Cara Membuat Polling WhatsApp 2022, Fitur Baru untuk Voting Tanpa Aplikasi Tambahan

Default

Polling WhatsApp adalah fitur terbaru WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk melakukan voting atau jajak pendapat secara langsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tentunya, fitur terbaru WhatsApp ini bisa sangat mempermudah kita yang harus berdiskusi dengan teman-teman untuk mengambil keputusan. Nggak perlu lagi capek-capek berdiskusi panjang lebar tanpa hasil.

Kamu bisa memanfaatkan polling di WhatsApp ini untuk menentukan menu makan siang hari ini, destinasi liburan bulan depan, atau sekadar memutuskan sesuatu yang ringan. Hasilnya tentu saja adalah opsi yang paling banyak dipilih!

Buat yang sudah penasaran bagaimana cara membuat polling di WhatsApp, bisa simak tutorialnya di artikel berikut ini, ya.

Apa Itu Polling WhatsApp?

Fitur Whatsapp Polls
Sumber foto: JalanTikus - update terbaru WhatsApp membuat pengguna bisa bikin survey tanpa tambahan aplikasi lain

WhatsApp polling adalah fitur terbaru yang digulirkan Meta untuk aplikasi chatting terbesar ini. Para pengguna yang sudah update ke WhatsApp beta Android versi 2.22.23.12 sudah bisa mendapatkannya.

Pembaruan ini bisa didapatkan sama semua pengguna Android maupun iOS, baik WA biasa maupun WhatsApp Business di Indonesia sejak awal November 2022 kemarin. Sebenarnya, fitur ini sudah sempat terendus oleh situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur-fitur WA terbaru.

Namun sepertinya fitur ini belum didapatkan oleh semua pengguna WA. Masih ada netizen yang mengeluhkan belum bisa membuat voting di WhatsApp, makanya banyak yang masih bertanya-tanya apakah bisa membuat poling di WhatsApp atau tidak.

Tak cuma fitur poling WhatsApp untuk pemungutan suara saja, tapi Meta juga sekalian memberikan fitur baru seperti dukungan panggilan video hingga 32 orang dan kapasitas anggota grup WA yang ditingkatkan jadi bisa menampung hingga 1.024 pengguna.

Semua fitur tersebut sengaja dirilis untuk menunjang hadirnya fitur Komunitas yang bakal diluncurkan Meta dalam beberapa waktu ke depan.

Fitur Komunitas ini nantinya bisa menghubungkan beberapa grup WhatsApp dengan minat atau topik yang berkaitan dalam satu grup besar. Menarik, kan?

Fitur Polling WhatsApp

Hasil Voting Poling Whatsapp
Sumber foto: JalanTikus - cara membuat polling grup WhatsApp

Fitur poling sederhananya adalah cara untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban secara real time dalam sebuah percakapan grup maupun private chat dengan kontak di WA kamu. Mirip sama aplikasi Telegram, ya?

Khusus untuk grup, semua anggota yang sudah melakukan pembaruan versi WA sudah bisa membuat poling, tidak terbatas hanya untuk admin grup saja.

Kamu bisa mengajukan pertanyaan apa pun di fitur polling WhatsApp terbaru ini. Nantinya, kamu bisa menambahkan hingga 12 opsi jawaban untuk pertanyaan tersebut yang bisa dipilih anggota grup. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan itu sendiri.

Lantas, apa yang harus dilakukan dengan polling WhatsApp? Anggota grup atau orang yang dikirimkan poling tersebut bisa memilih lebih dari satu opsi untuk menjawab pertanyaan.

Kamu hanya perlu pilihan yang diinginkan saja dan voting kamu bakal terdata. Kamu juga bisa mengganti jawabannya, kok.

Hasil jajak pendapat, seperti jumlah vote dari tiap jawaban dan siapa saja yang memilih opsi tersebut, bakal diperbarui secara real time setiap kali ada suara baru. Hasil voting pun bisa dilihat sama semua anggota grup, nggak cuma pembuat polling saja.

Buat yang menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP, tenang aja. Karena kamu juga bisa melakukannya dari kedua akun WA, loh.

Sayangnya, pilihan polling WhatsApp ini baru bisa kamu buat di WhatsApp mobile alias Android atau iOS saja, ya. Hasil percobaan Jaka, fitur ini belum bisa dibuat melalui WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop ya, geng. Tapi kamu tetap bisa memberi vote dari kedua versi tersebut, kok.

Cara Membuat Polling di WhatsApp

Sudah tahu apa fungsi dan fitur terbaru WhatsApp ini, kan? Sekarang, Jaka bakal ajarin bagaimana cara membuat polling di WhatsApp yang gampang banget. Simak tutorial berikut ini:

  1. Buka ruang obrolan, grup atau private chat.
  2. Klik ikon Lampiran atau Attachment di pojok kanan bawah.
Bikin Polling Whatsapp 1
Sumber foto: JalanTikus
  1. Klik ikon Poll di paling bawah.
Bikin Polling Whatsapp 2
Sumber foto: JalanTikus
  1. Masukkan pertanyaan yang ingin kamu ajukan dan opsi jawabannya di bagian bawah. Kolom opsi akan otomastis bertambah sampai maksimal 12 pilihan.
Bikin Polling Whatsapp 3
Sumber foto: JalanTikus
  1. Untuk mengganti urutan opsi, tap dan tahan ikon garis tiga di samping kanan tiap opsi, lalu geser ke atas atau bawah.
  2. Jika sudah selesai, klik ikon Send di kanan bawah.
Bikin Polling Whatsapp 4
Sumber foto: JalanTikus
  1. Kamu bisa melihat hasil keseluruhan dan siapa saja yang memberikan voting dengan klik View Votes di bagian bawah. Hasil ini bisa dilihat oleh siapa pun yang mengisi poling, nggak hanya kamu saja.
Bikin Polling Whatsapp 5
Sumber foto: JalanTikus

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang polling WhatsApp, fitur terbaru dari WA yang berguna banget untuk mempermudah proses pengambilan keputusan atau sekadar diskusi tentang hal-hal remeh sama teman-teman.

Sekarang, kamu tak perlu lagi bikin jajak pendapat pakai aplikasi WhatsApp voting tambahan atau aplikasi survey yang tentunya agak repot ya, geng. Selamat mencoba!

Kalau mau tahu tips dan trik fitur terbaru WhatsApp terbaru 2022 yang lain, Jaka sudah rangkum semuanya di artikel berikut ini, loh. Penasaran? Cobain semuanya, deh!

Trik Dan Fitur Whatsapp Bee06
50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2022, Jarang Diketahui!
Banyak fitur WhatsApp yang sangat jarang diketahui! biar makin kekinian, simak tips & trik fitur WhatsApp terbaru yang wajib kamu coba berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui
100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui
Status Wa Keren 2f310
100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2022 (Paling Update!)
Cats3 10c9c
13 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!
120 Bio Whatsapp Singkat Keren Aesthetic 2022 Ac5cc
120 Bio WhatsApp Terlengkap 2022, Ada yang Singkat, Keren, Aesthetic
Tips Whatsapp Banner
14 Tips WhatsApp Ini (Mungkin) Belum Kamu Ketahui Hingga Saat Ini
Wa Mod Apk Fab79
24 WhatsApp MOD APK Terbaik 2022, Banyak Fitur Menarik & Anti Banned!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal