• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bukan Cuma Intel dan AMD, Inilah 5 Prosesor PC Lainnya yang Pernah Ada!

Bukan Cuma Intel dan AMD, Inilah 5 Prosesor PC Lainnya yang Pernah Ada!

00
Sabtu, 14 Sep 2019, 14:00 WIB
Selain nama besar Intel dan AMD yang merajai pasar prosesor PC saat ini, berikut adalah beberapa jenis prosesor lainnya yang juga pernah ada, geng.

Memiliki peran penting dalam sebuah perangkat PC, prosesor tentunya jadi salah satu pertimbangan utama bagi kebanyakan orang.

Hal itu dikarenakan prosesor yang mumpuni mampu menghasilkan performa yang tentunya lebih bagus dan kencang lagi, geng.

Berbicara mengenai prosesor PC, mungkin sebagian dari kamu hanya mengenal nama Intel dan AMD saja yang memang merupakan jenis prosesor PC paling banyak digunakan saat ini.

Tapi, kamu tahu nggak, sih, kalau ternyata ada lho jenis prosesor lain yang pernah hadir selain kedua prosesor itu, geng.

Prosesor PC Selain Intel dan AMD

Nggak cuma prosesor HP saja, perangkat PC pun punya jenis prosesor yang berbeda-beda lho, geng. Meskipun, mungkin sebagian dari kamu hanya mengenal Intel atau AMD saja.

Dominasi Intel dan AMD di sektor prosesor PC sendiri memang sangat terasa sekali saat ini. Padahal, jika menengok ke zaman dulu, ada banyak sekali jenis prosesor PC lain yang tersedia di pasaran.

Penasaran mau tahu apa saja jenis-jenis prosesor PC selain Intel dan AMD? Simak saja artikel Jaka selengkapnya berikut ini!

1. Cyrix

Cyrix F51ba

Cyrix merupakan salah satu nama prosesor yang pernah populer dan bahkan kepopulerannya saat itu menyamai popularitas Intel dan AMD, lho.

Prosesor Cyrix sendiri diproduksi oleh perusahaan bernama Cyrix Corporation yang didirikan pada tahun 1988.

Produk Cyrix pertama untuk pasar PC adalah coprocessor Floating Point Unit (FPU) x87 yang merupakan sebuah jenis prosesor bantu bagi prosesor utama, geng.

Cyrix sendiri memiliki beberapa seri prosesor yang pernah dikembangkannya, seperti Cyrix 486, 5x86, 6x86, MediaGX, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, saat ini Cyrix sudah bangkrut setelah sebelumnya sempat dijual ke National Semiconductor dan dijual kembali ke VIA Technologies.

2. VIA

VIA 39be4

VIA Technologies merupakan sebuah perusahaan teknologi berbasis di Taiwan yang memproduksi chipset, motherboard, dan CPU dengan merek serupa (VIA).

Sempat mengakusisi Cyrix dari National Semiconductor di tahun 1999, VIA memulai kiprahnya dengan memproduksi beberapa prosesor dengan arsitektur x86.

Beberapa produk prosesor besutannya tersebut adalah VIA C3, VIA C7, VIA Nano, VIA Eden, VIA CoreFusion, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, popularitas prosesor VIA menurun saat perusahaan tersebut sedang dalam masa transisi prosesor menuju ke Pentium 4, geng.

3. Transmeta

Transmeta 65810

Transmeta merupakan prosesor yang dikembangkan oleh perusahaan semikonduktor fabless Amerika yang berbasis di California, Transmeta Corporation.

Prosesor pertama Transmeta sendiri bernama Crusoe yang diluncurkan pada tahun 2000 silam dan meluncurkan prosesor keduanya, yaitu Efficeon empat tahun setelahnya.

Saat itu, Transmeta dikenal sebagai prosesor yang memiliki daya rendah dan nggak cepat panas.

Meskipun prosesor Transmeta ini dulu sempat menjadi pesaing berat dari Intel dan AMD, sayangnya kini Transmeta sudah jarang terdengar dan kabarnya telah berhenti memproduksi prosesor, geng.

4. IBM

IBM 0e438

Pasti sebagian dari kamu sudah nggak asing lagi dengan nama salah satu perusahaan teknologi asal Amerika satu ini, ya, geng.

Didirikan pada 16 Juni 1911, IBM juga memproduksi beberapa prosesor PC yang sempat memiliki popularitas nggak kalah terkenal dengan Intel lho, geng.

Beberapa seri prosesor terkenal yang pernah diproduksi oleh IBM adalah POWER1, POWER2, dan seterusnya hingga POWER 9 yang baru diproduksi 2017 lalu.

Kabarnya, IBM sedang dalam tahap mengajukan produksi POWER10 yang kabarnya lebih canggih lagi, geng.

5. IDT WinChip

IDT WinChip 0a769

WinChip adalah prosesor dengan arsitektur x86 berdaya rendah yang dirancang oleh Centaur Technology dan dipasarkan oleh perusahaan induknya, yaitu IDT, geng.

Berbeda dengan prosesor lainnya, prosesor WinChip memiliki bentuk yang tergolong kecil dan efisien.

Meskipun begitu, prosesor ini dirancang untuk bisa memberikan performa terbaik ketika digunakan dengan aplikasi-aplikasi populer yang nggak melakukan banyak perhitungan floating-point.

Selain itu, bentuknya yang kecil dan penggunaan daya yang rendah membuat prosesor ini memakan biaya produksi yang sangat murah, geng.

Tapi, walaupun dibanderol dengan harga murah, prosesor WinChip nggak sempat mendapatkan banyak pangsa pasar di industri prosesor PC.

IDT sendiri memiliki beberapa seri prosesor PC, yaitu WinChip C6, WinChip 2, WinChip 2A, WinChip 2B, dan WinChip 3.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa prosesor PC selain Intel dan AMD yang pernah hadir meramaikan industri prosesor dunia, geng.

Sayangnya, merek-merek tersebut sudah nggak lagi mampu bersaing dengan Intel dan AMD yang kini memang tengah meraih popularitasnya.

Baca juga artikel seputar Prosesor atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Keunggulan Snapdragon 865 B0a55

4 Keunggulan Prosesor Snapdragon 865, Apple A13 Bionic Kalah Telak?

Hp Dengan Prosesor Mediatek Terbaik 83a1b

7 HP dengan Prosesor MediaTek Terbaik | Lebih Bagus dari Snapdragon?

Alasan Mediatek Gak Laku Dibandingkan Snapdragon Banner 6c417

7 Alasan MediaTek Gak Laku Dibandingkan Snapdragon di Indonesia!

Rekomendasi Laptop Core I5 Murah Berkualitas Terbaik Banner 6a2e9

12 Laptop Core i5 Murah Berkualitas Terbaik di 2020, Mulai 3 Jutaan!

Laptop Core I7 Murah Terbaik 2020 Banner D0ebe

10 Laptop Core i7 Termurah dan Terbaik di 2020 | Spek Garang Harga Mulai 4 Jutaan!

Laptop Gaming Murah Banner A9367

13 Laptop Gaming Murah Terbaik 2020, Harga Mulai 5 Jutaan Main GTA V Auto Lancar!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal