J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Fakta Dark Web yang Jarang Diketahui, Lebih Berbahaya Dari Deep Web!

5 Fakta Dark Web yang Jarang Diketahui, Lebih Berbahaya Dari Deep Web!

Rabu, 24 Jul 2019, 21:00 WIB
Apa perbedaan Dark Web dengan Deep Web? Berikut adalah penjelasan lengkapnya, serta sejumlah fakta yang harus kamu ketahui tentang jaringan ini. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Apakah kamu pernah mendengar istilah dark web? Pernah penasaran apa isi dari website ini?

Penggunaan internet tentu sudah tidak asing lagi, bahkan kini sudah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan hidup. Kamu bisa mencari berbagai informasi, berkomunikasi dengan orang lain, hingga main game online.

Internet seakan dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari dan berbagi informasi hanya dengan sekali klik. Namun, ternyata tidak semua konten dalam internet baik untuk kamu.

Salah satu konten berbahaya adalah Dark Web, situs ini menyembunyikan sejumlah kengerian yang tidak dapat kamu cari di mesin pencarian biasa.

Apa sebenarnya Dark Web ini dan mengapa berbahaya untuk kamu akses? Simak selengkapnya berikut ini!

Apa Itu Dark Web? Apa Perbedaannya Dengan Deep Web?

Perkembangan internet kini sudah sangat pesat, bahkan jumlah situs yang bisa kamu kunjungi sangat banyak. Internet bisa kamu bedakan menjadi 3 klasifikasi yaitu Clear web, Deep Web, dan Dark Web.

Situs yang kamu akses secara bebas menggunakan mesin pencari biasa seperti Google adalah bagian dari Clear Web. Namun, berbeda dengan Deep Web dan Dark Web.

Deep Web merupakan sebuah situs yang tidak bisa diakses secara bebas, kamu membutuhkan alamat DNS yang tepat dan mendapat izin akses masuk. Contohnya seperti online banking.

Dark Web Ee52e

Sedangkan, Dark Web merupakan sejumlah situs yang tidak teridentifikasi dalam internet. Klasifikasi satu ini yang selalu ditakuti oleh banyak orang.

Dark Web sebenarnya adalah bagian dari Deep Web. Perbedaannya terletak pada jangakauan aksesnya. Siapa saja bisa membuka situs Deep Web asal memiliki aksesnya.

Sedangkan Dark Web, tidak semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah. Untuk mengakses Dark Web, kamu membutuhkan software khusus. salah satu software yang menyediakan fitur untuk mengakses Dark Web adalah Tor Browser.

TOR atau The Onion Router ini dapat mengakses sebuah 'jaringan di atas sebuah jaringan', sehingga dapat disimpulkan sebagai bawang atau Onion.

Jika dilihat dari namanya, bahaya situs Dark Web terkesan mengerikan dengan sejumlah konten ilegal. Bahkan ada yang mengatakan, kamu bisa dimata-matai saat mengakses Dark Web.

Jadi, kamu selama ini salah sangka, geng! Situs yang berisi berbagai kegiatan ilegal dan kriminal namanya Dark Web bukan Deep Web!

Faka-Fakta Penting Seputar Dark Web!

Nah, setelah kamu mengetahui perbedaan antara Deep Web dan Dark Web, Jaka akan memberi tahu kamu fakta-fakta unik seputar Dark Web yang mungkin tidak kamu ketahui!

1. Aktivitas Kriminal

Fakta Dark Web 1 20946

Dark Web sangat dikenal dengan aktivitas para kriminal di dunia karena jaringan ini sulit untuk dideteksi. Nyatanya, Dark Web juga sering digunakan untuk aktivitas lainnya.

Sebagian menggunakan jaringan ini sebagai aktivitas politik, penyimpanan aset advokat, dan lainnya. Tapi, tidak bisa dipungkiri ada berbagai situs yang memang menjalani aktivitas kriminal di Dark Web.

2. Cybercrime

Fakta Dark Web 2 88c46

Selanjutnya adalah aksi Cybercrime terhadap pengguna Dark Web seperti penipuan, lelang palsu, hingga pencurian data. Nyatanya, jaringan ini tidak selamanya melakukan kejahatan siber.

Malahan, jaringan ini adalah 'markas' para pelaku kejahatan siber untuk berkumpul dan berbagi informasi. Sedangkan aktivitas cybercrime itu sendiri lebih banyak dilakukan pada jaringan Clear Web.

Bagaimana dengan pasar darknet yang menjual produk ilegal? Tentu ada dan nyata dalam jaringan Dark Web ini. Namun, tak sembarang orang bisa mengaksesnya.

3. Gunung Es

Main Qimg 45f088acc7ad4b536b5b2a558ed89d8d 6d887

Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah gunung es atau iceberg, Clear Web berada di paling atas dengan bentuk yang kecil dan mudah untuk dilihat.

Sedangkan Deep dan Dark Web berada di posisi bawah air, sehingga terkesan sangat tersembunyi. Apakah situs dalam Dark Web memiliki jumlah yang jauh lebih banyak dari Clear Web?

Tidak, geng. Clear Web memiliki jutaan situs yang bisa kamu akses, sedangkan Dark Web hanya memiliki kisaran 250 hingga 400 ribu situs.

Sisanya adalah jaringan Deep Web yang menyimpan segala data penting milikmu seperti akun pribadi, perbankan, hingga data akademis. Jadi, mitos Dark Web jauh lebih besar dari Clear Web adalah keliru.

4. Akses Ilegal

Fakta Dark Web 4 C1d32

Dark Web sendiri bukanlah jaringan yang ilegal untuk kamu akses, namun situsnya lah yang berisiko ilegal. Sejumlah negara menganggap situs dengan enkripsi yang kuat adalah tindakan ilegal.

Bahkan, menggunakan Tor Browser sendiri adalah sebuah tindakan yang ilegal. Tiongkok sendiri menerapkan peraturan ilegal ini, malah penggunaan VPN pun dianggap tingakan yang melanggar peraturan.

5. Tingkat Keamanan

Fakta Dark Web 5 75f29

Terakhir adalah tingkat keamanan Dark Web yang selalu diperbincangkan. Mengakses jaringan Dark Web memang seru dan kamu bisa menemukan sejumlah situs yang tidak pernah dilihat.

Tak hanya itu, Tor Browser dikatakan mampu melindungi kamu dari para pengintai karena enkripsi yang ketat. Namun, bukan berarti kamu benar-benar aman dari kejahatan.

Salah satu kasusnya adalah akses situs pada Clear Web yang dapat membuat aktivitas kamu tetap direkam, seperti login ke akun media sosial.

Tidak ada satupun pihak yang bisa menjamin keamanan situs-situs Dark Web yang kamu akses, geng!

Akhir Kata

Itu dia fakta Dark Web dan beragam kejahatan yang bisa kamu temukan di dalam jaringannya. Apakah kamu tetap penasaran untuk mengakses Dark Web, geng?

Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Deep Web atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Apa Itu Dark Web atau Deep Web? Begini Cara Aman Mengaksesnya

Apa Itu Dark Web atau Deep Web? Begini Cara Aman Mengaksesnya

5 Fakta Menarik Tentang Deep Web | Bisa Beli Arwah?

5 Fakta Menarik Tentang Deep Web | Bisa Beli Arwah?

Inilah 6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website

Inilah 6 Situs yang Sering Digunakan Hacker untuk Belajar Membobol Website

7 Jenis Situs Paling Berbahaya yang Harus Diwaspadai, Situs Antivirus Termasuk!

7 Jenis Situs Paling Berbahaya yang Harus Diwaspadai, Situs Antivirus Termasuk!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal