J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

Senin, 6 Apr 2020, 12:00 WIB
HP kamu sering restart sendiri dan mengganggu aktifitas kamu? Simak artikel berikut mengenai penyebab serta cara mengatasi HP mati hidup sendiri berikut ini!

Pernah nggak kamu lagi asyik-asyik main game atau nonton film di HP tapi tiba-tiba HP kamu malah mati sendiri? Nggak cuma mati, kadang-kadang HP malah restart sendiri.

Pasti rasanya menyebalkan banget ya, geng. Apalagi kalau kamu belum menyimpan progress game atau pekerjaanmu. Akibatnya, semua jadi hilang dan sia-sia.

Hal ini nggak cuma terjadi kepada beberapa brand HP tertentu, namun bisa juga terjadi di semua brand. Pengen tahu apa penyebab serta cara mengatasi HP mati hidup sendiri? Simak terus, yah!

Penyebab HP Restart Sendiri Berulang-Ulang

1 080b9

Sebelum membahas mengenai solusinya, Jaka akan membahas mengenai beberapa faktor yang bisa jadi penyebab HP kamu restart sendiri. Hal ini berguna supaya kamu tahu solusi mana yang bisa menyelesaikan masalah kamu.

  • Sistem Operasi Error: Salah satu penyebab yang memengaruhi HP restart sendiri adalah error pada sistem operasi atau OS Android kamu. Sistem operasi yang tidak bekerja dengan baik bakal menimbulkan masalah seperti Force Stop, dan lain-lain.

  • Status Baterai Error: Status baterai error artinya adalah indikator baterai yang muncul di layar HP-mu tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Misalkan, baterai kamu tampak 80% padahal sisa baterai kamu hanya tinggal 2%. Hal ini bikin HP kamu sering mati sendiri meskipun nampaknya baterai kamu masih penuh.

  • Memori Internal Penuh: HP zaman sekarang sudah dibekali dengan memori internal jumbo. Kalau kamu masih pakai HP keluaran beberapa tahun lalu, mungkin saja memori internal kamu sudah kepenuhan sehingga bikin HP jadi lemot dan restart terus.

  • HP Overheat: Masalah ini merupakan sebuah kondisi di mana chipset kamu kepanasan. Chipset yang kepanasan bakal menyebabkan seluruh komponen HP jadi rusak. Sistem bakal otomatis mematikan HP-mu untuk mencegah kerusakan komponen lebih lanjut.

  • Root: Rooting HP Android memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menggunakan aplikasi cheat game Android. Sayangnya, rooting juga bisa menyebabkan kerusakan pada sistem operasi sehingga HP kamu jadi error.

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Setelah membahas mengenai penyebab HP kamu mengalami restart sendiri, kini saatnya Jaka membahas cara mengatasi HP mati hidup sendiri. Pilihlah solusi yang tepat berdasarkan problem yang sudah Jaka bahas sebelumnya.

Kamu juga bisa melakukan semua solusi di bawah untuk mempercepat serta memastikan kinerja HP kamu menjadi seperti sedia kala. Sudah nggak sabar, kan? Kalau begitu, langsung saja, yuk!

1. Update Sistem Operasi

2 610ae

Semua HP bakal selalu memperbaiki sistem operasi serta sistem keamanan pada sistem operasinya. Misalkan kamu menggunakan Xiaomi, maka HP kamu bakal selalu menyajikan update MIUI secara berkala.

Meskipun begitu, ada kalanya HP kamu tidak menyediakan update sistem operasi secara berkala. Salah satunya alasannya adalah karena HP yang kamu gunakan adalah seri lama.

Untuk mengeceknya secara manual, kamu bisa pergi ke menu Settings > About > System Updates. Setelah itu, pastikan bahwa sistem operasimu sudah yang terkini.

Kalau nggak ada notifikasi namun OS kamu masih ketinggalan, maka kamu bisa men-download sendiri firmware yang sesuai dengan HP kamu lalu meng-update secara manual.

Kalau misalnya HP kamu ternyata nggak mendukung update sistem operasi terbaru, hal ini juga mengakibatkan sistem operasi crash. Kamu bisa me-rollback ROM kamu agar sesuai dengan spesifikasi HP.

2. Perbaiki Status Baterai

3 B5782

Cara mengatasi HP mati sendiri selanjutnya adalah dengan memperbaiki status baterai yang error. Seperti yang Jaka jelaskan sebelumnya, terkadang indikator baterai di layar nggak menunjukkan keadaan baterai yang sesungguhnya.

Hal ini bisa bikin HP kamu mati sendiri meskipun indikator baterai di layar menunjukkan hal yang berbeda. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengunduh aplikasi Battery Calibration di Google Play Store.

Download Battery Calibration melalui tautan berikut

Cara menggunakannya adalah colok kabel charger-mu, lalu charge hingga baterai menunjukkan 100%. Jangan cabut charger, lalu buka aplikasi Battery Calibration. Lakukan kalibrasi dengan aplikasi tersebut.

Setelah proses kalibrasi selesai, barulah kamu bisa mencabut kabel charger. Dengan cara ini, indikator baterai bakal menunjukkan kondisi baterai yang sebenarnya.

3. Bersihkan RAM

4 Aaaee

Terkadang, aplikasi yang kamu install di HP memakan RAM yang cukup besar. Masalahnya adalah ketika aplikasi tersebut terus berjalan di background sehingga memakan RAM kamu secara terus menerus.

Kamu bisa membersihkan RAM kamu serta menghentikan aplikasi-aplikasi nggak penting yang terus berjalan di background. Misalnya, kamu bisa menghentikan Instagram yang terus berjalan dan memakan RAM cukup besar.

Kamu juga bisa menghentikan aplikasi nggak penting secara paksa dengan opsi Force Stop. Saran Jaka lainnya adalah dengan membeli HP dengan RAM minimum 6GB agar proses multitasking dapat berjalan dengan lancar.

4. Hapus Junk Files & Cache

5 0f9aa

Cara mengatasi HP restart berulang-ulang selanjutnya adalah dengan menghapus file sampah yang masih tersimpan dalam HP. Meskipun kamu sudah menghapus file, terkadang file sampah masih tersimpan di folder penyimpanan sementara.

Selain file sampah, cache yang penuh juga bisa menjadi masalah. Cache adalah memori yang menyimpan file system seiring pemakaian HP yang berfungsi untuk menyimpan file konfigurasi agar bisa diakses dengan lebih cepat.

Cara termudah untuk menghapus junk files dan cache adalah dengan meng-install aplikasi cleaner seperti CCleaner. Aplikasi ini mampu menghapus file nggak penting yang bikin HP terasa berat.

CCleaner_logo_2013
CCleaner for Android 1.18.69
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

5. Unroot

6 Ecf7c

Selanjutnya adalah cara mengatasi HP mati hidup sendiri dengan melakukan unroot pada HP Android. Cara ini penting banget dilakukan oleh kamu yang menggunakan HP yang sudah di-root.

Seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, rooting memiliki banyak manfaat. Namun, risiko yang ditimbulkan dari rooting lebih banyak. Mulai dari sistem operasi yang error, keamanan yang mudah diretas, dan lain-lain.

HP yang di-root seringkali hang dan terasa lemot. Oleh karena itu, unroot HP Android merupakan solusi yang paling Jaka rekomendasikan.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara mengatasi HP mati hidup sendiri. Kalau kamu mau gampang, sih, lebih baik ganti HP baru yang sudah dilengkapi spesifikasi terbaik. Sudah banyak, kok, HP keren yang harganya murah.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya, geng. Jangan lupa juga untuk menuliskan komentarmu di kolom yang telah tersedia. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mendownload Yowhatsapp 3cb55

Download Aplikasi YoWhatsApp Versi Terbaru 8.26 | Lebih Keren dari GBWhatsApp!

Daftar Harga Hp Xiaomi Ram 4g Murah 2020 Banner Ca8ad

12 HP Xiaomi RAM 4GB Murah Terbaik di 2020, Harga Mulai 1 Jutaan!

Whatsapp Diblokir Sementara Banner F8c36

WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Kalibrasi Layar Sentuh Hp Android 18554

Layar HP Sering Error ? Ini Cara Kalibrasi Layar Sentuh untuk Semua Android

Cara Membuat Animasi Di Hp Banner 4c785

Cara Membuat Animasi Bergerak Keren di HP Android, Bisa 2D atau 3D!

Game Jepang Teraneh Banner 89890

12 Game Jepang Teraneh yang Tidak Boleh Dimainkan Ketika Puasa, Bikin Emosi!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal