Spesifikasi & Harga Alva One, Motor Listrik Gambot Canggih Buatan Indonesia!

Default

Alva One semakin menambah pilihan motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang ingin beralih dari kendaraan bertenaga konvensional. Merek motor listrik ini membawa segudang teknologi dan fitur canggih.

Daya tarik sepeda motor listrik ini semakin bertambah, karena diketahui sebagai karya anak bangsa. Dibesut oleh PT Ilectra Motor Group (IMG), motor listrik yang satu ini merupakan produksi lokal di Cikarang, Jawa Barat.

Motor listrik yang meluncur perdana pada ajang GIIAS 2022 ini dibekali baterai berkapasitas 60 V 2,7 kWh dengan waktu pengecasan 4 jam hingga terisi penuh. Daya tahan baterai ini membuat Alva One bisa mencapai jarak maksimal hingga 70 km.

Penasaran tentang sepeda motor ramah lingkungan ini? Simak spesifikasi dan harga motor listrik Alva One 2022 berikut!

Tentang Alva One

Spesifikasi Mesin Motor Listrik Alva One
Sumber foto: Motor1 - Motor Listrik Alva One

Alva One adalah sepeda motor listrik full electric vehicle (EV) dengan tampilan desain bergaya urban yang sekilas mirip Honda PCX. Motor listrik ini menjadi produk pertama IMG yang diproduksi di Cikarang.

Diproduksi dan dipasarkan oleh PT Ilectra Motor Group (IMG), Alva One hadir sebagai motor listrik yang memahami kebutuhan konsumen Indonesia. Sebagai pemain baru, merek ini pun siap bersaing dengan pendahulu seperti motor listrik Gesits.

Pengembangan motor listrik ini sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2020 dengan fitur utama Alva mobile APP. Fitur ini memungkinkan perangkat ponsel pintar pemilik terkoneksi dengan motor Alva One mereka.

Menariknya, produsen menggandeng desainer ternama, Massimo Tartarini (President & CEO of ITALJET) dalam pembuatan motor ini. Air intake dan swing arm yang dihadirkan jadi bagian trademark atau desain spesial untuk Alva One.

Terkait kehadiran motor listrik ini di pasaran otomotif nasional, pihak IMG mengklaim bahwa mereka mampu memproduksi Alva One sebanyak ratusan ribu unit per tahun.

Desain Motor Listrik Alva One

Desain Motor Listrik Alva One
Sumber foto: momotor.id - Motor Listrik Alva One

Sentuhan European Styling diberikan terhadap Alva One agar terlihat modern dan kekinian. Jadi, jangan heran jika banyak penggemar otomotif yang menyebut motor listrik ini kental dengan nuansa Italia.

Alva one mengusung desain sporty layaknya skutik besar ala Eropa yang saat ini tengah menjadi tren di Tanah Air. Meski sekilas bongsor, bodi motor ini tetap lebih ramping dibanding sebut saja Yamaha NMAX atau Honda PCX.

Desain Alva One memang ditargetkan untuk konsumen urban mobility. Alhasil, motor ini dirancang menggunakan hub drive motor, alias tidak memakai drive belt.

Motor listrik baru ini hadir dengan lima pilihan warna, yaitu Supernova Black, Halo White, Casual Blue, Indie Red, dan Edgy Turqoise. Jadi, para peminat bisa menyesuaikan selera berdasarkan pilihan warna tersebut.

Spesifikasi & Mesin Motor Listrik Alva One

Posisi motor dinamo yang terletak di roda belakang memungkinkan pemberian tenaga langsung dari motor dinamo ke roda tanpa menggunakan transmisi. Motor listrik ini punya daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Sementara baterai motor berkapasitas 60V/45Ah diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh yang cukup jauh, yakni sekitar 70 km dalam kondisi penuh. Selain itu, pengisian baterai juga dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Detail Alva One
Dimensi 1.960 x 755 x 1.200 mm
Baterai Lithium, 60V45Ah
Torsi Maksimum 46,5 Nm
Kecepatan Maksimum 90 km/jam
Jarak Tempuh 70 km
Waktu Pengecasan 4 jam

Fitur Unggulan Motor Listrik Alva One

Cara Beli Motor Listrik Alva One 2022
Sumber foto: Alva One - Cara Beli Motor Listrik Alva One

Ada banyak fitur menarik seperti penggunaan sistem pencahayaan LED atau tiga mode berkendara yang dibawa motor listrik ini. Fitur-fitur ini hadir dengan cara penggunaan yang mudah untuk pemula sekalipun.

Sebelum kamu membelinya, kamu tentu harus ketahui dulu apa saja fitur-fitur unggulan yang ada pada motor ramah lingkungan yang satu ini. Beberapa fitur yang ada di motor ini tidak akan bisa kamu temukan di motor konvensional.

Berikut fitur unggulan motor listrik Alva One:

1. Mode Berkendara

Terdapat tiga mode berkendara yang dihadirkan dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan saat di jalan. Ketiga mode berkendara tersebut di antaranya Eco Mode, Cruise Mode, dan E-Sport.

  • Eco Mode: pengaturan dengan kecepatan puncak 43 km per jam saja.
  • Cruise Mode: pengaturan dengan kecepatan puncak 70 km per jam.
  • E-Sport: performa maksimal dengan kecepatan puncak mencapai 90 km per jam.

2. Konektivitas

Mengingat saat ini kita menjalani gaya hidup yang tidak terlepas dari penggunaan smartphone, Alva menghadirkan konektivitas dengan aplikasi yang bisa digunakan pemilik.

Para pemilik kendaraan ini dapat menyalakan dan mematikan motor dari smartphone. Selain itu mengaktifkan fitur lainnya seperti bike sharing access, GPS locator & tracker, Alva Roadside Assistance, dan banyak lagi.

3. Layanan Darurat

Alva juga menghadirkan Alva Roadside Assistance atau layanan darurat 24 jam jika pengguna mengalami kendala saat di perjalanan, seperti baterai habis di jalan.

Pengendara hanya perlu menelepon ke nomor hotline dan menjelaskan permasalahan. Kemudian pengendara cukup menunggu di lokasi hingga petugas datang memberikan solusi baterai pengganti.

Jarak Tempuh & Daya Tahan Baterai Alva One

Jarak tempuh maksimal dan daya tahan baterai adalah salah satu kemampuan paling penting dari kendaraan listrik, termasuk pada Alva One. Pabrikan mengklaim jarak tempuh motor listrik ini bisa mencapai 70 km dengan kecepatan maksimum 90 km.

Sementara untuk baterai yang digunakan sudah berjenis lithium dengan kapasitas 60 V 2,7 kWh. Baterai ini menjadi sumber tenaga bagi motor listrik ini dengan tenaga 4 kW dan torsi 46,5 Nm.

Proudusen Alva One juga sudah menyediakan portable charger 70,5 V 15 A yang menjanjikan durasi pengecasan hingga penuh dalam waktu sekitar 4 jam. Proses pengisian daya ini dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Alva One sebenarnya menyediakan sistem pembelian baterai tambahan jika dibutuhkan dengan harga berkisar Rp7-10 jutaan. Dengan dua baterai yang terpasang, motor listrik ini bisa menempuh jarak dua kali lipat, yakni 140 km.

Harga Motor Listrik Alva One 2022

Sebagai pemain baru kendaraan ramah lingkungan asli buatan anak bangsa, banyak yang pastinya penasaran dengan banderol dari motor listrik ini. Melihat teknologi dan fitur canggih yang dibawa, motor ini ternyata dipatok tak jauh beda dengan skutik konvensional serupa.

PT Ilectra Motor Group (IMG) telah menetapkan bahwa harga motor listrik Alva One dibanderol sekitar Rp34,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Saat ini, pembelian motor ini menggunakan sistem pre-order.

Cara Beli Motor Listrik Alva One 2022

Motor Listrik Alva One ditawarkan dengan harga Rp34.990.000 on the road (OTR) Jakarta dan bisa dibeli secara tunai maupun kredit. Saat ini, kamu bisa melakukan pemesanan atau pre-order motor listrik ini melaui situs resminya di https://www.alvaauto.com/.

  1. Buka browser dan ke situs Alva One.
  2. Klik tombol PRE-ORDER NOW.
  3. Pilih warna unit Alva One.
  4. Klik tombol Continue.
  5. Masukkan nomor ponsel untuk verifikasi.

Untuk skema uang muka rendah Rp1 juta, maka angsurannya adalah Rp3.720.00 untuk tenor 12 bulan. Sedangkan untuk tenor 24 bulan sebesar Rp2.235.354 dan tenor 36 bulan menjadi Rp1.696.538.

Jika memilih DP lebih besar, misal Rp6.000.000 maka angsurannya adalah Rp3.192.984 selama 12 bulan, kemudian untuk tenor 24 bulan sebesar Rp1.924.600, dan jika pilih tenor 36 bulan sebesar Rp1.465.149.

Sementara DP paling besar yakni Rp20.000.000, maka angsurannya Rp1.711.318 untuk tenor 12 bulan, kemudian sebesar Rp1.054.187 untuk tenor 24 bulan, dan Rp817.260 jika memakai tenor 36 bulan.

Nah, pemesanan motor yang satu ini sudah dibuka sejak Agustus 2022 lalu. Namun buat kamu yang sudah memesannya, IMG mengatakan kalau Alva One sudah siap dikirimkan ke konsumen mulai bulan November ini.

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap tentang Alva One yang menjadi merek motor listrik terbaru buatan Indonesia. Sebagai pemain baru, kehadiran Alva One tentu menyumbang kontribusi untuk perkembangan kendaraan listrik Tanah Air.

Buat kamu yang merasa belum sanggup memboyong mobil listrik karena banderolnya dirasa masih sangat mahal, motor listrik satu ini bisa menjadi alternatifnya. Tertarik? Kamu sudah mulai bisa melakukan pre-order saat ini!

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal