J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Tips Bikin Tim eSports Sendiri, Bisa Sekelas EVOS dan RRQ

Senin, 3 Mei 2021, 13:00 WIB
Ingin sukses membuat tim eSport seperti EVOS atau RRQ? Ikuti tipsnya!

Jika diminta untuk menyebutkan tim eSports di Indonesia, tentu banyak yang menjawab EVOS Esports atau Rex Regum Qeon (RRQ).

Ada proses dan perjuangan yang panjang hingga EVOS dan RRQ dinobatkan sebagai salah satu tim eSports terbaik di Indonesia.

Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa mengikuti jejaknya. EVOS Esports sendiri baru berdiri pada tahun 2016 lalu, sementara RRQ sudah lebih dulu merintis di tahun 2013.

Artinya, tak perlu waktu satu dekade bagi EVOS dan RRQ untuk meraih kejayaannya. Lantas, apakah kamu mulai tertarik untuk mendirikan tim eSports juga?

Jika kamu tertarik, berikut ini Jaka memberi 5 tips buat kamu yang mau mendirikan tim eSports sendiri. Let's check it out!

1. Punya Jiwa Wirausaha

Jiwa Wirausaha 1 6f7a2

Tips pertama untuk terjun di industri eSports yang kini tengah berkembang secara global, tentu saja kamu harus punya jiwa wirausaha.

Membentuk tim eSports ini seperti sebuah investasi, ada modal yang harus dikeluarkan, proses dalam mengelola atau manajerial, lalu menikmati hasilnya di kemudian hari.

Namun, unsur yang paling penting dalam memulai wirausaha, pastikan produk yang kamu kelola ialah hal yang kamu senangi.

Jika mau bikin tim eSports, pastikan kamu memang punya ketertarikan di dunia game, sehingga kamu lebih mudah saat mengelola dan bisa menikmati proses demi prosesnya.

Jika kamu sudah punya bekal ini, tunggu apa lagi, segera bentuk tim eSports kamu sendiri!

2. Awali dengan Tim Kecil

Tim Kecil 1 9df64

Saat pertama kali berkecimpung di industri eSports, kamu tidak perlu membakar habis uangmu dan membentuk tim yang besar. Awali dengan tim kecil saja.

Asal dikelola dengan manajerial yang baik dan memiliki hubungan harmonis dengan para pemain, tim kecil juga mampu sukses.

Jika perputaran uangmu bagus, para pemain juga bisa tampil sepenuh hati dan membawa prestasi, bahkan bisa memberi rekomendasi siapa pemain potensial yang layak dikontrak.

Seiring waktu, tim amatir yang kamu bentuk bakal berkembang jadi lebih besar, hingga semakin dikenal publik di kancah regional.

Sebagai catatan, kamu juga tidak harus fokus ke scene kompetitif pria saja, karena saat ini industri eSports ladies juga mulai berkembang dan punya peluang besar.

3. Pilih Game Populer

Game Populer 1 F7a43

Salah satu unsur penting lainnya saat kamu pertama kali membentuk tim eSports ialah dengan membuka divisi game yang populer.

Khususnya di Indonesia, kamu bisa merilis divisi yang memiliki kompetisi berjenjang, mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, bisa juga Valorant atau eFootball.

Game tersebut umumnya memiliki wadah untuk berkompetisi mulai dari level regional, nasional, bahkan internasional. Tak jarang, tim amatir yang berprestasi bisa diakuisisi oleh tim besar seperti EVOS dan RRQ.

4. Rajin Ikut Turnamen Lokal

Turnamen Lokal 1 5103e
Nah, kalau sudah terbentuk skuat yang solid, kamu harus rajin mengirim perwakilan tim kamu ke berbagai turnamen eSports lokal.

Semakin rajin berkompetisi, semakin besar peluang kamu buat membaca kualitas tim lawan, dan tetap berikan evaluasi untuk tim sendiri, hingga akhirnya meraih trofi juara.

Dengan rutin ikut kompetisi, kamu juga bisa memiliki jejaring yang luas, lalu berkenalan dengan owner tim lain, pejabat setempat, bahkan bintang tamu yang umumnya ialah figur sukses di scene eSports nasional.

5. Branding di Media Sosial

Branding Sosmed 1 F02c1

Jika empat langkah di atas sudah dilakukan, maka lengkapi tim eSports kamu dengan branding yang kuat di media sosial. Jangan ragu buat merekrut social media specialist, karena hasil akhirnya tentu akan sepadan.

Kamu juga harus mengisi konten di media sosial dengan kreatif, tidak hanya memuat update tim dan pemain, tapi bisa juga diisi dengan kuis atau give away. Dengan begini, kamu lebih mudah menarik perhatian pasar.

Akhir Kata

Demikian 5 tips bikin tim eSports sendiri. Terus asah kemampuan kamu dan evaluasi apa saja yang sudah dilakukan untuk meraih prestasi dan popularitas di dunia eSports.

Upaya ini memang tidak instant dan perlu waktu bertahun-tahun untuk melakukannya. Namun jika kamu bisa konsisten, bukan tidak mungkin tim kamu bisa sekelas EVOS dan RRQ.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Mpl Week8 Da848
4 Pendatang Baru Paling Sukses di MPL Indonesia Season 7, Ada Jebolan EVOS dan RRQ
Cover Mpl Rehat 5e579
4 Pro Player yang Absen di MPL Indonesia Season 7, Bagaimana Nasib RRQ Hoshi?
Cover Evos Ferxiic Wannn D8b00
3 Alasan Ferxiic Harus Promosi ke EVOS Legends, Jadi Pengganti Wannn?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal