J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Project Rahasia Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

6 Project Rahasia Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

Minggu, 10 Des 2017, 14:00 WIB
Ternyata masih ada produk rahasia milik Google lainnya yang tak kalah canggih dan keren. Nih, Jaka kasih info mengenai 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui.

Saat ini Google sedang mengerjakan banyak hal, mulai dari produk baru hingga update dari sistem operasi Android. Di samping itu, Google juga tengah bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya dalam hal kebutuhan teknologi. Sebut saja Google Home yang bakal jadi pesaing Amazon Echo atau duo sosmed yakni Allo dan Duo yang diklaim bakal menghentikan eksistensi WhatsApp dan LINE di sektor sosial media.

Nah, selain produk-produk di atas yang mungkin sebagian besar dari kita telah ketahui, ternyata masih ada produk rahasia milik Google lainnya yang tak kalah canggih dan keren. Daripada basa-basi terlalu lama, langsung saja nih Jaka kasih info mengenai 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui. Cekidot!

BACA JUGA
  • 6 Fitur Rahasia Google Chrome di Android yang Jarang Dipakai
  • 4 Fakta Google Allo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!
  • 10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

6 Project 'Rahasia' Terkeren Dari Google yang Pasti Belum Kamu Ketahui!

1. Poject Jacquard

67ce6f982a9db9c0b2b535516bb87e80

Ada kalanya kita tidak bisa membawa atau menggunakan smartphone dalam kondisi tertentu, seperti ketika bersepeda atau berolahraga. Masalah seperti ini sebenarnya sudah diselesaikan lewat asisten pintar seperti Siri dan Google Now, namun tidak efektif.

Akhirnya, Google pun menciptakan Project Jacquard yang memungkinan kamu untuk mengendalikan ponsel lewat pakaian. Jadi benang yang digunakan nantinya akan terbuat dari 'kain pembaca gestur' yang bisa mengenali gesekan untuk memicu aktivitas pada ponsel kamu. Seperti memberi tanda atau pin pada maps hingga mengganti lagu hanya dengan menggesek atau menyentuh lengan baju saja.

2. Project Soli

E5960a6a62c3316e036f35b6cab4b12c

Project Soli merupakan teknologi radar terbaru yang memungkinkan seseorang mengendalikan objek melalui gerakan tangan. Contohnya, jika speaker kamu telah ditanamkan dengan chip Soli, maka kamu bisa mengganti lagunya lewat gestur tangan dari ruangan sebelah sekalipun.

Contoh lain, kamu bisa menggunakan ponsel atau smartwatch tanpa harus menyentuh layarnya. Soli menggunakan sensor radar yang akurat sebagai acuan sehingga tingkat sensitivitasnya menjadi sangat tinggi. Chip Soli sendiri hanya bisa mendeteksi gestur tangan dengan rentang 15 meter saja sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk perangkat rumahan.

3. Project Ara

Cd3c2fd55432c8c81b9b09ee2e5405c3

Google percaya bahwa kamu tidak perlu meng-upgrade keseluruhan perangkat hanya untuk mendapatkan kamera yang lebih baik. Nah, lewat Project Ara, Google merealisasikan hal itu.

Ara merupakan ponsel modular dari Google yang bisa dibongkar pasang seperti Lego. Jadi, ketika kamu ingin mengganti bagian seperti kamera, kamu hanya perlu membeli kamera baru lalu memasangnya dengan mudah layaknya puzzle. Sayangnya, fitur unik ini hanya berlaku untuk kamera, speaker, baterai, dan juga layar. Sementara komponen lain seperti RAM dan prosesor tidak bisa diganti.

4. Cube Painting Robot

F877b377bc91e89c1c8ebb10047516a0

Pada Google I/O 2016, Google memperlihatkan 'Cube Painting Robot' yang notabene merupakan robot yang bisa melukis sebuah kubus. Robot tersebut terlihat memegang kuas lalu mencipratkan cat warna-warni ala Jason Pollock.

Cipratan yang diciptakan tak sepenuhnya acak, sebab robot tersebut dikendalikan oleh seseorang melalui aplikasi pada smartphone. Hasilnya juga cukup indah untuk ukuran robot yang bisa melukis. Hingga kini, Google belum memberi info apakah project robot pelukis tersebut akan dijual secara massal atau tidak.

5. Scratch Code Languange

E62e1731fe9cbb7cffb7561537029cc8

Bekerja sama dengan MIT, Google memperkenalkan bahasa pemrogaman khusus anak-anak bernama Scratch yang dibuat berdasarkan kode pemrograman visual, **Google Blockly. Tujuan dari project ini adalah untuk mengajarkan bahasa pemrograman dengan lebih mudah ke anak-anak lewat blok visual vertikal maupun horizontal.

Dengan Scratch, pengguna bisa membuat berbagai macam hal seperti animasi, game, hingga software dengan sangat mudah tanpa memikirkan penulisan syntax. Saat ini, Scratch sudah bisa dinikmati bagi pengguna Windows, Mac OS, dan juga Linux.

6. Autonomous Android Vehicle

F00a28bb384d5a85ac151d6a65ed31b0

Setiap tahunnya, Google selalu menantang penggemarnya untuk menciptakan eksperimen Android yang menarik, dan salah satu yang hingga kini cukup menarik perhatian adalah Autoboth Android Vehicle milik Al Bencomo dari San Jose, California. Bencomo membangun sebuah robot android yang bisa mengenali, melacak, dan mengikuti benda berwarna saat bergerak di sebuah ruangan.

Bahkan, robot ini juga bisa menghindari rintangan yang ada di jalannya, berkat sensor IR. Meskipun saat ini kamu tidak bisa membeli robot bertenaga Android ini, setidaknya hal ini membuktikan bahwa ponsel Android bisa digunakan sebagai remote control untuk beberapa hal menakjubkan.

Itu tadi 6 project rahasia Google yang pasti belum kamu ketahui. Tidak semua bersifat rahasia memang, tapi kebanyakan tidak diketahui orang-orang awam. Beberapa project di atas juga masih dalam project pengembangan sehingga membutuhkan waktu ekstra untuk bisa meluncurkannya kepada publik. Dari 6 project tersebut, mana yang menurutmu harus segera dirilis? tulis di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Prediksi Harga Bitcoin 2018 Paling Akurat

Tembus Miliaran! Ini Prediksi Harga Bitcoin 2018 Paling Akurat

D14e4f5c2084a8c173596d0225c02d86

5 Easter Eggs Paling Absurd dalam Video Game

Aplikasi Anti Lemot

Ini Nih, 3 Aplikasi yang Bikin Smartphone Kamu Anti-lemot

11ad7fcb8e1e107b878527442bed036f

7 Momen Paling Menakutkan yang Pernah Ada Dalam Game Horor

Smartphone Tanpa Port Audio Jack

6 Smartphone Mahal Ini Malah Nggak Punya Port Audio Jack

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Avast Terbaru Standalone Icon
Avast Free Antivirus 2.1.1286.0
Apps Avast Software
Norton 2016 Icon
Norton AntiVirus 2016
Apps Symantec
Mobile Security Antivirus Icon
avast! Mobile Security and Antivirus
Apps Avast Software
Avira Free Antivirus Image Icon
Avira Free Antivirus 1.2.143.109
Apps Avira GmbH
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal