• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

12 Cara Paling Ampuh untuk Hemat Baterai Laptop di Windows 7, 8, dan 10

12 Cara Paling Ampuh untuk Hemat Baterai Laptop di Windows 7, 8, dan 10

Minggu, 5 Apr 2020, 20:00 WIB
Butuh cara agar baterai laptop tahan lama? Jaka punya nih kumpulan cara menghemat baterai laptop paling jitu yang bisa dipakai di Windows 7, 8, dan 10.

Jika dulu laptop berukuran cukup tebal, bobotnya berat, dan kinerjanya pun pas-pasan. Sekarang, desain laptop semakin ramping, tipis, dan ringan. menjadikannya lebih mudah dibawa kemana-mana.

Kemampuannya pun semakin handal, punya performa kencang untuk menunjang produktivitas kamu. Namun, kecanggihan spesifikasi tentu harus diimbangi dengan ketahanan baterai yang baik.

Sayangnya, daya tahan baterai laptop belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, berikut Jaka sajikan cara hemat baterai laptop, terkhusus Windows 10. Agar baterai laptop kamu awet dan tahan lama.

Cara Hemat Baterai Laptop

1. Aktifkan Mode Battery Saver

Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama 01 A3e57

Windows dilengkapi dengan beberapa mode daya, yakni mode penghemat baterai dan mode normal. Nah, cara menghemat baterai laptop yang paling mudah adalah dengan mengaktifkan mode battery saver.

Fitur ini akan secara otomatis mengatur penggunaan daya di laptop sehingga lebih hemat. Secara default, mode battery saver akan aktif ketika baterai laptop kamu sisa 20%.

Nah kamu bisa menaikkan persentase ini jika kamu sering bekerja secara mobile dan butuh menghemat daya agar baterai laptop tahan lebih lama.

Untuk mengaturnya buka Settings > System > Battery > Battery saver settings > lalu sesuaikan ke persentase yang kamu inginkan.

2. Mengubah 'Power Plan'

Cara Menghemat Baterai Laptop 02 6572b

Selain mengaktifkan mode battery saver, kamu juga harus mengubah power plan ke Power Saver biar laptop hemat baterai. Caranya klik kanan ikon baterai > Power Options > Ubah ke Power Saver.

Hal ini pun merupakan suatu cara menghemat baterai laptop Windows 10 dan versi lainnya yang bisa kalian aplikasikan dengan mudah.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan laptop tanpa charging dalam waktu yang selama mungkin. Tentu, performa laptop akan turun.

Windows memang dilengkapi dengan beberapa power plan secara default yang bisa kamu modifikasi, bahkan kamu bisa membuat yang baru dari awal.

Untuk melakukannya cukup klik kanan icon baterai di system tray > Power options > Change plan settings di power plan yang ingin kamu modifikasi > Change advanced power settings. Nah di situ kamu bisa mengatur secara manual.

3. Mengatur Power dan Sleep

Cara Membuat Baterai Laptop Tahan Lama 03 74042

Kamu bisa mengatur berapa lama layar mati otomatis ketika laptop dalam kondisi idle menggunakan baterai melalui Settings > System > Power & sleep.

Hal Ini penting agar daya baterai laptop tidak terbuang percuma untuk menyalakan layar ketika sedang tidak kamu gunakan.

Kamu bisa mengatur layar akan mati otomatis jika dalam 1 atau 2 menit laptop tidak digunakan.

Cara menghemat baterai laptop Windows 10 ini tergolong sangat baik, dan bisa juga membuat layar laptop kamu tidak terlalu kewalahan karena selalu menyala.

4. Turunkan Brightness atau Aktifkan Brightness Adaptive

Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo 04 9f088

Bukan rahasia lagi bahwa monitor LED merupakan salah satu komponen laptop yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai.

Kalau memang hanya untuk keperluan mengetik maupun untuk browsing, kamu wajib menurunkan brightness di layar kamu.

Selain itu, Windows 10 secara otomatis dapat mengontrol kecerahan layar dengan bantuan fitur inbuilt. Fitur ini akan meredupkan layar bila kamu berada dalam gelap.

Cara menghemat baterai laptop lenovo, ASUS, dan lainnya ini bisa diaktifkan menggunakan fungsi di Power Options.

  • Buka Power Options pada Windows 10.
  • Klik Change plan settings, Jaka sarankan pada mode power saver.
  • Sekarang klik Change advanced power settings.
  • Di bawah tab Advanced Settings, gulir ke bawah untuk menemukan Display dan klik (+).
  • Lalu aktifkan Adaptive Brightness dan klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

Catatan: Fitur ini hanya akan bekerja jika laptop kamu memiliki sensor cahaya ambient diinstal.

5. Menonaktifkan Live Tiles

Cara Menghemat Baterai Laptop Asus 05 29730

Fitur Live Tiles di Windows 10 memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi secara real-time tanpa melakukan apapun.

Meskipun terdengar bermanfaat dan terlihat keren, tetapi mungkin tidak semua orang membutuhkannya.

Selain memakan kuota internet untuk menampilkan informasi tersebut, baterai juga terkuras. Menonaktifkan fitur ini pun merupakan cara menghemat baterai laptop yang efektif.

Untuk menonaktifkan Live Tiles, caranya klik Start Menu dengan cara tekan logo Windows pada bagian pojok kiri bawah. Kemudian klik kanan pada salah satu Tiles, lalu pilih opsi Turn live tile off.

6. Uninstall Aplikasi atau Tutup Jika Tidak Perlu

Cara Menghemat Baterai Laptop Acer 06 86d3c

Dalam update Windows 10, terkadang Microsoft turut membenamkan sejumlah aplikasi baru. Sebaiknya kamu sering-sering mengecek, jika ada aplikasi baru yang tidak kamu gunakan, lebih baik dihapus.

Pasalnya beberapa aplikasi ini mungkin terhubung ke internet dan menampilkan informasi terbaru di Tiles. Jadi, lebih baik untuk meng-uninstall aplikasi tersebut untuk menghemat baterai laptop.

Selain itu, sejumlah perangkat lunak dirancang untuk memantau aktivitas secara real-time pada laptop kamu. Misalnya, aplikasi PC Suite menunggu perangkat yang akan terhubung.

Kamu tidak dapat menyingkirkan aplikasi tersebut, tetapi kamu dapat menutup mereka ketika mereka sedang tidak diperlukan.

7. Nonaktifkan Program Start-up

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10 07 C724f

Program start-up memiliki hak istimewa untuk secara otomatis memulai aplikasi apapun ketika laptop kamu nyalakan. Mereka berjalan di background, memakan resource, dan tentu saja mengkonsumsi daya baterai.

Terkadang aplikasi yang kamu install otomatis memasukkan dirinya sebagai program start-up, meskipun terkadang tidak diperlukan.

Jika memang suatu program tidak kamu butuhkan untuk berjalan otomatis di latar belakang, sebaiknya dinonaktifkan saja dari program start-up.

Caranya cukup klik kanan Start Menu > Task Manager > Startup > dan disable program yang tidak penting.

Hal ini berlaku sebagai cara menghemat baterai Windows 7, 8, dan 10 karena sistem startup sama saja di ketiganya.

8. Nonaktifkan Aplikasi di Background Apps

Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama 08 343d1

Selain mematikan program startup, kamu juga harus menonaktifkan sejumlah aplikasi Background Apps.

Caranya buka Settings > Privacy > Background Apps, lalu matikan background apps yang tidak pernah kamu gunakan.

Software seperti Groove Music, Get Office, Weather, dan Xbox bisa dimatikan jika memang tidak pernah menggunakannya. Hal ini perlu dicek secara berkala pada sitem yang kalian gunakan.

Semakin banyak background app yang kamu matikan, maka semakin hemat baterai laptop Windows kamu.

Hal ini merupakan cara menghemat baterai laptop Windows 8, 7, dan 10 yang bisa kamu coba dan bandingkan hasilnya.

9. Throttle Prosesor

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 7 09 348e0

Tidak setiap waktu kamu butuh potensi penuh dari prosesor komputer, kamu juga dapat mengurangi kinerja maksimum kapasitas prosesor.

Dengan ini, kamu bisa mendapatkan tambahan 30 menit lebih awet. Caranya:

  • Buka Power Options pada Windows 10.
  • Klik Change plan settings, Jaka sarankan pada mode power saver.
  • Sekarang klik Change advanced power settings.
  • Di bawah tab Advanced Settings, gulir ke bawah untuk menemukan Processor power management dan klik (+).
  • Kemudian klik (+) pada Maximum processor state.
  • Klik pilihan On-battery dan kurangi sampai 20%.
  • Klik Ok, untuk menyimpan pengaturan.

Sekarang ketika kamu memilih mode power saver, kamu akan membatasi kekuatan pemrosesan dan ini hanya berlaku ketika laptop menggunakan baterai kok.

Sebagai catatan, mengurangi kekuatan pemrosesan CPU akan mempengaruhi performa laptop. Jadi, buka aplikasi yang ringan saja.

10. Atur Volume Tetap Rendah dan Nonaktifkan Windows Update

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 8 10 A9445

Segala upaya harus kamu lakukan untuk mempertahan baterai laptop agar tahan lama, salah satunya mengatur volume suara tetap rendah.

Bila perlu, kamu juga harus mematikan Windows Updates pada Windows 10. Selain biar baterai laptop awet, kuota kamu juga bisa lebih hemat. Caranya:

Hal ini sering kali terabaikan oleh para pengguna laptop, padahal cara menghemat baterai laptop Acer, ASUS, atau merk apapun juga pada prinsipnya sama saja.

Cara agar baterai laptop tahan lama ini terlihat sepele, tetapi sebetulnya cukup efektif dalam mengurangi konsumsi baterai yang digunakan.

11. Jaga Laptop Tetap Bersih dan Gunakan di Tempat yang Benar

Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 7 11 D6d90

Air dan debu merupakan musuh utama perangkat elektronik, tak terkecuali untuk laptop. Pastikan kamu merawat dengan baik dan jaga kondisi laptop tetap bersih.

Meski bisa dibawa pindah-pindah ke banyak tempat, rupanya ada beberapa tempat yang tidak bisa kita pakai untuk menaruh laptop.

Hal ini bisa membuat sirkulasi panas laptop tidak lancar, pada akhirnya akan merusak bagian-bagian komputer termasuk baterai.

Menggunakan laptop dengan sewajarnya dan sebaik mungkin juga merupakan cara membuat baterai laptop tahan lama.

12. Kalibrasi Baterai Laptop

Cara Menghemat Baterai Laptop 12 14add

Buat kamu pengguna laptop yang sudah cukup lama pasti merasakan performa baterai laptop yang semakin menurun.

Penyebab baterai laptop rusak memang sangat beragam, mungkin kita sebagai pengguna laptop kurang mengetahui cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.

Kamu perlu melakukan kalibrasi baterai laptop secara berkala untuk memastikan kalau baterai laptop tersebut masih cukup baik digunakan.

Pemantauan berkala ini juga merupakan cara agar baterai laptop tahan lama karena selalu terpantau dengan baik.

Akhir Kata

Itulah cara hemat baterai laptop, terkhusus yang menjalankan OS Windows 7, 8, dan 10 yang bisa kamu praktekkan

Hal ini tentu sangat berguna, jika kamu sedang di luar kantor dan berencana menggunakan laptop dalam waktu lama tanpa charging.

Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan tinggalkan jejak kamu di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel seputar Laptop atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Awas 21 Smartphone Android Ini Telah Disusupi Malware Bawaan

Awas, 21 Smartphone Android Ini Telah Disusupi Malware Bawaan!

Begini Cara Membuat Foto Grid Kekinian Di Instagram Terpotong Potong

Cara Membuat Foto Grid di Instagram yang Kekinian (Terpotong-Potong)

Begini Cara Edit Foto Menakjubkan Dengan Adobe Photoshop Express

Inilah Cara Edit Foto Menakjubkan dengan Adobe Photoshop Express

Cara Merekam Panggilan Suara Di Whatsapp

Begini Cara Merekam Telepon dari WhatsApp dengan Mudah

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal