J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lengkap! Ini Cara Menggunakan Wireshark Biar Bisa Bobol WiFi Tetangga!

Lengkap! Ini Cara Menggunakan Wireshark Biar Bisa Bobol WiFi Tetangga!

Kamis, 17 Sep 2020, 15:00 WIB
Cara menggunakan Wireshark untuk monitoring jaringan sebenarnya cukup mudah. Supaya nggak bingung, berikut adalah tutorial Wireshark yang bisa kamu ikuti.

Kalau jaringan WiFi di rumahmu tiba-tiba lemot, sedangkan smartphone-mu sedang kehabisan kuota internet, apa yang akan kamu lakukan, geng? Apakah kamu jadi ingin membobol WiFi tetangga supaya bisa mendapatkan koneksi internet?

Nah, bagaimana kalau yang terjadi sebaliknya? Kamu ingin mengetahui siapa saja yang berada di jaringan yang sama denganmu serta data-data yang keluar masuk melalui jaringan tersebut, sehingga kamu bisa melihat informasi-informasi penting yang dibagikan. Tapi, apakah hal ini bisa dilakukan?

Tenang saja, geng, kamu bisa menggunakan bantuan software bernama Wireshark untuk memonitor jaringan yang kamu gunakan. Simak terus penjelasan Jaka supaya kamu tahu cara menggunakan Wireshark.

Cara Menggunakan Wireshark untuk Monitoring Jaringan dan Bobol WiFi

Wireshark adalah perangkat lunak (software) yang spesifik untuk melakukan analisis paket data pada jaringan secara real time dan menampilkan hasilnya dalam format yang mudah dipahami oleh pengguna.

Wireshark dapat melakukan paket filtering, paket color coding, sniffing, dan fitur-fitur lain yang memungkinkan penggunanya untuk melihat detail traffic jaringan dan inspeksi paket data secara individu.

Beberapa contoh masalah yang mungkin memerlukan software Wireshark adalah troubleshoot persoalan jaringan, menguji keamanan jaringan, debugging implementasi protokol, serta untuk belajar protokol jaringan.

Meskipun bisa digunakan untuk mengambil informasi-informasi sensitif pada jaringan, seperti password, cookie, dan lainnya, namun Jaka sarankan agar kamu tetap bijaksana dalam menggunakan software ini, ya, geng.

Cara Download dan Install Wireshark

Agar kamu bisa memanfaaatkan fitur-fitur canggih dari Wireshark, tentu kamu harus memiliki software-nya terlebih dahulu di PC atau laptopmu. Untungnya, Wireshark sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Unix, dan Mac.

Nah, kalau kamu sudah ingin tahu tentang cara mengetahui password WiFi orang lain dengan Wireshark, langsung saja ikuti cara unduh dan instalasi software Wireshark lewat langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 - Download dan Install Wireshark

  • Buka situs https://www.wireshark.org/download.html yang bisa kamu akses melalui aplikasi browser favoritmu.

  • Klik pada sistem operasi yang sesuai dengan PC atau laptop yang kamu gunakan, lalu tunggu hingga proses download selesai,

Cara Menggunakan Wireshark 88092
  • Buka file Wireshark yang telah di-download, lalu ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Langkah 2 - Buka Software Wireshark

  • Klik dua kali pada ikon Wireshark di Desktop hingga muncul Splash Screen yang sedang melakukan proses loading pada komponen-komponen yang digunakan. Berikut adalah halaman awal Wireshark sebelum dilakukan proses Capture.
Cara Menggunakan Wireshark Untuk Hack Wifi 38a62
Sumber foto: coretan87
  • Nah, kamu juga bisa mengatur beberapa hal untuk memastikan bahwa software Wireshark melakukan proses Capture dalam mode yang tepat seperti gambar di bawah ini.
Cara Menggunakan Wireshark Untuk Monitoring Jaringan 78e3b
Sumber foto: Hack Me

Cara Menjalankan Wireshark

Setelah kamu berhasil download dan install Wireshark, sekarang Jaka akan memberitahu kamu cara menggunakan Wireshark. Sebenarnya, tutorial Wireshark sudah sangat banyak di internet, sehingga kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar software yang dulunya bernama Ethereal ini bisa bebas mencarinya di search engine.

Wireshark yang merupakan sebuah network protocol analyzer bisa digunakan oleh para hacker untuk menganalisis data dan proses dalam sebuah jaringan WiFi. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara menggunakan Wireshark bobol WiFi. Nah, apakah kamu salah satunya?

Tapi, agar jaringan yang kita dan orang lain gunakan sama-sama aman, Jaka hanya akan mengajarkan cara menggunakan Wireshark untuk monitoring jaringan, ya, geng. Jika digunakan pada PC atau laptop yang terhubung pada jaringan yang sama, kamu bisa mengetahui lalu lintas data yang masuk dan keluar dari target, lho.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak langkah-langkah berikut agar kamu mengetahui cara menggunakan Wireshark untuk melakukan proses Sniffing terhadap paket data.

Langkah 1 - Buka Software Wireshark

  • Buka software Wireshark yang sebelumnya telah kamu lakukan proses instalasi.

  • Klik bar Capture, lalu pilih menu Interface seperti pada gambar berikut.

Cara Menggunakan Wireshark 32d34
Sumber foto: GitBook
  • Setelah menu Interface diklik, maka akan muncul kotak dialog yang diperoleh dari daftar interface jaringan yang dimiliki. Kolom paket akan bernilai suatu bilangan tertentu, sehingga hal tersebut menunjukkan adanya paket data yang masuk.
Cara Menggunakan Wireshark Untuk Hack Wifi A52de
Sumber foto: GitBook
  • Pilih interface yang mempunyai paket jaringan yang masuk atau aktif. Selain itu, kamu juga bisa melakukan konfigurasi dengan klik tombol Options pada kotak dialog Capture Interfaces dan akan muncul kotak dialog sebagai berikut.
Cara Menggunakan Wireshark Untuk Monitoring Jaringan F7e4e
Sumber foto: GitBook
  • Pastikan bagian Capture packets in promiscuous mode pada menu Capture Options tersebut sudah tercentang. Kamu juga bisa menentukan file dan lokasinya dengan klik tombol Browse pada bagian Capture Files.

  • Langkah selanjutnya kamu tinggal klik tombol Start.

Langkah 2 - Proses Sniffing Wireshark

  • Langkah selanjutnya pada cara menggunakan Wireshark adalah software ini akan melakukan proses Sniffing sesuai dengan konfigurasi yang telah kamu lakukan.

  • Proses pengambilan paket data ini akan berlangsung secara real time. Semakin lama melakukan proses Sniffing, maka semakin besar file yang akan dihasilkan.

Cara Sniffing Menggunakan Wireshark 73839
Sumber foto: GitBook
  • Kalau kamu ingin menghentikan proses Sniffing, klik ikon adapter jaringan berwarna merah yang terletak di bawah tab View atau ikon nomor empat dari kiri.
Aguskurniawan Blog E44ed
Sumber foto: GitBook
  • Untuk menyimpan paket data yang sudah di-capture secara real time, klik menu File, lalu pilih Save As.

  • Kemudian, tulis nama file, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan file hasil Capture. File ini seharusnya berekstensi .pcap, ya geng.

Akhir Kata

Nah, itu dia cara menggunakan Wireshark untuk monitoring jaringan. Dengan begini, kamu jadi bisa mengetahui banyak kuota, digunakan untuk apa saja, serta siapa saja pengguna data internet tersebut sebagai hasil dari proses Sniffing yang dilakukan oleh software ini.

Wireshark sendiri bisa digunakan untuk banyak kegunaan, sehingga nggak ada salahnya bagi kamu untuk mempelajari berbagai tutorial Wireshark lainnya, geng.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Vpn Pc Banner 9cd26

10 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2020 | Internetan Sepuasnya!

Untitled 3 81e34

6 Cara Menggunakan VPN Terlengkap 2020 | Android, iPhone, PC

Browser Opera Hemat Baterai

Inilah Browser yang Bisa Menghemat Baterai Laptop Kamu Hingga 50%

Hacking Tools

10 Aplikasi Hacker PC di Windows yang Paling Canggih Saat ini!

Hack Wifi

100% Work! Inilah Cara Hack WiFi Paling Ampuh Hingga Saat Ini

Screen Recorder Pc 74bc5

10 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik 2020, Gratis!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Cara Setting 4G Only di Semua Merek HP, Internetan Auto Ngebut!

5 Cara Setting 4G Only di Semua Merek HP, Internetan Auto Ngebut!

Download Aplikasi NetCut Terbaru 2020 | Mudah Putus Koneksi Internet!

Download Aplikasi NetCut Terbaru 2020 | Mudah Putus Koneksi Internet!

3 Cara Mengenkripsi File di Memori Eksternal, Dijamin Aman!

3 Cara Mengenkripsi File di Memori Eksternal, Dijamin Aman!

Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android & PC, Anti Lemot!

Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android & PC, Anti Lemot!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal