10 Hacker Paling Pandai dan Berbahaya Sepanjang Masa, Bikin Ngeri!

Default

Bagi kamu yang melek tekhnologi, istilah hacker pasti sudah nggak asing lagi. Yap, aksi meretas yang sering dilakukan orang-orang yang jago di bidang pemrograman memang cukup meresahkan. Apalagi jika dilakukan untuk tujuan yang nggak baik seperti mencuri data, membobol sistem keamanan, dan lain sebagainya.

Peretas atau yang biasa kita sebut hacker kini semakin merajalela. Mulai dari hacker yang masih pemula hingga yang sudah profesional.

Kamu tahu nggak siapa aja hacker yang paling pandai dan berbahaya di dunia? Nah, berikut Jaka akan kasih tahu kamu 10 hacker yang paling pandai dan berbahaya sepanjang masa. Mau tahu siapa aja? Simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA
  • 10 Kasus Pencurian Terbesar oleh Hacker Sepanjang Masa
  • Awas, Begini Cara Hacker Bobol Kamar Hotel Kamu!
  • Ada Bocah 5 Tahun?! Ini 5 Hacker Cilik Paling Berbahaya di Dunia

10 Hacker Paling Pandai dan Berbahaya Sepanjang Masa

1. Kevin Mitnick

XKevin Mitnick HIMSS17 Keynote CIO Forum 712 68c25

Kevin Mitnick merupakan seorang pria kelahiran 1963 yang berprofesi sebagai seorang konsultan dan pembuat keamanan komputer. Ia merupakan hacker paling kontroversial dan menjadi buronan di Amerika karena pernah membobol data militer Amerika. Ia diakui sebagai hacker top dunia yang sangat jenius dan berbahaya.

Beberapa tindak cybercrime paling menghebohkan yang pernah ia lakukan di antaranya peretasan Computer System Mainstrem Operation milik perusahaan telepon Pacific Bell di Los Angels pada usianya yang ke-17, serangan terhadap situs keamanan Israel dan masih banyak lagi. Mitnick beberapa kali keluar masuk penjara dan pernah tertangkap FBI. Namun, kini ia telah berhenti melakukan aksi cybercrime dan memilih hidup normal. Kisahnya bahkan diangkat ke layar lebar dalam film Takedown di tahun 2004.

2. Anonymous

Bc1057efa3e3a6ed53617dcb8c7c6713 32ba6

Eksistensi kelompok hacker yang satu ini sudah menyebar luas hingga ke seluruh dunia. Anonymous merupakan aktivis hacker yang dibentuk pada tahun 2003 dan masih terus eksis hingga sekarang. Mereka dikenal sebagai kelompok hacker yang pandai dan sangat berbahaya. Aksi-aksi mereka sering kali membuat berbagai pihak kelabakan karena cybercrime yang menyerang berbagai situs dan lain sebagainya.

Anonymous sering kali menyerang website penting pemerintahan dan membobol berbagai sistem keamanan. Akan tetapi, Anonymous sering disebut White Hat karena aksi-aksi mereka yang sering kali heroik. Sebut saja aksi meretas rekening seseorang yang dicurigai tidak benar, serangan terhadap situs porno ilegal anak dan yang paling menghebohkan adalah ajakan berperang yang mereka serukan kepada ISIS.

3. Albert Gonzalez

480x270 00001 1e910

Albert Gonzalez menjadi salah satu hacker paling berbahaya sepanjang masa karena kemampuan meretas yang dimilikinya benar-benar membuat banyak pihak kewalahan. Ia juga dikenal sebagai dalang penipuan besar yang dilakukan pada tahun 2005 hingga 2007 yaitu dengan mencuri kartu kredit dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Berbagai pencurian data dan kartu kredit dilakukan Albert bersama kelompoknya dengan kejeniusannya dalam bidang peretasan.

Bukan hanya nomor kartu kredit, Albert juga sering beraksi dengan mencuri identitas untuk lelang barang dan menjual jutaan akun email. Ia pernah didakwa dalam berbagai kasus pencurian data online. Sempat terancam 20 tahun penjara, Albert Gonzalez akhirnya dijatuhi hukuman 7 tahun penjara dan harus membayar ganti rugi atas apa yang pernah dicurinya.

4. Robert Tappan Morris

RobertMorris 13071

Robert Tappan Morris merupakan pencipta virus worm komputer pertama di internet. Pada 1988, Morris yang masih menjadi mahasiswa di Cornell University menciptakan virus worm berbahaya yang bisa berkembang biak dan menyebar lewat sebuah celah keamanan di sistem operasi komputer UNIX. Dalam waktu singkat, worm ciptaan Morris sudah berhasil menginfeksi komputer di sekitarnya.

Morris memang sangat piawai mengutak-atik dan meretas banyak komputer. Ia sempat dikenai hukuman 3 tahun penjara masa percobaan, denda USD10.000 dan 400 jam kerja layanan masyarakat. Namun, hidupnya menjadi lebih baik setelahnya. Ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan yakni Viaweb Inc. yang kemudian dibeli oleh Yahoo! pada 1998.

5. Gary McKinnon

Gary 13e16

Gary McKinnon merupakan hacker kawakan yang sangat berbahaya terutama bagi Amerika Serikat. Pada 2002, ia diringkus kepolisian AS karena membobol sistem pemerintah AS dan membuat sistem lumpuh selama 13 bulan lamanya. Tak hanya itu, McKinnon juga pernah meretas komputer NASA dan menemukan banyak rahasia yang tersembunyi. Militer AS juga tak ketinggalan diretas hingga membuatnya disebut sebagai hacker paling pandai dan berbahaya. Meski sempat didakwa, McKinnon tetap bebas karena penyakit yang dideritanya.

6. Jonathan James

Jonathan B9886

Jonathan James adalah hacker yang masih sangat muda ketika ia berhasil membobol situs departemen pertahanan Amerika. Saat itu, usianya masih 16 tahun dan ia sudah merasakan mendekam di penjara karena perbuatannya. Ia juga pernah menyerang NASA dengan mencuri software seharga USD1,7 juta dolar. Akibat perbuatannya, NASA harus mematikan server dan sistemnya untuk waktu yang lama.

Tak hanya itu, berbagai aksi cybercrime lainnya juga pernah dilakukan James hingga ia diadili dan dilarang memegang komputer selama 10 tahun. Kini, James diketahui sudah tak lagi melakukan aksi cybercrime dan berhasil membuka perusahaan sendiri. Meski demikian, ia tetaplah dikenal sebagai salah satu hacker paling pandai dan berbahaya sepanjang masa.

7. Jim Geovedi

J2 03564

Indonesia juga punya hacker jenius yang berbahaya dan ditakuti dunia. Dia adalah Jim Geovedi yang mulai belajar komputer dan internet secara otodidak setelah lulus dari SMA. Pada 2001, pria kelahiran 1979 ini berhasil mendirikan perusahaan konsultan TI umum untuk lembaga pemerintahan.

Geovedi bisa dikatakan sebagai hacker yang sangat berpestasi karena di usia muda sudah mendirikan dan mengoperasikan lebih dari satu perusahaan. Geovedi mengaku pernah meretas satelit Indonesia dan Cina dan mampu menggeser atau mengubah rotasinya. Ia bahkan berkata bahwa ia bisa saja mengendalikan satelit sesuai keinginannya.

8. The Level Seven Crew

E9048c1cf06c168d60c6a2331e5a9b83 A5bc0

The Level Seven Crew merupakan kelompok hacker yang berhasil menunjukkan kepandaiannya dengan membobol lebih dari 60 sistem komputer termasuk NASA, The First American National Bank dan Hotel Sheraton. Kelompok ini disebut-sebut sebagai White Hat dan hacktivism karena aksi-aksi mereka yang bukan untuk kepentingan pribadi saja. Mereka juga pernah menyusup ke website Kedutaan Besar AS di China untuk melakukan aksi protes terhadap Amerika Serikat.

9. Milw0rm

Milw0rm F1177

Milw0rm adalah kelompok hacker legendaris yang beraksi dengan kejeniusan mereka yang berbahaya. Mereka tercatat pernah menyerang sistem keamanan sebuah fasilitas nuklir utama milik India dan melakukan aksi anti-nuklir dengan menuliskan pesan di situs-situs yang berhasil mereka bobol. Berbagai aksi lainnya juga pernah dilakukan Milw0rm, di antaranya membobol situs web milik FIFA, menyerang perusahaan hosting EasySpace, dan lain sebagainya.

10. Adrian Lamo

Adrian Lamo 413f3

Adrian Lamo adalah seorang hacker yang disebut sebagai Grey Hat atau hacker yang melakukan aksi untuk menguntungkan dirinya sendiri dan pihak lain. Ia tercatat pernah meretas sistem perusahaan besar termasuk Microsoft dan Yahoo. Sempat tertangkap karena aksinya, Adrian mengaku melakukan aksinya untuk membantu perusahaan yang dibobolnya untuk dapat memperbaiki sistem keamanan.

Berbagai aksi peretasan lainnya juga pernah dilakukan Adrian. Namun, ia selalu mengklaim bahwa aksinya tidak hanya menguntungkan dirinya sendiri, tapi juga pihak lain. Meski sempat dipenjara dan membayar denda, Adrian yang ditemukan meninggal pada Maret 2018. Ia sampai saat ini dikenal sebagai hacker yang pandai dan berbahaya sepanjang masa.

Nah, itulah dia 10 hacker paling pandai dan berbahaya sepanjang masa. Bagaimana? Kamu tertarik menjadi seperti mereka? Sebaiknya kamu menjadi hacker White Hat atau Hactivism ya yang melakukan aksi peretasan untuk kebaikan dan memperjuangkan hal yang benar.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Vpn Android Terbaik Untuk Akses Situs Yang Diblokir Dbcce
Aplikasi VPN Android Terbaik untuk Akses Situs yang Diblokir
Cvr Hy A8bbe
5 Hero Counter Hayabusa, Ninja Bayangan di Mobile Legends!
Squadd 9cf7f
4 Alasan Kenapa Harus Punya Squad di Mobile Legends!
Natalia Cvr N F7b18
Bikin Musuh Bingung! Pakai 5 Hero Ini Buat Roaming di Mobile Legends, Dijamin Auto Win
5 Situs Cuplikan Pertandingan Piala Dunia Terbaik dan Legal
APPS TERKAIT
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Mobile Arena Icon
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal