J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Data Rahasia yang Sering Dicuri Hacker, Ganti Password Kamu Sekarang!

5 Data Rahasia yang Sering Dicuri Hacker, Ganti Password Kamu Sekarang!

Sabtu, 28 Sep 2019, 21:00 WIB
Di era yang semakin modern seperti sekarang, modus kejahatan siber juga sudah semakin canggih. Berikut adalah 5 informasi yang sering menjadi incaran para hacker

Di era modern seperti sekarang, teknologi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Segala informasi bisa kita dapatkan melalui internet.

Nggak cuma mencar informasi, terkadang kita juga mengirimkan data-data pribadi kita ke internet. Entah untuk keperluan pekerjaan, media sosial, atau sekedar belanja.

Nggak cuma teknologi saja yang berkembang mengikuti zaman. Modus-modus kejahatan di era modern ini juga semakin mengerikan, geng.

Informasi Penting yang Sering Jadi Incaran Hacker

Sadar atau nggak, ketika kita menggunakan layanan berbasis internet, kamu juga telah memasukkan informasi-informasi pribadmu ke internet.

Layanan berbasis internet sudah menjamin bahwa data pribadimu akan aman. Meskipun begitu, kasus pencurian data atau kebocoran data ada kalanya terjadi.

Nggak ada data yang aman di internet. Kamu sewaktu-waktu bisa menjadi korban pencurian data oleh para hacker canggih.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai data atau informasi penting yang seringkali menjadi incaran hacker. Check it out!

1. Nomor Akun Finansial

1 Jpg 68d0c

Pencurian nomor akun finansial adalah hal yang paling umum terjadi dalam cyber crime. Apa lagi, saat ini hampir semua orang bertransaksi secara cashless.

Nggak heran, sih. Pasalnya, mencuri informasi-informasi keuangan seseorang memang sangat menguntungkan bagi sang pelaku.

Di satu sisi, mereka bisa langsung menggunakan nomor tersebut untuk membeli apapun tanpa membayar. Di sisi lain, hacker dapat menjual data tersebut ke Dark Web.

Kamu patut curiga kalau kamu nggak merasa berbelanja namun tiba-tiba di akhir bulan kamu mendapatkan tagihan dengan jumlah fantastis.

Itu artinya, hacker telah berhasil mencuri nomor kartu kreditmu untuk berbelanja hingga limit kamu habis. Ujung-ujungnya, cuma tagihan saja yang balik ke kamu, geng.

2. Nomor PIN

2 E36eb

Masih berkaitan dengan nomor akun finansial, informasi penting lainnya yang sering diincar oleh para hacker adalah nomor PIN.

Nomor PIN tersebut dapat digunakan oleh hacker yang telah mencuri data keuangan pribadimu. Hacker kemudian akan membuat kartu palsu untuk melakukan transaksi.

Sedih dan kesal sekali rasanya kalau uang tabungan dan gaji yang sudah kita perjuangkan harus raib karena ulah hacker yang cerdik.

Ketika hacker telah berhasil mencuri data keuanganmu, artinya hacker sudah memiliki akses ke rekeningmu. Hacker tersebut hanya tinggal mencari PIN-mu saja.

Meskipun terlihat mudah, namun mencari nomor PIN seseorang cukup sulit. Apa lagi, percobaan salah sebanyak 3 kali bakal membuat akun tersebut diblokir oleh bank.

Salah satu cara untuk mencari PIN paling mudah adalah menebak berdasarkan tanggal ulang tahun atau tanggal-tanggal penting lainnya milik korban.

3. Nomor Identitas

3 4b9c9

Nomor Identitas di Indonesia dikenal dengan nama Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang dapat kamu temukan pada bagian atas KTP atau di Kartu Keluarga.

Meskipun bentuknya simpel, namun KTP memiliki fungsi yang penting banget, lho, geng. Dengan KTP, kamu bisa membuka rekening bank, membayar pajak, melakukan pinjaman, dan masih banyak lagi.

Biasanya, nomor identitas seseorang yang dicuri akan dimanfaatkan oleh para hacker untuk mencari alamat tempat tinggal kamu atau data diri kamu secara lengkap.

Apalagi, saat ini banyak banget aplikasi yang mengharuskan kamu untuk melakukan verifikasi dengan berfoto sambil memegang KTP. Bahaya banget, geng.

Data-data tersebut memiliki harga yang cukup tinggi, lho. Di Dark Web, data pribadi seseorang dihargai sekitar Rp185 ribu. Bayangkan kalau ada ribuan data yang dijual sekaligus.

4. Tempat dan Tanggal Lahir

4 Jpg 05bc7

Masih berkaitan dengan poin-poin di atas, tempat dan tanggal lahir kamu memiliki fungsi sakral yang mungkin nggak kamu sadari.

Hampir semua pengguna ATM menggunakan tanggal lahir mereka sebagai PIN. Kalau kamu juga melakukan ini, berarti kamu berada di dalam bahaya, geng.

Nggak cuma untuk mencuri uang di rekening, geng. Para hacker juga bisa menebak password yang kamu gunakan untuk akun-akun penting lainnya.

Bisa saja informasi-informasi pribadimu yang kamu sembunyikan, seperti foto, dokumen, dan lain-lain, bocor ke internet. Waduh.., ngeri ya, geng.

5. Dokumen Pribadi

5 09c72

Sedikit berbeda dari poin-poin sebelumnya, hacker juga nggak segan-segan mencuri dokumen-dokumen pribadimu untuk kepentingan mereka.

Dokumen pribadi bisa berupa rahasia dagang, foto, video, dokumen perusahaan, dan masih banyak lagi. Di zaman internet seperti sekarang, pemerasan melalui hal ini sering banget terjadi.

Pasalnya, dokumen pribadi kamu tersebut akan menjadi "sandera" dan Hacker akan meminta imbalan uang yang besar supaya data tersebut nggak dibocorkan melalui internet.

Mengerikan banget ya, geng. Bisa-bisa kamu langsung viral karena "dokumen-dokumen" pribadi kamu disebar di internet. Bukannya populer malah dihujat netizen.

Akhir Kata

Supaya kamu terhindar dari pencurian informasi penting, kamu harus mulai memerhatikan prinsip kehati-hatian dan jangan langsung tergiur dengan suatu hal di internet.

Zaman sekarang, nggak ada orang yang kebal dari pencurian data, bahkan Presiden sekalipun. Demikian artikel Jaka mengenai 5 informasi penting yang sering diincar para hacker.

Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Hacker atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengamankan Icloud

4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!

Linux

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

Film Tentang Hacker

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

2b715752efebcc57f0c693ce5af2ae90

10 Grup Hacker Paling Berbahaya di Dunia, Skill-nya Bukan Maen...

MV5BMTk4NTEyMzg5MF5BMl5BanBnXkFtZTgwODg5MDAyOTE V1 SY1000 CR0 0 1499 1000 AL E8277

10 Hacker Paling Pandai dan Berbahaya Sepanjang Masa, Bikin Ngeri!

Header 16 3f16e

10 Kasus Pencurian Terbesar oleh Hacker Sepanjang Masa

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Fakta Mengerikan yang Dibongkar Oleh Hacker, No.6 Gak Masuk Akal?

7 Fakta Mengerikan yang Dibongkar Oleh Hacker, No.6 Gak Masuk Akal?

Inilah 6 Bahaya Jika Verifikasi Akun Menggunakan KTP, Bisa Dikejar Pembunuh?

Inilah 6 Bahaya Jika Verifikasi Akun Menggunakan KTP, Bisa Dikejar Pembunuh?

8 Tips Pintar Untuk Menghindari Serangan Hacker | Dijamin Anti Bobol!

8 Tips Pintar Untuk Menghindari Serangan Hacker | Dijamin Anti Bobol!

7 Perusahaan Teknologi Raksasa yang Kena Hack | No. 5 Perusahaan Indonesia!

7 Perusahaan Teknologi Raksasa yang Kena Hack | No. 5 Perusahaan Indonesia!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal