GILA, Chatbot Sekarang Jadi Tren Bisnis Baru Lho!

12 September 2017

Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Beragam hal yang awalnya tidak kita sangka bisa hadir di dunia ini, kini sudah menjadi kenyataan. Bahkan, satu dari inovasi tergila saat ini adalah chatbot. Apa itu chatbot? Chatbot adlaah suatu program berbasis kecerdasan buatan yang mampu mensimulasikan percakapan dengan manusia.

Nah, salah satu aplikasi yang sudah menerapkan fitur chatbot ini adalah LINE. Benar, LINE yang sudah memiliki lebih dari 90 juta pengguna smartphone di Indonesia, menjadikan aplikasi ini sangat tepat untuk menerapkan fitur chatbot tersebut. Memang, bisnis yang seperti apa ya?

GILA, Chatbot Sekarang Jadi Tren Bisnis Baru Lho!

line-chatbot-1

Banyak pelaku bisnis yang menerapkan chatbot untuk meningkatkan pelayanannya. Apabila kamu adaalah pelaku bisnis, maka biasanya jika kamu ingin membuat aplikasi itu membutuhkan modal sekitar Rp 667 jutaan hingga Rp 13,3 milyar, dan ini belum termasuk biaya pemasaran lho. Makanya, itu alasannya kenapa chatbot berperan penting sebagai solusi layanan yang praktis untuk pengguna.

Banyak bisnis ternama di Indonesia yang sudah menggunakan chatbot. Maka dari itu, LINE memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan startup kecerdasan buatan bernama Kata.ai, bersama dengan Unilever untuk memperkenalkan chatbot bernama Jemma. Jemma dibuat untuk menjawab pertanyaan seputar busana, berita, dan tips kesehatan.

line-chatbot-2

Selain itu, LINE juga memfasilitasi chatbot VIRA dari BCA melalui akun resminya di LINE. Sehingga, nasabah BCA mampu mendapatkan layanan serupa dengan mobile banking, mutasi rekening, hingga daftar kartu kredit. Wow, keren banget ya fitur satu ini?

Apakah kamu tahu chatbot apa yang cukup sukses di LINE? Ya, itu adalah Teman Jalan, dimana itu merupakan sebuah platform berbagi kendaraan berbasis chat untuk pelajar. Saat mulai berfokus pads LINE, Teman Jalan sudah mendapat peningkatan jumlah hingga 5 kali lipat lho, brader. Bahkan, sampai sejauh ini, Teman Jalan sudah berhasil menembus angka 31.100 perjalanan.

LINE Creative 2017

Maka dari itu, LINE ingin membangun ekosistem chatbot di tanah air dengan mengadakan LINE Creativate. Itu merupakan kompetisi unjuk kreativitas digital yang mencakup berbagai industri. Eits, ada hadiahnya lho. Lomba pengembangan teknologi chatbot ini berhadiah dengan total sebesar Rp 120 juta. Oh ya, ajang kompetisi ini juga didukung oleh Dicoding, dan 50 juara harapan nantinya akan mendapat 2.000 poin dari Dicoding yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah pada platform tersebut. Menarik bukan?

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti ajang dari LINE? Oh ya, LINE sudah mengadakan roadshow ke lebih dari 10 kota lho untuk promosi akun LINE dan mengedukasi developer tentang pengembangan chatbot di LINE. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait LINE atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar