J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop | Lengkap Semua Merek!

              5 Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop | Lengkap Semua Merek!

              00
              Minggu, 6 Jan 2019, 10:00 WIB
              Sulit mengaktifkan bluetooth di Laptop atau PC mu? Nih jaka kasih cara-cara yang terbukti bisa mengaktifkannya di Semua seri Windows 7, 8, dan 10.

              Pernah bingung bagaimana cara kirim file ke laptop, tapi tanpa butuh kabel USB?

              Selain kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ShareIt, kamu juga bisa mengandalkan koneksi Bluetooth di laptop untuk berkirim file dengan kecepatan tinggi.

              Namun sebelumnya, kamu mesti tahu nih bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di laptop maupun PC agar bisa mengirim file dari smartphonemu. Yuk simak caranya di bawah ini!

              Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan PC Semua Merek!

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Intro 5f9b8
              Sumber foto: digitaltrends.com

              Bluetooth pada laptop maupun PC tentu sangat berguna sebagai konektivitas untuk dapat saling mengirim dan menerima file, seperti dokumen, musik maupun film.

              Bukan hanya itu, Bluetooth bisa juga untuk menghubungkan peripheral seperti headset, mouse dan keyboard yang mendukung koneksi Bluetooth loh!

              Untuk kamu yang belum paham, berikut adalah 5 cara mengaktifkan Bluetooth di laptop untuk semua tipe dan merek yang wajib kamu coba. Yuk simak selengkapnya!

              1. Gunakan Dongle

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop 01 B87fc
              Sumber foto: wirelesshack.com

              Cara ini digunakan untuk Laptop dan PC yang tidak memiliki hardware bluetooth bawaan, sehingga perlu alat bantu yang disebut sebagai dongle USB Bluetooth.

              Lalu apa sih itu dongle? Bisa dibilang alat ini memiliki bentuk seperti USB flashdisk yang tinggal kamu tancapkan pada laptop atau PC kamu dan berfungsi sebagai antena receiver yang nantinya akan mengirimkan atau menerima sinyal bluetooth dari smartphone kamu.

              Umumnya dongle USB Bluetooth ini sudah dilengkapi dengan program dan driver khusus yang akan terinstall secara otomatis saat kamu mencoloknya ke laptop/PC.

              2. Install Driver

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop 02 3570b
              Sumber foto: dolphin-emu.org

              Bisa jadi, bluetooth di laptopmu belum aktif karena kamu belum install drivernya, hayo.

              Untuk dapat mengaktifkan konektivitas Bluetooth di laptop kamu bisa terlebih dahulu melakukan instalasi driver. Hal ini wajib dilakukan, karena walaupun laptop kamu sudah mendukung built in Bluetooth, tetap saja harus ada program tersendiri yang menjalankannya.

              Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Driver Bluetooth ini biasanya terdapat pada CD/DVD bawaan yang terdapat saat kamu pertama kali membeli laptop guys.

              Jika kamu kehilangan CD Drivernya, kamu bisa mengunduh driver di situs resmi brand laptop atau PC atau kamu juga bisa menggunakan software DriverPack yang berisi sejumlah driver yang bisa kamu unduh melalui tautan di bawah ini.

              Jangan lupa unduh sesuai dengan tipe dan merek laptop kamu ya!

              DriverPack_Solution_logo
              DriverPack Solution 17.9.3
              Apps Drivers & Smartphone Artur Kuzyakov
              DOWNLOAD

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Lainnya...

              3. Gunakan Device Manager

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop 03 A43f3

              Sudah install driver Bluetooth, namun belum bisa digunakan untuk konektivitas apa pun? Tenang saja, kamu bisa terlebih dahulu mengaktifkan Bluetooth dengan menggunakan Device Manager yang terdapat pada menu Windows kamu.

              Untuk panduan cara mengaktifkan fitur Bluetooth melalui menu Device Manager kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

              • Pertama kali, pada tampilan utama desktop kamu tinggal tekan kombinasi tombol Windows + X dan kemudian pilih menu Device Manager.
              • Maka jendela Device Manager akan terbuka. Selanjutnya kamu tinggal klik menu Bluetooth dan menu dropdown akan ditampilkan.
              • Pilih perangkat Bluetooth yang kamu gunakan lalu klik kanan. Aktifkan Bluetooth dengan memilih menu Enable device untuk memulainnya.
              • Sementara pilihan Disable device akan menonaktifkan fitur Bluetooth. Gampang banget, kan?

              4. Gunakan Kombinasi Tombol FN

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop 04 29854
              Sumber foto: techfaqs.net

              Umumnya keyboard pada laptop menyediakan tombol FN untuk melakukan berbagai fungsi dengan kombinasi sejumlah tombol. Di sini salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah untuk mengaktifkan menu Bluetooth pada laptop kamu loh!

              Cara ini tentu gampang dan mudah kamu lakukan. Di sini kamu tinggal perhatikan, tombol manakan antara F1 sampai dengan F12 yang memiliki fitur untuk mengaktifkan Bluetooth. Tinggal cari ikon Bluetooth saja kok.

              Selanjutnya kamu tinggal tekan tombol FN + F4 (misalnya) untuk mengaktifkannya. Jika sudah, maka pada system tray akan muncul ikon Bluetooth yang tandanya kamu sudah siap untuk menggunakannya guys.

              5. Gunakan System Tray

              Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop 05 154fc

              Langkah terakhir, jika ikon Bluetooth sudah tampil pada system tray kamu tinggal menggunakan menu ini untuk berkirim dan menerima file atau menghubungkan laptop atau PC kamu dengan berbagai perangkat yang mendukung konektivitas Bluetooth.

              Untuk cara selengkapnya menggunakan Bluetooth pada laptop lewat menu system tray, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

              • Pada taskbar yang berada di bawah jendela Windows, kamu pergi ke system tray yang terletak di sebelah kanan. Tekan ikon panah ke atas untuk membuka ikon lainnya.
              • Jika terdapat ikon Bluetooth, kamu tinggal klik kanan untuk memilih berbagai menu yang bisa kamu lakukan.
              • Add a Bluetooth Device tentu untuk menambahkan koneksi perangkat dan Show Bluetooth Device untuk melihat perangkat terhubung atau pernah terhubung sebelumnya.
              • Kalau kamu mau berkirim atau menerima file, tinggal menunju pilihan Send a File atau Receive a File guys. Sudah siap berkirim film nggak nih?

              VIDEO: Cara Bikin Headset Bluetooth Modal Rp 30 Ribu!

              Akhir Kata

              Nah itulah dia 5 cara mengaktifkan Bluetooth di laptop dan PC semua merek yang bisa kamu coba lakukan.

              Dengan begini pun, kamu nggak perlu khawatir lagi kelupaan bawa kabel data untuk transfer file kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

              Baca juga artikel seputar Komputer atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal