12 Tips Membeli Smartwatch yang Harus Kamu Ketahui

29 April 2017

Sebagai salah satu aksesori pendamping smartphone, wearable device menawarkan kamu berbagai macam bentuk dan kegunaan. Mulai dari fitness tracker, smartwatch, hingga baju dengan teknologi pintar. Bahkan, saat ini kamu bisa membelinya dengan harga cukup murah.

Sebelum kamu membeli smartwatch, tampaknya kamu harus tahu tips ini. Berikut Jaka kasih tahu 12 istilah teknologi tentang smartwatch beserta tips sebelum beli smartwatch.

Istilah dan Tips Membeli Smartwatch

Perangkat smartwatch saat ini tidak hanya menunjukkan waktu dan untuk berkomunikasi saja. Banyak fitur terbaru yang sudah ditanamkan. Berikut adalah beberapa tips beli smartwatch yang perlu kamu ketahui sebelum membeli perangkat wearable device ini.

1. Accelerometer

Accelerometer

Accelerometer merupakan sensor yang digunakan untuk mengukur akselerasi dan mendeteksi pergerakan saat kamu menggunakan smartwatch. Untuk melakukan pengukuran, sensor ini akan mengukur perubahan dari kecepatan dan posisi pengguna.

2. Fitness Tracker

Fitness Tracker

Smartwatch terkadang juga dilengkapi dengan fitur fitness tracker yang berfungsi untuk memonitor aktivitas sepanjang hari selama kamu memakainya. Fitness tracker terdiri dari berbagai macam sensor, misalnya pendeteksi langkah kaki, pengukur detak jantung, dan sebagainya.

3. NFC

Near Field Communication

NFC atau singkatan dari Near Field Communication adalah teknologi yang memungkinkan perpindahan data antara chip jika saling berdekatan satu sama lain.

Selain pada smartwatch, teknologi ini umumnya digunakan pada sarana transportasi atau sistem pembayaran cashless seperti Android Pay.

4. Gyroscope

Gyroscope

Jika kamu sering bermain Virtual Reality (VR) saat menggunakan smartphone, mungkin nggak akan asing dengan sensor gyroscope. Gyroscope adalah sensor yang digunakan untuk mengukur orientasi. Pada smartwatch, sensor ini mampu mengukur perubahan arah ataupun kecepatan rotasi.

Ini Dia 5 Smartwatch Murah Terbaik Harga Mulai Rp 100 Ribuan
Ini Dia 5 Smartwatch Murah Terbaik Harga Mulai Rp 100 Ribuan
Ini Dia 5 Smartwatch Murah Terbaik Harga Mulai Rp 100 Ribuan
Baca

5. Heart Rate Monitor

Heart Rate Monitor

Heart Rate Monitor alias sensor detak jantung akan memberikan kamu informasi berapa detak jantung tubuhmu per menitnya. Kebanyakan smartwatch menggunakan sensor detak jantung bertipe optical.

Sensor ini memiliki dua elemen, yakni sumber cahaya (light source) dan penerima cahaya (light sensor). Dengan menganalisis perubahan cahaya, sensor ini mampu menghitung detak jantung kamu.

6. SpO2

SpO2

SpO2 berfungsi untuk menghitung jumlah oksigen dalam darah. SpO2 adalah salah satu sensor yang berkaitan dengan heart rate monitor. Seperti pada wearable device milik Withings, SpO2 akan mengukur dengan menganalisis cahaya yang melewati bagian tubuh, karena jumlah oksigen dalam darah akan berpengaruh pada warnanya.

7. GPS

Global Positioning System

GPS atau Global Positioning System adalah sensor yang mengizinkan kamu untuk mengetahui lokasi dengan menggunakan berbagai satelit di angkasa. Sama seperti pada smartphone, GPS juga memperbolehkan kamu mengetahui lokasi secara real-time.

8. Pedometer

Pedometer

Pedometer atau step counter pada dasarnya adalah sensor yang berfungsi untuk menghitung jumlah langkah serta mengukur sejauh mana kamu melangkah dengan berjalan kaki. Pedometer sangat umum digunakan saat kamu beraktifitas, berolahraga, jalan santai, maupun berlari.

20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi
20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi
20 Ilustrasi Menyedihkan Tentang Kecanduan Manusia Terhadap Teknologi
Baca

9. Sleep Monitor

Sleep Monitor

Sleep monitor pada smartwatch memungkinkan kamu untuk menganalisis aktivitas saat tertidur, baik dalam segi durasi, kualitas, konsistensi, dan sebagainya. Untuk melakukannya, smartwatch akan mengombinasikan accelerometer, heart rate monitor, dan gyroscope untuk mendapatkan hasil.

10. Quantified Self

Quantified Self

Sama seperti sleep monitor, quantified self akan memperbolehkan kamu untuk mengukur kondisi psikologi pengguna dengan mengukur kandungan nutrisi tubuh, aktivitas fisik, dan pola tidur. Untuk mengukurnya dapat menggunakan wearable device dan smartphone.

11. Android Wear

Android Wear

Sebagai salah satu perangkat pintar, smartwatch tentu dilengkapi dengan sistem operasi. Android Wear adalah sistem operasi yang dibuat dan didesain oleh Google untuk digunakan pada perangkat pintar. Sistem operasi ini sangat umum digunakan pada wearable device yang beredar saat ini.

12. Tizen OS

Tizen OS

Sebagai salah satu produsen yang bertarung di lini smartwatch, Samsung juga mengeluarkan sistem operasi sendiri untuk wearable device mereka. Tizen saat ini berjalan pada seri Samsung Gear yang dikeluarkan Samsung. Selain itu, sistem operasi ini juga digunakan pada beberapa TV dan smartphone seperti pada Samsung Z2.

Akhir Kata

Nah, itulah 12 tips beli smartwatch yang harus kamu ketahui sebelum membeli smartwatch. Di antara kebanyakan sensor yang digunakan, banyak juga yang bermanfaat terutama sebagai penunjang kesehatan pengguna. Fitur apa lagi yang wajib ada pada smartwatch? Share pendapat kamu pada kolom komentar ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar