J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

12 Potret Masjid Terunik dan Terindah di Dunia, Bernilai Seni dan Sejarah!

Kamis, 18 Mar 2021, 18:00 WIB
Masjid-masjid berikut dibangun dengan penuh dedikasi dan konsep yang sangat matang hingga pantas disebut paling indah dan unik di dunia. Tengok, yuk!

Sebagai tempat yang memiliki fungsi utama sebagai tempat beribadah umat Islam, umat Muslim di seluruh dunia tak pernah berhenti untuk membangun masjid dengan desain indah dan unik yang kemudian menjadi kebanggaan negara.

Karena perbedaan kiblat gaya dan arsitektur, banyak sekali masjid di dunia yang memiliki desain menarik dan begitu menawan untuk dipandang.

Jika bisa, tentu suatu hari kita ingin mengunjunginya satu persatu, bukan? Nah, maka dari itu Jaka akan mengajakmu untuk menengok beberapa di antaranya, geng.

Masjid-masjid ini merupakan beberapa dari masjid paling indah dan unik di seluruh dunia. Yuk, kita cari tahu masjid apa sajakah itu sambil catat yang mana yang ingin kita kunjungi!

1. Hassan II Mosque yang berlokasi di Casablanca, Maroko ini memiliki menara kedua tertinggi di dunia loh, geng. Selain desainnya yang unik, masjid ini juga dibangun menjorok ke Samudera Atlantik yang membuatnya seolah-olah terapung di tengah laut.

Masjid Hassan Ii Maroko Ab36e

2. Dibuat dari lumpur, Great Mosque of Djenne di Mali harus direkonstruksi setiap tahunnya pada bulan April akibat hujan. Saat panas terik, masjid ini tetap sejuk berkat kisi kayu yang menopang atap dan dinding.

Grand Mosque Djenne Mali 06eae

3. Education City Mosque terletak di kompleks perguruan tinggi di Doha, Qatar dan memiliki arsitektur yang unik dan modern. Masjid ini juga memiliki 5 pilar besar yang melambangkan 5 rukun Islam, loh.

Education City Mosque Doha 69474

4. Mengusung gaya arsitektur neo-Ottoman, pembangunan Cologne Central Mosque yang berdiri gigih di tengah kota Cologne, Jerman ini diprakarsai oleh organisasi muslim Jerman bernama DITIB. Masjid tersebut menjadi salah satu yang terbesar di Eropa, loh.

Cologne Central Mosque Jerman 0b21f

5. Masjid terbesar di China ini bernama Great Mosque of Xi'an yang dibangun pada abad ke-8 Masehi, geng. Pembangunan masjid ini menandai masuknya agama Islam di China pada era Dinasti Ming.

The Great Mosque Of Xian China 2fdb1

6. Rusia memiliki masjid cantik berusia satu abad, yaitu Saint Petersburg Mosque yang bernuansa biru berhiaskan ornamen kaligrafi dan ukiran. Seluruh detail dibuat dengan sangat teliti, geng. Cantik banget, kan?

St Petersburg Mosque Rusia 03c4f

7. Masjid terbesar di Pakistan ini terletak di ibu kota Islamabad dan merupakan masjid terbesar kelima di dunia dan pertama di Asia Selatan. Dibangun dengan sangat megah, Faisal Mosque bahkan memiliki kolam di tengahnya, loh.

Shah Faisal Mosque Pakistan 9ce81

8. Sancaklar Mosque di Turki ini dirancang oleh seorang arsitek ternama bernama Emre Arolat yang berhasil membangunnya dengan desain unik seperti gua. Karena itulah, banyak arsitek dunia yang mengidolakan desain Sancaklar Mosque.

Sancaklar Mosque Turki C8f78

9. Meski tak sebesar dan semegah masjid lainnya, masjid yang sebenarnya sebuah karya seni bertajuk Paradise Has Many Gate di Kanada dan Arab Saudi ini berhasil tampil beda dan membuat takjub semua mata, geng.

Paradise Has Many Gate A5e52

10. Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki ini disebut juga dengan Masjid Biru karena dulunya berwarna biru. Masjid bersejarah itu telah berdiri sejak tahun 1616, loh.

Masjid Sultan Ahmed Turki 22232

11. Nuansa putih yang menyelimuti Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab membuat masjid dengan 82 kubah bergaya Maroko tersebut tampil megah dan mempesona. Belum lagi pelataran tengahnya yang cantik, terinspirasi dari Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.

Masjid Sheikh Zayed Uni Emirat Arab 973b9

12. Nasir al-Mulk Mosque yang juga sering disebut dengan Masjid Pink adalah sebuah masjid tradisional di Shiraz, Iran yang dihiasi dengan kaca berwarna. Bagus banget buat foto-foto, geng!

Masjid Nasir Al Molk Iran Ab429

Akhir Kata

Wah, bagus-bagus banget kan, geng? Kalau berkunjung kesana sambil melaksanakan ibadah sholat di dalamnya, dijamin hati menjadi bahagia dan tentu ada kepuasan tersendiri bagi kita.

Selain itu, jejak-jejak sejarah dan budaya yang tercermin di setiap bangunannya juga membuat kita dapat mengenali dan mempelajari gaya arsitektur yang berbeda-beda.

Mudah-mudahan ada kesempatan untuk kita menyambangi bangunan ibadah umat Muslim paling indah di seluruh dunia di atas ya, geng! Aamiin.

Baca juga artikel seputar Islam atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

Kisah Haru Kebaya Krisdayanti Demi Hadir di Tunangan Aurel, Dikebut 1 Hari!

Sama Seperti Bumi, Ternyata di Bulan Banyak Sampah | Sampah Alien?

Hengkang Dari India, Honda Pindahkan Pabrik ke Indonesia | Lowongan Kerja Baru?

Gara-Gara Satu Kata Ini, Twitter Blokir Akun Pengguna! Waduh, Kata Apa Tuh?

ARTIKEL TERKAIT
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik Di Bulan Ramadhan Menyejukkan Hati E3926
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik di Bulan Ramadhan, Menyejukkan Hati!
Situs Belajar Islam Bef1f
6 Situs Terbaik untuk Belajar Islam dan Sejarahnya | Insya Allah Terpercaya!
Teknologi Yang Diciptakan Orang Islam A1224
7 Teknologi Canggih yang Ditemukan oleh Ilmuwan Islam, Wajib Tahu!
Ucapan Ulang Tahun Islam Untuk Anak 6d598
50+ Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Anak, Biar Makin Berkah!
Setiap Hari Bersamamu Adalah Sebuah Anugerah Semoga Kita Selalu Bersama Hingga Jannah Selamat Ulang Tahun Pernikahan D292f
60 Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islam | Mesra Hingga Jannah!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal