Inilah Klarifikasi Antara BBM dan Emtek Soal Kerja Sama Mereka!

Default

Kalian pasti sudah pada tahu kan kalau perusahaan telekomunikasi global, BBM menjalin kemitraan dengan perusahaan Indonesia ternama, Emtek? Nah, setelah dua bulan berjalan sejak keduanya mengumumkan kemitraan strategis, saat ini baik emtek dan BBM sedang disibukkan dengan proses transisi.

Namun, kedua perusahaan tersebut merasa perlu memberikan penjelasan serta meluruskan pemberitaan yang beredar. Pasalnya, terdapat dua hal simpang siur yang beredar di media terkait kerja sama BBM dan Emtek ini.

BACA JUGA
  • BBM Kolaborasi Dengan Pembuat Game Asal Korea Selatan

Inilah Klarifikasi Berita Simpang Siur Soal Kerja Sama Mereka

Kerja Sama Jangka Panjang

Emtek Bbm1

Hal pertama yang ingin diklarifikasi di sini yaitu mengenai adanya kesimpangsiuran berita terkait istilah yang digunakan dalam perjanjian antara BBM dan Emtek yang dilaporkan bernilai US$207,5 juta untuk jangka waktu enam tahun. Hal tersebut memberi kesan seolah-olah kemitraan mereka akan berakhir setelah enam tahun, dan itu tidaklah tepat.

Kebenarannya adalah Emtek dan BlackBerry telah menandatangani perjanjian kerja sama jangka panjang. Kedua perusahaan ini melihat kesempatan besar untuk menumbuhkan bisnis konsumen BBM, tidak hanya di Indonesia, namun juga secara global. Emtek sangat tertarik untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan yang diperlukan untuk menyajikan lebih banyak konten dan layanan untuk BBM, menjadikannya sebagai aplikasi paling berguna pada smartphone kamu.

Patut dicatat, mereka baru saja meluncurkan layanan top-up pulsa tanpa dikenakan biaya tambahan dan beberapa fitur layanan pembayaran melalui BBM Checkout. Di samping itu, BBM dan Emtek juga menjalin kemitraan dengan NEOWIZ GAMES Corp untuk menyediakan BBM Game Center terbaru.

Emtek Bbm3

Tak hanya itu, BBM dan Emtek telah membentuk sebuah perusahaan baru sebagai anak usaha KMK Online, unit konten digital milik Emtek, untuk mengoperasikan BBM. Mereka juga telah mendirikan sebuah kantor di Toronto agar Emtek dapat bekerja sama secara intensif dengan BlackBerry. Selain itu, kemitraan di antara keduanya terjalin semakin serius dengan keberadaan tim Emtek di Kanada (Waterloo, Mississauga, dan Otawa), Singapura, Jakarta, Uni Arab Emirat dan Afrika Selatan. Jelaslah bahwa Emtek tidak akan hengkang hanya setelah beberapa tahun.

Kepemilikan BBM

Emtek Bbm2

BBM dan Emtek juga ingin mengklarifikasi terkait beberapa media yang melaporkan bahwa BBM telah 100% dimiliki Indonesia. Meskipun benar bahwa Emtek telah memiliki lisensi untuk perangkat lunak BBM beserta hak milik intelektualnya (IP), dan akan mengoperasikan platform tersebut secara global, serta mengembangkannya untuk pasar konsumen Indonesia, BlackBerry juga akan terus mengembangkan platform tersebut untuk dunia usaha melalui BBM Protected.

Diakui Emtek bahwa mereka sangat antusias mengenai kemitraan jangka panjang ini. BBM sangatlah populer di Indonesia dan kini Emtek memiliki peluang untuk mengembangkannya sebagai platform mobile yang akan memberdayakan ecommerce dan bisnis lain. Banyak bisnis skala kecil di Indonesia memanfaatkan BBM untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

BBM menjadi aplikasi yang lebih berguna bagi merchant offline apalagi sejak ditambahkan fitur pembayaran. Dengan BBM merchant offline seperti restoran dan rumah sakit, memungkinkan pengguna untuk mengatur proses pendaftaran pasien, pemesanan tempat (reservasi), melakukan pembayaran dan banyak lagi.

Bbm Icon
BlackBerry Messenger
Apps Social & Messaging BlackBerry
DOWNLOAD

Menjadikan BBM sebagai pusat dunia mobile sangatlah masuk akal. Visi Emtek adalah untuk menghubungkan para konsumen saling terhubung, baik dengan sesama pengguna maupun dengan merchant, dan juga untuk mengombinasikan gudang data dan pada saat yang sama meningkatkan kemampuan kecerdasan artifisial (AI) untuk menyediakan konten BBM bagi pengguna dengan lebih baik lagi. Ini semua berkaitan dengan bagaimana menciptakan sebuah ekosistem mobile yang mumpuni. Namun, tentunya hal tersebut tidak dapat terwujud dalam satu malam, karena itulah Emtek dan BBM berkomitmen untuk menjalin kemitraan jangka panjang.

ARTIKEL TERKAIT
Hp Murah Berkualitas 24b1a
10 HP Murah Terbaik & Berkualitas 2021, Spek Tinggi Harga Murah!
APPS TERKAIT
Bbm Icon
BlackBerry Messenger
Apps BlackBerry
Blackberry Launcher Icon
Blackberry Launcher 1.0.0.3861_V4
Apps Xaiux
Blackberry Keyboard Icon
BlackBerry Keyboard 1.0.1.3168_V5
Apps Blackberry
Blackberry Services Icon
BlackBerry Service 1.1.0.29142
Apps Blackberry
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal