Kumpulan 50+ Pantun Teka-Teki Lucu dan Jawabannya, Kocak dan Bikin Mikir!

Pantun teka-teki lucu beserta jawabannya merupakan kombinasi antara pantun yang kreatif dan teka-teki yang kocak. Siapapun yang melakukannya dijamin bisa jadi pusat perhatian, deh.

Bermain adu pantun juga bisa jadi pencair suasana. Misalnya saja kamu lagi kumpul bareng sepupu. Daripada main Mobile Legends, mending cobain adu pantun biar lebih seru.

Pantun sendiri merupakan salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal di Nusantara. Pantun biasanya terdiri atas 2 - 4 baris dan memiliki rima a-b-a-b.

Nah, jenis pantun juga banyak, geng. Mulai dari pantun lucu, pantun gombal, pantun singkat, dan pantun romantis. Namun, kali ini Jaka mau kasih tau kamu beberapa pantun teka-teki dan maknanya.

Penasaran? Yuk, simak kumpulan pantun teka-teki lucu bikin ngakak dari Jaka berikut ini!

1. Pantun Teka-Teki Hewan

1 13efa

Tebak-tebakan hewan memang udah biasa banget. Makanya, kamu bisa coba kasih pantun teka-teki hewan yang telah Jaka himpun dari beragam sumber berikut ini.

Pantun teka-teki yang sulit dijawab ini juga lucu banget, lho. Penasaran, kan? Simak saja berikut ini, geng!

  • Jalan-jalan ke Ciracas

    Jangan lupa membeli padi

    Jika engkau memang cerdas

    Binatang apa tanduk di kaki?

    Jawaban: Ayam Jantan.

  • Tolonglah orang tanpa pamrih

    Itulah kebijakan yang nyata

    Berbaju loreng-loreng hitam putih

    Punya empat kaki mirip kuda

    Jawaban: Zebra.

  • Ke Batu membeli ketan

    paling enak yang warna hitam

    Kalau siang mata tak kelihatan

    kalau malam matanya tajam

    Jawaban: Burung Hantu.

  • Beni sedang menari khas Dayak

    Di bawah langit yang sekarang mendung

    Ayo coba kamu menebak

    Hewan apa yang hidungnya bertanduk?

    Jawaban: Badak.

  • Sawah luas sungguh indahnya

    Banyak ditemui di pedesaan

    Punya ekor ditaruh kepala

    Hewan apakah gerangan?

    Jawaban: Gajah.

  • Awas jatuh nanti luka

    Kalau parah perlu diperban

    Jika kamu dapat menerka

    Hewan apa yang bercapit di tangan?

    Jawaban: Kepiting.

  • Melihat bintang di langit kelam

    Adapun bulan tertutup abu

    Apa binatang darahnya hitam

    Janggut delapan tulangnya satu?

    Jawaban: Cumi-Cumi.

  • Pergi bermain ke rumah Tanti

    Sore-sore bermain bersama Mamat

    Jika kamu bisa tebak ini

    hewan apa yang rambutnya lebat?

    Jawaban: Singa.

  • Wanita suka dandan

    Penuh dengan reka-reka

    Lebar kepala daripada badan

    Cobalah terka?

    Jawaban: Ikan Pari.

  • Jikalau tuan tajuk cendana

    Ambil gantang sukatkan pulut

    Jikalau tuan bijak bijaksana

    Binatang apa tandung di mulut?

    Jawaban: Nyamuk.

  • Anak-anak main gasing

    Gasing milik Abah Rudi

    Binatang ini berpinggang ramping

    Jika menggigit sakit sekali

    Jawaban: Semut Rangrang.

  • Sang paman pergi bersama bibi

    Duduk bersama melihat pagar

    Yang mengejar tidak punya kaki

    Yang dikejar tidak punya ekor

    Jawaban: Ular.

2. Pantun Teka-Teki Lucu & Jenaka

2 92be8

Pengen bikin tongkrongan makin asyik? Biar gak garing, Jaka punya beberapa pantun teka-teki lucu dan jenaka, nih, geng.

Pantunnya keren, jawabannya lebih keren lagi. Temen-temen kamu pasti gak nyangka dan bakal ngakak terpingkal-pingkal, deh.

Check it out!

  • Pergi ke pasar membeli tahu

    Makan sepiring minum segelas

    Kalau kamu memang tahu

    Apa yang hijau-hijau angka sebelas?

    Jawaban: Ingus.

  • Warna cerah warna biru

    Warna kesukaan milik Sanya

    Tak kerja sudah mampu

    Siapa binatang yang sangat kaya?

    Jawaban: Beruang.

  • Mencari ikan di tengah kali

    Memakai umpan berupa cacing

    Badannya saling luas sekali

    Benyak bulunya dan tidak berdaging

    Jawaban: Karpet.

  • Rusa kecil namanya kijang

    Duduk sendiri hanya termenung

    Tali apa yang paling panjang

    Bisa melewati dua gunung

    Jawaban: Kaos Kutang.

  • Nendang bola ke arah gawang

    Supporternya ada bobotoh

    Lihat ular di kebun binatang

    Kadal apa yang ada toko?

    Jawaban: Kadaluarsa.

  • Bersama-sama belajar yoga

    Agar badan sehat selalu

    Matanya empat kakinya tiga

    Jalan membungkung kulitnya layu?

    Jawaban: Kakek-kakek.

  • Ikan kecil berenang saja

    Kambing putih memakan rumput

    Yang punyanya tenang saja

    Orang lain yang malah ribut

    Jawaban: Kentut.

  • Makan enak pake rebung

    Minum madu dari lebah

    10 orang memakai satu payung

    Mengapa tak satupun yang basah?

    Jawaban: Karena gak hujan.

  • Ialah Figa sang pemberani

    Rumahnya ada di goa batu

    Mataku tiga berwarna-warni

    Tak punya tangan kaki pun satu?

    Jawaban: Lampu Lalu Lintas.

  • Kota Malang, kota Garut

    Jangan lupa Pangkal Pinang

    Kalau datang, kamu cemberut

    Kalau hilang, kamu senang

    Jawaban: Guru Galak.

  • Siapapun ingin jadi orang senang

    Kecuali yang mau selalu hidup susah

    Semua pasti basah jika ikut berenang

    Orang apa yang rambutnya tidak basah?

    Jawaban: Orang Botak.

  • Manis sekali buah kurma

    Kurma buah tanpa cacat

    Becak cantik karena cat berganti warna

    Becak apa yang tak bisa di cat?

    Jawaban: Becak Hilang.

3. Pantun Teka-Teki Cinta

3 97c32

Pengen kasih tebak-tebakan romantis buat pacar? Coba aja pake pantun teka-teki cinta berikut ini. Katanya, sih, pasangan yang humoris bakal bikin hubungan lebih awet, geng.

Biar makin seru, pantun teka-teki cinta ini juga ada balasannya, lho. Kamu jadi bisa makin akrab sama pasanganmu, deh!

Berikut ini adalah beberapa pantun teka-teki cinta romantis yang dijamin bikin doi klepek-klepek. Gak percaya? Makanya cobain dulu, geng!

  • Kain ulos kain satin,

    Anak manis kenapa meringis.

    Duduk bersanding jadi pengantin,

    Tapi kenapa mata menangis?

    Balasan:

    Naik delman duduk di kanan,

    Banyak orang senang tertawa.

    Bersanding indah di pelaminan,

    Mata menangis karena bahagia.

  • Kalau menanam pohon randu,

    Jangan dekat dengan batu.

    Kalau jauh merasa rindu,

    Kalau dekat hati tak menentu.

    Balasan:

    Kain basah di atas batu,

    Pergi ke mekah naik onta.

    Kalau sudah ada rasa itu,

    Itulah tanda jatuh cinta.

  • Sungguh harum bunga melati,

    Air dimasak hingga mendidih.

    Malam pengantin sudah terlewati,

    Tapi kenapa masih bersedih.

    Balasan:

    Dari mana manusia berasal,

    Dari tanah zaman dahulu.

    Bersedih karena dia menyesal,

    Tau enak mending kawin dari dulu.

  • Jalan-jalan beli tahu

    Sekalian pergi kondangan

    Penyayang penyabar kepadaku

    Siapakah gerangan?

    Balasan:

    Ke pasar membeli sepatu

    Pergi ke sana sambil cengtri

    Eh abang masa gak tau

    Jawabannya adalah istri

  • Paman Isra sedang sakit

    Sakit perut sungguh kasihannya

    Pasangan selingkuh hatipun sakit

    Ingin diobat, apa obatnya?

    Balasan:

    Cari makanan di jalan Sabang

    Yang jualan cantik ku jadi malu

    Sini neng pacaran sama abang

    Dijamin neng bahagia selalu.

4. Pantun Teka-Teki Sulit

4 55b46

Menguji kecerdasan orang tentu banyak caranya. Mulai dari yang serius seperti tes IQ atau yang lebih santai seperti tebak-tebakan.

Nah, kali ini Jaka mau membagikan beberapa pantun teka-teki sulit yang bisa bikin orang garuk-garuk kepala. Jawabannya juga kocak-kocal, lho.

  • Ke kebun panen kentang

    Pulangnya membeli putu

    Punya daun, tak punya batang

    coba tebak apakah itu?

    Jawaban: Pintu.

  • Mukamu kok sangat suram

    Jangan-jangan sedang susah

    Masih kecil bajunya hitam

    Sudah besar bajunya merah

    Jawaban: Cabai Merah.

  • Terjebak hujan di taman mini

    Membuat baju jadi basah kuyup

    Coba tebak barang apa ini

    Saat dipegang mati dilempar hidup

    Jawaban: Gasing.

  • Anak nakal namanya Tedi

    Tedi gagah juga bernyali

    Hilang akal berhutang budi

    Apa buah yang tak bertangkai

    Jawaban: Buah Hati.

  • Perut ini lapar sekali

    Ingin ke pantai makan kerang

    Menemukan ia sulit sekali

    Sekali bertemu malah dibuang

    Jawaban: Upil.

  • Mendengar ibu sedang masak

    Ternyata masak kue panggang

    Kalau kamu pintar menebak

    Ular apa yang ada di pinggang?

    Jawaban: Ikat Pinggang.

  • Banyak sekali tentara sekutu

    Susah hidup saling menggerutu

    Badannya lurus matanya satu

    Ekornya tajam apakah itu?

    Jawaban: Jarum.

  • Ke kebun bertemu katak

    Jalan lagi bertemu ular

    Jika kamu mampu menebak

    Buah apa yang bijinya di luar?

    Jawaban: Jambu Mete.

  • Ke rumah sakit bersama enyak

    Niatnya periksa gigi

    Dua tiang anaknya banyak

    Sanggup menjangkau tempat yang tinggi

    Jawaban: Tangga.

  • Gadis cantik bertopi baret

    Cantiknya seperti bunga mekar

    Putih-putih duduk berderet

    Di luar tebing di dalam pagar

    Jawaban: Gigi.

  • Mendengar adzan berkumandang

    Mengobati sakit pening

    Bentuk buahnya seperti bintang

    Jika matang berwarna kuning

    Jawaban: Belimbing.

  • Pagi-pagi ke tempat gadai

    niatnya ingin menggadai cincin

    Jika kamu mengaku pantai

    Apa kesamaan KTP dan telur asin?

    Jawaban: Sama-sama pakai stempel.

5. Pantun Teka-Teki Jarjit

5 084db

Siapa sih yang gak kenal dengan tokoh jenaka satu ini? Diperkenalkan lewat serial kartun Malaysia Upin Ipin, Jarjit sering banget mengeluarkan pantun yang mengocok perut.

Meskipun gak seperti tebak-tebakan di atas, pantun teka-teki Jarjit berikut ini cocok banget buat main sindir-sindiran sama temen atau pacar.

Yuk, cek di sini!

  • Dua tiga bunga raya

    Kamu bukan kawan saya.

  • Dua tiga burung kenari

    Apa hajat tuan hamba kemari?

  • Dua tiga burung kenari

    Saya tidak mengerti.

  • Dua tiga baju merah

    Selamat tahun baru Hijriyah.

  • Dua tiga kucing berlari

    Dua singgit mana nak cari.

  • Dua tiga bulu tangkis

    Kalau kalah jangan menangis.

  • Panda tempang pergi berlayar

    Pandai hutang tak pandai membayar.

  • Dua tiga main gasing

    Ini kan Jarjit Singh.

  • Dua tiga nenek kebayan

    Lihat mei-mei kasihan.

  • Dua tiga kapal terbang

    Lanun mana yang paling garang?

  • Pergi ke kedai beli barang

    Kak Ros lah yang paling garang.

  • Dua tiga kucing saleh

    Tak boleh.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai pantun teka-teki lucu beserta maknanya. Semoga kumpulan pantun di atas bisa bikin kamu jadi pusat perhatian ya, geng.

Dari sekian banyak pantun teka-teki lawak di atas, manakah yang jadi favoritmu? Tuliskan jawabannya di kolom komentar. Kalau mau nambahin juga boleh banget, kok!

Sampai jumpa lagi di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Kata Kata Buat Mantan D4550
100+ Kata-kata Buat Mantan Tersayang, Biar Nyesel dan Minta Balikan!
Kata Kata Fiersa Besari 5f582
100+ Kata-Kata Mutiara Fiersa Besari, Sobat Kopi & Senja Kumpul!
Kata Kata Raditya Dika 11fb7
Kumpulan 100+ Kata-kata Raditya Dika Tentang Cinta | Awas Bikin Baper!
Kata Kata Gamers 5c772
25+ Kata-Kata Gamers Menarik Untuk Status Medsos | Bisa Buat Gombalin Pacar!
Kata Kata Ali Bin Abi Thalib 7632f
50+ Kata-kata Ali bin Abi Thalib, Bikin Caption Medsos Kamu Jadi Bijak
Tags Terkait: Teka-teki
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal