J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Skandal Besar & Mengerikan dalam Dunia Teknologi, Ada Campur Tangan CIA?

Minggu, 22 Sep 2019, 18:00 WIB
Meskipun dikenal sebagai industri dengan pertumbuhan paling pesat, nyatanya banyak terjadi skandal besar yang menimpa industri teknologi. Apa saja, ya?

Industri teknologi merupakan industri yang paling cepat berkembang di era modern ini. Wajar saja, semua manusia modern kini sudah kecanduan teknologi.

Akibatnya, banyak banget perusahaan-perusahaan teknologi yang bermunculan di dunia. Mulai dari level Start-Up, hingga perusahaan teknologi raksasa.

Selain menjadi industri terbesar di era modern, industri teknologi juga menjadi penyumbang lapangan pekerjaan terbesar dengan gaji yang fantastis.

7 Skandal Teknologi Terbesar dalam Sejarah

Meskipun demikian, industri teknologi nggak kebal terhadap skandal. Dengan industri bernilai miliaran Dollar dan akses kepada seluruh data penggunanya, bayangkan bahaya yang dapat terjadi, geng.

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas 7 skandal terbesar dalam sejarah yang pernah menyerang industri teknologi. Check it out!

1. Nasib Alan Turing

1 88f46

Pernahkah kamu menonton film The Imitation Game? Film yang diperankan oleh Bennedict Cumberbatch tersebut menceritakan kisah Alan Turing.

Bisa dibilang, Alan Turing adalah salah satu bapak teknologi dunia yang berjasa banyak di bidang komputer modern.

Ia mencetuskan komputer pertama yang digunakan sebegai pemecah kode Nazi Jerman ketika perang dunia ke-2. Berkat jasanya, pasukan sekutu mampu memenangkan perang tersebut.

Alan Turing adalah seorang homoseksual. Pada zamannya, homoseksual ditentang oleh pemerintah Inggris. Ia tertangkap dan diberikan 2 pilihan.

Pilihan pertama adalah hukuman penjara, dan kedua adalah kastrasi kimia. Alan memilih pilihan kedua. Beberapa tahun kemudian, Alan yang depresi akhirnya bunuh diri di usia yang ke-41.

Banyak yang menganggap kasus ini adalah salah satu skandal teknologi terbesar di abad ke-20. Segala jasa Alan Turing dilupakan hanya karena orientasi seksualnya.

2. Kebocoran Data Yahoo

2 D0b81

Kebocoran data merupakan salah satu hal paling berbahaya di era teknologi modern. Data pribadi semua orang bisa diakses dengan mudah oleh orang lain apabila tidak dijaga.

Salah satu kasus kebocoran data terbesar pernah menimpa Yahoo. 3 miliar data penggunanya bocor begitu saja ke tangan hacker.

Sampai sekarang, pelakunya belum ketemu, geng. Skandal ini mengguncang Yahoo hingga ke akar. Bahkan, nilai perusahaan Yahoo turun hingga ratusan juta Dollar.

3. NSA Memata-Matai Semua Orang

3 44850

Kekhawatiran dimata-matai oleh gadget bukanlah isapan jempol belaka. Pada tahun 2013, sebuah skandal teknologi besar-besaran terjadi di Amerika Serikat.

National Security Agency (NSA) terbukti memata-matai semua pengguna produk pintar dengan menyadap alat-alat yang tersambung internet.

Edward Snowden, seorang mantan kontraktor NSA membocorkan hal ini kepada publik AS. Akibat aksinya ini, Snowden dianggap sebagai pahlawan bagi rakyat, namun musuh negara.

Bayangkan kengerian yang terjadi apabila pemerintah mengetahui segala gerak-gerikmu selama 24 jam sehari. Mark Zuckerberg saja sampai menutup webcam dan mic laptop-nya supaya tidak dimata-matai NSA.

4. Skandal Cambridge Analytica oleh Facebook

4 17196

Skandal satu ini menyerang salah satu perusahaan teknologi terbesar, Facebook inc. Skandal ini dinilai berperan besar dalam pemilihan Donald Trump sebagai Presiden AS.

Bukan rahasia kalau Facebook merekam jejak data para penggunanya. Masalanya, data tersebut dicuri secara ilegal oleh Cambridge Analytica.

Cambridge Analytica merupakan firma konsultan politik yang digunakan Donald Trump dalam masa kampanye kepresidenannya.

Bahkan, skandal ini juga mempengaruhi hasil voting Brexit yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Ternyata teknologi mampu membentuk opini masyarakat luas dengan mudah ya, geng.

5. Kasus Bunuh Diri di Pabrik Foxconn

5 7ca31

Tahukah kamu kalau iPhone yang kamu genggam di tanganmu sekarang mayoritas diproduksi di Taiwan? Salah satu pabrik yang bertugas merakit iPhone di Taiwan adalah Foxconn.

Pada tahun 2010, sebuah skandal menyerang pabrik Foxconn dan juga Apple. Marak kasus bunuh diri yang dilakukan oleh karyawan Foxconn akibat stress bekerja.

Mereka nekat bunuh diri dengan melompat dari lantai tertinggi di pabrik. Seperti yang kita ketahui, negara komunis seperti China memiliki hukum ketenagakerjaan yang nggak manusiawi.

Akibat kasus ini, nama Apple jadi ikut terseret. Parahnya lagi, Steve Jobs malah melindungi pihak pabrik dengan berkata kalau Foxconn merupakan perusahaan yang baik.

Saat ini, semua karyawan di Foxconn harus menandatangani perjanjian untuk tidak bunuh diri. Selain itu, di setiap lantai dipasangi jaring pengaman untuk mencegah karyawan lompat.

Bukannya memperbaiki sistem, Foxconn malah melakukan hal seperti itu. Nggak manusiawi banget, geng.

6. Kematian Aaron Swartz

6 Dd3d8

Aaron Swartz adalah seorang programmer dan aktivis yang bergerak di bidang copyright. Kalau kamu pernah mendapatkan jurnal ilmiah gratis, kamu patut berterimakasih kepada Schwartz.

Scwartz men-download banyak banget artikel dan jurnal ilmiah secara ilegal dari internet dan menyebarkannya secara gratis.

Tindakan Swartz yang dianggap merugikan tersebut membuat Swartz diamankan oleh kepolisian. Ia dituntut hukuman penjara 35 tahun dan denda US$ 1 juta.

Akibat dakwaan tersebut, Swartz menjadi depresi dan akhirnya gantung diri di apartemennya. Kejadian ini menjadi perdebatan banyak pihak.

Dari pihak akademisi banyak yang menyalahkan Swartz. Namun, publik justru berterimakasih kepada Swartz. Menurutmu bagaimana, geng?

7. Samsung Galaxy Note 7 Meledak

7 Ebe66

Nah, kalau satu ini sih kamu pasti pernah dengar. Samsung Galaxy Note 7 merupakan flagship Samsung yang sempat menjadi primadona ketika akan dirilis.

Namun, semua berubah ketika HP ini dirilis. Banyak banget kasus Note 7 yang meledak di tangan penggunanya dan membahayakan.

Bahkan, HP ini sampai dilarang untuk dibawa naik ke pesawat, geng. Akibat skandal ini, Samsung harus menarik HP ini secara besar-besaran dan mengalami kerugian tinggi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 skandal terbesar dalam sejarah yang pernah menyerang industri teknologi. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu ya, geng.

Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Game Industry 7c37d

6 Skandal Paling Menghebohkan Dari Industri Game

7 Skandal Terbesar Dalam Sejarah Yang Pernah Menyerang Industri Teknologi 186c7

7 Skandal Besar & Mengerikan dalam Dunia Teknologi, Ada Campur Tangan CIA?

Kamera Tersembunyi Korea Banner 9b151

Skandal Kamera Tersembunyi Korea Terbongkar, 1600 Orang Jadi Korban!

Header 1 075a6

10 Aplikasi Kontroversial Sepanjang Masa yang Masih Ada di Playstore

10 Perusahaan Teknologi Dengan Gaji Paling Tinggi Di Dunia

10 Perusahaan Teknologi dengan Gaji Paling Tinggi di Dunia

SampulJT C8bc8

10 Produk Gagal Dari Perusahaan Teknologi Ternama

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

4 Alasan Kenapa Bekerja di Perusahaan Teknologi Gak Seenak yang Kamu Pikirkan

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi yang Tidak Kamu Sadari

7 Bahaya Ketergantungan Terhadap Teknologi yang Tidak Kamu Sadari

7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

7 Perusahaan Teknologi yang Mengembangkan 5G | Huawei Jadi yang Pertama?

9 Alasan Mengapa Kita Akan Segera Masuk Ke Era Kegelapan Teknologi!

9 Alasan Mengapa Kita Akan Segera Masuk Ke Era Kegelapan Teknologi!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal