J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah 6 Bahaya Jika Verifikasi Akun Menggunakan KTP, Bisa Dikejar Pembunuh?

Inilah 6 Bahaya Jika Verifikasi Akun Menggunakan KTP, Bisa Dikejar Pembunuh?

Rabu, 18 Sep 2019, 12:00 WIB
Sudah menjadi salah satu persyaratan umum pendaftaran akun, berikut adalah beberapa bahaya yang mungkin mengintai jika kamu verifikasi akun menggunakan KTP.

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, kini aplikasi pada smartphone bukan cuma lagi sekadar untuk hiburan semata, tapi juga untuk kebutuhan transaksi digital penggunanya.

Sebut saja aplikasi dompet digital yang saat ini sudah sangat banyak sekali digunakan dan menawarkan manfaat juga kepraktisan bagi para penggunanya.

Namun, aplikasi finance seperti ini biasanya nggak cuma membutuhkan detail nama dan alamat saja tapi juga verifikasi foto dan KTP pengguna sebagai salah satu persyaratan untuk melakukan pendaftaran akun.

Berbanding lurus dengan kecanggihan teknologi yang ada, aktivitas verifikasi akun menggunakan KTP seperti ini rupanya memiliki bahaya yang mungkin mengintai kamu lho, geng.

Bahaya Verifikasi Akun Menggunakan KTP

Mungkin banyak dari kamu yang nggak menaruh curiga sama sekali terhadap persyaratan tersebut, mengingat aplikasi semacam ini memang membutuhkan informasi detail penggunanya agar tidak disalahgunakan.

Namun tetap saja, di era yang serba canggih ini semua hal yang mungkin kamu anggap aman di awal bisa berubah menjadi sebuah bahaya yang nggak pernah terpikirkan, geng.

Lalu, apa saja, sih, bahaya yang mungkin ditimbulkan dari verifikasi akun menggunakan KTP? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!

1. Kebocoran Data

Bocornya Data 0ed7a

Meskipun situs atau aplikasi tempat kamu membuat akun sudah memiliki reputasi baik dan digunakan oleh banyak orang, tapi hal itu nggak cukup menjamin kalau perusahaan tersebut memiliki sistem keamanan yang sangat mutakhir, geng.

Banyak terjadi kasus di mana data pribadi pengguna bocor di internet sehingga hal ini bisa saja di manfaatkan oleh oknum nggak bertanggung jawab.

Kasus bocornya data pengguna sendiri sampai saat ini sudah sering sekali terjadi dan bahkan menyerang perusahaan-perusahaan teknologi raksasa seperti misalnya Facebook.

2. Data Pribadi Disalahgunakan Oleh Hacker

Penyalahgunaan Data Db7a9

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kebocoran data tersebut akan jauh lebih fatal lagi jika data pribadi kamu disalahgunakan oleh hacker, geng.

Dengan bekal sejumlah identitas penting penggunanya, hal ini tentunya akan sangat mudah bagi para hacker untuk meretas akun kamu yang lainnya.

Bahkan, bukan nggak mungkin kalau kamu nggak cuma kehilangan privasi pribadi saja tapi juga kehilangan sejumlah materi yang tentunya sangat merugikan.

Dan seperti yang sudah Jaka sebutkan sebelumnya, jika perusahaan raksasa teknologi saja bisa terkena serangan hacker, apalagi perusahaan yang nggak jelas mengenai sistem keamannya, geng.

3. Kehilangan Akses Terhadap Data Pribadi

Kehilangan Akses Terhadap Data Pribadi 8195f

Bahaya paling mengerikan yang mungkin mengintai dari aktivitas verifikasi akun menggunakan KTP adalah hilangnya akses terhadap data pribadi kamu sendiri, geng.

Ketika data pribadi sudah jatuh ke tangan yang salah, maka besar kemungkinan kalau data tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Dengan begitu, maka kamu akan sulit untuk mendapatkan akses ke data milik kamu sendiri.

Hal itu dikarenakan, para hacker tentu saja mencari cara agar pemilik aslinya sulit mendapatkan akses sehingga mereka bisa lebih leluasa untuk memanfaatkan informasi yang ada.

4. Penipuan

Penipuan 399ed

Dengan tersebarnya data pribadi di internet, maka akan sangat mudah bagi para oknum kejahatan untuk melakukan tindak penipuan yang mengatasnamakan diri kamu atau justru menjadikanmu sebagai korban, geng.

Berkat bekal sejumlah data pribadi korbannya tersebut, para oknum penipu akan sangat meyakinkan sehingga sulit bagi kamu untuk nggak memercayainya.

Terlebih, mereka memang sudah memiliki bekal informasi yang valid dari data pribadi korbannya.

Oleh karenanya, kamu mungkin akan terseret sebagai korban dalam aksi kriminal yang lebih jauh lainnya, geng.

5. Kerugian Materi

Kerugian Materi 4ee9e

Dari semua bahaya yang sudah Jaka jelaskan lewat poin-poin di atas, tentu saja salah satu bahaya utama yang paling dikhawatirkan oleh pengguna adalah kerugian materi.

Hal itu dikarenakan kebocoran data, penyalahgunaan data pribadi, dan lain sebagainya semuanya dimanfaatkan oleh para oknum tak bertanggung jawab untuk menguras habis harta korbannya.

Hal ini tentunya akan mengakibatkan kerugian materi yang tak ternilai bagi para korbannya, geng.

6. Keselamatan Terancam

Keselamatan Terancam 3131a

Nggak cuma mengalami kerugian materi saja, tapi keselamatan diri kita pun akan ikut terancam jika sembarang melakukan verifikasi akun menggunakan KTP, geng.

Bukan nggak mungkin kalau pelaku kejahatan nekat untuk memata-matai keberadaan dan aktivitas kamu sehari-hari untuk melakukan aksi kejahatan yang nggak diinginkan.

Tentunya kamu nggak mau dong sudah habis harta dan nyawa kamu juga ikut menjadi taruhannya? Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati lagi, geng!

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa bahaya yang mungkin mengintai jika kamu sembarang melakukan verifikasi akun menggunakan KTP, geng.

Sebaiknya untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, kamu jangan pernah sekali-kali melakukan verifikasi menggunakan KTP jika memang situs atau aplikasi tersebut nggak punya reputasi yang baik.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membobol Sandi Wifi Terbaru 2019 Banner 5f938

7 Cara Hacker Membobol Password WiFi dan Tools yang Digunakannya (Update 2019)

Untitled 3 C3088

Cara Hack Instagram Orang Lain Terbaru 2020 & Cara Mencegahnya

Cara Hack Fb Bd8c9

Cara Hack Facebook Orang Lain Terbaru 2020 & Tips Mencegahnya!

Hacker Zaman Dulu Sebelum Ada Internet 41b9e

8 Hacker Zaman Dulu yang Super Jenius | Pendiri Apple Ternyata Hacker!

Negara Paling Sering Mengakses Situs Terlarang Banner 85210

Ini Daftar Negara yang Paling Sering Mengakses Situs Terlarang, Ada Indonesia?

7 Video Terkenal Yang Dihapus Oleh Youtube Karena Beragam Alasan E36ff

7 Video Terkenal yang Dihapus oleh YouTube Karena Beragam Alasan, Banyak yang Rasis!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Data Rahasia yang Sering Dicuri Hacker, Ganti Password Kamu Sekarang!

5 Data Rahasia yang Sering Dicuri Hacker, Ganti Password Kamu Sekarang!

Tak Disangka, Ternyata Seperti Inilah Facebook Menjual Data Pribadi Kita!

17 Ribu Aplikasi Android Mencuri Data Diam-Diam, Apple Sindir Google

17 Ribu Aplikasi Android Mencuri Data Diam-Diam, Apple Sindir Google

8 Tips Pintar Untuk Menghindari Serangan Hacker | Dijamin Anti Bobol!

8 Tips Pintar Untuk Menghindari Serangan Hacker | Dijamin Anti Bobol!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal