Ini Pekerjaan Pertama 7 CEO Sukses Indonesia | Dari Sales Sampai Penjaga Warnet!

Default

Menengok kesuksesan para CEO Indonesia dengan segudang kekayaan dan popularitas terkadang membuat kita bertanya-tanya, bagaimana orang sukses mengawali karirnya?

Nyatanya, tidak semua orang beruntung untuk lahir dari keluarga berada dan otomatis menjadi seorang pemimpin di perusahaan mentereng milik keluarga, contohnya para CEO Indonesia berikut.

Sebelum memiliki kehidupan ala jetset seperti saat ini, mereka pernah ada di roda bawah kehidupan yang mengharuskannya merintis karier dari nol.

Untuk itulah, kamu wajib banget menyimak pekerjaan pertama CEO Indonesia berikut, geng.

Mudah-mudahan bisa memotivasimu untuk terus bekerja keras demi menggapai cita-cita, ya!

1. Bob Sadino

Bob Sadino Df5e1
Sumber foto: Alinea

Pemilik jaringan Kemfood dan Kemchick ini memang pernah hidup mentereng karena warisan, tetapi bukan berarti Bob Sadino tidak pernah merasakan susahnya hidup.

Sebelum sukses jadi pengusaha, pengusaha dengan gaya nyentrik tersebut sempat harus banting tulang sebagai sopir dan kuli bangunan.

Setelah berulang kali jatuh bangun, akhirnya Bob Sadino sukses menjadi pengusaha di bidang pangan dan peternakan dan menjadi salah satu pengusaha tersukses Indonesia.

Meski telah tiada, kata-kata mutiara Om Bob selalu menjadi motivasi bagi para pemula untuk memulai usaha.

2. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya 15b15
Sumber foto: Ayo Jakarta

Kini sukses dengan perusahaannya yang sudah berstatus unicorn, siapa sangka bahwa pendiri dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya lahir dari keluarga dengan ekonomi pas-pasan?

Bahkan, ia sempat bekerja sampingan dengan mengambil shift malam sebagai penjaga warnet 24 jam saat ayahnya jatuh sakit pada tahun kedua perkuliahan William.

Bisa dibilang pekerjaan pertamanya itulah yang menumbuhkan kecintaannya terhadap internet terutama dunia digital, yang lalu mengantarkannya meraih sukses di usia muda.

3. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung B0dbb
Sumber foto: Bgipin

Chairul Tanjung adalah seorang lulusan kedokteran gigi yang memiliki karier sukses, dari pengusaha hingga pernah menjabat sebagai menteri.

Namun, masa kecil 'si anak singkong' ini juga diwarnai dengan sulitnya perekonomian hingga mengharuskannya melakoni berbagai pekerjaan sampingan, dari jasa pembuatan kaos, jualan buku kuliah, dan fotokopi.

Jiwa bisnis dan keahliannya dalam membangun jaringan kemudian membuat bisnisnya perlahan meningkat pesat, bahkan sekarang dirinya adalah bos PT CT Corpora yang membawahi Trans Corp dan Mega Corp.

4. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja 3d905
Sumber foto: Republika

Rasanya nggak mungkin ada orang yang nggak pernah mendengar nama Sinar Mas atau sekedar melihat logonya di suatu tempat. Ya, sebesar itulah nama Sinar Mas di Indonesia.

Pendirinya, Eka Tjipta Widjaja ternyata seorang lulusan SD yang hidup serba kekurangan di masa kecilnya, hingga harus mengorbankan pendidikannya demi menyelesaikan utang orang tuanya kepada rentenir.

Segala macam pekerjaan ia lakoni, dari berdagang biskuit dan kopra hingga menjadi kontraktor pembuat kuburan.

Sekarang, operasi bisnis Sinar Mas menggurita dari produk kertas, properti, keuangan, hingga infrastruktur.

5. Achmad Zaky

Achmad Zaky 4c211
Sumber foto: Akurat

Salah satu CEO muda Indonesia paling inspiratif, Achmad Zaky juga pernah merasakan lelahnya banting tulang berjualan mie ayam sewaktu kuliah - bahkan ia juga mengalami kebangkrutan.

Tetapi kegagalan itu ia jadikan pelajaran untuk lebih maju lagi dengan merintis Bukalapak pada tahun 2010.

Buah kerja kerasnya kemudian terbayar manis dengan pencapaian Bukalapak sebagai start up unicorn, bahkan ia turut membantu istrinya dalam mendirikan bisnis fashion HijUp.

6. Djoko Susanto

Djoko Susanto 1252c
Sumber foto: 101red

Mungkin belanja di Alfamart sudah menjadi keseharianmu, tapi apakah kamu tahu bahwa pendirinya, Djoko Susanto merintis kariernya dari bawah?

Bahkan ia juga sempat tak bisa sekolah karena pemerintah melarang siswa dengan nama-nama berunsur Cina.

Pria yang lahir dengan nama Kwok Kwie Fo ini awalnya mengelola usaha milik orang tuanya dengan menjadi pedagang kios yang menjual bahan makanan yang lalu menjual rokok dan membuka warung.

Kios itu menjadi gerbang pertemuannya dengan Putera Sampoerna yang mengajaknya bekerjasama hingga lahirlah Alfa Toko Gudang Rabat, cikal bakal dari Alfamart.

7. Theodore Permadi Rachmat

Theodore Permadi Rachmat 9ad36
Sumber foto: Berita Satu

Mantan CEO Grup Astra Theodore Permadi Rachmat dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia ke-14 pada tahun 2014. Apakah ia sudah tajir sejak lahir? Tentu tidak.

Kesuksesannya itu tak langsung ada dalam genggaman tangannya, terbukti dari kariernya sebagai seorang salesman hingga ia diangkat menjadi direktur PT Astra Honda Motor (AHM) berkat kinerjanya yang bagus.

Lepas dari Astra, ia membangun sebuah perusahaan lainnya bernama Triputra Group dan ikut serta dalam pendirian perusahaan tambang batu bara, PT Adaro Energy.

Akhir Kata

Gimana geng, masih menemukan alasan untuk menyerah dan menganggap mimpi kamu ketinggian? Semoga setelah membaca artikel ini kamu gak beranggapan seperti itu lagi, ya.

Nyatanya, masa-masa sulit pasti dihadapi semua orang, termasuk para CEO di atas yang dulu juga harus bersusah payah demi sekolah dan sesuap nasi.

Terkadang kita sendiri tak bisa menduga datangnya kesuksesan, tetapi tanpa kita sadari kita sudah berjalan jauh loh, geng. Makanya, semangat, yuk!

Baca juga artikel seputar CEO atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Dari Gempa Dahsyat Hingga Gladiator, Ini 7 Cerita Seru Malam Pertama Artis!

Ini 6 Alasan Kenapa Imperfect The Series Populer Banget, Se-Pecah Itu!

12 Potret Masjid Terunik dan Terindah di Dunia, Bernilai Seni dan Sejarah!

Penelitian Buktikan Ayam adalah Evolusi dari T-Rex | Bisa Kloning Dinosaurus?

Tinder Akan Hadirkan Fitur Rekam Jejak Match Pengguna, Kencan Online Lebih Aman!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 05t233201 664 5c6fe
7 CEO Muda Indonesia Paling Inspiratif | Muda, Beda, dan Berkarya!
Page C58da
7 CEO Dunia Ini Rela Dipotong Gajinya demi Lawan Virus Corona, Salut!
Ceo Perusahaan Teknologi Resign Banner 68725
7 CEO Perusahaan Teknologi yang Memutuskan Resign, Ada yang Ketahuan Selingkuh!
7 Ceo Terbaik Dari Perusahaan Teknologi Yang Disukai Karyawannya 7a3c6
7 CEO Terbaik Perusahaan Teknologi yang Disukai Karyawannya, Bikin Betah Kerja!
Ceo Muslim Paling Kaya 9be16
6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?
Ceo Dengan Gaji Terendah Banner 8a34b
7 CEO Perusahaan Teknologi Raksasa yang Digaji Cuma 14 Ribu Perak!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal