J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online | Perhatikan Hal Ini Juga!

Minggu, 8 Nov 2020, 19:30 WIB
Cara menghapus data dari pinjaman online, apakah mudah atau ribet? Ketahui dulu hal berikut ini sebelum kabur dari pinjaman online!

Di artikel ini, Jaka bakal jelaskan cara menghapus data dari pinjaman online. Sudah kapok menggunakan jasa kredit online atau aplikasi pinjam uang online?

Aplikasi pinjaman atau kredit online memang cukup menggiurkan bagi sebagian orang lantaran tawaran menarik yang diberikannya.

Namun, bukan berarti aplikasi ini sepenuhnya aman dalam menjaga privasi data pengguna. Sehingga banyak para mantan pengguna aplikasi kredit online mulai cari cara mengamankan data kontaknya yang telah terdaftar.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara menghapus data dari pinjaman online dan cara agar aplikasi tersebut tidak mengakses kontak kamu.

Cara Menghapus Data dari Aplikasi Pinjaman Online dengan Mudah

Menggunakan aplikasi pinjaman online mungkin bisa berguna ketika kamu membutuhkan dana tambahan di samping adanya pemasukan utama.

Namun, bisa menjadi berbahaya ketika kamu nggak bisa melunasi atau mengangsur tanggungan pinjaman dana yang kamu dapatkan. Walaupun yang kamu pakai adalah aplikasi pinjam uang berbasis syariah, ya.

Pasalnya, nggak cuma pihak aplikasi kredit online ini akan menggunakan data pribadimu, tetapi juga mengakses pada kontak yang kamu miliki di dalamnya, geng.

Bahaya Aplikasi Pinjaman Online

Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online 86b9d

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan peminjaman online pada aplikasi fintech. Agar nantinya kamu nggak sampai terlilit hutang di pinjaman online yang ilegal.

Ada beberapa risiko dan bahaya yang harus kamu ketahui ketika mengajukan peminjaman di aplikasi ini. Ketahui juga mengenai apa itu fintech sebelum ajukan pinjaman uang via internet.

Salah satu bahayanya adalah penyalahgunaan data pribadi. Biasanya setelah calon nasabah akhirnya mendaftar untuk mengajukan pinjaman online.

Maka aplikasi tersebut akan meminta izin untuk bisa mengakses data pribadi dari calon peminjam. Sayangnya, beberapa fintech ilegal seringkali melakukan penyalahgunaan data.

Pasalnya, mereka kerap kali menggunakan data pribadi calon nasabah tersebut untuk menjadikan ancaman ketika kredit dari nasabah mengalami masalah atau kemacetan.

Namun, jika fintech tersebut termasuk legal dan berada di bawah OJK (Otoritas Jasa Keuangan), data pribadi digunakan untuk melakukan analisis kelayakan kredit yang akan diajukan.

Selain itu, risiko menggunakan kredit online ini juga meliputi bunga yang sangat tinggi dan nggak wajar sehingga nazabahnya selalu terlilit utang.

Jadi sebelum melakukan pengajuan kredit, sebaiknya pertimbangkan dengan baik mengenai kebutuhan dan kemampuan kamu.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghapus Data Pinjaman Online

Cara Hapus Data Kontak Di Pinjol 7ccbc

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan penghapusan data. Salah satunya adalah memastikan kesepakatan utang antara kamu dan aplikasi tersebut.

Nggak sedikit nasabah yang harus melakukan pembayaran secara terus-menerus hingga nggak ada habisnya. Dari yang awalnya misalnya hanya Rp500.000,-, jumlah tagihan bisa jadi jutaan!

Ditambah juga ada risiko ancaman akan menghubungi orang orang terdekat, teman-teman kantor dan keluarga yang datanya diperoleh dari HP kamu, sehingga mereka pun juga akan ikut terganggu.

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Cara Agar Pinjaman Online Tidak Mengakses Kontak F0736

Apabila kamu sudah nggak tahan lagi dengan berbagai notifikasi yang dimunculkan oleh aplikasi kredit atau pinjam online. Maka kamu perlu mencoba untuk cara hapus data dari pinjaman online.

Apabila kamu sudah berkomitmen untuk meninggalkan layanan ini atau mungkin sudah kapok dengan urusan pinjam-meminjam uang. Maka simak langkah dan caranya berikut ini, geng.

Berikut ini cara menghapus data dari pinjaman online:

  • Jika pinjaman sudah lunas, hubungi call center aplikasi kredit online terkait dan ajukan permohonan penghapusan data pribadimu.
  • Hapus aplikasi kredit online yang sudah terpasang di smartphone.
  • Ganti SIM card.
  • Hapus akun media sosial WA, IG, LINE hingga Facebook.
  • Ganti dengan akun bernomor baru.
  • Jika gangguan masih berlanjut, laporkan ke OJK.

Cara Mengamankan Data Kontak dari Pinjaman Online

Cara Menghapus Sadap Dari Pinjol C906d

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk cara mengamankan data kontak dari pinjaman online agar nggak terekam oleh aplikasi ini juga agar pihak aplikasi terkait nggak menghubungi nomor kontak di smartphone kamu.

Berikut ini adalah sejumlah cara dan langkah untuk mengamankan data kontak milikmu dari sadapan pinjaman online, geng. Dari meminjam uang di aplikasi, lebih baik atur keuangan pakai aplikasi pengatur keuangan.

  • Settings/Pengaturan > Aplikasi > cari aplikasi pinjaman online terkait > izin> non-aktifkan semua
  • Ganti nomor SIM card.
  • Ganti nomor WhatsApp.
  • Selalu matikan GPS.
  • Aplikasi media sosial yang berada dalam koneksi jangan dikaitkan dengan nomor yang baru.

Jalur Perlindungan Hukum Dari Pinjaman Online.

Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online 3f3d2

Sebagai informasi, belakangan ini Kementerian Komunikasi dan Informatika menyoroti penyalahgunaan data kontak pribadi nasabah oleh sejumlah aplikasi pinjam online.

Aplikasi yang diketahui melakukan penyalahgunaan data akan dikenakan sanksi perdata maupun pidana yang cukup berat melalui RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Sehingga dengan adanya jaminan perlindungan konsumen pengguna pinjam online ini semoga membantu kamu terhindar dari adanya praktik penyalahgunaan data pribadi, geng.

Akhir Kata

Nah, Itulah tadi sejumlah cara menghapus data dari pinjaman online yang bisa untuk kamu coba, geng.

Pastikan kamu sudah menyelesaikan semua tanggungan pinjaman online sebelum menghapusnya ya! Selain pastikan juga situs dan aplikasi pinjam online tersebut aman sebelum kamu mau coba-coba menggunakan.

Usahakan meski memiliki berbagai tawaran menarik ataupun kemudahan yang diberikan jangan sampai terlilit utang pinjaman online apabila kamu nggak bisa melunasinya, ya!

Baca juga artikel seputar Fintech menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pinjaman Online Cepat Cair 45a7a
10 Pinjaman Online Terpercaya | Dijamin Aman & Langsung Cair!
Gopay Ovo 9b58e
GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?
Daftar Fintech Yang Terdaftar Di BI 9ccac
Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019
Fintech Ilegal Banner 2920d
Tidak Punya Izin dari OJK, Inilah Daftar 231 Fintech Ilegal di Indonesia!
Ciri Penyedia Pinjaman Online 1489c
Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya
Bi Checking 33cde
Cara Melihat BI Checking Agar Pengajuan Pinjaman Online Diloloskan
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terbaru 2020, Terdaftar OJK!
10 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terbaru 2020, Terdaftar OJK!
Cara Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen | Mudah Banget!
Cara Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen | Mudah Banget!
7 Aplikasi dan Situs Pinjaman Online Untuk Mahasiswa | Aman Tanpa Jaminan!
7 Aplikasi dan Situs Pinjaman Online Untuk Mahasiswa | Aman Tanpa Jaminan!
Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!
Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal