang bisa kamu dapatkan melalui tautan berikut:

Whatsapp Web Icon
WhatsApp Web 0.4.315
Apps Productivity WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

Kemudian kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya yang sama seperti yang Jaka ulas pada poin cara pakai WA Web di laptop atau PC nih! Mudah banget, kan?

Tips & Trik WhatsApp Web yang Wajib Kamu Ketahui

Biar pengalaman menggunakan WA Web mu makin seru, Jaka bakal bagikan 3 tips penting yang wajib kamu ketahui. Check it out!

1. Shortcut WA Web

1 6b0ad

Menggunakan WA Web memang sudah praktis, tapi ternyata ada lho cara supaya kamu dapat menggunakan fitur-fitur Web WhatsApp dengan lebih cepat. Jawabannya adalah Shortcut, geng.

Untuk menggunakan shortcut ini, kamu tinggal menekan beberapa tombol sekaligus. Mulai dari bikin chat baru, mengarsipkan chat, dan masih banyak lagi.

Namun kamu perlu perhatikan bahwa trik ini hanya bekerja jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp Web dan bukan menggunakan browser untuk mengaksesnya.

Berikut adalah shortcut WhatsApp Web:

  • Ctrl + N: Membuka obrolan baru

  • Ctrl + Shift + [: Membuka obrolan sebelumnya

  • Ctrl + Shift + ]: Membuka obrolan selanjutnya

  • Ctrl + E: Mengarsipkan obrolan

  • Ctrl + Shift + M: Membisukan (mute) obrolan

  • Ctrl + Backspace: Menghapus obrolan

  • Ctrl + Shift + U: Menandakan pesan belum terbaca

  • Ctrl + Shift + N: Membuat grup baru

  • Ctrl + P: Membuka Status atau Profil

  • Ctrl + Shift + '+': Membesarkan tampilan

  • Ctrl + Shift + '-': Mengecilkan tampilan

2. Menggunakan 2 Akun WhatsApp Sekaligus

2 5f3fb

Kalau kamu punya lebih dari 1 nomor WhatsApp, kamu juga bisa lho login di WhatsApp Web dengan akun-akun tersebut sekaligus. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke WhatsApp Web dengan menggunakan scan QR.

  2. Pada browser yang kamu gunakan, tekan shortcut 'Ctrl + Shift + N' (Chrome) atau 'Ctrl + Shift + P' (Firefox) untuk membuka layar Incognito.

  3. Login ke WhatsApp Web lagi dengan menggunakan akun WhatsApp-mu yang lain.

  4. Kamu juga bisa menggunakan 2 browser berbeda untuk mengakses 2 akun WhatsApp-mu sekaligus.

3. Menggunakan Emoji di WhatsApp Web

3 1a451

Chatting rasanya kurang seru tanpa menggunakan emoji. WhatsApp Web juga menyediakan fitur emoji, namun mencari emoji yang kamu inginkan agaklah sulit.

Nah, ternyata ada cara yang lebih mudah untuk mencari emoji di WhatsApp Web. Sama seperti di trik pertama, kamu juga bisa menggunakan shortcut, lho.

Caranya adalah menggunakan kombinasi tombol ':' dengan 2 huruf pertama dari emoji yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin mencari emoji tersenyum, maka ketikkan ':sm' (smile). Mudah, kan?

Akhir Kata

Nah, itulah tadi cara menggunakan WhatsApp Web alias WA Web yang bisa kamu gunakan baik di PC, laptop, maupun perangkat smartphone Android dan iOS. Mudah, kan?

Sekarang kamu bisa melakukan chatting WhatsApp langsung di laptop, tanpa perlu bolak-balik membuka HP, deh!

Silakan juga bagikan dan berikan komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik, dan berita seputar teknologi di JalanTikus.com, geng.

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengirim Aplikasi Lewat Wa 5d4f9

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

Whatsapp Mod Apk D48d5

13 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik 2020, Anti Banned!

Banner 1d624

Cara Membuat Status WhatsApp Selalu Online, Eksis 24 Jam!

Cara Untuk Menyembunyikan Status Online Yang Ada Di Whatsapp 1 1280x720 A9188

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Merekam Video Call Whatsapp 3918f

Cara Merekam Video Call WhatsApp dengan Mudah | 100% Works!

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Whatsapp Di Hp Gampang Banget 35e94

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP, Gampang Banget!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Download WhatsApp di Laptop/PC + Cara Install-nya, Mudah!

Cara Download WhatsApp di Laptop/PC + Cara Install-nya, Mudah!

Cara Menghilangkan Notifikasi WA Web dari HP Android, Gampang!

Cara Menghilangkan Notifikasi WA Web dari HP Android, Gampang!

Cara Mengetahui Siapa yang Sering Dihubungi Pacar di WA, Selingkuhan?

Cara Mengetahui Siapa yang Sering Dihubungi Pacar di WA, Selingkuhan?

Cara Melihat Barcode WhatsApp di Android & iPhone Paling Mudah

Cara Melihat Barcode WhatsApp di Android & iPhone Paling Mudah

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal